Kenapa Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Solusinya

Transaksi online kini menjadi kebiasaan yang banyak dilakukan oleh para nasabah bank yang memiliki smartphone. Hampir semua bank kini memiliki layanan dan produk perbankan yang bisa diakses secara mobile melalui aplikasi mobile banking. Banyak transaksi yang bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut, seperti transfer, pembayaran atau payment, maupun pengisian saldo e-wallet.

Banyak orang yang memilih bertransaksi secara online karena ada banyak kelebihan dan keuntungan yang didapatkan saat menggunakan aplikasi mobile banking. Selain bisa melakukan berbagai transaksi online secara mudah, aplikasi mobile banking ini juga dapat difungsikan untuk memblokir akses kartu ATM ketika kartu tertelan atau hilang.

Salah satu layanan mobile banking yang dimiliki oleh Bank mandiri yaitu aplikasi Livin by Mandiri. Ada banyak sekali nasabah bank Mandiri yang menggunakan aplikasi ini untuk berbagai Transaksi dan layanan perbankan mobile lewat smartphone. Namun, tidak jarang ada saja pengguna aplikasi Livin Mandiri yang mengalami kendala tidak bisa membuka aplikasi.

Hal ini tentu akan menghambat aktivitas yang berkaitan dengan transaksi secara online, sehingga kamu harus segera mencari tahu penyebab Livin Mandiri tidak bisa dibuka serta cara mengatasinya. Bagi kamu yang mengalami kendala tidak bisa membuka atau mengakses aplikasi Livin Mandiri, yuk simak pembahasan lengkapnya yang sudah kami rangkum berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Buka Aplikasi Livin’by Mandiri

kenapa livin mandiri tidak bisa dibuka

Ketika berbicara mengenai tidak bisa mengakses atau tidak bisa membuka aplikasi Livin Mandiri, pasti kamu semua sudah tahukan ada banyak hal yang bisa menyebabkannya. Dalam artian lain, setiap pengguna memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Berdasarkan penjelasan tersebut, Cp sudah merangkum beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah tidak bisa mengakses aplikasi Livin Mandiri, diantaranya:

Koneksi Internet Tidak Stabil

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi, bahwa Livin Mandiri adalah layanan online resmi dari Bank Mandiri berbasis aplikasi. Berdasarkan penjelasan tersebut kita tahu bahwa untuk mengakses dan login ke aplikasi Livin Mandiri perangkat memerlukan koneksi internet stabil.

Ketika ada masalah pada koneksi internet yang perangkat mu gunakan, maka akan ada masalah juga pada saat kamu memberi perintah ke perangkat untuk mengakses aplikasi ini, salah satu hal yang akan terjadi adalah gagal memuat data aplikasi Livin Mandiri.

Solusinya:

Cara paling mudah mengatasi penyebab ini adalah dengan mengganti jaringan internet lain, tapi sebelum itu kamu harus pastikan lebih dulu apakah memang benar ada masalah pada jaringan internet mu atau tidak.

Untuk memastikannya tidak sulit, kamu bisa meminta bantuan situs Speedtest. Jadi, silahkan kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai. Maka secara otomatis situs akan mengecek keseluruhan terkait kecepatan internet yang perangkat mu gunakan.

Server Overload

Server Bank Mandiri overload bisa menjadi salah satu penyebab aplikasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka atau login. Hal ini disebabkan oleh server bank sibuk dikarenakan traffic pengguna mobile banking yang padat sehingga memicu terjadinya gagal login atau tidak bisa masuk dan mengakses menu transaksi.

Ketika pengunjung server sedang tinggi bisa membuat server utama mengalami overload, maka otomatis pengguna yang baru login harus menunggu pengguna lainnya keluar atau logout terlebih dahulu, baru aplikasi bisa dibuka.

Solusinya:

Untuk mengatasi hal ini, tunggu beberapa saat dan cobalah untuk membuka aplikasinya kembali di waktu ketika trafik sedang turun. Biasanya jam sibuk saat trafik livin penuh yaitu dari pagi sampai siang hari, dan malam hari menjadi waktu yang longgar untuk melakukan transaksi.

Nomor HP Dilepas Dari Ponsel

Ketika kamu mendaftar akun ke aplikasi Livin’by Mandiri tentu harus mengisi identitas diri terkait rekening Mandiri, seperti Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Nomor Telepon, Alamat Email, Nomor Rekening dan lain sebagainya.

Masalahnya, ketika kamu melepas nomor yang didaftar ke Livin dari ponsel, pihak Mandiri bisa mendeteksi hal itu. Perilaku ini sangat tidak disukai oleh pihak Mandiri, jika akun mu sudah terdeteksi melakukan hal ini maka secara  tiba tiba kamu tidak akan bisa mengakses aplikasi Livin Mandiri mu.

Solusinya:

Pasang kembali nomor telepon tersebut ke ponsel mu, lalu tunggu sampai pihak Mandiri selesai mengevaluasi perangkat mu. Untuk mempercepat proses ini kamu bisa hubungi Help Center Mandiri melalui link ini https://www.bankmandiri.co.id/kontak

Versi Aplikasi Livin Terlalu Lawas

Versi aplikasi Livin Mandiri yang terlalu lawas bisa membuat aplikasi menjadi error dan menyebabkan aplikasi ini tidak dapat dibuka. Aplikasi yang belum di update bisa memunculkan berbagai error dan bug sehingga akan mengganggu jalannya aplikasi.

Selain itu perlu kamu semua ketahui developer atau pengembang aplikasi Livin Mandiri menghadirkan versi terbaru dengan tujuan utama menambah fitur baru dan memperbaiki masalah pada fitur lama.

Dikarenakan kamu tidak rutin melakukan update aplikasi Livin, masalah yang seharusnya bisa teratasi setelah update aplikasi ke versi terbaru jadi tertunda, pada akhirnya masalah terus menumpuk dan membuat aplikasi ini tidak bisa diakses.

Solusinya:

Cara mengatasinya adalah dengan memperbarui atau mengupdate aplikasi Livin Mandiri melalui Play Store maupun App Store. Kalau tidak ada keterangan update, kamu bisa install ulang aplikasi Livin Mandiri (pastikan ingat username dan kata sandi ya).

Hp yang Digunakan Telah Mengalami Root

Penyebab selanjutnya kenapa Livin Mandiri tidak bisa dibuka adalah karena smartphone telah mengalami root atau lebih mudahnya proses pelepasan lisensi resmi dari  perusahaan produksi perangkat.

Ketika smartphone sudah diroot akan mempengaruhi kinerja sistem sehingga akan timbul masalah saat menggunakan atau menjalankan aplikasi mobile banking, termasuk Bank Mandiri. Hal ini dilakukan demi keamanan transaksi nasabah dari berbagai ancaman yang disebabkan karena modifikasi pada sistem smartphone.

Aplikasi Mengalami Crash/Rusak

Penyebab lainnya bisa juga dikarenakan aplikasi mobile banking Livin Mandiri mengalami crash di mana terjadi kerusakan pada file aplikasi yang menyebabkan aplikasinya tidak dapat dijalankan. Aplikasi yang mengalami crash ditandai dengan aplikasi yang tiba tiba keluar sendiri atau menutup sendiri, padahal kita sedang menggunakan aplikasi tersebut.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan aplikasi mengalami crash, yaitu hilangnya beberapa file aplikasi M Banking Mandiri, ruang penyimpanan perangkat penuh, sistem OS atau perangkat lunak versi lama dan lain sebagainya.

Solusinya:

Disini kamu perlu melakukan beberapa hal untuk mengatasi aplikasi Livin Mandiri yang mengalami crash, pertama hapus file dan aplikasi yang tidak penting agar ada space kosong pada penyimpanan perangkat, hapus cache atau sampah penggunaan, dan update sistem OS atau perangkat lunak.

Bila masih tetap bermasalah, kamu bisa install ulang aplikasi Livin Mandiri, lalu lakukan aktivasi dengan memasukkan nomor kartu ATM dan verifikasi OTP yang terdaftar di bank. Ini dilakukan untuk menghilangkan penyebab dari aplikask Livin Mandiri yang mengalami crash karena hilangnya beberapa file pembentuk.

Perangkat Tidak Kompatibel

Dalam pembahasan ini, kamu harus paham bahwa pihak developer atau pengembang aplikasi Livin’by Mandiri menawarkan pengalaman terbaik kepada pengguna karena banyak fitur menarik dan tampilan UI yang mudah dipahami oleh pengguna.

Agar bisa menggunakan semua fitur yang ada didalam aplikasi ini, pengguna harus menyiapkan perangkat atau ponsel yang mendukung penggunaan semua fitur didalam Livin by Mandiri.

Jika antara perangkat dan aplikasi Livin tidak saling support maka akan muncul keterangan terjadi kesalahan atau tidak bisa login.

Solusinya:

Untuk bisa mengatasi penyebab ini kamu harus memastikan perangkat yang gunakan menyematkan versi android berapa, dari informasi yang saya dapat melalui Play Store aplikasi Livin’by Mandiri hanya support pada perangkat seluler yang menyematkan versi android 7.0 dan Up.

Artinya, kamu tidak akan bisa mengakses aplikasi ini jika menggunakan perangkat seluler yang menyematkan versi android 7.0 kebawah, minimal harus 7.0. Satu satunya hal yang harus kamu lakukan adalah upgrade perangkat seluler mu.

Baca Juga:

Perangkat Seluler Bermasalah

Setelah kamu mengecek versi android yang disematkan pada perangkat mu sudah sesuai dengan ketentuan pihak Livin, tapi tetap tidak bisa mengakses aplikasi ini berarti ada penyebab lain.

Mungkin saja ada masalah pada perangkat yang kamu gunakan, sehingga membuat kinerja perangkat menurun. Masalah pada perangkat bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Berkaitan dengan hal apa saja yang bisa mengurangi performa perangkat diatas, saya sudah merangkum cara mengatasinya, yaitu:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, setelah melakukan 4 cara diatas kamu juga perlu memuat ulang perangkat agar semua bug bisa dihilangkan.

Aplikasi Sedang Pemeliharaan Sistem 

Sebuah aplikasi tentunya perlu untuk melakukan pemeliharaan sistem secara berkala untuk melakukan peningkatan terhadap fitur-fitur yang dimilikinya.

Hal ini tentu berakibat pada kinerja aplikasi yang berjalan tidak optimal dan menimbulkan error pada aplikasinya yang membuatnya tidak bisa dibuka untuk sementara waktu.

Solusi dari permasalahan ini yaitu kamu hanya perlu bersabar dan menunggu hingga proses pemeliharaan sistem selesai dilakukan dan aplikasi bisa berjalan kembali seperti semula. Biasanya proses maintenance akan diumumkan kepada nasabah melalui akun Instagram ataupun aplikasinya secara langsung.

Server Utama Aplikasi Mandiri Bermasalah

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama dari aplikasi Livin Mandiri sedang gangguan atau bermasalah, ntah karena sedang melakukan perbaikan atau ada gangguan karena serang virus.

Intinya, ketika ada masalah pada server utama akan mempengaruhi pengoperasian pada aplikasi Livin Mandiri. Kenapa? Karena memiliki peran penting dalam pengoperasian, adapun beberapa fungsi dari server utama diantaranya sebagai pusat penyimpanan data pengguna, penyimpanan data fitur, pusat lalu lintas pengguna, pusat pengoperasian dan lain sebagainya.

Solusinya:

Untuk memastikan benar atau tidaknya hal ini terjadi, kamu bisa cek informasinya di akun sosial media resmi pihak Mandiri seperti seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Biasanya pihak Mandiri akan membagikan informasi detailnya melalui akun sosial media ini.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi langsung CS Mandiri melalui link ini https://www.bankmandiri.co.id/kontak atau kamu juga bisa hubungi CS Mandiri dengan cara dibawah ini:

Nah, sekian dulu pembahasan mengenai kenapa Livin Mandiri tidak bisa dibuka serta cara mengatasinya, semoga informasi kali ini bisa bermanfaat terutama bagi kamu yang mengalami permasalahan tersebut.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *