Penyebab Transaksi Ini Tidak Memenuhi Syarat Untuk Menggunakan Spaylater dan Cara Mengatasinya!

Kegiatan belanja menjadi lebih mudah berkat hadirnya e commerce seperti Shopee. Hampir semua barang yang kita butuhkan ada di platform ini, bahkan barang barang yang dirasa sulit ditemukan.

Selain karena punya banyak barang atau produk yang dijual, Shopee selalu menghadirkan inovasi baru salah satunya adalah Spaylater atau Shopee Paylater.

Berkat fitur ini, pengguna bisa membeli produk atau barang yang dibutuhkan tanpa harus membayar langsung karena bisa dicicil setiap bulannya.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan ada masalah pada layanan Spaylater ini. Belakangan banyak pengguna yang mengeluh karena tidak bisa menggunakan fitur Paylater.

Pada kesempatan kali ini Cp akan membantu kamu semua mengetahui Kenapa Transaksi Ini Tidak Memenuhi Syarat Untuk Menggunakan Spaylater beserta cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Transaksi Ini Tidak Memenuhi Syarat Untuk Menggunakan Spaylater

Transaksi Ini Tidak Memenuhi Syarat Untuk Menggunakan Spaylater

Berbicara mengenai tidak bisa menggunakan fitur Spaylater atau Shopee Paylater, tentu ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi, ntah sumber masalahnya berasal dari kamu sebagai pengguna atau sistem Spaylater sedang bermasalah.

Apapun penyebabnya, kamu tidak perlu bingung karena Cp sudah merangkum beberapa faktor yang sering kali menyebabkan fitur Spaylater tiba tiba tidak bisa digunakan, diantaranya:

Koneksi Internet Buruk

Penyebab pertama adalah koneksi internet buruk, seperti yang kita semua ketahui Shopee bisa diakses melalui aplikasi dan website, keduanya harus diakses secara online yang berarti memerlukan koneksi internet.

Jika ada masalah pada koneksi internet yang terhubung ke perangkat mu, wajar saja kalau tiba tiba kamu tidak bisa menggunakan fitur ini untuk menyelesaikan pesanan barang atau produk.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi hal ini adalah cek kecepatan internet yang perangkat mu gunakan. kamu bisa kunjungi situs Speedtest dan klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet pada perangkat mu.

Selain itu, kamu bisa cek manual dengan mengakses aplikasi lain seperti Tiktok, Instagram dan lain sebagainya. Apabila aplikasi bisa dibuat dengan lancar berarti tidak ada masalah pada koneksi mu, sebaliknya jika proses loading lama berarti koneksi mu bermasalah.

Menggunakan Aplikasi Shopee Versi Lama

Selain karena koneksi internet, penyebab berikutnya adalah kamu masih menggunakan aplikasi Shopee versi lama. Perlu diketahui, menggunakan versi lama akan retan terserang virus dan bug yang mengakibatkan masalah, seperti fitur tidak bisa diakses.

Spaylater adalah salah satu fitur pada platform Shopee, jadi karena kamu menggunakan aplikasi versi lama membuat fitur ini tidak bisa bekerja secara maksimal. Kenapa begitu? Karena developer Shopee memperbarui aplikasi mereka dengan tujuan menambah fitur baru dan memperbaiki masalah pada versi lama.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu update aplikasi Shopee ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store. Jika tidak ada keterangan update, kamu bisa install ulang aplikasi Shopee (harus ingat username dan kata sandi).

Perangkat Bermasalah

Kamu harus paham perangkat atau ponsel adalah alat untuk menghubungkan kita ke aplikasi Shopee, jika ada masalah pada ponsel yang kamu guankan tentu proses sinkron akan gagal atau tidak berjalan sesuai perintah.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan perangkat bermasalah, seperti cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.

Perangkat Tidak Kompatibel

Perlu kamu ketahui antara perangkat seluler dan aplikasi Shopee harus saling mendukung agar bisa menggunakannya secara maksimal, karena kalau tidak akan mempengaruhi kinerja Shopee terutama pada fiturnya.

Beberapa kasus, aplikasi Shopee tidak bisa diakses atau digunakan karena perangkat tidak memenuhi persyaratan install. Oleh karena itu, kamu harus memastikan apakah perangkat seluler yang kamu gunakan support mengakses aplikasi Shopee atau tidak?

Solusinya:

Bagaimana cara mengecek perangkat kompatibel atau tidak? Kamu bisa cek informasi aplikasi Shopee melalui Play Store, klik menu tentang aplikasi, dan baca informasi terkait Shopee.

Umumnya perangkat yang bisa mengakses aplikasi Shopee harus menyematkan versi android 5.0, jika perangkat mu dilengkapi versi android dibawah syarat tersebut maka tidak akan bisa menggunakan aplikasi Shopee.

Toko Tidak Mendukung Metode Pembayara Paylater

Tidak hanya karena beberapa penyebab yang berasal dari kamu sebagai pengguna, tapi juga bisa disebabkan oleh pemilik toko tidak mendukung fitur pembayaran via paylater. Sedikit informasi, pemiliki toko punya hak khusus untuk mengatur metode pembayaran mana saja yang bisa digunakan belanja di seller mereka.

Jadi, ketika kamu memilih toko yang ternyata tidak mendukung pembayaran via paylater maka transaksi tidak akan berhasil atau ada keterangan transaksi tidak memenuhi syarat.

Solusinya:

Agar terhindar dari penyebab ini, kamu harus lebih teliti memilih produk atau toko. Pastikan toko mendukung metode pembayaran Paylater. Biasanya toko yang mendukung metode pembayaran ini akan memberi keterangan atau tag paylater.

Atau kamu bisa cari produk melalui fitur kategori di halaman utama Shopee, pilih kategori Paylater maka secara otomatis produk yang ditampilkan mendukung pembayaran dicicil.

Baca Juga:

Produk Tidak Mendukung Pembayaran Paylater

Hampir sama dengan penjelasan diatas hanya saja ini lebih fokus pada produk, disini kamu harus paham pada satu toko tidak menjamin semua produk bisa dibeli dengan metode pembayaran paylater karena ada sebagian yang tidak bisa.

Solusinya:

Tidak jauh berbeda, kamu harus teliti memilih produk dan gunakan fitur kategori untuk memudah pencarian produk yang mendukung metode pembayaran paylater.

Punya Cicilan Belum Lunas

Penyebab ini tidak hanya berlaku di layanan Shopee saja, melainkan juga platform pinjam lain seperti Lazada Paylater, Akulaku Paylater dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan layanan ini saling membagi informasi terkait peminjam yang telat bayar atau tidak membayar cicilan.

Mungkin saja, karena kamu masih ada cicilan yang belum lunas membuat fitur Spaylater tidak bisa digunakan untuk transaksi.

Solusinya:

Hanya ada satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu membayar cicilan tersebut, sebelum membayar cicilan itu kemungkinan kamu tetap tidak akan bisa menggunakan layanan Spaylater ini.

Pernah Melanggar Kebijakan Shopee

Shopee adalah platform e commerce yang memiliki aturan kepada penggunaannya. Ketika kamu sebagai pengguna terdeteksi melakukan pelanggaran.

Ntah itu mengembalikan barang tanpa alasan jelas atau mengirim pesan tidak pantas akan membuat akun mu mendapatkan label buruk, karena label buruk ini lah, pihak Shopee melarang akun mu menggunakan layanan Spaylater mereka.

Server Utama Shopee Gangguan

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama aplikasi Shopee sedang gangguan atau down. Server utama memiliki peran penting dalam pengoperasian aplikasi Shopee karena semua hal terhubung ke server ini.

Adapun beberapa fungsi dari server utama diantaranya sebagai pusat penyimpanan data pengguna, penyimpanan data fitur, pusat lalu lintas pengguna, pusat pengoperasian dan lain sebagainya.

Solusinya:

Sebenarnya tidak ada hal yang bisa kamu lakukan jika memang server utama aplikasi Shopee bermasalah atau down, karena teknisi Shopee yang akan memperbaiki masalah ini. Tapi tidak ada salahnya kamu hubungi CS Shopee untuk menanyakan penyebab masalah ini. Kamu bisa kunjungi CS Shopee melalui link ini https://help.shopee.co.id/portal/article/72945-[Customer-Service]-Bagaimana-cara-menghubungi-Customer-Service-Shopee%3F?seo=1

Apakah Saya Tetap Bisa Menggunakan Layanan Spaylater?

Pertanyaan ini sering kali muncul, setelah membahas beberapa penyebab dan cara mengatasinya diatas. Untuk jawabannya sendiri tergantung, kenapa? Karena sebagian akun yang terbukti melakukan pelanggaran berat tidak akan bisa menggunakan layanan Spaylater, apalagi kamu masih punya cicilan yang belum lunas.

Namun ada juga akun yang sudah melanggar tetap bisa menggunakan layanan ini, jadi intinya semua kembali ke pihak Shopee yang menentukan akun mu bisa atau tidak bisanya menggunakan layanan Spaylater kedepannya.

Demikian ulasan singkat yang bisa calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai penyebab Transaksi Ini Tidak Memenuhi Syarat Untuk Menggunakan Spaylater beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat diatas bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *