Kenapa Aplikasi Kredivo Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kredivo, sebagai salah satu aplikasi yang mempermudah proses pembelian dan pembayaran dengan opsi tanpa bunga atau cicilan 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan, seringkali menjadi andalan pengguna untuk berbagai transaksi seperti pengisian pulsa, pembelian barang, atau pembelian tiket pesawat.

Namun, tidak jarang pengguna menghadapi kendala seperti kesulitan membuka aplikasi, yang dapat menjadi pengalaman yang cukup mengganggu. Jika kamu sering mengalami masalah ini, jangan khawatir karena kami akan memberikan beberapa penyebabnya yaitu sebagai berikut:

Penyebab Aplikasi Kredivo Tidak Bisa Dibuka

Kenapa Aplikasi Kredivo Tidak Bisa Dibuka

Sedang Perbaikan Sistem

Penyebab utama pertama mengapa pengguna mengalami kendala dalam mengakses aplikasi Kredivo adalah karena dilakukannya perbaikan sistem di dalam aplikasi tersebut.

Perbaikan sistem ini umumnya diterapkan untuk mengatasi masalah yang mungkin sering terjadi di aplikasi dan bukan hanya itu, seringkali juga membawa sejumlah fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Selain membawa pembaruan dan perbaikan, perbaikan sistem juga dapat mengoptimalkan kinerja aplikasi secara keseluruhan.

Oleh karena itu, walaupun pengguna mungkin merasa terganggu ketika tidak dapat mengakses Kredivo, perbaikan tersebut sebenarnya ditujukan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik di masa mendatang.

Ketika teknisi melakukan pemeliharaan sistem atau server, maka aplikasi atau website Kredivo tiba tiba mengalami down sehingga tidak bisa diakses oleh pengguna.

Kenapa Begitu? Karena pada dasarnya server utama memiliki beberapa peran penting seperti pusat pengoperasian, pusat lalu lintas data, dan pusat penyimpanan data.

Solusinya:

Sebagai pengguna, Anda tidak perlu melakukan hal apapun selain menunggu karena teknisi Kredivo yang akan memperbaiki masalah pada server utama.

Aplikasi Belum Upgrade

Penyebab yang mungkin menyebabkan kendala dalam mengakses aplikasi Kredivo adalah karena pengguna tidak melakukan pembaruan ke versi terbaru aplikasi.

Hal ini memiliki keterkaitan dengan perbaikan sistem yang telah dijelaskan sebelumnya. Setelah dilakukan perbaikan sistem, aplikasi Kredivo umumnya akan mengalami pembaruan ke versi terbaru.

Kondisi di mana pengguna tidak dapat membuka Kredivo mungkin disebabkan oleh fakta bahwa mereka belum mengupgrade aplikasi ke versi terbaru setelah perbaikan sistem dilakukan.

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu memperbarui aplikasi Kredivo ke versi paling baru melalui Play Store atau App Store sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Koneksi Internet Buruk

Jaringan internet yang buruk atau bermasalah juga dapat menjadi penyebab kenapa aplikasi Kredivo tidak bisa dibuka. Hal ini seringkali terjadi dan dapat memengaruhi pengalaman pengguna secara signifikan.

Sayangnya, pengguna kadang-kadang kurang memperhatikan kualitas koneksi internet mereka, sehingga tidak menyadari bahwa koneksi yang mereka gunakan lambat dan dapat mengakibatkan kesulitan dalam membuka aplikasi.

Ketika koneksi internet buruk, aplikasi Kredivo mungkin mengalami kesulitan untuk terhubung dengan server dan memuat data dengan cepat sehingga mengakibatkan aplikasi tidak bisa dibuka.

Solusinya:

Untuk memastikan benar atau tidaknya ada masalah pada koneksi internet yang terhubung ke perangkat mu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pengecekan.

Proses pengecekan sangatlah mudah, Anda bisa kunjungi situs Speedtest melalui aplikasi browser dan klik mulai, maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang saat ini perangkat gunakan.

Selain itu, Anda bisa cek secara manual dengan membuka aplikasi lain seperti Tiktok, Instagram, Youtube dan lain sebagainya, apabila proses memuat data lancar tanpa kendala kemungkinan koneksi mu stabil.

Bagi Anda yang mengalami masalah pada koneksi internet, saya sarankan untuk ganti ke jaringan internet lain atau menunggu sampai koneksi kembali normal.

Cache dan Data Menumpuk

Salah satu alasan umum mengapa aplikasi Kredivo mungkin tidak dapat dibuka adalah penumpukan cache dan data yang terjadi pada aplikasi tersebut.

Cache dan data adalah informasi yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses penggunaan kembali data atau mengenali pengguna.

Namun, jika cache dan data menumpuk dalam jumlah besar, hal ini dapat menyebabkan konflik dan membuat aplikasi tidak dapat berfungsi dengan baik.

Penumpukan cache dan data yang berlebihan dapat mengakibatkan berbagai masalah, termasuk kesulitan dalam membuka aplikasi dan kinerja aplikasi yang melambat.

Solusinya:

Disini Anda bisa menghapus cache dan data aplikasi secara manual atau otomatis menggunakan aplikasi tambahan yang bisa diinstall melalui Play Store.

Cara manualnya, buka pengaturan, klik kelola aplikasi/aplikasi, cari dan klik aplikasi Kredivo, klik kelola penyimpanan, klik clear cache atau clear data aplikasi.

Sementara untuk cara otomatisnya, Anda bisa install dulu aplikasi penghapus cache di Play Store, cara ini terbilang lebih efektif karena cache yang dihapus tidak berasal dari satu aplikasi saja, melainkan semua aplikasi yang terinstall di perangkat.

Baca Juga:

Ruang Penyimpanan Habis

Alasan mengapa aplikasi Kredivo tidak dapat dibuka adalah karena habisnya ruang penyimpanan pada perangkat pengguna.

Jika ruang penyimpanan internal atau eksternal pada perangkat sudah mencapai kapasitas maksimal, aplikasi tidak memiliki cukup ruang untuk beroperasi secara optimal.

Ini dapat menghambat kemampuan aplikasi untuk memuat data dengan baik, menyebabkan keterbatasan dalam fungsionalitasnya, termasuk kesulitan dalam membuka aplikasi Kredivo.

Solusinya:

Anda bisa hapus beberapa aplikasi atau file yang dirasa tidak penting seperti foto, video, dokumen dan lain sebagainya. Apabila semuanya penting, Anda bisa pindahkan saja filenya ke perangkat lain atau upload ke Google Drive.

Akun Kredivo Diblokir

Tidak jauh berbeda dengan platform lain, Kredivo mengharuskan penggunanya untuk membuat akun lebih dulu sebelum menggunakan layanan mereka, seperti pinjamanan online.

Ternyata akun yang diblokir oleh pihak Kredivo menjadi salah satu alasan pengguna tidak bisa mengakses aplikasi ini.

Ada banyak hal yang bisa membuat akun mu diblokir, seperti telat membayar tagihan, memasukan data diri tidak valid, dan sebagai bentuk perlindungan dari risiko.

Perlu Anda ingat, setiap kali peminjam telat melakukan pembayaran tagihan maka pihak Kredivo akan memberikan peringatan dan juga memblokir akun tersebut. Kemudian, Anda harus memasukan data diri yang valid karena pihak Kredivo perlu melakukan KYC (Know Your Customer).

Solusinya:

Untuk mengatasi akun yang diblokir karena alasan telat membayar, satu satunya cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah segera membayar tagihan tersebut.

Sementara untuk alasan lain, Anda bisa hubungi Help Center Kredivo melalui nomor 0804-1-573348 atau mengirimkan email ke support@kredivo.com untuk mendapat batuan terkait masalah yang saat ini dialami.

Performa Perangkat Bermasalah

Perlu Anda semua ingat, perangkat bisa dibilang sebagai alat penghubung antara Anda dan aplikasi Kredivo, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika alat penghubung bermasalah?

Performa perangkat sering kali bermasalah dikarena pengguna tidak tahu cara merawatnya, adapun beberapa hal yang bisa mengurangi performa perangkat seperti tidak rutin menghapus cache, tidak rutin menghapus file tidak penting, tidak rutin update aplikasi yang terinstall, dan tidak rutin update sistem OS.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Beberapa penyebab diatas memang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Hal ini sebenarnya wajar mengingat sebuah aplikasi terkadang mengalami error atau masalah.

Sebagai pengguna diharapkan dapat mengetahui penyebab secara jelas kenapa aplikasi Kredivo tidak bisa dibuka supaya dapat mengatasinya dengan tepat.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *