Kenapa Tidak Bisa Melihat Komentar di Tiktok? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bermain sosial media memang bisa menghilangkan rasa bosan dan stress karena kerjaan, sekolah dan lain sebagainya, dengan adanya sosial media kita bisa melihat konten konten menarik dan bisa saling mengirim komentar. Terutama di aplikasi Tiktok, berkat adanya fitur FYP atau For You Page konten yang ditampilkan sangat menarik sehingga tidak cepat bosan.

Tak jarang pulak karena tertarik dengan konten itu membuat kita ingin mengirim komentar, tapi ntah apa penyebabnya komentar yang sudah dikirim tidak tampil di postingan tersebut.

Apakah kamu sedang mengalami masalah ini? Jika iya, kamu tidak perlu bingung karena pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskan apa saja penyebab komentar di Tiktok tidak muncul dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Melihat Komentar di Tiktok

Kenapa Tidak Bisa Melihat Komentar di Tiktok

Ketika mengalami masalah tidak bisa melihat komentar di postingan Tiktok orang lain ataupun milik mu sendiri, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah ini terjadi seperti pemilik postingan mengaktifkan fitur filter semua posting dan filter kata kunci.

Selain karena hal itu, masih banyak penyebab lain yang bisa saja membuat komentara tidak tampil atau tidak bisa dilihat pengguna lain. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Cp akan menjelaskan secara detail hal apa saja yang bisa menyebabkan masalah diatas sebagai berikut.

Filter Semua Komentar Aktif

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi, ketika pemilik postingan mengaktifkan fitur filter semua komentar maka secara otomatis pengguna lain tidak akan bisa melihat komentar pada postingan tersebut.

Selain itu, pemilik postingan juga mengaktifkan filter kata kunci pada komentar, dengan adanya fitur ini pemilik postingan bisa memblokir komentar yang tidak diingikan berdasarkan kata kunci yang dimasukan, contoh si a memblokir kata kunci “Aku Sayang Kamu”  maka secara otomatis komentar dengan kata itu tidak akan tampil di postingan Tiktok.

Komentar Dihapus Oleh Pemilik Postingan

Pengguna Tiktok tidak hanya bisa mengaktifkan fitur filter pada komentar saja tapi juga bisa mengontrol komentar mana yang ingin ditampilkan dan tidak ingin ditampilkan.

Kemungkin lain yang membuat komentar mu tidak muncul di postingan karena pemilik akun menghapus komentar yang sudah kamu kirim, kenapa dihapus ya mas? jawabannya tergantung si pemilik akun, bisa saja komentar itu menyinggung dirinya atau komentar itu terlalu sensitif.

Solusinya:

Kalau memang benar komentar mu dihapus oleh pemilik postingan, berarti kamu masih punya kesempatan untuk mengirim ulang komentar.

Jadi, silahkan kirim ulang komentar tersebut, tapi pastikan bahasa yang kamu gunakan sudah sopan dan tidak menyinggung perasaan pemilik akun ya.

Akun Tiktok Diblokir Oleh Pemilik Postingan

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sosial media lain yang bisa memblokir pengguna lain, di Tiktok juga demikian pengguna bisa memblokir akun pengguna lain yang dirasa menganggu atau rusuh.

Ketika akun mu sudah diblokir oleh pengguna lain, maka secara otomatis kamu tidak akan bisa melihat postingan dan komentar pada akun yang memblokir akun mu tersebut.

Solusinya:

Untuk memastikan hal ini benar atau tidaknya, kamu bisa cek dengan cara cari akun yang kamu kirim komentar atau yang diduga memblokir akun mu.

Apabila hasil pencarian tidak ditemukan, padahal sudah benar memasukan nama pengguna atau nama akun, 100% akun mu diblokir oleh pengguna tersebut.

Secara teknis kamu tidak akan bisa melihat postingan, mengirim pesan, dan mengirim komentar ke akun itu. Kamu tetap bisa mengirim komentar ke akun itu, namun harus menggunakan akun Tiktok lain.

Koneksi Internet Bermasalah

Komentar pada aplikasi Tiktok adalah salah fitur kirim pesan, jadi pengguna a bisa mengirim pesan melalui postingan si pengguna b.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, tentu saja diperlukan koneksi internet yang stabil, jika ada masalah pada koneski internet mu mungkin saja inilah yang membuat kamu tidak bisa melihat komentar.

Solusinya:

Untuk memastikan pendapat saya ini benar atau tidak, kamu bisa cek kecepatan internet yang terhubung ke perangkat mu. Caranya tidak sulit kok, kamu hanya perlu kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai.

Maka secara otomatis situs akan mengecek keseluruhan terkait koneksi internet mu, jika hasil pengecekan ping tinggi berarti koneksi mu bermaslah, sebaliknya jika hasilnya ping rendah berarti koneksi mu tidak ada masalah.

Selain mengecek kecepatan internet, kamu juga harus memastikan punya kuota internet ya, karena percuma saja koneksi internet bagus tapi tidak memiliki kuota internet, hasilnya tetap tidak bisa mengakses aplikasi Tiktok.

Baca Juga:

Akun Melanggar Kebijakan Tiktok

Sebagai platform berbasis aplikasi sosial media yang memiliki aturan terkait penggunaan, membuat pengguna Tiktok harus mematuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ketika pengguna Tiktok terdeteksi melakukan pelanggaran, maka pihak Tiktok tidak segan segan mengirim peringatan, kalau tingkat pelanggaran berat Tiktok akan langsung memblokir akun yang melanggar itu.

Adapun pelanggar yang harus dihindari oleh pengguna Tiktok, diantara mengirim pesan berbau porno, spam, menggunakan identitas palsu, belum berumur 16 tahun dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas terkait kebijakan pengguna Tiktok kamu bisa cek melalui link ini https://www.tiktok.com/legal/page/row/terms-of-service/id

Solusinya:

Apakah ada cara mengembalikan akun yang sudah diblokir oleh pihak Tiktok mas? Masih kok, kamu bisa minta aju banding terkait pelanggaran yang dilakukan.

Selain itu, kamu juga bisa hubungin Help Center Tiktok untuk meminta bantuan pemulihan akun mu yang sudah diblokir melalui link ini https://www.tiktok.com/about/contact?lang=id-ID

Menggunakan Aplikasi Tiktok Versi Lama

Perilaku tidak rutin update versi aplikasi adalah kebiasaan yang paling sering disepelekan oleh pengguna smartphone, ntah karena tidak tahu dampaknya atau memang karena malas saja untuk mengeceknya.

Padahal dengan rutin update aplikasi Tiktok, kita secara tidak langsung membantu pihak developer Tiktok dalam mengatasi masalah masalah yang ada di aplikasi versi lama.

Kenapa begitu? Karena pihak developer melakukan pembaruan update tidak semata mata hanya untuk menambah fitur baru, tapi juga memperbaiki masalah pada fitur lama yang tidak bisa bekerja secara maksimal.

Solusinya:

Satu satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah update aplikasi Tiktok ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store. Jika tidak ada keterangan update, kamu bisa install ulang aplikasi Tiktok (harus ingat username dan kata sandi).

Perangkat Bermasalah

Perlu kamu ketahui, perangkat adalah alat penghubung agar kita bisa mengakses aplikasi Tiktok dan aplikasi lain yang terinstall.

Ketika ada masalah pada perangkat, tentu juga akan ada masalah saat kita memberi perintah untuk mengakses aplikasi Tiktok bukan?

Masalah pada perangkat bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh, tidak rutin update aplikasi yang terinstall dan tidak rutin update sistem OS atau perangkat lunak.

Solusinya:

Berkaitan dengan hal apa saja yang bisa mengurangi performa perangkat diatas, saya sudah merangkum cara mengatasinya, yaitu:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, setelah melakukan 4 cara diatas kamu juga perlu memuat ulang perangkat agar semua bug bisa dihilangkan.

Server Utama Tiktok Gangguan

Penyebab terakhir yang membuat kamu tidak bisa melihat komentar adalah server utama aplikasi Tiktok sedang down atau gangguan. Masalah pada server utama ini bisa dikarenakan teknisi sedang melakukan pemeliharaan karena serang virus ataupun update kapasitas server.

Server utama memiliki peran penting dalam pengoperasian, adapun beberapa fungsi dari server utama diantaranya sebagai pusat penyimpanan data pengguna, penyimpanan data fitur, pusat lalu lintas pengguna, pusat pengoperasian dan lain sebagainya.

Solusinya:

Untuk memastikan benar atau tidaknya server utama Tiktok sedang gangguan, kamu bisa mengeceknya dengan tiga cara, yaitu:

Downdetector – Melalui website ini kamu akan dibantu dalam proses pengecekan server utama aplikasi Tiktok, kamu hanya perlu mengunjungi websitenya melalui link ini https://downdetector.com/status/tiktok/, lalu ketik Tiktok dan mulai.

Media sosial TikTok – Tidak melalui website itu kamu juga bisa mengecek server Tiktok melalui akun resmi Tiktok seperti twitter, instagram atau facebook official TikTok.

Hubungi CS Tiktok – Setelah melakukan pengecekan, kamu bisa langsung hubung Help Center Tiktok untuk mendapat penjelasan lebih detail terkait masalah yang saat ini dialami melalui link berikut https://www.tiktok.com/about/contact?lang=id-ID

Demikian ulasan singkat yang bisa Calonpengangguran jelaskan kepada kamu semua mengenai kenapa tidak bisa melihat komentar di Tiktok beserta cara mengatasinya. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat, sekian dan terima kasih.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *