Kenapa Tidak Bisa Upload Story Instagram? Ini Dia Penyebabnya!

Belum lama ini, banyak warganet yang sedang mempertanyakan tentang Kenapa Tidak Bisa Upload Story Instagram. Apakah kamu salah satu orang yang juga mengalami masalah tersebut? Jika iya, disini Calonpengangguran akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasinya.

Instastory atau biasa disebut Instagram Story adalah sebuah fitur yang ada di aplikasi Instagram untuk membagikan foto atau video yang bisa disematkan musik dan akan hilang secara otomatis setelah 24 jam. Fitur ini sangat populer dan sering digunakan oleh pengguna Instagram, hal tersebut dapat dilihat dari banyak pengguna Instagram yang mengupload story atau cerita mereka melalui fitur ini.

Sebelum adanya Snapgram, kebanyakan para pengguna aplikasi Instagram lebih aktif dan banyak mengunggah kiriman di Feed Instagram pada akun mereka. Namun semenjak fitur Story ini hadir, para pengguna lebih banyak memasukan konten mereka melalui Instastory, karena dianggap lebih simpel dan praktis. Selain itu, fitur ini juga bisa diatur siapa saja pengguna yang bisa melihat story atau cerita yang pengguna bagikan.

Jika postingan Feed instagram saat ini, lebih mengutamakan kualitas kiriman, sementara pada Story Instagram lebih terlihat elegan dan kesan praktis. Kebanyakan para pengguna ini mengunggah atau membagikan kegiatan yang sedang mereka lakukan saat ini, tidak jarang pula pengguna yang memiliki bisnis menggunakan fitur story Ig untuk aktivitas promosi dan membangun branding.

Namun saat ini, banyak pengguna Instagram yang mengalami masalah dalam menggunakan fitur Story Instagram. Salah satunya seperti mereka tidak bisa mengunggah foto, video dan lainnya ke dalam Story Instagram. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini akan Cp jelaskan secara detail.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Story Instagram

kenapa tidak bisa upload foto story instagram

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahwa masalah seperti tidak bisa upload story instagram bisa kamu atasi dengan mudah. Apa saja penyebab dan cara mengatasinya? Berikut penjelasannya:

Jaringan Internet

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum mengunggah atau upload foto dan video di Instagram adalah jaringan Internet. Karena jika kamu menggunakan jaringan yang tidak stabil, maka akan rentan terjadi masalah saat mengupload dan memuat konten.

Jaringan yang buruk atau lemot biasanya akan menyebabkan aplikasi instagram error, lemot, stak di menu utama, tidak bisa mengunggah foto atau video, dan masih banyak lagi masalah yang akan terjadi jika kamu menggunakan jaringan internet yang lemah.

Untuk mengatasi mengeceknya jaringan internet yang kamu gunakan bermasalah atau tidak, dengan mengunjungi situs Speedtest. Jika ternyata hasilnya jaringan internet mu bermasalah, saya sarankan untuk menggunakan jaringan Wifi yang lebih stabil. Sebab koneksi yang terdapat pada Wifi lebih stabil, apabila dibandingkan dengan jaringan internet pada kartu SIM.

Menggunakan Aplikasi Instagram Versi Lama

Hal berikutnya yang menyebabkan Instagram tidak bisa upload foto dikarenakan versi aplikasi instagram yang kamu gunakan sudah ketinggalan atau usang. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap aplikasi akan selalu melakukan pembaharuan untuk menghadirkan fitur-fitur baru dan juga melakukan pemeliharaan bug dan virus yang menyerang pada aplikasi Instagram versi sebelumnya.

Selain itu, dilakukan update pada aplikasi Ig bertujuan untuk meningkatkan performa aplikasi itu sendiri, dan keseringan mereka menambah beberapa fitur baru di dalamnya. Apabila versi Instagram yang kamu gunakan sudah ketinggalan, maka akan rentan terjadi error, bug, bahkan Instagram tidak bisa dibuka.

Masalah seperti ini bisa kamu atasi dengan update aplikasi Instagram ke versi terbaru. Kamu bisa update aplikasi Instagram melalui Google Play Store atau untuk pengguna IOS, kau bisa update aplikasi Instagram di App Store.

Hapus Cache Aplikasi instagram

Penyeba lainnya adalah karena Cache pada aplikasi menumpuk. Setiap aplikasi memiliki ruang penyimpanan data lama atau biasa disebut dengan Cache, dan apabila Cache ini sampai menumpuk, maka akan rentan terjadi error pada aplikasi itu sendiri.

Untuk membersihkan Cache di aplikasi Instagram sangat lah mudah, disini kamu hanya perlu masuk ke menu Pengaturan lalu masuk ke menu Manajemen Aplikasi dan pilih aplikasi Instagram lalu klik menu Hapus Cache atau Clear Cache.

Baca Juga:

Ruang Penyimpanan Penuh

Tidak hanya beberapa hal diatas, perangkat yang tidak memiliki ruang penyimpanan juga rentan terjadi masalah saat mengakses atau menggunakan aplikasi Instagram. Jadi bisa saja karena ruang penyimpan perangkat penuh, membuat kamu tidak bisa mengupload story di ig, karena biasanya pengguna tidak mengatur apakah perangkat mengizinkan foto atau video yang diupload ke story akan disimpan ke galeri atau tidaknya.

Pengguna lebih sering mengatur secara default, sehingga setiap kali kamu mengupload story ke ig foto atau video yang sudah diupload akan tersimpan ke galeri sehingga karena penyimpanan sudah penuh file akan menimpa file lain yang mengakibatkan tidak bisa upload story.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menghapus atau memindahkan file dan aplikasi yang tidak penting di perangkat seluler. Dengan melakukan hal ini diharapkan perangkat memiliki ruang kosong untuk menyimpan file-file yang tidak terduga sehingga risiko terjadi masalah bisa diminimalisir.

Akun Instagram Bermasalah

Demi bisa memberi rasa nyaman dan aman kepada penggunaan, pihak Instagram selalu menghadirkan hal-hal baru. Tapi sayangnya, kadang-kadang hal baru sering membuat pengguna bingung. Salah satu nya adalah notifikasi Checkpoint Required atau akun dicurigai melakukan aktivitas mencurigakan.

Notifikasi ini diberikan oleh Instagram kepada pengguna yang memiliki akun bermasalah, penyebab sendiri sanga beragam seperti menggunakan VPN, login dibanyak perangkat, beli followers dan masih banyak lagi.

Ternyata, pada pengguna yang mendapatkan notifikasi ini dari Instagram bisa loh membuat akun mereka tidak bisa upload story Instagram, sehingga mereka tidak akan bisa membuat story ataupun melihat story orang lain.  

Adakah cara mengatasi masalah ini mas? Ada kok tenang saja, disini Anda bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan beberapa cara, jangan pernah menggunakan VPN saat mengakses Ig, logout akun pada perangkat lain, jangan beli followers, terakhir hubungi Help Center Instagram melalui link ini https://help.instagram.com/ untuk mendapatkan penjelasan terkait masalah yang Anda alami saat ini.

Hapus dan Upload Ulang Story

Sudah melakukan beberapa hal diatas dan masih tidak bisa mengunggah atau upload foto dan video di Instagram? Kamu bisa mencoba dengan menghapus Instastory yang gagal terkirim tadi, lalu mengunggahnya kembali.

Server Instagram Down

Penyebab terakhir Instagram tidak bisa upload foto disebabkan oleh gangguan pada server Instagram. Penyebab seperti ini sangat sering dijumpai, karena setiap aplikasi pastinya akan mengalami masalah seiring waktu.

Jika masalah disebabkan oleh gangguan pada sever Instagram, pastinya kita sebagai pengguna hanya bisa menunggu sampai server benar-benar pulih.

Penutup

Seperti itulah informasi yang hanya dapat Calonpengangguran berikan tentang Kenapa Tidak Bisa Upload Story Instagram Beserta Cara Mengatasinya. Semoga artikel yang saya terbitkan ini, bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah yang ada pada story Instagram.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *