Apa Itu Aplikasi eHAC? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya!

Apa Itu Aplikasi eHAC – Di ulasan kali ini kami akan membahas dan menjelaskan mengenai satu aplikasi yang cukup sering di pertanyaan kan oleh Netizen di Internet, yaitu aplikasi eHAC.

Sebenarnya apa itu aplikasi eHAC? apa hubungannya dengan pandemi saat ini dan mengapa sangat sering muncul di Timeline dan juga berita akhir-akhir ini?

Untuk menjawab itu semua kami akan memberikan penjelasan secara lengkap agar bisa menjawab setiap pertanyaan Netizen di Internet.

Dengan begitu bisa menjawab rasa penasaran banyak orang akan aplikasi eHAC yang akhir-akhir ini sering kali diperbincangkan dan di pertanyakan di internet dan juga media sosial.

Singkatnya aplikasi eHAC merupakan aplikasi wajib yang harus dimiliki oleh warga Indonesia ketika akan melakukan perjalanan sehingga dengan menggunakan aplikasi tersebut dapat dilakukan verifikasi penumpang selama bepergian.

Aplikasi eHAC wajib dimiliki bagi warga Indonesia yang ingin melakukan perjalanan dengan moda Transportasi udara, darat, dan juga laut.

Itu pengertian singkat mengenai aplikasi eHAC, dan penjelasan lengkap mengenai aplikasi eHAC akan dibahas secara lebih lengkap di bawah ini sebagai berikut.

Apa Itu Aplikasi eHAC?

apa itu Aplikasi eHAC

Jadi eHAC adalah singkatan dari electronic-Health Alert Card atau kartu kewaspadaan kesehatan dalam bentuk elektronik atau aplikasi.

Aplikasi ini ditujukan untuk semua warga yang melakukan perjalanan domestik maupun internasional pada masa pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda dunia.

Dengan menggunakan aplikasi eHAC ini diharapkan mampu meminimalisir resiko penularan Covid-19 oleh pelaku perjalanan.

Aplikasi ini merupakan hasil dari sistem yang di kembangkan oleh kementerian kesehatan Indonesia (Kemenkes RI) yang cukup banyak melibatkan banyak pihak yang tergabung dalam pengembangan aplikasi.

Mulai dari Direktorat Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen Pencegahan dan pengendalian penyakit, sebagai upaya mencegah Covid-19 menyebar.

Dengan begitu aplikasi ini diwajibkan oleh pemerintah untuk mengisi data di aplikasi eHAC sebagai upaya untuk mendeteksi, mencegah, dan juga mengendalikan kedaruratan kesehatan Masyarakat Melalui titik masuk seperti bandara, pelabuhan, dan juga pos perbatasan Daratan.

Sedangkan untuk bisa mendapatkan aplikasi eHAC bisa melalui aplikasi PeduliLindungi dengan cara sebagai berikut ini.

Cara Mendapatkan Aplikasi eHAC

Untuk bisa mendapatkan eHAC kamu bisa mengakses di PeduliLindungi yang sudah tersedia di Google Play Store dan juga App Store yang bisa kamu unduh secara gratis di sana.

Menurut Surat Edaran Kementerian Kesehatan No HK. 01.02/MENKES/847/2021, eHAC sudah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi sehingga setiap warga yang ingin melakukan perjalanan dan mengisi data diri di aplikasi eHAC bisa dengan mengunjungi aplikasi PeduliLindungi.

Jika kamu bingung cara mengisi data diri pada aplikasi eHAC bisa dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Mengisi Data Diri pada Aplikasi eHAC Lewat Aplikasi PeduliLindungi

Cara di bawah ini bisa menjadi acuan untuk kamu yang ingin mengisi data diri melalui aplikasi PeduliLindungi jadi pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan juga memiliki akun pribadi di aplikasi PeduliLindungi terlebih dahulu.

Jika sudah silahkan ikuti panduan dibawah ini sebagai berikut.

  • Pertama buka aplikasi PeduliLindungi pada perangkat yang kamu gunakan
  • Selanjutnya tuliskan Electronik Health Alert Card atau eHAC pada bagian bawah aplikasi PeduliLindungi
  • Selanjutnya Klik atau pilih eHAC
    Kemudian akan muncul menu pilihan “Domestic eHAC” untuk kamu yang akan melakukan perjalanan pada wilayah Indonesia dan menu pilihan “Internasional eHAC” untuk kamu yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri
  • Isi data diri kamu pada Form registrasi, yang meliputi kewarganegaraan, Nomor identias, Nama lengkap, Jenis kelamin, Tanggal lahir, tujuan perjalanan isi semuanya dengan benar dan simpan kemudian klik Berikutnya
  • Selanjutnya isi data perjalanan dengan benar yang meliputi, Kota asal, kota tujuan, alamat tujuan, serta detail transportasi yang kamu gunakan (Pesawat) jika sudah klik Berikutnya
  • Selanjutnya isi Form “Pernyataan kesehatan” hal ini mencakup kondisi kesehatan kamu
  • Jika semua data tersebut sudah selesai kamu isi dengan benar Klik Selesai
  • Maka Pengisian data diri dan pembuatan eHAC telah selesai di lakuakan

Penutup

Itu tadi penjelasan mengenai Apa Itu Aplikasi eHAC, semoga bisa menjawab pertanyaan dan juga rasa penasaran kamu atas aplikasi eHAC. Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini bisa kamu isi atau sampaikan pada kolom komentar yang ada di bawah ini sebagai berikut. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca artikel kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *