Kenapa AirPods Tidak Mau Connect? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa AirPods Tidak Mau Connect – Perlu Anda semua ketahui, AirPods adalah earphone versi bluetooth yang dirilis resmi perusahaan Apple yang dikhusus untuk perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan Macbook.

AirPods sendiri terbagi atas dua komponen penting, diantaranya wadah (case) pengisian daya dan dua buah earphone (kanan dan kiri).

Sebenarnya untuk menghubungkan earphone dengan perangkat Apple, caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuka tutup wadah AirPods dan tap opsi “connect atau menghubungkan” yang akan muncul di notif perangkat.

Jika antara AirPods dan perangkat Apple sudah terhubung, cara menghubungkan kembali malah lebih mudah. Anda hanya perlu membuka wadah AirPods, maka secara otomatis akan terhubung dengan perangkat Apple yang berada didekatnya.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan AirPods juga bisa mengalami error, seperti tidak mau berhubung. Ntah itu karena kehabisan daya baterai atau ada penyebab lain.

Oleh karena itu, untuk bisa mengatasi masalah AirPods tidak mau connect ini Calonpengangguran akan memberikan beberapa penyebab dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab AirPods Tidak Mau Tersambung

kenapa airpods tidak mau connect

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, terdapat banyak sekali penyebab yang membuat AirPods tidak mau terhubung. Maka dari itu, agar bisa mengatasinya temant-teman semua perlu mengetahui apa saja penyebabnya dibawah ini.

Baterai AirPods Habis

Penyebab pertama yang paling sering membuat AirPods tidak mau tersambung adalah baterai dari AirPods habis. Penyebab ini paling sering terjadi dan tidak disadari pengguna.

Untuk mengecek baterai AirPods habis atau tidak, Anda bisa mengeceknya langsung. Perangkat iPhone dan iPad bisa mengecek baterai AirPods dengan melihat widget baterai. Sementara untuk perangkat Macbook, Anda bisa cek melalui tap icon bluetooth yang ada di bar menu.

Setelah mengecek dan ternyata memang baterai habis atau drop, maka penyebab AirPods Anda tidak bisa terhubung memang dikarenakan baterai habis. Cara mengatasinya adalah dengan memasukan kembali earphone ke wadahnya, lalu sambung cash dan tunggu sampai baterai terisi penuh.

Bluetooh Perangkat Belum Hidup

Hal lain yang bisa menyebabkan AirPods dan perangkat Apple tidak bisa terhubung dikarenakan Anda lupa menyalakan fitur bluetooth. Seperti yang Anda semua ketahui AirPods adalah layanan earphone bluetooth, artinya hanya bisa tersambung dengan perangkat melalui bluetooth.

Jadi, kalau Anda tidak menyalakan bluetooth pada perangkat Apple, maka AirPods tidak akan bisa mendeteksi atau menghubungkannya.

Pada pengguna iPhone dan iPad bisa mengecek status pengguna bluetooth melalui menu pengaturan cepat atau pusat control. Sementara untuk pengguna Macbook bisa melihat status pengguna bluetooth melalui icon Bluetooth yang ada di bar menu.

Pengaturan Audio Perangkat Apple Tidak Menggunakan AirPods

Ketika menguhungkan AirPods dan perangkat Apple harus melakukan pengaturan tambahan atau mengecek apakah audio sudah diatur ke audio AirPods.

Meski seharusnya sudah otomatis, jika perangkat terhubung dengan AirPods maka audio perangkat akan dialihkan ke AirPods. Hanya saja tidak menutup kemungkinan pengaturan audio perlu diatur secara manual. Hal ini lah yang sering membuat pengguna bingung, suara bukannya keluar dari AirPods malah lewat audio perangkat.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan pengecekan manual untuk memastikan audio perangkat sudah dialihkan ke audio AirPods. Cara untuk memastikan audio perangakt Apple sangatlah mudah, Anda bisa buka Pusat Kontrol dan klik ikon AirPlay (bulat-segitiga) di menu pemutaran audio.

Sementara untuk perangkat Apple Macbook Anda bis mengecek audio dengan membuka opsi “Audio” pada menu System Preferences dan tap opsi Output.

Baca Juga:

iOS Perangkat Perlu di Upgrade

Perlu Anda semua ketahui, untuk bisa menggunakan AirPods perangkat Apple yang digunakan harus memakai iOS 10 (generasi pertama) atau iOS 16.3  (generasi terbaru).

Untuk mengupgrade versi iOS pada perangkat Apple caranya sangatlah mudah, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan – Umum – Pembaruan Perangkat Lunak.

AirPods Perlu Direset

Penyebab terakhir yang bisa membuat AirPods tidak bisa tersambung dengan perangkat Apple adalah adanya bug yang memerlukan reset. Tujuannya melakukan reset ini tidak lain untuk mengatur ulang AirPods ke setelan pabrik, artinya menghapus semua data atau perangkat Apple yang sudah pernah terhubung dengan AirPods.

Cara untuk mereset AirPods di iPhone atau iPad dengan tap opsi Bluetooth yang terdapat pada menu Settings atau pengaturan. Jika sudah tap icon “i” pada nama AirPods yang sudah tertaut dan pilih opsi “Lupakan Perangkat ini”.

Mungkin hanya itu yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua terkai Kenapa AirPods Tidak Mau Connect dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, sekian dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *