Kenapa ShopeePay Tidak Bisa Digunakan? Begini Cara Mengatasinya!

Kenapa ShopeePay Tidak Bisa Digunakan – Pada ulasan kali ini kami akan membahas dan memberikan informasi mengenai aplikasi Shopee, yaitu permasalahan mengenai ShopeePay yang tidak bisa di buka.

Shopee merupakan aplikasi e Commerce yang cukup terkenal dan populer di Indonesia dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, bahkan menjadi salah satu aplikasi favorit di bandingkan dengan aplikasi e Commerce lainnya.

Ada banyak sekali fitur yang ada di aplikasi Shopee yang memberikan kemudahan dan membantu memudahkan proses transaksi Online. Sehingga banyak sekali orang yang menyukai aplikasi Shopee untuk berbelanja Online.

Selain dengan berbagai fitur Shopee yang banyak memberikan kemudahan juga ada banyak sekali promosi dan potongan belanja yang diberikan kepada pengguna. Sehingga semakin di sukai oleh para pengguna terkhusus orang Indonesia.

Terlebih lagi dengan sifat dari kebanyakan orang Indonesia yang sangat menyukai diskon dan potongan harga belanja. Sehingga Shopee bisa menjadi aplikasi belanja Online favorit.

Namun akhir-akhir ini banyak pengguna yang mengeluhkan mengenai permasalahan yang terjadi di aplikasi Shopeenya, berupa fitur ShopeePay yang tidak bisa digunakan bahkan sampai tidak bisa dibuka. Hal ini akan dibahas secara lengkap mengenai penyebab fitur ShopeePay tidak bisa digunakan dan cara mengatasinya

Sekilas Tentang ShopeePay

kenapa shopeepay tidak bisa digunakan

ShopeePay merupakan sistem pembayaran atau transaksi di aplikasi Shopee dengan menggunakan uang digital. ShopeePay juga merupakan uang digital yang bisa digunakan untuk membayar dan membeli produk di aplikasi Shopee saja.

ShopeePay bisa di isi ulang berupa saldo yang bisa digunakan untuk transaksi atau pembelian di aplikasi Shopee. Selain itu perlu diingat bahwa ShopeePay hanya bisa di gunakan di aplikasi Shopee dalam transaksi atau pembelian di aplikasi Shopee.

Tujuan adanya fitur ShopeePay adalah untuk memudahkan metode pembayaran secara non tunai yang bisa menjadi solusi untuk memudahkan setiap proses transaksi atau pembelian.

Selain itu juga sebagai bentuk monopoli yang dilakukan dari Shopee dalam setiap transaksinya, sehingga tidak perlu menggunakan uang digital yang lain seperti OVO, transaksi bank, dan uang digital lainnya.

Penyebab ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa penyebab dari ShopeePay tidak bisa di gunakan dan di buka adalah dikarenakan pihak Shopee sedang melakukan perbaikan pada beberapa fitur yang ada, salah satunya pada fitur ShopeePay. Tapi untuk lebih jelasnya Anda semua bisa membaca ulasan terkait Kenapa Shopee Pay tidak bisa dibuka dan digunakan, diantaranya:

Saldo Shopee Pay Tidak Cukup

Seperti yang sudah kita bahas diatas, bahwa ShopeePay adalah alat bayar resmi yang dibuat oleh pihak Shopee untuk memudahkan pengguna atau konsumen ketika membeli produk di platform mereka. Sama halnya dengan alat bayar lainnya yang mengharuskan pengisian saldo lebih dulu.

Ketika hendak membeli barang atau produk menggunakan metode pembayaran Shope Pay, tentu saja ShopeePay harus memiliki saldo yang cukup untuk menyelesaikan  sebuah orderan. Jadi, bisa saja karena saldo Shopee Pay mu tidak cukup untuk membayar orderan atau pemesan barang di Shopee yang membuat fitur bayar ini tidak bisa digunakan.

Seller Tidak Mengaktifkan Fitur Shopee Pay

Meski pada dasarnya fitur ini akan aktif secara otomatis, tapi kalau ternyata si pemilik toko tidak melakukan registrasi atau pembuatan akun Shopee Pay sebelumnya, maka pihak Shopee tidak akan mencantumkan metode pembayaran ini, artinya calon pembeli tidak akan bisa menyelesaikan orderan dengan menggunakan metode pembayaran ShopeePay.

Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa diketahui bahwa penyebab lain fitur Shopee Pay tidak bisa digunakan adalah karena pemilik toko atau seller tidak mengaktifkan fitur Shopee Pay, sehingga wajar saja kalau Anda sebagai pembeli tidak bisa menggunakan fitur ini, meski memiliki saldo yang cukup.

Jaringan Tidak Stabil

Penyebab kedua yang bisa saja terjadi pada ShopeePay yang menyebabkan tidak bisa digunakan adalah karena jaringan internet yang tidak stabil. Shopee adalah e commerce yang bisa diakses melalui website ataupun aplikasi, berarti memerlukan koneksi internet stabil untuk bisa menggunakan platform ini.

Kalau ternyata ada masalah pada jaringan internet yang perangkat mu gunakan, tentu saja wajar kalau Anda tidak bisa menggunakan fitur Shopee Pay untuk menyelesaikan pesanan di Shopee. Masalah pada jaringan tidak hanya membuat mu tidak bisa menggunakan fitur ShopeePay, tapi lebih parahnya tidak bisa mengakses aplikasi Shopee sehingga halaman akan berwarna putih karena terjadi kesalahan dalam mengunduh data.

Belum Verifikasi Akun

Hampir sama dengan alat pembayaran online lainnya yang memerlukan verifikasi data kepemilikan. Ini dilakukan agar akun Shopee Pay benar-benar digunakan untuk tujuan yang benar, selain itu proses verifikasi bertujuan agar setiap orang hanya bisa memiliki atau membuat satu akun Shopee Pay.

Hal ini berkaitan dengan syarat verifikasi yang memerlukan scan KTP atau Kartu Tanda Penduduk yang secara normal hanya dimiliki 1 setiap WNI. Jika pengguna sudah membuat akun ShopeePay tapi belum menyelesaikan tahap verifikasi akun, maka wajar kalau pengguna belum bisa menggunakan fitur ini untuk transaksi.

Tidak Menggunakan Aplikasi Shopee Versi Terbaru

Tidak hanya beberapa hal diatas, menggunakan aplikasi Shopee versi lama juga bisa membuat fitur ini tidak bisa digunakan loh. Pasalnya fitur Shopee Pay selalu mengalami perbaiki setiap kali aplikasi Shopee di update.

Kalau ternyata pengguna tidak melakukan update pada aplikasi Shopee, bagaimana caranya fitur ShopeePay bisa diperbaiki? Tentu saja tidak akan bisakan, ini lah kebiasaan yang sering kali menimbulkan masalah pada fitur fitur yang ada di aplikasi Shopee, salah satunya fitur ShopeePay yang saat ini kita bahas.

Salah Input PIN

ShopeePay tidak bisa digunakan bisa disebabkan oleh kesalahan Anda dalam memasukan PIN berulang ulang. Ketika salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut maka ShopeePay akan di nonaktifkan selama 30 menit.

Kemudian apabila salah memasukkan PIN sebanyak 5 kali secara berturut-turut maka ShopeePay akan di nonaktifkan selama 24 jam. Jika salah memasukan PIN terjadi terus menerus, tidak menutup kemungkinan akun Shopee Pay mu akan ditutup dalam waktu yang lebih lama.

Akun Shopee Dibekukan

Penyebab selanjutnya yang bisa saja membuat Anda tidak bisa menggunakan fitur ShopeePay adalah akun mu dibekukan oleh pihak Shopee. Akun yang dibekukan atau dibatasi oleh pihak Shopee bukan tanpa alasan, pasti pihak Shopee sudah melakukan pengecekan lebih dulu terkait laporan yang dikirim oleh pengguna lain atau terdeteksi otomatis oleh sistem.

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan akunmu dibekukan atau dibatasi, diantaranya mengirim chat tidak pantas ke pejual atau seller, mengirim chat berbau pornografi, mengirim chat mengancam, penjual mengarahkan transaksi diluar Shopee, melakukan spam chat, melakukan transaksi mencurigakan, melakukan kecurangan dan masih banyak lagi.

Aplikasi Shopee Error

Selain itu, ShopeePay tidak bisa digunakan bahkan tidak bisa di buka bisa disebakan oleh server utama aplikasi Shopee yang sedang eror atau sedang dalam proses perbaikan. Sebagai platform yang bergerak secara online, membuat Shopee harus memiliki server utama.

Apa sih fungsi dari server utama ini? Secara keselurahan server utama memiliki peran sangat penting dalam pengoperasian aplikasi Shopee, diantaranya melayani perintah dari pengguna, tempat menyimpan data dan file pengguna, dan mengatur lalu lintas data secara online.

Jika ternyata ada masalah pada server utama aplikasi Shopee, kira kira apa yang akan terjadi? Kemungkinannya aplikasi Shopee tidak bisa merespon perintah pengguna, seperti masalah yang saat ini Anda alami yakni tidak bisa menggunakan fitur Shopee Pay. Bahkan masalah pada server utama bisa menjadi sangat parah karena bisa membuat aplikasi Shopee tidak bisa digunakan atau diakses sama sekali.

Lantas apa yang menyebabkan server utama bermasalah? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan server utama mengalami gangguan, penyebab utamanya adalah server sedang melakukan pemeliharaan karena serang virus yang diduga mengancam data pengguna atau sedang melakukan upgrade kapasitas karena jumlah pengguna meningkat.

Perangkat Yang Digunakan Bermasalah

Selain beberapa penyebab yang berasal dari aplikasi Shopee itu sendiri, kemungkinan lain yang membuat fitur ShopeePay tidak bisa dibuka atau digunakan berasal dari perangkat yang mengalami masalah, seperti bug yang menurunkan kinerja perangkat dalam merespon perintah mu.

Apa sih yang bisa menyebabkan perangkat bermasalah? Sebenarnya penyebab ini tergantung pada cara pemakaian pengguna masing-masing, karena pada dasarnya setiap pengguna memiliki cara tersendiri menggunakan sebuah perangkat, ada yang sering menggunakan perangkat untuk bermain game, ada yang sering menggunakan perangkat untuk bermain sosial media, ada yang menggunakan perangkat untuk belajar dan lain sebagainya.

Tapi dari banyaknya cara pemakaian diatas, ada poin poin penting yang sering kali mengakibatkan performa perangkat menurun tanpa disadari pengguna. Apa saja itu? Pertama tidak pernah membersihkan cache, tidak rutin memperbarui aplikasi yang terinstall, tidak rutin update perangkat lunak (OS), dan membiarkan ruang penyimpanan penuh.

Empat poin ini lah yang sering dilakukan oleh pengguna, bahkan mereka tidak sadar kalau kebiasaan tersebut bisa mengurangi performa perangkat, terutama dalam menjalankan perintah yang diberikan oleh pengguna.

Cara Mengatasi ShopeePay Tidak Bisa Digunakan

Setelah melihat beberapa hal yang bisa menyebabkan fitur ShopeePay tidak bisa digunakan atau dibuka, tentu saja sekarang Anda sudah tahukan poin penting apa saja yang harus diperhatikan? Berdasarkan beberapa penyebab diatas, terdapat cara mudah mengatasi ShopeePay tidak bisa digunakan atau dibuka, diantaranya:

Cek Saldo ShopeePay Cukup

Ketika hendak melakukan pemesanan produk dengan menggukan metode pembayaran ShopeePay, Anda harus memastikan saldo yang ada cukup. Biasanya harga yang ditampilkan akan berubah saat Anda melakukan checkout, ntah karena ada perubahan dari seller atau belum termasuk biaya ongkir, oleh karena itu Anda harus pastikan saldo Shopee Pay benar benar cukup.

Gunakan Filter Pencarian Produk

Coba chat seller, tanyakan apakah toko mereka memang mendukung pembayaran ShopeePay atau tidak? Apabila toko a tidak support metode pembayaran ShopeePay dengan alasan toko tidak mengaktifkannya, Anda bisa memanfaatkan filter pencarian produk. Pilih kategori ShopeePay, maka secara otomatis barang atau produk yang ditampilkan akan mendukung pembayaran melalui ShopeePay, silahkan pilih barang yang hendak Anda beli.

Cek Koneksi Internet

Setelah melakukan beberapa cara diatas, tapi Anda merasa proses pemuatan data pada aplikasi Shopee lambat, bisa saja karena koneksi internet yang perangkat mu gunaka bermasalah. Oleh karena itu, cek koneksi internet mu melalui situs Speedtest. Jika ping tinggi berarti koneksi mu memang bermasalah, kalau ping rendah berarti koneksimu bagus, artinya ada penyebab lain yang harus diatasi.

Update Aplikasi Shopee

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan apabila semua cara diatas tidak berhasil adalah memperbarui aplikasi Shopee yang terinstall di perangkat. Caranya, buka Play Store atau App Store, ketik dan cari aplikasi Shopee, kalau ada keteragan update berarti aplikasi Shopee belum versi terbaru, klik update dan tunggu sampai proses ini selesai,

Verifikasi Akun ShopeePay

Selanjutnya pastikan akun ShopeePay sudah verifikasi menggunakan KTP atau KITAS, jika belum silahkan Anda verifikasi lebih dulu dan tunggu sampai proses verifikasi disetujui oleh pihak Shopee.

Input PIN Yang Benar

Jika sudah berhasil melakukan verifikasi akun, Anda harus memastikan sudah benar menginput PIN karena kalau salah transaksi tidak akan diproses. Saya lupa PIN mas gmana ya? Silahkan Anda ganti PIN ShopeePay mu, tapi perlu diingat nomor telepon atau email bisa diakses karena pihak Shopee akan mengirim kode verifikasi ke salah satu platform tersebut.

Hubungi CS Shopee

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan kalau penyebabnya masalah ini berasal dari pihak Shopee, yakni menghubungi CS Shopee. Untuk bisa menghubung Help Center Shopee bisa melalui link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1

Perbaiki Masalah Pada Perangkat

Jika ternyata masalah ini disebabkan oleh perangkat yang Anda gunakan sendiri, maka secara khusus Anda harus melakukan beberapa hal yang akan saya sampaikan dibawah ini:

  • Hapus Cache, pertama hapus semua cache atau sampah penggunaan pada semua aplikasi yang terinstall di perangkat mu.
  • Update Semua Aplikasi, kemudian Anda harus mengupdate semua aplikasi yang terinstall di perangkat.
  • Update Perangkat Lunak, silahkan update perangkat lunak atau OS perangkat untuk agar performa kembali normal.
  • Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting, kalau perangkat mu tidak memiliki ruang penyimpanan lagi, cobalah untuk menghapus beberapa file atau aplikasi yang tidak penting. Kalau dirasa semua penting, Anda bisa pindahkan ke perangkat lain.
  • Muat Ulang Perangkat, selain itu Anda bisa restart perangkat lebih dulu sebelum mengakses aplikasi Shopee, ini bertujuan menghilangkan semua bug pada perangkat.
  • Install Ulang Perangkat, ini cara terakhir tapi tida harus dilakukan, kalau beberapa cara diatas sudah berhasil mengatasi fitur ShopeePay tidak bisa digunakan saya rasa itu sudah cukup, meski melakukan install ulang juga bagus untuk perangkat, tapi akan sedikit merepotkan karena semua data dan aplikasi akan terhapus.  

Penutup

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semue terkait kenapa Shopee Pay tidak bisa digunakan beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga:

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *