Kenapa BSI Mobile Permintaan Kehabisan Waktu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

BSI atau Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu Bank yang ada di Indonesia dan bergerak dalam bidang Syariah Islam. BSI diresmikan pada tanggal 1 Februari 2021 pukul 13.00 WIB atau bertepatan dengan tanggal 19 Jumadil Akhir 1442 H.

Untuk memudahkan semua aktivitas nasabah, seperti mengecek saldo, mutasi rekening, transfer, bayar tagihan dan lain sebagainya pihak Bank Syariah Indonesia secara resmi merilis BSI Mobile. Hadirnya aplikasi ini tentu akan mempermudah semua aktivitas nasabah karena tidak perlu repot repot datang ke mesin ATM atau Bank.

Tapi, belakangan ini nasabah BSI mengeluh karena saat mengakses aplikasi BSI Mobile muncul keterangan permintaan kehabisan waktu. Hal ini tentu saja membuat nasabah bingung, apa sih penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?

Pembaca semua tidak perlu bingung, karena pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskan kenapa BSI Mobile muncul keterangan permintaan kehabisan waktu beserta cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi BSI Mobile Permintaan Kehabisan Waktu

Kenapa BSI Mobile Permintaan Kehabisan Waktu

Masalah seperti aplikasi BSI Mobile saat diakses menampilkan notifikasi atau keterangan permintaan kehabisan waktu memang sedang banyak dialami oleh nasabah Bank Syariah Indonesia, terutama yang hendak mengakses aplikasi BSI Mobile ataupun melakukan transaksi.

Ada banyak sekali penyebab dari masalah seperti ini, baik yang berasal dari kamu sebagai pengguna aplikasi BSI Mobile sekaligus nasabah ataupun kesalahan internal dari pihak BSI itu sendiri. Berdasarkan beberapa sumber yang sudah Cp kumpulkan, terdapat beberapa penyebab yang paling sering mengakibatkan BSI Mobile menampilkan keterangan permintaan kehabisan waktu, diantaranya:

Koneski Internet Tidak Stabil

Hal pertama yang paling sering mengakibatkan aplikasi BSI Mobile muncul keterangan permintaan kehabisan waktu adalah koneksi yang terhubung ke perangkat tidak stabil atau buruk.

Seperti yang kita semua ketahui, BSI Mobile berbasis aplikasi hanya bisa diakses ketika perangkat terhubung dengan koneksi internet. Jika ada masalah pada koneksi internet mu, maka wajar kalau kamu tidak bisa mengakses aplikasi BSI Mobile.

Solusinya:

Cara mengatasi penyebab ini sangatlah mudah, kamu perlu memastikan kualitas koneksi internet yang terhubung di perangkat mu stabil atau tidak. Caranya, buka situs Speedtest di Google, lalu klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet mu dalam satuan ping. Jika ping tinggi berarti koneski internet mu buruk, sebaliknya jika ping rendah berarti koneksi internet mu stabil.

Selain itu, kamu juga bisa cek koneksi internet secara manual, dengan membuka aplikasi yang terinstall di perangkat mu, seperti Tiktok, Instagram, Youtube dan lain sebagainya. Apabila bisa terbuka dengan lancar berarti tidak ada masalah pada koneksi internet mu.

Tidak Rutin Membersihkan Cache

Selain karena koneksi internet tidak stabil atau buruk, hal lain yang sering kali mengganggu kinerja aplikasi BSI Mobile adalah cache atau sampah penggunaan. Perlu kamu semua ketahui, cache akan tersimpan otomatis ke perangkat setiap kali kamu menggunakan aplikasi BSI Mobile.

Kira kira sudah berapa banyak ya cache aplikasi BSI yang tersimpan di perangkat mu? Semakin banyak cache, akan membuat perangkat semakin lambat merespon perintah yang kamu berikan sehingga masalah permitaan kehabisan waktu akan sering muncul.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah dengan membersihkan cache atau sampah penggunaan. Bagaimana caranya? Pertama kamu masuk ke pengaturan perangkat, lalu cari penyimpanan atau kelola aplikasi, cari dan klik aplikasi BSI Mobile, dan klik hapus cache.

Kamu tidak hanya harus membersihkan cache dari aplikasi BSI Mobile, tapi pada aplikasi lain yang sekiranya paling sering kamu gunakan. Selain bisa membersihkan cache secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa install di Play Store.

Tidak Rutin Update Aplikasi

Menurut kamu seberapa penting sih memperbarui aplikasi yang terinstall di perangkat? Pasti diantara kalian semua menganggap hal ini tidaklah begitu penting, selagi aplikasi masih bisa diakses tidak perlu update.

Padahal anggapan seperti ini salah besar, karena pihak developer dari aplikasi BSI Mobile sengaja menghadirkan aplikasi versi terbaru dengan tujuan menghapus atau menghilangkan bug yang ada pada versi sebelumnya.

Sementara, kamu sebagai pengguna tidak melakukan update aplikasi BSI, maka masalah seperti permintaan kehabisan waktu akan lebih mudah terjadi karena ada kesalahan dalam pembacaan data yang disebabkan oleh bug.

Solusinya:

Untuk mengatasi masalah ini kamu harus update aplikasi BSI Mobile ke versi terbaru. Caranya, buka Play Store atau App Store, ketik BSI Mobile di kolom pencarian, klik update (jika ada), dan tunggu sampai proses update selesai.

Apabila tidak ada keterangan update, padahal ada versi terbaru bisa dipastikan aplikasi BSI Mobile mu sudah benar benar rusak. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan install ulang aplikasi BSI Mobile dan login kembali.

Ruang Penyimpanan Penuh

Perlu kamu semua ketahui, ruang penyimpanan yang penuh bisa mempengaruhi kinerja dari perangkat loh. Kenapa? Karena perangkat harus menanggung beban setiap hari, jika dibiarkan hal ini bisa merusak performa perangkat itu sendiri.

Kemudian, penyimpanan penuh akan membuat data saling menumpuk dan pada akhirnya merusak data tersebut. Contoh, cache atau sampah pengguna akan tersimpan otomatis ke perangkat setiap kali menggunakan aplikasi tertentu, jika ruang penyimpanan penuh cache ini akan tersimpan kemana? yang jelas data akan menumpuk satu sama lain.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah dengan menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting dari perangkat seluler. Apabila dirasa semua file penting, kamu bisa pindahkan ke perangkat lain atau upload ke Google Drive.

Perangkat Tidak Kompatibel

Tidak hanya beberapa hal diatas saja yang bisa membuat aplikasi BSI Mobile menampilkan keterangan permintaan kehabisan waktu, tapi juga bisa disebabkan oleh perangkat seluler yang kamu gunakan tidak kompatibel dengan aplikasi BSI atau Bank Syariah Indonesia.

Mungkin saja, sebelum BSI Mobile diupdate perangkat mu masih support mengakses aplikasi ini, namun setelah adanya update perangkat mu tidak lagi support sehingga masalah seperti ini bisa saja terjadi.

Perlu kamu ketahui, antara perangkat dan aplikasi BSI yang terinstall harus kompatibel karena ini akan berpengaruh saat pengoperasian atau proses mengakses aplikasi BSI nantinya.

Solusinya:

Untuk mengecek apakah perangkat yang kamu gunakan support atau tidak dengan aplikasi BSI Mobile caranya sangatlah mudah. Kamu hanya perlu buka Play Store, ketik dan cari BSI Mobile, klik menu tentang aplikasi, maka kamu akan ditampilkan informasti terkait aplikasi BSI seperti versi, kapan terakhir update, jumlah pengguna, versi android dan lain sebagainya.

Disini kamu perlu memastikan versi android yang digunakan oleh perangkat seluler mu sudah sesuai atau belum dengan minimal versi android, yakni 5.0 and Up. Berdasarkan keterangan tersebut diketahui bahwa perangkat seluler yang support menggunakan aplikasi BSI harus menyematkan versi android 5.0 atau diatasnya. Jika ternyata versi android dibawah syarat penggunaan, maka perangkat mu tidak akan bisa menggunakan aplikasi BSI Mobile.

Baca Juga:

Tidak Rutin Update Sistem OS

Bagi yang belum tahu, Sistem OS pada perangkat seluler android memiliki peran sangat penting dalam pengoperasian perangkat keras dan perangkat lunak. Kenapa? Karena semua fitur yang ada di perangkat seluler akan bekerja setelah mendapat perintah dari OS.

Jika ada masalah pada OS Android, tentu saja masalah seperti tidak bisa mengakses aplikasi BSI Mobile dan menampilkan keterangan kehabisan waktu akan lebih mudah terjadi, mengingat OS berfungsi untuk pengoperasian perangkat lunak, salah satunya adalah aplikasi.

Solusinya:

Kamu perlu rutin memperbarui sistem OS android agar tidak terjadi kesalahan ketika mendapat perintah untuk mengakses fitur-fitur yang ada di perangkat seluler. Caranya sangatlah mudah, buka pengaturan perangkat, klik tentang ponsel, kemudian klik update, maka kamu akan melihat menu “Software Update” atau “System Firmware Update”, lalu klik “Check for Update” dan perangkat Android akan mencari pembaruan sistem yang tersedia, apabila ada pembaruan OS akan muncul notifikasi install, silahkan klik install dan tunggu sampai selesai.

Setelah selesai update sistem OS android, jangan langsung buka aplikasi BSI Mobile, kamu harus muat ulang lebih dulu perangkat agar semua bug yang ada bisa hilang dan perangkat bisa fresh kembali dengan begitu kinerja perangkat akan optimal.

Server Utama BSI Mobile Error dan Down

Tidak hanya karena sistem OS pada perangkat seluer sedang bermasalah saja yang bisa menyebabkan munculkan keterangan permintaan kehabisan waktu di aplikasi BSI Mobile, tapi masalah pada server utama BSI juga bisa menjadi penyebabnya.

Kenapa? Karena pada dasarnya server utama pada aplikasi BSI memiliki peran penting dalam pengoperasian semua hal yang terjadi didalam aplikasi ini. Secara umum, server utama berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, tempat penyimpanan data, pusat database pengguna dan lain sebagainya.

Jika ada masalah pada server utama aplikasi BSI, kira kira apa sih yang akan terjadi? Yang pasti aplikasi BSI Mobile tidak akan bisa diakses sementara waktu sampai teknisi menyelesaikan perbaikan.

Ada banyak hal yang menyebabkan server utama aplikasi BSI error dan down, diantaranya sedang melakukan pemeliharaan pada data pengguna atau nasabah, sedang upgrade kapasitas user dan sedang memperbarui versi aplikasi BSI Mobile.

Solusinya:

Kalau memang ada masalah pada server utama BSI Mobile, kamu sebagai pengguna atau nasabah tidak perlu melakukan hal apapun, cukup tunggu sampai teknisi memperbaiki masalah tersebut.

Tapi, kalau kamu penasaran apakah benar server utama BSI sedang gangguan atau tidak, silahkan hubungi CS Bank Syariah Indonesia untuk menanyakan terkait masalah yang sedang kamu alami saat ini. Kamu bisa menghubungi CS BSI melalui link ini https://ir.bankbsi.co.id/ir_contact.html

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa BSI Mobile muncul keterangan permintaan kehabisan waktu beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *