Kenapa Youtube Usang dan Tidak Ada Pembaruan? Ini Cara Mengatasinya!

Kenapa Youtube usang dan tidak ada pembaruan? Youtube merupakan salah satu aplikasi pemutar video yang wajib dimiliki semua jenis smartphone. Karena tanpa adanya aplikasi youtube, para pengguna smartphone merasa ada yang kurang dalam perangkat mereka. hal ini wajar karena youtube menjadi salah satu aplikasi pemutar video yang paling banyak digunakan diseluruh dunia.

Namun dibalik hal tersebut, para pengguna youtube kin telah bersedih karena terdapat sebuah masalah baru. Per bulan Oktober 2023 ini, ada banyak pengguna youtube yang mendapati aplikasi youtube mereka usang dan tidak ada pembaruan. Hal ini tentunya akan menjadi masalah yang cukup besar bagi sebagian orang, jika mereka tidak bisa melakukan pembaruan, otomatis mereka tidak bisa menggunakan youtube. Bagi kalian yang mengalami hal yang sama, berikut ini penjelasan kenapa Youtube usang dan tidak ada pembaruan.

Penyebab Youtube Usang dan Tidak Ada Pembaruan

Kenapa Youtube Usang dan Tidak Ada Pembaruan

Para pengguna youtube belakangan ini dihebohkan dengan aplikasi youtube mereka yang tidak bisa digunakan karena sudah usang. Saat mencoba melakukan update, bukannya berhasil, Youtube malah mengalihkan mereka ke website Youtube.com. seperti yang kita ketahui aplikasi apapun akan terus mengalami update sampai kapanpun, termasuk youtube ini.

Nah, pada saat sebuah aplikasi harus  di update maka perangkat harus menunjang untuk melakukan hal tersebut. Sayangnya saat pengguna youtube melakukan update di [ponsel mereka, hal ini malah tidak berhasil dikarenakan youtube sudah usang dan tidak tersedia pembaruan. Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut? Berikut ini beberapa penyebab kenapa youtube usang dan tidak ada pembaruan

Perangkat Yang Tidak Mendukung

Penyebab pertama kenapa Youtiube usang dan tidak ada pembaruan adalah perangkat yang sudah tidak mendukung. Pada beberapa versi Android atau Ios yang sudah usang memang bisa menjadi penyebab utama mengapa pembaruan Youtube sudah tidak bisa dilakukan.

Salah satu ciri tipe perangkat yang tidak  mendukung pembaruan youtube adalah pengguna android 5 ke bawah. Jadi jika Anda masih menggunakan perangkat Android 5 ke bawah, hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa tidak ada pembaruan.  Tipe android 5 ke bawah sudah tidak dapat menampung fitur fitur youtube yang terbilang cukup berat, jadi jika Anda mengalami kesulitan update perangkat, cobalah untuk memeriksa perangkat yang Anda gunakan.

Cache Penuh atau Menumpuk

Penyebab selanjutnya kenapa Youtube usang dan tidak ada pembaruan yaitu Cache Youtiube yang menumpuk. Cache adalah sampah aplikasi selama menggunakan aplikasi tersebut. Pada umumnya Cache aplikasi berbentuk data yang harus segera dihapus. semakin banyak Cache dana sebuah aplikasi, maka beban aplikasi tersebut akan semakin berat.

Cache yang menumpuk ini membawa beberapa efek negatif seperti aplikasi yang tidak bisa berjalan dengan lancar, tidak bisa membuka aplikasi bahkan sampai tidak bisa melakukan update. Oleh sebab itu ada baiknya memeriksa cache atau sampah aplikasi Anda dan membersihkannya secara berkala.

Pembaruan Yang Tidak Kompatibel Dengan Perangkat

Sama seperti penyebab pertama, alasan youtube usang dan tidak bisa di update bisa saja karena pembaruan aplikasi tersebut. seperti aplikasi lain, Youtube secara berkala merilis pembaruan untuk meningkatkan kinerja aplikasi mereka, namun sayangnya tidak semua pembaruan tersebut cocok dengan perangkat yang digunakan.

Saat anda mencoba melakukan update dan dialihkan ke youtube.com itu artinya anda tidak bisa melakukan update sama sekali. Namun Anda tetap bisa mengakses youtube melalui  website mereka,. 

Server Youtube Bermasalah

Hal terakhir yang bisa saja membuat Anda tidak bisa mengakses aplikasi yt karena telah usang dan tidak bisa diperbarui adalah server dari aplikasi sedang mengalami masalah atau down. Ada banyak hal yang sering kali menyebabkan server bermasalah, seperti sedang melakukan pemeliharaan, update, menghilangkan virus dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Youtube Usang dan Tidak Bisa Update

Setelah mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan aplikasi yt tidak bisa diperbarui meski ada keterangan usang, tentu saja kita akan lebih mengatasinya bukan? Karena secara tidak langsung sudah mengetahui poin penting apa saja yang harus diperbaiki. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

  • Pastikan Perangkat Suppot, maksud dari perangkat harus support adalah perangkat menggunakan OS Android yang didukung oleh developer Youtube. Aplikasi ini terus mengalami perkembangan yang berarti fitur terus bertambah sehingga versi android yang support untuk mengakses yt akan meningkat pula. Adapun perangkat yang bisa mengakses aplikasi yt adalah perangkat yang menggunakan OS Android versi 5.0, dibawah ini tidak akan bisa mengakses yt apalagi memperbarui versi aplikasi.
  • Hapus Cahce, apabila versi android yang anda gunakan ternyata suppot untuk mengakses aplikasi yt tapi tetap ada keterangan aplikasi usang. Coba Anda bersihkan cache atau sampah pengguna melalui pengaturan, kelola aplikasi dan penyimpanan. Untuk lebih mudahnya anda bisa menginstall aplikasi tambahan di Play Store.
  • Install Ulang Youtube, kalau anda tidak bisa memperbarui aplikasi yt, coba uninstall dan install kembali aplikasi yt. Hal ini memang sering kali terjadi, ntah karena aplikasi yt yang bermasalah ataupun perangkat yang anda gunakan.
  • Muat ulang, setelah anda uninstall aplikasi yt coba muat ulang dulu perangkat, tujuannya agar perangkat lebih fresh dan bug bisa hilang yang bisa saja membuat perangkat anda tidak bisa merespon perintah memperbarui versi aplikasi yt.
  • Cek Koneksi Internet, ketika ingin melakukan update aplikasi tentu memerlukan koneksi internet stabil, jadi bisa saja anda tidak update yt karena jaringan internet yang digunakan bermasalah. Untuk memastikan hal tersebut benar atau tidak, kunjungi situs “Speedtest”.
  • Hubungi CS Youtube, cara terakhi yang bisa anda lakukan adalah menghubung cs yt untuk menanyakan penyebab serta solusi dari masalah yang dialami. Anda bisa menghubungi help center yt melalui link ini https://www.youtube.com/t/contact_us?hl=id

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Kenapa Youtube usang dan tidak ada pembaruan serta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *