Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi dengan Mudah!

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi – Meningkatnya pengguna ponsel Xiaomi beberapa tahun terakhir di Indonesia membuat penjualan Xiaomi menjadi populer. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fitur HP Xiaomi yang memberikan kamera dan multimedia yang sangat mendukung. Namun, pada dasarnya beberapa HP Xiaomi yang rilis sudah lama kurang memberikan kapasitas ruang yang memadai sehingga pengguna perlu menambah kartu SD untuk mendukung penyimpanan.

Meskipun sudah menambah kartu SD pada ponsel Xiaomi, seringkali aplikasi yang ada juga menambah beban performa dari ponsel sehingga pengguna ingin mencari cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi untuk mengurangi kapasitas penyimpanan internal. Tidak heran, banyak warganet yang mencari apakah hal tersebut benar-benar bisa dilakukan karena sebenarnya jarang sekali aplikasi bisa dipindahkan atau digunakan jika berada di kartu SD.

Untuk menjawab rasa penasaran kamu pengguna setia Xiaomi, berikut kami akan memberikan rangkuman secara detail tentang bagaimana memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi dengan mudah dan anti gagal. Kamu bisa mencoba berbagai cara yang akan kami sebutkan di bawah ini dan jika tidak bisa mungkin kami akan memberikan opsi kepada kamu untuk melakukan root. 

3 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi, Cek Disini!

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaom

Perlu kamu tahu bahwa agar dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD di ponsel Xiaomi tentunya tidak bisa dilakukan secara manual karena alasan keamanan atau Xiaomi belum memungkinkan pengguna untuk melakukan hal ini. Sehingga pengguna berpikir bahwa untuk memindahkan aplikasi pada ponsel Xiaomi ke kartu SD merupakan hal yang yang bisa dibilang rumit dan susah. Namun, kamu sudah merangkum informasi penting terkait hal ini tanpa root atau dengan root.

Banyak yang mengatakan bahwa meskipun aplikasi yang ada di ponsel Xiaomi berhasil untuk dipindahkan di kartu SD namun akan ada beberapa dampak atau pengaruh terkait aplikasi tersebut misalnya menjadi lemot, tidak stabil, dan tidak berjalan secara optimal. Selain itu, ada juga aplikasi yang tidak kompatibel untuk dipindahkan ke kartu SD sehingga kamu perlu memilah aplikasi yang memang benar-benar penting dan memakan ruang yang cukup banyak untuk dipindahkan.

Untuk mengatasi hal tersebut berikut, kami akan memberikan tutorial yang mungkin bisa berguna untuk kamu tentang tutorial cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi. Cara berikut ini bisa kamu coba satu persatu dan kami harapkan dapat berhasil sehingga kamu tidak perlu melakukan root pada ponsel Xiaomi kamu:

1. Melakukan Perpindahan Melalui Data Aplikasi 

Pertama, cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi yaitu dengan cara cara melakukan perpindahan data aplikasi yang ada di memori internal ke kartu SD. Cara ini memungkinkan kamu untuk melakukan penginstalan langsung di kartu SD namun ada beberapa resiko yang mungkin akan terjadi yaitu kehilangan data sebelumnya. Bisa dibilang resiko kegagalan untuk cara ini cukup besar sehingga kami sarankan kamu untuk melakukan penginstalan sejak awal saat mengunduh aplikasi.

Jika kamu memindahkan semua data aplikasi secara langsung maka kemungkinan hal ini tidak akan mengubah apapun, bahkan ada kemungkinan data-data kamu akan rusak dan aplikasinya tidak berfungsi. Jadi, kamu bisa menghapus aplikasi yang ada di memori internal kemudian mengunduhnya kembali dan mengatur penyimpanannya langsung di kartu SD.

2. Mengelola Data di Ponsel 

Nah, cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan pengelolaan data di ponsel dengan cara mengkhususkan memori internal hanya untuk aplikasi saja. Kemudian kartu SD bisa kamu gunakan untuk memindahkan berbagai data di ponsel yang berbentuk dokumen, foto, video, dan sebagainya untuk meringankan beban kapasitas memori internal. Cara ini bisa dibilang cukup efektif dan bisa dijadikan alternatif jika kamu tidak ingin melakukan resiko yang cukup besar seperti cara pertama.

Hal ini dikarenakan pemindahan file atau dokumen terbilang lebih mudah daripada harus memindahkan aplikasi. Perlu kamu tahu bahwa tidak semua aplikasi bisa dipindahkan dan bekerja optimal di kartu SD, berbeda dengan data non aplikasi yang tetap bisa diakses seperti biasa meskipun tidak berada di memori internal sekalipun.

3. Mencoba Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi cukup ribet dan merepotkan namun bukan berarti kamu tidak memiliki cara dan trik untuk hal ini. Solusi selanjutnya bisa kami tawarkan yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantumu memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD Xiaomi. Cara ini bisa dibilang cukup word ini karena sudah banyak pengguna yang mencobanya dan berhasil.

Kamu bisa menggunakan aplikasi pemindah aplikasi yang bisa kamu temukan di play store tanpa root. Ada beberapa aplikasi yang bisa kami tawarkan yaitu Link2SD dan Appmgrll. Caranya kamu tinggal mencari aplikasi tersebut di playstore kemudian mengunduh dan menginstalnya. Buka aplikasinya dan pilih aplikasi yang kamu ingin pindahkan dari memori internal ke memori eksternal.

Akhir kata, itulah beberapa saran yang bisa kami rangkum pada artikel ini mengenai cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi. Kamu bisa mencobanya dan kami harapkan dapat berhasil ya, namun jika ketiga cara tersebut tidak berhasil maka cara terakhir adalah melakukan root dan kami tidak merekomendasikannya karena sangat beresiko. Sekian dan update terus informasi dari situs kami setiap hari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *