Cara Mudah Menggunakan Fokus Manual Pada Kamera Digital DSLR


Bagaimana sih Cara Menggunakan Fokus Manual Pada Kamera Digital DSLR? Untuk menjawab kasus ini, Calonpengangguran hadir disini untuk memberikan penjelasan secara tepat dan lengkap. Perlu Anda ketahui, bahwa manual fokus ini terletak pada bagian lensa Anda dan umumnya terdapat 2 pilihan, yaitu AF (Auto Fokus) dan MF (Manual Fokus).  

Akan Tetapi, kehadiran fungsi ini jarang digunakan lagi karena perkembangan teknologi yang semakin pesat dan kecanggihan sistem kamera digital.  Hal tersebut akan mempermudah kerja para fotografer untuk mendapatkan fokus yang cepat dan tepat dengan menggunakan AF.

Jarang digunakan bukan berarti MF tak layak pakai lagi ya? Tetapi, manual fokus masih ada kegunaannya dan penting untuk mengetahui saat yang tepat untuk menggunakannya. Lalu, bagaimna cara yang tepat dalam penggunaan manual fokus ini? Langsung saja simak tutorialnya dibawah ini :

Cara Menggunakan Fokus Manual Pada Kamera Digital DSLR dengan Tepat

Cara Menggunakan Fokus Manual Pada Kamera Digital DSLR dengan Tepat

Kurangnya Pencahayaan

Cahaya memang salah satu penentu hasil jepretan kita. Jika pencahayaan ini kurang bagus, maka output gamabar atau foto yang kita shoot  akan terlihat gelap. Namun, dengan memanfaatkan fokus manual ini akan mempermudah Anda dalam pengambilan objek dengan cahaya yang terbatas.

Sementara itu, mengapa fungsi AF ini tidak digunakan dalam kondisi kurang cahaya? Karena Auto Fokus sangat bergantung dengan adanya cahaya yang cukup dan jika dipaksakan, maka hasil foto yang akan didapatkan kurang bagus.

Membidik Sebuah Objek Dengan Background Polos

Jika Anda menggunakan Auto Fokus dalam membidik background yang polos, maka hasil foto yang didapat akan terlihat kontras sekali dari objek tersebut.

Oleh karena itu, kita akan menggunakan Manual Fokus dalam memotret objek yang polos ini. Disisi lain kita dapat mencari fokus lewat viewfinder dengan mata kita, maka akan mendapatkan titik fokus.

Pergerakan Objek Yang Sangat Cepat

Apakah Anda sering atau pernah melihat seorang fotografer membidik objek dengan pergerakan yang cepat? Lalu, foto yang dihasilkan bisa bagus dan menarik. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana sih caranya? Untuk menjawab pertanyaan ini, langsung saja simak penjelasannya sebagi berikut.

Setiap kamera digital, pastinya memiliki speksifikasi dan keunggulan masing-masing, termasuk fungsi AF dan MF. Dalam pengambilan objek dengan pergerakan cepat seperti membidik seorang pembalap sepeda, fungsi Auto Fokus ini tidak dapat digunakan secara maksimal, meskipun sudah terbilang canggih, tetap saja hasilnya kurang memuaskan.

Berbeda dengan menggunakan fungsi Manual Fokus, kita dapat mengarahkan ke daerah yang akan dilewati oleh objek tersebut sambil menekan tombol shutter pada saat objek tepat di dalam “depth of field” tersebut. Dengan demikian, hasil bidikan akan tampak lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan fungsi AF.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan pada kesempatan kali ini tentang Cara Menggunakan Fokus Manual Pada Kamera Digital DSLR dengan Tepat. Semoga bisa bermanfaat Anda dalam melatih pembelajaran dibidang fotografi. Sekian dan terima kasih.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

One Reply to “Cara Mudah Menggunakan Fokus Manual Pada Kamera Digital DSLR”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *