Apa Arti PnP Dalam Bahasa Gaul? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Aktivitas membeli barang atau produk memang sering kali kita lakukan, ntah untuk membeli kebutuhan pokok ataupun kebutuhan sekunder. Apalagi setelahnya online shop ada, hampir semua aktivitas jual beli barang dilakukan secara online, baik melalui sosial media ataupun langsung ke platform e commerce.

Berbicara mengenai aktivitas jual beli barang atau produk, pasti teman teman semua pernah melihat keterangan PnP bukan? Banyak dari pembaca yang tidak mengetahui maksud keterangan tersebut sehingga mencari informasinya diinternet.

Sebenarnya PnP merupakan keterangan yang diberikan oleh penjual terkait cara penggunaan barang atau produk yang dijual agar pembeli tidak bingung. Hanya saja, bagi sebagian orang keterangan seperti ini bukannya membantu, malah membuat diri makin pusing.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskan Arti PnP dalam bahasa gaul yang perlu Anda semua ketahui sebagai berikut.

Kepanjangan PnP

Kata PnP adalah singkatan dari kalimat “Plug and Play” atau dalam bahasa Indonesianya memiliki arti “Pasang dan Gunakan.

Oleh karena itu, tidak heran kalau istilah ini akan sering Anda temukan pada peralatan Otomotif, seperti aksesoris, sparepats, dan lain sebagainya. Alasan pemilik mengganti atau menambahkan aksesoris pada kendaraan mereka agar memiliki tampilan yang baru karena sudah merasa bosan dengan desain sebelumnya.

Tidak hanya pada peralatan Otomotif saja, masih banyak produk atau barang lain yang menyematkan istilah PnP. Intinya, produk yang diberi keterangan PnP merupakan barang atau produk yang bisa langsung dipasang tanpa harus melakukan perubahan apapun sebelumnya atau barang siap pasang.

Arti Detail Kata PnP

Arti PnP Dalam Bahasa Gaul
Sumber Tribun Sumsel

Berdasarkan kepanjangan yang sudah saya sampaikan diatas tadi, kita semua ketahui bahwa PnP adalah singkat dari kata Plug and Play atau dalam bahasa Indonesia memiliki Pasang dan Gunakan.

Istilah ini merujuk pada barang atau produk yang bisa Anda gunakan langsung tanpa harus merubah bentuknya. Jadi dengan adanya istilah ini pembeli bisa mengetahui bahwa barang atau produk yang hendak mereka beli bisa langsung dipakai.

Apalagi kalau kita membeli barang secara online di Tokopedia, Lazada, Shopee dan lain lain, dengan adanya keterangan PnP, pembeli yang ingin beli aksesoris motor seperti lampu, spion, kaca atau apapun itu bisa mengetahui bahwa ukuran dan bentuk dari produk itu sudah sesuai untuk kendara A sehingga bisa langsung dipasang.

Contoh lainnya, si A beli Hardisk untuk laptopnya tipe A, dengan adanya keterangan PnP ini pembeli sudah yakin kalau HD ini bisa langsung dipasang dan digunakan, setelah install Windows.

Kesalahan Penggunaan Istilah PnP di Online Shop

Meski makna sesungguhnya kata PnP adalah pasang dan gunakan, nyatanya produk atau barang yang dijual online tidak demikian, artinya produk tetap harus diubah bentuk dan ukurannya lebih dulu baru bisa dipasang.

Masalah ini sering kali membuat pembeli bingung, terutama pada barang yang dibeli jelas-jelas menyertakan keterangan PnP, tapi bentuk dan ukuran tetap harus disesuaikan dulu. Kesalahan seperti ini terjadi karena penjual yang sengaja atau memang mereka tidak mengetahui makna PnP itu sendiri.

Oleh karena itulah di sosial media banyak menggunaka istilah PnP yang harusnya Pasang dan Gunakan, menjadi Paksa dan Paksa, Pasang dan Paksa, Pasang dan Perk’s’ ataupun kepanjangan lain yang cocok.

Sedikit saran dari saya, terutama ketika Anda ingin membeli barang di Online Shop untuk mengecek ulasan dari pembeli sebelum Anda. Apabila hasil review banyak komentar positif Anda bisa lanjut beli, sebaliknya kalau banyak review negatif ganti saja ke toko online lainnya.

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada Anda semua mengenai Arti PnP Dalam Bahasa Gaul. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga:

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *