Kenapa Chat di Telegram Hilang Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Telegram merupakan sebuah aplikasi pesan instan yang fungsinya sama dengan aplikasi WhatsApp. Diluncurkan sejak tahun 2013, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 miliar pengguna. Telegram tersedia di berbagai sistem operasi seperti, Android, iOs, Windows, Windows Phone, Ubuntu Touch, MacOS X, serta Linux.

Aplikasi ini memang sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang merasa telegram lebih mudah digunakan dari pada aplikasi serupa lain nya. Namun, terdapat sebuah masalah yang mungkin saja terkadang ditemukan oleh para pengguna telegram.

Salah satunya adalah hilang nya pesan atau chat telegram secara tiba-tiba. Apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut? dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut penjelasan nya.

Penyebab Hilangnya Chat Telegram Beserta Cara Mengatasinya

Kenapa Chat di Telegram Hilang Sendiri

Menghilangnya pesan atau chat di Telegram memang menjadi persoalan banyak pengguna Telegram belakangan ini, kenapa? karena yang mengalami masalah ini bukan satu atau dua orang saja, tapi hampir sebagian besar pengguna Telegram.

Membahas persoalan ini, hal paling utama yang harus dipahami oleh pengguna Telegram adalah apa saja penyebab hilangnya chat di Telegram, setelah mengetahui penyebabnya barulah kamu bisa mencari solusinya berdasarkan penyebab tersebut.

Untuk memperjelasnya, Calonpengangguran akan memberikan beberapa hal yang bisa saja membuat pesan di Telegram terhapus sendiri, diantaranya:

Masuk Fitur yang Disembunyikan

Salah satu fitur yang ada di telegram adalah fitur sembunyikan pesan. Ketika sebuah pesan kamu masukan ke dalam fitur atau mode ini, secara otomatis kamu tidak akan bisa melihat pesan tersebut.

Mungkin saja kamu lupa ketika tidak sengaja mengatifkan fitur ini. Karena tidak semua aplikasi pesan instan memiliki fitur ini.

Solusinya:

Nonaktifkan fitur ini agar pesan kamu tetap terlihat di bagian beranda Telegram. Kamu bisa menonaktifkan nya di pengaturan yang sudah tersedia pada aplikasi Telegram.

Tidak hanya itu, untuk lebih mudahnya kamu bisa gulir layar dari atas kebawah untuk menampilkan pesan yang masuk fitur tersembunyi.

Tidak Sengaja Terhapus

Kamu mungkin lupa telah menghapus pesan atau chat tersebut, sehingga ketika kamu mencarinya di daftar pencarian kamu tidak menemukan pesan tersebut.

Ini bisa terjadi karena di aplikasi Telegram ada fitur geser yang bisa menghapus pesan tanpa disadari pengguna, ketika pesan sudah terhapus maka wajar kalau chat dengan teman, keluarga atau siapapun itu tidak muncul di halaman beranda Telegram.

Solusinya:

Ketika sebuah pesan tidak sengaja terhapus, kamu bisa memeriksa dulu apakah pesan tersebut sudah pernah kamu cadangkan.

Jika sudah kamu cadangkan, maka kamu masih bisa mengembalikan pesan tersebut, namun jika belum maka pesan akan terhapus secara permanen.

Baca Juga:

Masuk Kedalam Arsip Pesan

Sama halnya dengan aplikasi WhatsApp, Telegram juga memiliki fitur arsip pesan. Ketika sebuah pesan kamu masukan ke dalam arsip, maka pesan tersebut tidak akan muncul di bagian beranda depan Telegram kamu.

Pesan akan terlihat secara otomatis apabila ada chat baru yang masuk ke Telegram kamu, berarti pesan yang sudah masuk arsip akan tersembunyi.

Solusinya:

Lepaskan chat atau pesan dari arsip, maka pesan tersebut akan secara otomatis muncul pada bagian halaman depan atau beranda telegram kamu.

Caranya juga sangat gampang, kamu hanya perlu menekan lama chat atau ruang obrolan yang ingin kamu lepas dari arsip, nanti akan ada pilihan lepas arsip. Klik pilihan tersebut, dan chat kamu tidak akan tersimpan di arsip lagi.

Fitur Hapus Pesan Otomatis

Ketika kamu mengaktifkan fitur ini, maka secara otomatis pesan di sebuah ruang obrolan akan terhapus secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kamu pilih.

Fitur ini berguna untuk membantu kamu menghemat ruang penyimpanan. Kamu bisa memilih ruang obrolan mana yang ingin kamu hapus otomatis pesan nya.

Solusinya:

Nonaktifkan fitur tersebut agar pesan baru yang telah terkirim atau kamu terima tidak terhapus secara otomatis. Kamu bisa mengubah fitur tersebut di pengaturan Telegram.

Bagaimana caranya? Pertama buka aplikasi Telegram, klik icon tiga garis horizontal untuk menampilkan menu pop up, klik opsi setting atau pengaturan, pilih menu Privasi dan Keamanan, cari dan klik menu Hapus Pesan Otomatis, terakhir kamu bisa nonaktifkan menu ini agar pesan tidak terhapus sendiri.

Dihapus Pihak Telegram

Banyak grup-grup yang tersedia di Telegram. Terkadang didalam grup tersebut berisi konten yang dilarang atau melanggar aturan pihak Telegram, sehingga mereka akan menghapus pesan atau konten yang sudah terkirim tersebut dan otomatis kamu tidak akan menemukan pesan atau pun konten tersebut.

Solusinya:

Jika hal ini terjadi, maka kamu tidak akan bisa mengembalikan pesan tersebut. Jadi tidak ada solusi untuk kasus yang ini, cobalah untuk tidak mengirim chat atau konten yang melanggar aturan pihak telegram.

Akun Terhapus

Terdapat sebuah fitur hapus akun otomatis pada Telegram. Bila mengaktifkan fitur tersebut, maka ketika sebuah akun Telegram tidak digunakan selama beberapa bulan berturut-turut, akun tersebut akan otomatis terhapus.

Chat pada akun terhapus tetap akan tersimpan, namun nama pada akun tersebut akan hilang. Sehingga kamu akan sulit mengenali chat mana yang ingin kamu cari dan pada akhirnya menganggap chat tersebut hilang atau terhapus.

Solusinya:

Buka chat pada akun yang bertuliskan “akun terhapus”, kamu bisa mengenali itu akun milik siapa dengan melihat isi obrolan pada pada ruang obrolan tersebut. selain itu, kamu bisa menonaktfikan fitur hapus pesan otomatis agar hal ini tidak terjadi lagi.

Server Utama Telegram Bermasalah

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama Telegram mengalami gangguan atau down, ini bisa terjadi karena teknisi sedang melakukan upgrade kapasitas atau sedang pemeliharaan server.

kenapa server utama sangat penting? karena server menjadi pusat pengoperasian aplikasi Telegram, adapun beberapa peran utama yaitu sebagai pusat lalu lintas, pusat penyimpanan data, pusat pengoperasian dan lain lain.

Ketika server bermasalah, bisa saja pesan atau chat yang seharusnya tersimpan rapi malah hilang, ini terjadi karena ada keselahan dalam perbaikan server.

Solusinya:

Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini? Kamu bisa hubungi CS Telegram untuk menanyakan dan mendapatkan bantuan menyelesaikan masalah yang saat ini dialami.

Untuk menghubungi CS Telegram bisa diakses melalui link ini https://telegram.org/support?setln=id

Jelaskan semua kendala yang kamu alami dengan mengisi keterangan di kolom Berikan keterangan mengenai kendala Anda, selain itu kamu harus masukan nomor telepon akun Telegram dan alamat email guna memudahkan pihak Telegram menghubungi mu.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa chat di Telegram hilang sendiri dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *