Kenapa Roblox Tidak Dapat Dimainkan? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa Roblox tidak dapat dimainkan? Apakah Anda mengenal permainan Roblox. Permainan ini dapat dimainkan oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Berbeda dengan permainan Minecraft, Roblox juga sering dijadikan sebagai platform tempat para developer membuat game mereka sendiri.

Sama seperti game pada umumnya, Roblox tidak bisa dibuka menjadi masalah yang cukup sering terjadi. Saat ingin memainkan roblox namun mereka mengalami gangguan, sejumlah orang pun bertanya kenapa Roblox tidak dapat dimainkan, jika Anda adalah salah satu diantara mereka? berikut Alasan kenapa Roblox tidak dapat dimainkan.

Apa itu Roblox

Roblox merupakan salah satu game online dan sistem pembuatan permainan yang memungkinkan para penggunanya untuk memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain.

Roblox menjadi salah satu game dengan peminat terbanyak dan digemari oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyebab Roblox digemari banyak orang yaitu game ini memiliki ciri khas sendiri yang tidak dimiliki oleh gam lain, yaitu para pemain bisa berkreasi membuat gamenya sendiri dan mendesign game sesuai keinginannya.

Hingga saat ini terhitung 150 juta pemain aktif dari  200 negara di seluruh dunia.

Penyebab Roblox Tidak Dapat Dimainkan

Kenapa Roblox Tidak Dapat Dimainkan

Sebuah game pasti tidak terlepas dari masalah, seperti tidak bisa login, maintenance, dan tidak bisa dimainkan. Berbicara mengenai masalah tersebut, tentu teman-teman semua penasaran bukan apa sih penyebabnya? Oleh karena itu, Cp sudah merangkum beberapa penyebab yang bisa saja membuat game Roblox tidak bisa dimainkan atau tidak bisa diakses, diantaranya:

Server Down

Penyebab pertama kenapa Roblox tidak dapat dibuat yaitu server down. Server down yang mengakibatkan aplikasi tidak bisa berjalan dengan semestinya merupakan hal yang biasa terjadi. Pada umumnya server down disebabkan karena adanya proses pembaharuan aplikasi atau disebabkan jumlah pemain yang mengalami  lonjakan secara signifikan.

Roblox sendiri merupakan salah satu game online dan bisa mengalami server down secara tiba-tiba. jadi jika ada banyak pemain yang tidak bisa membuka atau memainkan roblox dalam waktu bersamaan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh server yang sedang down.

Masalah koneksi Internet

Penyebab lain yang membuat Roblox tidak bisa dimainkan yaitu koneksi internet perangkat yang bermasalah. Untuk memainkan game Roblox, seorang pemain membutuhkan koneksi internet yang stabil dan kencang. Jika Anda mencoba memainkan permainan ini saat mengalami masalah koneksi jaringan internet, bersiaplah karena Anda tidak akan bisa memainkan permainan tersebut.

Memainkan Roblox Versi Lama

Penyebab lain Kenapa roblox tidak bisa dimainkan yaitu bisa jadi Roblox di perangkat Anda adalah;ah aplikasi game versi lama. Jika Roblox telah mengupdate aplikasi mereka namun anda belum melakukan hal tersebut, hal ini memungkinkan Anda tidak bisa memainkan fitur terbaru yang membuat aplikasi tidak bisa dibuka dan tidak bisa dimainkan.

Perangkat Tidak Mendukung

Permainan Roblox memang bisa dimainkan berbagai perangkat mulai dari smartphone hingga komputer. Namun tidak semua jenis perangkat mendukung aplikasi yang satu ini, berhubung Roblox merupakan aplikasi yang cukup berat, hal ini memungkinkan pemain dengan perangkat standar rendah tidak dapat memainkan game tersebut. Jika Anda masih menggunakan perangkat dengan standar rendah ada baiknya menggunakan aplikasi atau game lain saja.

Cache Yang Menumpuk

Alasan lain kenapa Roblox tidak bisa dimainkan yaitu karena Cache yang menumpuk. Ketika pemain memainkan permainan ini khusya dalam jangka waktu yang lama, Cache atau data akan menumpuk. Chace dan data Roblox yang menumpuk menyebabkan berbagi masalah, seperti aplikasi yang tidak bisa dimainkan, tidak bisa dibuka atau bahkan lag saat memainkan permainan tersebut.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Game Roblox Tidak Bisa Dimainkan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengatasi masalah game Roblox tidak bisa dimainkan atau tidak bisa diakses berdasarkan beberapa penyebab diatas, yaitu:

  • Pastikan jaringan internet tidak bermasalah, memainkan sebuah game online tentu saja kekuatan internet adalah faktor paling penting, terutama ketika Anda ingin mengaksesnya. Jadi, masalah yang saat ini Anda alami bisa saja disebabkan oleh jaringan internet yang digunakan buruk. Untuk bisa memastikan hal ini benar atau tidak Anda bisa cek kekuatan jaringan di situs “Speedtest”.
  • Pastikan antara perangkat dan server game Roblox kompatibel, kita semua tahu tidak semua versi android bisa memainkan game Roblox, karena ada syarat dan ketentuan yang sudah dibuat oleh developer game ini. Untuk memastikannya, Anda bisa buka Play Store, lalu cari game Roblox dan masuk ke menu About this game atau tentang game ini. Di halaman ini Anda akan ditampilkan beberapa informasi penting, seperti versi game, versi android yang didukung, kapan terakhir update dan lain sebagainya. Pasti perangkat yang Anda gunakan support dengan game Roblox, terutama pada versi android, yakni 5.0.
  • Perbarui versi aplikasi Roblox, apabila Anda memainkan game ini dan ternyata versi aplikasinya tidak yang terbaru, bisa saja inilah menyebabkan Anda tidak bisa memainkannya. Silahkan perbarui game Roblox melalui Play Store atau App Store.
  • Hapus Cache, seperti yang sudah saya sampaikan diatas, menumpuknya cache atau sampah penggunaan bisa membuat perangkat dan game Roblox tidak bisa bekerja secara optimal. Jadi silahkan hapus semua cache yang ada di perangkat menggunakan aplikasi tambahan atau bisa langsung masuk ke menu pengaturan. Jika sudah, muat ulang perangkat agar semua bug bisa hilang dan jalankan kembali game Roblox.
  • Hubungi CS Roblox, jika semua cara diatas sudah Anda lakukan dan hasilnya tetap tidak bisa dimainkan, satu satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah menghubung CS Roblox untuk menanyakan penyebab dan cara mengatasinya.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Kenapa Roblox tidak dapat dimainkan dan cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *