Setiap tahunnya tren selalu berganti mengikuti perkembangan yang populer dan biasanya tren ini menjadi banyak dicari oleh masyarakat saat berganti tahun. Dari tren warna baju hingga bahasa gaul selalu menjadi perhatian masyarakat agar tetap hits dan tidak ketinggalan zaman. Hal ini juga tentunya tidak terlepas dari tren fotografi 2022 yang banyak dicari oleh fotografer profesional maupun content creator.

Bagi kamu yang tentunya ingin selalu update tentang trend fotografi tahun 2002 dalam berbagai tema seperti wedding, outdoor, indoor, dan masih banyak lagi tentunya harus mengetahui tentang tren fotografi apa yang sedang booming. Tren dalam fotografi memiliki perkembangan seiring waktu dan memberikan ciri khasnya masing-masing.

Apakah kamu pernah melihat perubahan gaya foto dari tahun 90-an dengan dominasi warna hitam putih atau kuning saja dengan gaya yang yang datar dan nyentrik, seiring berubahnya waktu trend ini tentu sudah sangat jadul dan tidak bisa digunakan lagi dan beralih ke tren fotografi yang lebih kekinian dan modern. 

Bagi kamu yang penasaran untuk mengetahui trend fotografi tahun 2022 yang sedang banyak dicari orang dan bisa dijadikan referensi untuk gaya berfoto kamu saat momen tertentu. Berikut kami sudah merangkum beberapa keren yang bisa kamu gunakan dan dicoba sehingga memberikan foto yang keren dan estetik nantinya!

Yuk Coba Rekomendasi Tren Fotografi 2022 Buat Foto Kekinian

Tren Fotografi Tahun 2022

Dunia fotografi memang sangat menarik untuk dikembangkan karena banyak hal yang harus di abadikan sehingga dapat memberikan kenangan dari beberapa moment dalam hidup. Fotografi memberikan banyak inovasi belakangan tahun terakhir karena orang-orang yang kini sudah menyadari pentingnya visualisasi terbaik dalam postingan foto dan videonya.

Konsep dalam fotografi yang sedang ngetren tentu tidak bisa diabaikan begitu saja karena semua orang ingin tampak keren dan modern dalam setiap momen yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Hal itu disebabkan karena fotografi tidak hanya sekedar kamera yang bagus saja namun frame dan tema yang digunakan dapat memberikan kesan yang sesuai dengan keadaan tertentu.

Hal ini tidak mengherankan mengingat sudah banyak filter dan efek yang tersebar di media sosial untuk membantu para pengguna melakukan sentuhan fotografi meskipun dengan kamera yang minimalis. Terlepas dari itu semua, trend fotografi tahun 2022 ternyata tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya bahkan ada yang mengadaptasi dari tren foto foto tahun 90-an.

Jika kamu penasaran tentang apa saja tren fotografi 2022 yang bisa kamu coba dan dijadikan referensi untuk mengabadikan setiap keadaan yang ingin kamu jadikan kenangan di kemudian hari. Berikut adalah ulasan lengkapnya dan kami harapkan informasi ini dapat memberikan kamu inspirasi yang bermanfaat:

1. Tren Fotografi Silhouette

Tren foto yang satu ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi karena sudah sering digunakan tidak hanya pada tahun 2022 saja namun pada tahun sebelumnya. Pernahkah kamu melakukan sesi fotografi dengan membelakangi cahaya dan memanfaatkan sisi gelap untuk mendapatkan hasil jepretan yang aesthetic dan unik?

Jika pernah, tren foto tersebut dinamakan silhouette atau disebut juga siluet yang tampaknya selalu eksis di setiap tahunnya untuk dijadikan referensi berfoto dengan memanfaatkan cahaya yang minim serta memberikan bentuk foto yang didominasi oleh warna gelap. Titik fokus pada tren fotografi lebih ditekankan kepada background sehingga objeknya terlihat seperti aksen tambahan.

Kamu bisa memberikan modifikasi pada pose pose siluet yang nantinya akan memberikan pesan yang anti mainstream seperti misalnya foto close up seseorang dengan frame cahaya sunset atau menampilkan foto seperti meraih sesuatu atau berjalan ke arah sesuatu sehingga tren fotografi ini bisa memiliki kesan yang menarik dan modern.

2. Tren Fotografi High Drama

Teknik dalam fotografi memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas sehingga banyak hal-hal baru yang bisa dihasilkan dari tren fotografi setiap tahunnya. Salah satu tren foto yang cukup booming pada tahun 2022 ini yaitu high drama dimana akan memberikan efek dramatis pada foto yang dihasilkan sehingga nampak berbeda dan modern.

Teknik fotografi ini biasanya digunakan pada momen-momen yang membutuhkan sentuhan dramatis seperti prewedding, cover film, dan lain-lain. Tidak semua foto dapat menggunakan trend fotografi yang satu ini karena jika tidak digunakan secara tepat akan menghasilkan foto yang over dan aneh.

Tren fotografi high drama ini tidak terlepas dari foto yang awalnya natural dan diedit setelahnya melalui berbagai sentuhan efek diantaranya ketajaman warna, menambahkan objek yang nyata, close zoom, saturasi, efek vinyet, efek bokeh, dan masih banyak lagi sehingga teknik fotografi ini ini masih terus populer dari tahun ke tahun.

3. Tren Foto Bird’s Eye View

Salah satu trend foto yang kekinian dan banyak digunakan oleh content creator ataupun fotografer profesional yaitu birds eye view, tren ini cukup diminati karena memiliki sudut pandang fotografi yang anti mainstream dan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga menghasilkan hasil foto yang cukup bagus dan menarik.

Bayangkan saja jika kamu bisa melihat segalanya dari atas dan menangkap potret alam serta objek secara nyata dan detail. Hal inilah yang menjadi keistimewaan tren foto ini karena bisa mengambil sudut pandang mata burung yang terbang dari atas dan menjangkau seluruh objek yang ada. Biasanya teknik fotografi ini diambil dengan menggunakan drone atau alat yang bisa melayang dan dikendalikan oleh remote control.

Pengambilan foto atau gambar cityscape memberikan angel yang cukup aesthetic dan realistis. Bisa dibilang ini merupakan seni fotografi yang membutuhkan skill jarak jauh dalam memotret suatu objek, tidak hanya itu karena tren foto ini juga bisa dijadikan referensi untuk marketing dan branding. 

Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa mencoba tren foto ini ini dengan mempersiapkan alat-alat pendukung untuk menangkap foto dari angle atas seperti drone, kamera dengan lensa yang lengkap, serta melihat berbagai faktor eksternal seperti cuaca dan dan ketinggian optimal agar bisa menangkap objek terbaik.

4. Tren Fotografi Cinematograph

Satu lagi tren foto yang cukup keren dan amazing untuk dijadikan referensi dari momen yang ingin kamu abadikan yaitu trend fotografi cinematography, seperti namanya teknik foto ini menggunakan efek natural yang nyata dari objek di sekitarnya seperti awan yang sedang bergerak, pergerakan air, daun yang berjatuhan, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang bahwa tren foto ini merupakan bagian dari video 50 persen karena objek yang bergerak tentu saja tidak bisa disebut sebagai sebuah foto, sebaliknya jika ini adalah video maka sangat minim transisi sehingga bisa dibilang ini adalah perpaduan tren foto yang disebut dengan cinematography.

Menariknya tren foto ini memiliki visual interest yang dapat memberikan keunikan pada frame gambar atau foto, banyak aplikasi yang telah memberikan fitur ini agar bisa digunakan oleh pengguna yang ingin menampilkan gaya fotografi yang cukup eksentrik ini. Aplikasi yang mungkin bisa kamu coba untuk membuat tren foto ini seperti vimage dan zeotropic.

5. Tren Foto Solo Outdoor

Tanpa kamu sadari tren foto ini sebenarnya sudah udah sering digunakan sebelum tahun 2022 dan ternyata teknik foto ini terus digunakan dan dikembangkan. Tren yang sedang kita bahas ini disebut dengan solo outdoor yang mana memberikan kesan adventure pada setiap tempat yang dikunjungi dan bisa dijadikan kolase foto.

Untuk membuat tren ini menjadi lebih menarik, kamu bisa melakukan pose seperti membelakangi kamera, berjalan menuju suatu tempat, melakukan sebuah aktivitas, dan masih banyak lagi. Kunci dari tren foto solo outdoor yang keren ya itu tampilkan daya tarik dari tempat-tempat yang sedang kamu kunjungi meskipun memiliki jarak yang dekat atau jauh.

Akhir kata, sekian artikel yang bisa kami rangkum untuk kamu tentang trend fotografi tahun 2022. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dan ide untuk menghasilkan foto yang keren, aesthetic, dan modern. Jangan lupa untuk mencoba salah satu tren foto yang sudah kami berikan referensinya di atas dan nantikan selalu informasi menarik dari situs kami selanjutnya!


Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

2 Komentar

Kelebihan dan kekurangan Leica Q dan Q2 yang Wajib Kamu Ketahui! · Maret 11, 2022 pada 05:36

[…] Tren Fotografi Tahun 2022, Potret Keren dan Kekinian […]

Jasa Fotografi yang Memiliki Volume dan Konsisten Adalah? · Mei 22, 2022 pada 07:08

[…] Tren Fotografi Tahun 2022, Potret Keren dan Kekinian […]

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *