Kenapa Tidak Bisa Melihat Status Video di WA? Ini Penyebabnya

Hampir semua orang di Indonesia saat ini menggunakan WA sebagai alat komunikasi. Hal ini karena aplikasi WA menawarkan banyak fitur yang berguna untuk  melakukan komunikasi baik melalui video ataupun suara.

Akan tetapi, beberapa pengguna sering mengeluhkan tentang aplikasi yang tidak dapat melihat status berupa video. Pengguna mengalami kesulitan saat membuka atau memutar video di dalam chat atau story WhatsApp.

Jika video tidak dapat diputar, WhatsApp umumnya akan menampilkan pesan ‘Terjadi kesalahan. Masalah WA ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

Penyebab Tidak Bisa Melihat Status Video di WhatsApp

Kenapa Tidak Bisa Melihat Status Video di WA

Koneksi Internet Bermasalah

Salah satu penyebab umum mengapa seseorang tidak dapat melihat status video di WhatsApp adalah masalah dengan koneksi internet. WhatsApp memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat untuk memuat dan memutar video dengan baik.

Jika koneksi internet sedang lemah atau terputus, maka kemungkinan besar pengguna akan mengalami kesulitan saat mencoba melihat status video karena proses mengunduh data video terhenti atau terjadi kesalahan.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa terkadang status video mungkin tidak dapat diakses karena masalah pada sumber video itu sendiri. Mungkin saja video tersebut dihapus oleh pengirim atau sumbernya tidak lagi tersedia. Hal ini tentu saja ketika kamu membuka status video tersebut mengakibatkan video tidak bisa diputar.

Solusinya:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi penyebab ini adalah memastikan benar atau tidak ada masalah pada koneksi internet mu. Caranya mudah kok, Anda bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai.

Maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang terhubung di perangkat mu, kalau hasilnya menunjukan ada masalah pada koneksi internet tersebut. Saya sarankan untuk ganti jaringan internet lain atau tunggu sampai koneksi kembali normal, setelah itu coba akses kembali status di WhatsApp.

Aplikasi WA Belum di Update

Salah satu alasan umum mengapa pengguna mungkin tidak dapat memuat status video di WhatsApp adalah karena versi aplikasi WhatsApp yang mereka gunakan mungkin sudah usang. WhatsApp secara teratur merilis pembaruan untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, dan menyediakan fitur-fitur baru.

Jika pengguna masih menggunakan versi lama, itu dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk memutar atau melihat status video terbaru yang dikirim oleh kontak. Hal ini karena fitur untuk melihat status berupa video sudah usang sehingga tidak dapat digunakan untuk memutar video.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store. Ingat ya harus install aplikasi wa dari platform resmi jangan dari platfrom ilegal, takutnya penggunaan wa mod bisa mengancam data pribadi Anda.

Memori Internal Penuh

Ketika ruang penyimpanan atau kapasitas memori internal pada ponsel mencapai kapasitas maksimum, hal ini dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk mengunduh dan membuka video di WhatsApp.

Hal ini juga dapat menyebabkan pengguna tidak dapat mengakses aplikasi WA karena tidak adanya ruang untuk menyimpan cache atau data sementara.

Konten multimedia, seperti gambar, suara, dan video, menghasilkan sejumlah data yang harus disimpan di dalam memori internal.

Jika kapasitas penyimpanan internal ponsel sudah mencapai batas penuh, secara otomatis file baru tidak dapat tersimpan, termasuk video yang diterima melalui WhatsApp.

Solusinya:

Anda bisa menghapus beberapa file atau aplikasi yang tidak penting dari perangkat, kalau dirasa semua data penting Anda bisa pindahkan data tersebut ke perangkat lain atau upload ke Google Drive.

Dengan begitu, perangkat yang Anda gunakan saat ini tersedia ruang kosong untuk menyimpan data tidak terduga dari hasil pemakaian aplikasi.

Cache Menumpuk

Penyebab lain dari masalah ini adalah karena akumulasi cache atau data sementara yang berlebihan tersimpan di perangkat. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses pengunduhan dan membuka konten yang sering digunakan.

Akan tetapi, jika cache menumpuk dalam jumlah besar, ini dapat menyebabkan gangguan dalam pengalaman pengguna, termasuk kesulitan dalam memuat atau memutar video status. Cache tercipta karena adanya berbagai proses yang dilakukan pada perangkat.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini adalah membersihkan semua cache yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi WhatsApp.

Setiap perangkat punya prosedur pembersihan cache masing-masing, contoh perangkat merk Samsung yang saat ini saya gunakan. Pertama buka pengaturan perangkat, aplikasi atau kelola aplikasi, pilih aplikasi WhatsApp, penyimpanan dan hapus cache.

Selain cara itu, Anda juga bisa membersihkan cache dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa diinstall melalui Play Store.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga proses pembersihan cache akan lebih maksimal karena cache yang dihapus tidak hanya yang berasal dari aplikasi WA tapi semua aplikasi yang terinstall di perangkat.

Baca Juga:

Adanya Bug atau Kesalahan Pada WhatsApp

Tidak bisa melihat status video di WhatsApp bisa disebabkan oleh adanya bug atau kesalahan pada aplikasi WhatsApp itu sendiri. Bug adalah masalah perangkat lunak yang dapat menyebabkan ketidakstabilan atau disfungsi dalam kinerja suatu aplikasi.

Dalam konteks WhatsApp, bug mungkin terjadi pada versi tertentu dari aplikasi tersebut, dan dampaknya dapat melibatkan kesulitan dalam memuat atau memutar video status pengguna.

Solusinya:

Masalah bug seperti ini bisa terjadi karena terlalu lama menggunakan aplikasi versi lama dan penyebab internal lain yang berasal dari perangkat.

Untuk menghilangkan bug atau kesalahan dalam membaca data tidak bisa dihilangkan hanya dengan mengupdate aplikasi Wa ke versi terbaru. Anda harus install ulang aplikasi WhatsApp (Nomor Telepon Harus Aktif Ya dan sudah mencadangkan data penting di WhatsApp).

Setelah itu Anda harus muat ulang perangkat, ini dilakukan agar sumber masalah yang bisa saja membuat performa perangkat menurun bisa dihilangkan juga, jika sudah semua Anda bisa akses kembali aplikasi WhatsApp dan login ulang akun mu.

Menggunakan Aplikasi WhatsApp Mod

Penyebab ini sering kali disepelekan oleh pengguna, karena banyak yang beranggapan menggunakan aplikasi WhatsApp mod atau gb sangat aman.

Padahal yang namanya tindakan ilegal tidak boleh dibenarkan, apalagi aplikasi WhatsApp Mod tidak jelas siapa pembuatnya. Kemungkinan data pribadi pengguna bisa saja dicuri oleh oknum tidak bertanggungjawab yang merilis aplikasi mod.

Penggunaan aplikasi mod sering kali menimbulkan masalah seperti fitur tidak mau bekerja karena terjadi kesalahan dalam memuat data, dalam konteks kali ini adalah fitur memutar status video.

Solusinya:

Kalau Anda terbukti menggunakan aplikasi WhatsApp Mod atau GB, saya sarankan untuk segara uninstall saja dan install kembali aplikasi WhatsApp resmi. Ini dilakukan agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti data dicuri atau tidak bisa menggunakan fitur WA.

Server Utama Aplikasi WhatsApp Down

Penyebab terakhir dari masalah ini adalah server utama WhatsApp sedang gangguan atau down. Umumnya gangguan server terjadi karena teknisi WhatsApp sedang melakukan pemeliharaan atau upgrade kapasitas server.

Kenapa server sangat penting? Karena semua hal baik itu website atau aplikasi terhubung ke server tersebut. Server sendiri memiliki beberapa peran penting seperti pusat penyimpanan data, pusat pengoperasian dan pusat lalu lintas data.

Solusinya:

Sebagai pengguna Anda tidak perlu melakukan hal apapun selain menunggu, karena teknisi WhatsApp lah yang akan menyelesaikan masalah ini. Jadi, Anda hanya perlu menunggu sampai proses pemeliharaan ini selesai.

Itulah beberapa penyebab kenapa tidak bisa melihat status video di WA beserta cara mengatasinya. Masalah ini dapat terjadi pada siapa saja dan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal di atas. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya agar dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *