Apa Arti Maintenance di Game? Ini Penjelasan dan Tujuan Lengkapnya

Kamu suka bermain game online? Kamu pasti pernah menemukan beberapa kendala atau bug ketika sedang bermain game online.

Misalnya, tidak bisa masuk ke dalam akun game milik kamu. Nah, salah satu penyebab dari masalah yang kamu alami tersebut adalah mungkin saja game tersebut sedang di maintenance.

Pernahkah kamu mendengar istilah maintenance pada game? Maintenance merupakan salah satu istilah yang biasa muncul pada game-game online. Sebagai pemain game online, tentu kamu pernah mendengar istilah tersebut. Namun, apakah kamu tahu apa itu maintenance? Berikut penjelasan nya.

Apa Itu Istilah Maintenance Game?

Apa Arti Maintenance Game

Maintenance dapat berarti pemeliharaan. Pemeliharaan ini bertujuan untuk memperbaiki, mengupdate, atau pun mengatasi masalah-masalah lain nya yang sering kali muncul pada game online. Pihak pengembang akan melakukan pemeriksaan berkala untuk membuat permainan game yang kamu lakukan tetap berjalan dengan baik.

Maka dari itu, biasanya ketika game sedang mengalami perbaikan beberapa masalah pasti akan muncul, seperti tidak bisa masuk ke dalam akun game, pembatasan pemain pada game, dan masalah-masalah lain nya. Jika hal ini terjadi, kamu tidak perlu khawatir.

Kamu hanya perlu menunggu sampai perbaikan tersebut selesai. Biasanya akan membutuhkan beberapa waktu bagi pengembang untuk melakukan pemeriksaan atau pun pemeliharaan ini. Waktu yang digunakan pun tidak pasti atau acak tergantung seberapa banyak update yang akan dilakukan.

Maintenance sendiri hanya berlaku pada game online, yang artinya game offline tidak akan mengalami maintenance. Pada game offline update yang dilakukan oleh pihak pengembang dikenal dengan istilah patch.

Tujuan Maintenance Game

Maintenance game dilakukan dengan tujuan penting yang ingin dicapai oleh pihak pengembang. Beberapa tujuan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Memperbaiki bug. Bug pada game online pasti sering dijumpai. Maka dari itu pentingnya bagi pihak pengembang untuk selalu melakukan pemeriksaan secara berkala agar tidak terjadi bug yang dapat mengganggu jalan nya permainan.
  2. Memperbaiki server. Sama halnya dengan bug yang bisa saja terjadi pada sebuah game online, server game juga dapat mengalami masalah. Untuk itulah perlunya pemeriksaan secara berkala agar terhindar dari masalah-masalah seperti ini.
  3. Menambahkan fitur baru. Agar game online tetap diminati oleh para gemers, maka pihak pengembang harus menambahkan fitur-fitur menarik. Hal ini perlu dilakukan supaya para pemain game tidak merasa bosan dengan fitur lama yang sudah sering mereka mainkan. Fitur-fitur baru yang ditambahkan biasanya berdasarkan sesuatu yang sedang viral pada saat itu, sehingga game online yang dimainkan akan semakin menarik.
  4. Menambahkan item baru. Pihak pengembang biasanya sengaja menambahkan beberapa item baru, seperti hero, equip, dan item baru lain nya untuk membuat para pemain game tidak merasa bosan. Selain itu, semakin menarik item yang terdapat pada sebuah game, maka semakin banyak pula peminat dari game tersebut.
  5. Update pada game. Perlunya update yang dilakukan pada sebuah game agar game tersebut terasa selalu fresh dan tidak ketinggalan zaman. Ketika pihak pengembang sedang melakukan update tersebut, maka salah satu kendala yang akan kamu dapatkan adalah tidak bisa masuk ke dalam game untuk sementara waktu.

Itulah arti dari istilah maintenance yang sering kamu temukan pada game online. Kamu harus tahu apa arti dari istilah Maintenance di Game? Agar ketika menemukan nya kamu tidak bingung dan khawatir tidak dapat memainkan game yang sedang kamu mainkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *