Trik fotografi smartphone – pada era modern saat ini keluaran teknologi semakin canggih, hal ini membuat masyarakat semakin dimanjakan. Teknologi memang mempermudah dan mempercepat suatu aktifitas pekerjaan, termasuk profesi fotografer. Untuk menjadi seorang fotografer pemula tidak harus membeli kamera digital yang harganya begitu mahal. Anda dapat memanfaatkan smartphone sebagai langkah awal untuk memasuki dunia fotografi.

Dimana Smartphone keluaran terbaru saat ini telah dilengkapi dengan performa teknologi kamera yang bagus dan kapasitas MP (Mega Pixel) yang tinggi, sehingga anda tidak perlu membeli kamera digital dengan harga yang mahal. Bagi anda pengguna Smartphone yang hobby berfoto, tentunya tidak perlu khawatir lagi untuk menciptakan karya gambar atau foto yang menarik dengan hasil yang bagus.

Meskipun kamera Smartphone anda bagus, tidak menutup kemungkinan hasil foto atau gambar yang di dapat  juga bagus. Oleh karena itu, untuk mendapatkan gambar yang menarik dan berkualitas bagus pastinya ada tipsnya. Nah, bagaimana caranya? Berikut ini trik fotografi Smartphone yang perlu anda ketahui.

Baca Juga PRINSIP FOTOGRAFI DAN TUJUAN SERTA SASARAN YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Trik Fotografi Smartphone Secara Mudah

Trik fotografi smartphone
Liputan6.com

1. Bersihkan Lensa Kamera Smartphone Anda

Tips awal ini sangat penting dan utama yang harus di perhatikan di dalam trik fotografi smartphone. Apabila lensa kamera smartphone anda kotor, maka hasil jepretan foto yang didapat akan blur. Untuk mempersihkan lensa kamera, anda cukup menggunakan kain halus, kemudian usapkan kain tersebut pada lensa kamera anda hingga benar-benar bersih.

2. Hindarkan Penggunaan Zoom Kamera

Umumnya lensa kamera smartphone memiliki panjang focal 25-28mm yang dalam dunia fotografi disebut dengan lensa sudut lebar. Dengan demikian, objek akan terlihat lebih kecil dibandingkan yang sebenarnya. Ketika momotret gambar, sebaikanya jangan menggunakan zoom. Karena, semakin anda melakukan zoom, maka semakin besar degradasi resolusi foto.

3. Hindarkan Penggunaan Flash

Trik fotografi smartphone yang selanjutnya adalah hindarkan penggunakaan flash. Untuk mendapatkan gambar atau foto yang bagus, sebaiknya gunakan pencahayaan alami. Penggunaan cahaya alami ini yaitu dengan cara mengarahkan kamera dan menentukan warna cahaya agar dapat menghasilkan efek visual yang dramatis pada foto.

4. Gunakan HDR dengan Tepat

HDR (High Dynamic Range) merupakan salah satu fitur kamera yang berfungsi untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan lebih dinamis. HDR akan terlihat jelas ketika anda membuka kamera. Jika anda mengaktifkan fitur HDR, maka kamera dengan otomatis akan meningkatkan pencahayaan sesuai kebutuhan dan kondisi di sekitar objek.

Ketika fitur HDR diaktifkan, maka foto yang dihasilkan akan terlihat lebih terang atau cerah. Bagi anda yang belum ahli dalam menentukan sudut pencahayaan, maka fitur HDR bisa menjadi solusi alternatifnya.

5. Menentukan Bingkai Foto dengan Frame

Dengan meletakan objek dalam sebuah bingkai, maka akan menjdaikan mata bisa sedikit fokus pada objek tersebut. Disisi lai, bingkai juga berguna untuk memberikan sebuah efek visual yang menarik. Berikut ini yang dapat anda jadikan bingkai atau frame adalah gerbang, pepohonan, jendela dan masih banyak lagi.

6. Pastikan Saat Pegang Hp Jangan Goyang

Trik fotografi smartphone yang terakhir, yaitu pastikan tangan anda jangan sampai goyang atau bergetar.  Untuk mengatasi hal tersebut, menfaatkan benda lain sebagai sandaran, seperti pohon, tembok, kursi dan lain sebagainya. Jika anda memiliki uang lebih, belilah tripod saja agar hasil gambar yang didapat tidak blur.

Demikianlah ulasan kali ini mengenai Trik fotografi smartphone. Semoga dapat menjadi bahan referensi bagi kalian untuk belajar di dunia fotografi dan selamat mencoba!!!

Baca Juga TEKNIK FOTOGRAFI PROFESIONAL YANG SERING DIPAKAI OLEH FOTOGRAFER MASTER