Penipuan Telepon dan WA Dari Kantor Pos Indonesia: Hati-hati Paket Belum Datang

Penipuan Telepon dan WA Dari Kantor Pos Indonesia – Ada banyak sekali dampak buruk yang selalu menghatui kita pada era digitalisasi ini, terutama dalam mencari sebuah informasi yang tidak jelas atau hoax.

Inilah yang membuat kita sebagai masyarakat biasa harus selalu waspada terhadap informasi yang belum jelas validasinya, karena bisa saja informasi yang kalian baca adalah kabar hoax yang bertujuan melakukan penipuan.

Salah satu tindakan penipuan yang saat ini marak terjadi disekitar masyarakat adalah penipuan melalui panggilan seluler dan pesan teks di WhatsApp yang mengaku sebagai pihak Kantor Pos Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri lagi, sebagai salah satu layanan BUMN yang sudah lama menemani masyarakat Indonesia membuat pengguna Kantor Pos Indonesia menjadi sasaran paling empuk untuk melakukan penipuan.

Oleh karena itu, mengunakan nama Kantor Pos Indonesia secara ilegal sering kali dipakai oleh oknum tidak bertanggungjawab dengan tujuan menipu masyarakat Indonesia dengan melakukan panggilan seluler dan mengirim pesan melalui WhatsApp.

Berpura-pura menjadi staff atau karyawan dari Kantor Pos Indonesia memang sangatlah mengkhawatirkan para penipu tersebut berusaha mencari informasi detail terkait korban dan akan meminta data diri korban.

Meski ini bukanlah hal yang baru, tapi nyatanya masih saja banyak masyarakat Indonesia yang tertipu dengan modus penipuan semacam ini. Maka dari itu, calonpengangguran hadir dengan informasi terkait modus penipuan tersebut dan berharap bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat Indonesia terdapat aksi penipuan di Indonesia.

Modus Penipuan Telepon dan Wa Dari Kantor Pos Indonesia Tentang Paket Belum Diambil

Penipuan Telepon dan WA Dari Kantor Pos Indonesia

Seperti yang sudah kita bahas tadi diatas, bahwa PT Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memberi pelayanan pengataran barang dan logistik di seluruh Indonesia.

Eksistensi dari Kantor Pos Indonesia tidak perlu dipertanyakan lagi, sehingga tidak heran banyak oknum tidak bertanggungjawab mengatasnamakan layanan ini sebagai modus penipuan karena dianggap lebih mudah dipercaya dan di terima oleh masyarakat Indonesia.

Meski tidak berisiko secara finansial, tapi lebih ke data pribadi korban yang dicuri, saya rasa ini juga sangat penting dan berbahaya karena bisa saja digunakan untuk hal-hal buruk kedepannya.

Umumnya, oknum penipu ini akan berpura-pura menjadi salah satu staff kantor Pos Indonesia dan memberitahu bahwa ada paket yang belum diambil oleh si korban, sehingga pihak kantor pos meminta data diri korban untuk menyelesaikan pengiriman barang ini.

Ciri ciri Penipuan Telepon dan WhatsApp Dari Kantor Pos Indonesia

Meski penipu zaman sekarang sudah sangatlah pintar, tapi kita sebagai masyarakat harus lebih pintar dong agar tidak terjebak dengan modus penipuan mereka. Oleh karena itu, kalian harus memahami apa saja ciri penipuan yang mengatasnamakan kantor Pos Indonesia.

Ketika kalian mendapat panggulan seluler dengan Caller ID yang menampilkan “Telepon dari Kantor Pos Indonesia, tekan 8“ sebaiknya tetap tenang dan hindari untuk mengikuti instruksi yang diberikan, ini dilakukan agar perangkat yang kalian gunakan tidak bisa diakses oleh penipu tersebut.

Kemudian, apabila mendapat pesan WhatsApp yang mengatasnamakan dari PT Pos Indonesia, biasanya kalian akan diarahkan untuk mengklik link tautan yang diberikan. Sebaiknya kalian jangan mudah tergiur dengan informasi yang diberikan.

Perlu kalian semua ingat, PT Pos Indonesia tidak pernah meminta data diri pribadi pengguna layanan mereka, karena secara teknis pihak mereka seharusnya sudah memiliki data tersebut. Apalagi mengarahkan kalian untuk mengklik link tautan tertentu.

Tips Mencegah Penipuan Paket Kantor Pos Indonesia Belum Sampai

Konfirmasi Dengan Customer Service Resmi

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan ketika mendapat panggilan atau pesan WhatsApp yang mengatasnamakan PT Pos Indonesia adalah menghubungi Customer Service Resmi Kantor Pos Indonesia.

Kenapa? Karena dengan menghubungi CS Resmi Pos Indonesia kalian bisa memastikan secara pasti, apakah benar pihak Pos Indonesia meminta data pribadi Anda dan mengirim link tauntan melalui WhatsApp.

Jangan Pernah Klik Link Tautan Sembarangan

Tidak hanya bisa menghubungi pihak resmi kantor Pos Indonesia, kalian bisa menghindari hal hal yang tidak diinginkan dengan tidak mengklil link tautan yang dikirim ke nomor WhatsApp mu.

Blokir dan Laporkan Pengirim Pesan

Terakhir, lakukan pemblokiran panggilan dan nomor WhatsApp tersebut agar tidak bisa menghubungi nomor mu lagi, dengan begitu peluang terjadinya penipuan akan diminimalisir.

Demikian ulasan singkat yang bisa calonpengangguran sampaikan kepada kalian semua tentang Penipuan Telepon dan WA Dari Kantor Pos Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *