Kenapa Ongkir Shopee Mahal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Ongkir Shopee Mahal? Belanja online sudah menjadi salah satu kebiasaan yang tidak bisa dipisahkan lagi dari masyarakat di era digital ini. Dengan berbelanja secara online, kita bisa mendapat berbagai kemudahan dan menghemat waktu belanja.

Namun pada saat berbelanja online, setiap pembeli pasti dikenakan ongkos kirim atau yang disebut dengan ongkir. Bagi beberapa wilayah tertentu, ongkir Shopee terbilang cukup mahal dan membuat mereka berpikir untuk melakukan check out. Lalu, apa yang menyebabkan ongkir Shopee mahal dan bagaimana cara mengatasinya? berikut penjelasannya

Penyebab Ongkir Shopee Mahal

Kenapa Ongkir Shopee Mahal

Biaya Pengiriman Dari Penjual

Salah satu alasan utama mengapa ongkir Shopee bisa terasa mahal adalah biaya pengiriman dari penjual. Banyak penjual di Shopee menetapkan tarif pengiriman mereka sendiri, oleh karena itu tarif ongkir sangat bervariasi secara signifikan tergantung pada lokasi penjual dan tujuan pengiriman.

Meski sebenarnya tidak semua penjual melakukan penaikan ongkir, ada juga penjual yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cara menaikkan harga produk mereka guna menutupi biaya pengiriman, tentu saja hal ini pada akhirnya membebani konsumen.

Metode Pengiriman yang Dipilih

Alasan lain ongkir Shopee mahal yaitu metode pengiriman yang dipilih oleh pembeli. Setiap metode pengiriman memiliki harga yang berbeda. Oleh sebab itu Pilihan metode pengiriman juga dapat mempengaruhi biaya ongkir.

Ada banyak sekali jenis metode pembayaran di Shopee, seperti COD, transfer bank, Shopeepay, Paylater, Kartu Kredit/Debit, Cicilan Kartu Kredit, dan lain sebagainya. Semua metode pembayaran tersebut akan menentukan berapa ongkos kirim yang harus pembeli bayar.  Selain itu juga, pada umumnya Pengiriman ekspres atau pengiriman dalam waktu singkat akan dikenakan lebih mahal dari pada pengiriman reguler.

Biaya Logistik yang Meningkat

Penyebab selanjutnya ongkir Shopee mahal yaitu karena biaya logistik yang meningkat setiap tahunnya. Biaya logistik seperti ongkir tidak hanya ditentukan oleh penjual, tetapi juga oleh perusahaan logistik yang bekerja sama dengan Shopee.

Perusahaan-perusahaan ini harus menanggung biaya bahan bakar, biaya operasional, serta biaya tenaga kerja untuk mengirimkan barang ke pelanggan sehingga tidak heran kalau tiba tiba biaya ongkir mahal.

Jarak Antar Kota yang Jauh

Jarak antar kota yang jauh adalah faktor penting lainnya yang dapat mempengaruhi ongkir Shopee. Pengiriman barang dari satu kota ke kota lain memerlukan biaya yang lebih tinggi daripada pengiriman dalam satu kota atau daerah.

Pada umumnya, pengiriman antar kota yang jaraknya cukup jauh atau berada di beberapa wilayah tertentu lah yang dikenakan ongkir lebih mahal, sementara untuk pengiriman dalam kota, ongkir masih terbilang murah dan tidak memberatkan para pembeli.

Besar dan Beratnya Barang

Biaya pengiriman seringkali juga tergantung pada berat dan ukuran barang yang Anda beli. Semakin besar atau semakin berat barang yang dibeli, maka semakin mahal pula ongkos kirimnya, begitu juga sebaliknya, semakin ringan barang yang dibeli, maka kesempatan untuk mendapatkan ongkir yang lebih murah juga semakin besar.

Tidak Memiliki Promosi Gratis Ongkir

Shopee memiliki sebuah promosi bernama gratis ongkir. Promosi ini biasanya berlaku di beberapa event tertentu, namun sayangnya promo gratis ongkir tidak selalu ada setiap harinya. Beberapa pelanggan mungkin merasa ongkir Shopee mahal karena mereka tidak memiliki promosi gratis ongkir yang sering ditawarkan oleh Shopee.

Biaya Tambahan dan Pajak

Penyebab lain ongkir Shopee mahal yaitu dikenakan biaya tambahan atau pajak saat membeli barang di platform ini, seorang pembeli juga dikenakan biaya tambahan seperti biaya penangan dan pajak. Walaupun tidak begitu mahal, namun biaya tambahan ini cukup memberatkan para pembeli khususnya mereka yang sering berbelanja dari platform ini.

Tergantung Jasa Ekspedisi

Seperti yang kita semua tahu, di aplikasi Shopee menyediakan banyak sekali jasa ekspedisi atau pengirim barang yang bisa pembeli gunakan. Kalau dulu, kita bisa memilih secara manual ingin menggunakan ekspedisi apa tapi setelah perkembangan dari pihak Shopee hal ini tidak bisa dilakukan lagi.

Pilihan jasa ekspedisi akan dipilih secara otomatis oleh pihak Shopee dengan melihat data penjual dan data pembeli, apa yang yang dilihat? Yakni lokasi penjual dan lokasi pembeli support dengan jasa pengiriman apa.

Contoh, penjual a tinggal di kota besar berarti disana support dengan banyak jasa ekspedisi, sementara si pembeli tinggal di daerah b yang notabene nya hanya support jasa pengirim JNT, maka pihak Shopee secara otomatis menentukan jasa ekspedisi yang digunakan pada transaksi ini adalah JNT.

Tidak hanya itu, pemilihan tipe layanan juga mempengaruhi harga pengirim barang, ada banyak sekali tipe layanan pengirim di Shopee, seperti Instant, Same Day, Next Day, Reguler, Hemat, dan kargo. Setiap tipe layanan pengiriman menawarkan harga ongki yang berbeda-beda, sebagai contoh tipe layanan pengiriman reguler akan lebih mahal dibandingkan tipe layanan pengirim hemat atau kargo.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Ongkir Shopee Mahal

Cermat Memiliki Toko

Olshop atau toko online di Shopee sangatlah banyak, jadi untuk mengatasi masalah ongkir mahal Anda bisa memilih beberapa toko lain yang menawarkan fitur voucher ongkir gratis dan voucher toko. Seperti yang saya sampaikan diatas tadi, harga ongkir bisa ditentukan oleh si penjual atau pemilik toko.

Jadi setiap toko akan menawarkan ongkir berbeda-beda, saran saya pilih toko dengan rating tinggi dan penjualan terbanyak, karena biasanya ada banyak sekali voucher yang ditawarkan ke calon pembeli, salah satunya voucher gratis ongkir. Meski tindak 100% gratis, setidaknya ada potong biaya ongkir yang tidak akan memberatkan Anda.

Gunakan Filter Pencarian Produk Gratis Ongkir

Sebenarnya voucher gratis ongkir tidak hanya bisa diberikan oleh pihak Shopee, melainkan juga si pejual. Setelah Anda cermat memiliki olshop atau toko online seperti yang saya sampaikan diatas, tapi tidak menemukan toko yang tepat.

Anda bisa memanfaatkan fitur filter pencarian produk, pilih menu gratis ongkir maka secara otomatis Anda akan diperlihatkan produk atau barang yang bisa dibeli dengan harga ongkir paling murah atau bahkan bisa gratis.

Tidak hanya bisa mencari barang-barang yang gratis ongkir, Anda juga bisa mencari produk lain yang diinginkan sesuai keinginan masing masing, seperti flash sale, cod, paylater dan lain sebagainya.

Gunakan Voucher Gratis Ongkir

Setelah menemukan toko dan barang yang dicari, saat melakukan checkout jangan lupa untuk menggunakan voucher gratis ongkir dan voucher toko (jika ada). Kalau Anda tidak menggunakan voucher gratis ongkir, biaya yang harus dibayar akan tetap mahal, oleh karena itu gunakan voucher ini ketika checkout barang agar biaya ongkir bisa dapat diskon.

Pilih Tipe Layanan Pengiriman Termurah

Karena kita tidak bisa memilih jasa ekspedisi, maka cara lain untuk mengurangi biaya ongkir adalah memilih tipe layanan pengiriman paling murah. Sudah saya sampaikan diatas tadi, bahwa tipe layanan pengirim Shopee sangatlah banyak, setiap tipe menawarkan harga yang berbeda karena layanan yang diberikan juga berbeda.

Kalau Anda termasuk orang yang santai dan bisa standby tiap waktu, saya sarankan untuk memilih tipe layanan kargo, hemat dan reguler saja. Ketiga tipe ini terbilang murah dibanding tipe layanan pengiriman lainnya yang mengatur waktu khusus.

Pilihan Metode Pembayaran Yang Dapat Potongan

Shopee menawarkan banyak metode pembayaran yang bisa pembeli pilih sesuai keinginan masing-masing, tapi perlu Anda ketahui tidak semua metode pembayaran akan mendapatkan potongan biaya ongkir loh. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba beberapa metode pembayaran yang sekiranya cocok, lalu bandingan setiap metode pembayaran mana yang menawarkan biaya ongkir paling murah.

Beli Voucher Gratis Ongkir

Selain bisa mendapatkan voucher gratis ongkir secara gratis, Anda bisa loh beli voucher gratis ongkir di Shopee. Ini cara yang paling cocok untuk Anda yang suka belanja di Shopee dengan nominal dan jumlah barang yang besar, karena akan lebih menghemat dari segi biaya pengiriman.

Untuk membeli voucher gratis ongkir sangatlah mudah, Anda hanya perlu buka aplikasi Shopee, di laman beranda cari menu Gratis Ongkir dan Voucher. Umumnya Anda akan ditawarkan berbagai macam harga sesuai dengan jumlah voucher gratis ongkir, ada yang gratis 4 kali ada juga yang 3 kali. Anda bisa baca keterangan yang diberikan untuk lebih jelasnya.

Order Saat Special Day

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah belanja atau order pada hari hari special, biasanya Shopee mengadakan hari spesial pada tanggal cantik seperti 10.10 kemarin. Dengan belanja di hari itu Anda akan mendapatkan banyak sekali promo, baik dari segi harga barang, biaya ongkir, dan lain sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa penyebab kenapa ongkir Shopee mahal dan cara mengatasinya, ongkir shopee mahal disebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya biaya pengiriman dari pihak ekspedisi, biaya logistik hingga voucher gratis ongkir yang tidak tersedia di akun para pengguna. 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *