Sepertinya kata ‘premium’ sangat cocok melekat pada salah satu produk kamera buatan Leica, kamera yang satu ini bisa juga disebut sebagai kamera Sultan Karena harganya yang selangit. Namun, dibalik harganya yang dibanderol sangat tinggi, ternyata kamera ini menyimpan segudang fitur menarik yang bisa dibilang sesuai dengan harganya. 

Walaupun tergolong memiliki harga yang sangat tinggi, kamera buatan perusahaan Jerman tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta fotografi kualitasnya yang berada di atas rata-rata. Di Indonesia sendiri, Leica memiliki official Store yang masuk ke pasaran kamera di Indonesia bersaing dengan merek merek lainnya yang yang sudah populer.

Dari segi kualitas dan spesifikasi, Leica tidak pernah memasang spesifikasi yang tanggung untuk setiap produk kameranya. Pada tahun 2015, Leica memperkenalkan sebuah ini baru kamera Compact yang diberi nama Leica Q yang tentunya memiliki spesifikasi di atas rata-rata pada umumnya. Kamera yang satu ini mengemas sejumlah elemen yang sudah menjadi ciri khas dari kamera Leica.

Jika dilihat dari segi fisik, Leica Q terbuat dari rangka magnesium, dan semua huruf serta angka penandanya diukir dengan menggunakan laser. Untuk menambah kesan kokoh, pelat atas kamera ini dirancang menggunakan sebongkah aluminium murni. Tampilannya saja sudah menunjukkan bahwa kamera ini memang merupakan kamera premium yang spesifikasinya berada di atas rata-rata kamera pada umumnya.

Sekilas Tentang Leica Q dan Q2

Beberapa tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2019, Leica store kembali meluncurkan produk terbaru pada Selasa (19/3/2019) yang merupakan produk terbaru hasil pembaruan dari kamera edisi sebelumnya yaitu Leica Q. Direktur Leica Store Indonesia, Bernard Suwanto mengatakan bahwa Leica Q2 merupakan produk generasi terbaru dari Leica Q yang mengedepankan sensor full frame terbaru. 

Di Indonesia, produk Leica digadang-gadang akan menjadi idaman para entrepreneur di bidang fotografi yang membutuhkan representasi visual terbaik untuk memainkan portofolio mereka. Hal tersebut dapat dilihat dari Leica Q pendahulunya yang menjadi kamera favorit para pengguna berkat karakter yang sensitif, cepat, dan intuitif.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan Leica Q dan Q2 yang menguasai kelas ultra premium pada produk kamera. Bagi kamu yang penasaran dengan kamera yang satu ini, Apakah kamu bisa langsung menyimak artikel lengkapnya berikut ini ya !

2 Kelebihan dan Kekurangan Leica Q dan Q2

Kelebihan dan kekurangan Leica Q dan Q2

Saat membeli kamera, seseorang tentu akan mempertimbangkan produk dari spesifikasi dan harganya, Apakah sesuai atau tidak. Biasanya, para fotografer tersebut akan membandingkan spesifikasi kamera yang satu dengan kamera lainnya dan yang terakhir akan ditentukan dari budget yang dimilikinya. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Leica Q dan Q2 yang bisa kamu simak untuk menjadi pertimbangan kamu dalam memilih kedua jenis kamera ini.

1. Kelebihan dan Kekurangan Kamera Leica Q

Dibalik dimensinya cukup ringkas yaitu 130 × 80 × 93 mm, dengan bobot 640 gram sudah termasuk baterai. Leica Q sendiri mengemas sensor full frame resolusi 24 megapiksel dan mengklaim apalagi sanggup menghasilkan gambar dengan noise yang sangat minimal, bahkan pada setting ISO yang paling maksimum yaitu 50.000.

Untuk mendampingi sensor kelas DSLR profesional, Leica Q menggunakan lensa kaca summilux 28 mm f/1.7 ASPH. Dengan bukaan besar dan vokal length sebesar 28 mm. Dalam hal performa, sistem autofokus Leica Q menjadi yang tercepat di kelasnya, Sedangkan untuk kecepatan kontinyu shooting-nya mencapai angka 10 fps dengan resolusi maksimal.

Pada bagian belakangnya, kamu akan menemukan sebuah electronic viewfinder (EVF) dengan resolusi hingga 3,68 megapixel. Kamu bisa memakai EVF ini untuk memotret dan merekam video 1080p 60fps, kamu bisa memanfaatkan layar sentuh berukuran 3 inci dengan resolusi 1,04 juta dot yang dimilikinya yang bisa kamu gunakan untuk menentukan fokus hanya dengan menyentuh area pada layar.

Wi-Fi pun turut terintegrasi di dalam body Leica Q yang bisa dioperasikan dengan menggunakan aplikasi pendampingnya di smartphone atau tablet, penggunanya bisa memindahkan gambar maupun mengontrol Leica Q lari jarak jauh. Dalam paket penjualannya, Leica Q  juga menyertakan software Adobe lightroom 6.

Hal yang menjadi kekurangannya adalah dalam segi harga, kamera Leica Q ini dibanderol dengan harga 4250 dolar AS, atau setara dengan 56 juta. Bahkan, harganya berada jauh di atas kamera Sony RX1R yang notabenenya merupakan satu-satunya kamera compact lain yang menggunakan sensor full frame. 

2. Kelebihan dan Kekurangan Kamera Leica Q2

Leica Q2 merupakan generasi terbaru dari Leica Q yang menggunakan sensor full frame terbaru dan dilengkapi dengan lensa summilux 28mm f/1.7 ASPH berperforma tinggi, autofocus cepat, serta teknologi viewfinder OLED EVF dengan resolusi 3,68 MP. Leica Q2 memiliki resolusi sebesar 47,3 megapixel dengan full frame system. Resolusi ini menjadi keunggulan utama dari Leica Q2 yang memiliki resolusi hampir dua kali lipat dari pendahulunya yaitu Leica Q.

Dalam hal kemampuan merekam video, Leica Q2 memiliki keunggulan dari segi resolusi dan kecepatan yang sangat mumpuni. Tahukah kamu, Leica Q2 mampu merekam video hingga resolusi 4K 30fps dan merekam FHD hingga 120fps, sehingga memungkinkan untuk melakukan perekaman slow motion. Selain itu, Leica Q2 juga mampu melakukan perekaman video pada sensitivitas 50.000 dan juga memungkinkan untuk merekam dalam keadaan low light.

Selain beberapa spesifikasi di atas, Leica Q2 juga mendapatkan peningkatan performa pada bagian baterai, di mana kapasitas baterai Leica Q2 mampu memotret hingga 350 foto dengan resolusi yang tinggi.

Apabila dibandingkan dengan pendahulunya, Leica Q hanya mampu memotret di kisaran 270 foto. Selain dalam segi baterai, Leica Q2 juga desain tahan debu dan cipratan air, sehingga memungkinkan untuk dibawa saat traveling di alam.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kamera Leica Q2 ini adalah mudah dioperasikan bahkan oleh pemula yang baru belajar mengoperasikan kamera. Desain dari kamera Leica Q2 ini juga cenderung elegan tetap mengusung tema simple dengan bahan yang berkualitas dibanding dengan jenis kamera lainnya yang beredar di pasaran. Kamera ini tentu membawa kesan premium bagi para penggunanya.

Sama seperti pendahulunya, kamera Leica Q2 ini memiliki kelemahan dalam segi harga yang tentunya tidak main-main.

Kekurangan Harga kamera Leica Q2 pada saat dirilis 2019 lalu berada di kisaran Rp. 81,9 juta, atau lebih mahal kurang lebih 15 juta dari Leica Q. Hal ini membuat kamera Leica tentu tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Leica Q dan Q2 yang informasinya telah kami sajikan untuk kamu para pecinta fotografi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi pertimbangan kamu dalam membeli kamera. Jangan sampai kamu melewatkan update artikel lainnya di situs kami setiap hari agar kamu mendapatkan update informasi terbaru yang pastinya bermanfaat dan asyik untuk disimak.


1 Komentar

Jasa Fotografi yang Memiliki Volume dan Konsisten Adalah? · Mei 22, 2022 pada 07:08

[…] Kelebihan dan Kekurangan Leica Q dan Q2 yang Wajib Kamu Ketahui! […]

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *