Codec Video Tidak Didukung, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Codec Video Tidak Didukung – Kehadiran sebuah video saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting, video sendiri adalah teknologi yang berguna untuk menangkap, merekam dan memproses yang bisa dilakukan dengan mudah.

Bisa dibilang video salah satu bentuk hasil teknologi yang sangat banyak digunakan, hal tersebut karena video dapat menghasilkan sebuah gambar yang bergerak dan memiliki suara.

Akan tetapi, belakang ini ada masalah saat memutar video sehingga membuat video tidak bisa diputar. Kesalahan yang belakang ini terjadi, yakni codec tidak di dukung.

Masalah ini sering membuat pengguna yang awam merasa khawatir dan bingung. Tapi Anda semua sekarang tidak perlu khawatir Calonpengangguran akan menjelaskan penyebab masalah itu dan cara mengatasinya.

Sekilas Tentang Codec Video Tidak Didukung

Sederhananya notifikasai seperti memberitahu kepada Anda bahwa video yang hendak diputar tidak bisa dibuka, sehingga memerlukan tindakkan untuk mengatasinya.

Kesalahan ini bukanlah hal baru yang terjadi, karena notif diatas adalah peringatan bahwa terdapat beberapa hal yang mengalami memasalah dan disebabkan oleh banyak hal pula.

Codec sendiri adalah sebuah keamanan berupa kata sandi atau password yang harus Anda masukan untuk bisa membuka sebuah file tertentu, salah satunya video.

Kehadiran codec sendiri sangat membantu, terutama dalam hal video. Kenapa? Karena kita semua pasti tahu kalau format file video memiliki ukuran yang besar, sehingga memerlukan kompress untuk memperkecil ukuran file.

Penyebab Codec Video Tidak Bisa Diputar

codec video tidak didukung

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan codic video tidak bisa diputar. Secara umum masalah ini disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini:

Codec Video Yang Tidak Didukung Aplikasi Pemutar Video

Penyebab pertama yang sering membuat codec video tidak bisa dibuka atau memutar video adalah antara codec video dan aplikasi pemutar video yang Anda gunakan tidak saling mendukung.

Karena codec sendiri sudah di setting oleh pihak developer mereka untuk mendukung beberapa aplikasi pemutar video tertentu. Artinya tidak semua aplikasi pemutar video yang ada di Play Store atau App Store support dengan codec video.

Satu-satu cara mengatasi hal ini adalah dengan membaca keterangan mengenai syarat dan ketentuan pengguna codec itu sendiri.

Format Video Tidak Support Dengan Codec

Selain karena codec video tidak support dengan aplikasi pemutar video yang Anda gunakan, penyebab lain yang sering membuat Anda tidak bisa memutar codec video adalah antara codec video dan format video tidak saling support.

Hal ini hampir sama dengan penjelasan diatas, karena ada beberapa format file video yang didukung oleh codec dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman lebih untuk bisa mengaksesnya.

Ukuran Video Yang Over Kapasitas

Penyebab terakhir dan paling disepelekan oleh pengguna adalah batas ukuran file yang bisa digunakan di codec video. Meski sebenarnya ukuran video yang bisa Anda buka sudah cukup besar, hanya saja ada saja file video yang melebih kapasitas maksimal untuk mengakses menggunakan coded video.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Masalah Codec Video Tidak Didukung

Setelah mengetahui beberapa penyebab codec video tidak support, tentu akan lebih mudah mengatasi masalah diatas. Adapun beberapa cara mengatasi masalah codec tidak didukung, diantaranya:

  • Anda bisa pakai aplikasi VLC yang tersedia di Playstore.
  • Menggunakan aplikasi MX Player untuk memutar video.
  • Mengubah format video dengan bantuan aplikasi.
  • Compress video dengan web atau aplikasi untuk memperkecil ukuran file.

Mungkin itu saja yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua terkait Codec Video Tidak Support dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, sekian dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *