Apa Itu Kargo Shopee? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Apa Itu Kargo Shopee – Bagi yang sudah sering belanja online terutama di Shopee pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu fasilitas pengiriman paket yang dinamakan kargo Shopee, apa itu kargo shopee? Apakah kargo shopee diantar sampai rumah? dan apakah kargo Shopee aman atau tidak?. Pastinya pertanyaan itu mulai muncul di pikiran kamu karena banyak orang yang mengatakan pengiriman kargo beresiko dan tidak aman.

Shopee memahami bahwa kebutuhan konsumen atau pelanggan terkait pengiriman paket sudah semakin meningkat dan dibutuhkan jasa pengiriman yang bisa memenuhi kebutuhan mereka untuk pengiriman barang yang besar, banyak, dan berat. Perlu kamu tahu jika penjual mengirim paket berukuran besar dan berat dengan jasa pengiriman reguler maka akan sangat mahal karena tidak hanya dihitung dari beratnya saja namun juga volume akan dihitung.

Oleh sebab itu pengiriman kargo sangat dibutuhkan khusus untuk barang-barang dengan volume dan berat yang lumayan dan tidak memungkinkan dikirim melalui jasa reguler. Shopee juga tetap bekerja sama dengan jasa kirim yang menyediakan kargo seperti SiCepat Kargo atau yang dinamakan SiCepat Gokil dan jasa pengiriman lainnya. Jika kamu masih belum memahami tentang kargo Shopee dan penjelasan lainnya, kami sudah merangkum informasinya berikut.

Apa Itu Kargo Shoppe dan Kelebihan Kekurangannya

apa itu kargo shopee

Kargo Shopee merupakan salah satu fasilitas jasa pengiriman yang ditawarkan untuk konsumen yang membeli produk atau barang yang berat, besar, dan banyak. Dengan menggunakan jasa kargo maka ongkos kirim akan lebih terjangkau dan murah dibandingkan dengan menggunakan jasa reguler dan express. Jadi memang jasa pengiriman kargo ini diperuntukkan untuk buyer yang ingin memesan barang dengan kapasitas yang besar.

Biasanya dalam operasional pengiriman kargo Shopee menggunakan SiCepat Gokil atau Kargo Kilat dan JNE Trucking. Setelah mengetahui apa itu kargo Shopee, selanjutnya kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan kargo shopee seperti berikut:

  • Volume, berat, dan kuantitas bisa disesuaikan dengan ongkos kirim yang relatif murah
  • Ongkos kirim lebih terjangkau
  • Bisa diantar sampai rumah atau alamat 
  • Kekurangannya biasa waktu pengiriman yang lama karena pengiriman barang dilakukan secara kolektif
  • Ada sedikit resiko kerusakan karena khawatir ditumpuk dengan barang lainnya yang cenderung besar dan berat

Meskipun kelebihan dan kekurangannya hampir dibilang sama namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu akan memiliki garansi yang bisa diklaim jika produk kamu mengalami hal yang tidak diinginkan selama pengiriman. Kami sarankan sebelum membuka paket videokan paket tersebut dari menerima, membuka, dan mengecek agar garansi kamu bisa diklaim dengan bukti yang lengkap.

Kamu juga tidak perlu takut bahwa barang kamu akan ditumpuk karena petugas kargo pastinya memiliki pengalaman dan tidak akan mengambil resiko yang merugikan konsumen atau pihak pengiriman. Percayalah bahwa barang kamu akan tetap aman dan sampai di alamat dengan estimasi yang sudah ditentukan 

Berapa Lama Pengiriman Cargo Shopee dan Cara Cek Resinya

Untuk estimasi atau berapa lama pengiriman cargo Shopee kurang lebih 1-5 hari kerja tergantung kondisi lapangan dan jasa pengiriman yang digunakan. Perlu kamu tahu bahwa fasilitas kargo tidak hanya mengirimkan barangmu saja tapi barang orang lain yang searah denganmu. Jadi memang dibutuhkan kesabaran ekstra untuk pengiriman kargo Shopee ya.

Terkadang pengiriman kargo Shopee bisa lebih cepat dan bahkan bisa melebihi estimasi, kamu hanya perlu menunggu dan memantau resinya. Berbicara tentang cara mengecek kargo Shopee,kami akan memberikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama buka aplikasi Shopee kamu dan klik ikon profil atau akun yang ada di pojok kanan bawah
  2. Klik menu pesanan saya dan klik ikon dikirim dan pada menu itu kamu bisa melihat update paket kamu sudah sampai mana
  3. Jika kurang akurat kamu bisa mengeceknya di situs cek resi dengan klik linknya disini
  4. Sebelumnya salin terlebih dahulu nomor resi yang tertera pada halaman pengiriman barang di aplikasi Shopee
  5. Kamu bisa blok, tekan lama, atau klik ikon copy di samping nomor resi 
  6. Kemudian paste nomor resi di situs yang sudah kami berikan 
  7. Klik cek resi dan pilih jasa kirimnya yang juga bisa kamu cek di halaman pengiriman paket Shopee
  8. Nanti akan muncul detail pengiriman paket kamu
  9. Selesai

Akhir kata, demikian informasi yang bisa kami sampaikan dan rangkum tentang apa itu kargo Shopee lengkap dengan penjelasan lainnya. Kami harap artikel kali ini dapat membantu kamu mengenal lebih dalam tentang Kargo Shopee dan jika saat ini sedang menggunakan jasa pengiriman kargo, kami harap cepat sampai dengan baik ya. Sampai jumpa di update artikel kami selanjutnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *