4 Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk yang Wajib Kamu Ketahui!

Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk – Berbicara tentang desain produk yang ternyata memiliki pengaruh cukup besar dalam sebuah bisnis atau usaha sehingga tidak dapat dilepaskan karena selalu ada di antara produsen dan konsumen. Pentingnya desain produk dapat memunculkan daya tarik konsumen untuk penasaran dan akhirnya memutuskan membeli. Tahukah kamu saat ini sudah banyak spesialis dalam bidang desain kemasan atau produk sebagai salah satu strategi bisnis.

Bagi kamu yang belum mengerti definisi dari desain produk, hal ini merupakan proses dari imajinasi, membuat, serta memperbaiki produk untuk memenuhi standar pasar serta kebutuhan spesifik konsumen agar dapat memecahkan masalah perusahaan sehingga sampai pada tujuan dan target yang diinginkan. Bisa dibilang bahwa seorang desainer produk akan berusaha menemukan solusi yang inovatif.

Oleh karena itu seseorang yang ahli dalam pekerjaan ini harus memahami apa saja faktor yang mempengaruhi desain produk sehingga dapat memberikan dampak pada produktivitas penjualan, pendapatan serta keuntungan suatu bisnis. Tidak hanya orang yang bekerja dalam bidang ini saja namun seorang pemilik bisnis juga wajib memahami seputar desain produk. Agar tidak bingung, kami sudah merangkumnya dengan lengkap di artikel ini, simak yuk!

Manfaat dan Tujuan Desain Produk dalam Bisnis

faktor yang mempengaruhi desain produk

Perlu kamu tahu bahwa untuk ingatkan pemasaran produk secara signifikan kepada calon konsumen, perusahaan sangat membutuhkan strategi desain produk yang tidak hanya fungsinya saja namun juga penampilan yang menarik dari produk yang ditawarkan. Desain produk yang kami maksud disini mencangkup produk apapun termasuk produk digital sekalipun.

Sebenarnya kami telah menyinggung manfaat dari desain produk secara garis besar namun untuk detailnya kami akan memberikan beberapa informasi yang mungkin bisa bermanfaat untuk terkait manfaat tujuan desain produk adalah sebuah bisnis. Jika sebuah bisnis memperhatikan hal ini maka akan memberikan grafik keuntungan yang cukup meningkat dibandingkan tanpa menggunakan desain produk:

  • Dapat meningkatkan cinta dan reputasi dari sebuah perusahaan sehingga memiliki nilai plus dalam menarik perhatian konsumen
  • Desain produk juga dapat meningkatkan daya saing bisnis dari kompetitor lainnya, sebagai pemilik bisnis kamu perlu melakukan pembaruan desain produk setiap waktu untuk mengantisipasi desain tiruan namun harus tetap mempertahankan ciri khas serta identitas produk
  • Dapat memberikan pendapatan serta keuntungan yang signifikan dikarenakan desain produk dari akan menyampaikan pesan dan kesan kepada konsumen sehingga membuat penasaran dan tertarik
  • Desain produk juga bisa menentukan kesuksesan sebuah produk yang ditawarkan di pasar karena pada dasarnya konsumen selalu memperhatikan desain yang unik dan anti mainstream

Itulah beberapa manfaat dari desain produk yang ternyata memiliki dampak yang cukup besar untuk perkembangan sebuah bisnis di perusahaan.

Namun, sebenarnya masih banyak manfaat yang akan kamu dapatkan sebagai pemilik bisnis jika menerapkan sistem desain produk secara konsisten dan serius. Terlepas dari itu, kami juga akan memberikan tujuan dari adanya desain produk dalam sebuah bisnis:

  • Utility, tujuan pertama dari desain produk yaitu menjadi sebuah kemudahan untuk konsumen dalam penggunaan sebuah produk sehingga konsumen memiliki rasa aman dan percaya bahwa produk tersebut terjamin sebelum membelinya
  • Easy to Maintenance, selanjutnya yaitu dapat memberikan koneksi antar produsen serta konsumen yang tentu saja dapat membuat konsumen nyaman dan memahami spesifikasi serta rancangan dari produk yang ditawarkan
  • Appearance, tujuan yang selanjutnya yaitu memberikan tampilan yang menarik unik kepada konsumen sehingga konsumen merasa yakin untuk memutuskan membeli apalagi desain produk tersebut dapat memberikan pesan yang jelas dan terperinci
  • Communication, tujuan desain produk yang satu ini bermaksud untuk menjadi penghubung dari perusahaan kepada calon konsumen untuk menyampaikan apapun terkait produk sehingga mampu mencapai target konsumen yang diinginkan
  • Low Cast, tujuan dari desain produk yang terakhir yaitu sebagai strategi marketing kegiatan dengan biaya yang cukup murah daripada harus mengiklankan melalui televisi atau media lainnya

4 Faktor yang Mempengaruhi Desain Produk

Setelah kamu memahami tentang manfaat dan tujuan dari desain produk dalam sebuah bisnis, selanjutnya hal yang paling mendasar dan tidak boleh diabaikan yaitu sebagai apa saja faktor yang mempengaruhi desain produk sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terkait penjualan dan pendapatan dalam sebuah bisnis.

Pada bagian ini, kami sudah kumpulkan dari berbagai sumber apa saja faktor yang bisa dipertimbangkan sebelum melakukan desain produk.

Hal ini wajib untuk kamu pahami karena untuk desain produk tidak bisa sembarangan, tentunya sebagai pemilik bisnis tidak ingin mengalami kerugian usaha yang sia-sia sehingga faktor desain produk ini dapat memberikan informasi penting sehingga desain produk menjadi lebih maksimal dan optimal:

1. Faktor Standar Spesifikasi Desain Produk

Faktor yang mempengaruhi desain produk yang pertama adalah standar dan spesifikasi desain yang meliputi bagian produk, warna, bahan pembuatan produk, dan ukuran yang diperlukan oleh produk tersebut.

Berbagai hal yang terdapat pada desain akam menjadi gambaran umum dari produk yang ada di dalamnya, Misalnya saja menggunakan warna desain kuning dan jingga untuk desain edisi musim semi, atau menggunakan warna putih dengan aksen biru untuk desain edisi musim dingin.

2. Faktor Bentuk Dasar dan Penggunaan Produk

Bentuk dasar atau biasa disebut prototype merupakan model produk awal yang dibuat sebelum proses produksi atau pembuatan dari produk tersebut. Bentuk dasar dibuat sebagai gambaran dari bentuk dan fungsi produk secara jelas.

Oleh karena itu, prototype akan menjadi gambaran dalam perubahan pada desain produk apabila lulus dalam uji coba. Dalam membuat produk, seorang pebisnis harus memahami fungsi dan kegunaan produk tersebut secara menyeluruh dengan cara melakukan riset dari berbagai sumber, ataupun melihat dari kompetitor untuk produk yang sama.

3. Faktor Harga Serta Ukuran Volume Produk

Selanjutnya, faktor yang mempengaruhi desain produk adalah harga dan juga volume dari produk tersebut. Faktor harga akan berhubungan langsung dengan jumlah produksi yang akan semakin murah dengan jumlah yang lebih banyak. Sedangkan volume, akan berhubungan dengan ukuran dari produk yang ditawarkan oleh produsen.

4. Faktor Jaminan Tanggung Jawab Produk

Dalam faktor ini, pihak produsen memiliki kewajiban untuk memberikan desain produk dengan kualitas yang terbaik. Selain itu, pebisnis atau produsen juga bertanggung jawab pada kenyamanan dan kepuasan konsumen setelah membeli produk tersebut. Bisa dibilang, seorang produsen harus memberikan garansi kepuasan bagi para pelanggannya dalam hal yang berkaitan dengan desain produk tersebut.

Akhir Kata

Itulah informasi tentang faktor yang mempengaruhi desain produk yang ternyata memiliki berbagai faktor yang mempengaruhinya. Semoga informasi kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu, sampai jumpa di artikel selanjutnya yang akan selalu di update untuk sumber informasi dan pengetahuan bagi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *