Kenapa Tidak Bisa Chat Driver Gojek? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Gojek merupakan salah satu aplikasi ojek online yang cukup popular di Indonesia. Aplikasi ini memiliki banyak pengguna karena kemudahan dalam memesan driver online.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa pengguna yang mengeluhkan masalah salah satunya kenapa tidak bisa chat drvier Gojek? Pertanyaan ini memang sering diutarakan oleh pengguna Gojek.

Sebenarnya permasalah ini dapat disebabkan oleh berbagai factor, baik itu faktor internal ataupun factor eksternal. Nah, untuk menjawab penasaran tersebut kamu dapat melihat penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Penyebab Tidak Bisa Chat Driver Gojek dan Cara Mengatasinya

Kenapa Tidak Bisa Chat Driver Gojek

Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab utama kenapa tidak bisa chat driver Gojek karena masalah koneksi. Saat koneksi internet pada perangkat pengguna tidak stabil atau lemah, dapat menyebabkan kendala dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan melalui aplikasi Gojek.

Hal ini juga dapat menyebabkan kendala dalam membuka halaman fitur pesan sehingga pengguna tidak dapat mengirim pesan kepada driver. 

Solusinya:

Untuk mengatasi penyebab ini langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan benar atau tidaknya ada masalah pada jaringan internet yang kamu gunakan.

Caranya sangat mudah, kamu bisa buka aplikasi browser apapun, ketik kata kunci Speedtest dan klik cari, klik pada situs pertama, setelah berhasil masuk langsung klik mulai. Maka secara otomatis situs akan mengecek kecepatan internet yang terhubung ke perangkat mu.

Apabila pada tahap pencarian situs Speedtest, proses loading lama atau lambat, bisa dipastikan ada masalah pada jaringan internet mu. Kenapa? karena itu sebagai tanda ada yang tidak beres pada koneksi internet.

Jika ini terjadi, saya sarankan untuk ganti ke jaringan internet lain seperti wifi atau tunggu sampai koneksi kembali normal. Setelah itu, coba akses kembali fitur chat di Gojek.

Kendala Teknis

Kendala teknis seringkali menjadi faktor utama yang menyebabkan kesulitan berkomunikasi dengan driver Gojek. Gangguan pada server atau bug dalam aplikasi dapat memengaruhi kinerja fitur chat, membatasi kemampuan pengguna untuk berinteraksi dengan driver.

Ketidakmampuan untuk menggunakan fitur chat juga bisa disebabkan oleh masalah pada server Gojek, baik karena sedang dalam tahap pemeliharaan atau mengalami gangguan teknis. Kendala teknis ini sendiri tentunya memiliki tujuan. Biasanya untuk meningkatkan fitur dan pengalaman pengguna.

Jika banyak orang, bukan hanya kamu yang mengalami kesulitan berkomunikasi dengan driver Gojek melalui fitur chat, kemungkinan besar itu disebabkan oleh kendala teknis. Tidak hanya itu saja, kendalah teknis ini juga dapat menyebabkan kamu tidak bisa mengakses aplikasi Gojek.

Solusinya:

Kalau masalah tidak bisa chat driver Gojek disebabkan oleh server utama bermasalah atau gangguan, kamu tidak perlu melakukan hal apapun selain menunggu, karena masalah ini akan segera diatasi oleh teknisi Gojek.

Aplikasi Gojek Tidak Update

Jika kamu bertanya mengapa tidak bisa chat driver Gojek maka kemungkinan besar penyebabnya adalah aplikasi yang belum update atau diperbarui. 

Aplikasi mengalami masalah kompatibilitas dengan server baru. Kondisi ini dapat mempengaruhi kelancaran penggunaan fitur chat, di mana kamu tidak akan dapat melakukan Tindakan chat kepada driver. 

Aplikasi Gojek memang secara berkala melakukan update atau pembaruan. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, terutama untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi.

Jika kamu mengalami kendala tidak bisa chat driver maka bisa saja aplikasi Gojek yang kamu gunakan belum melakukan update.

Solusinya:

Cek apakah aplikasi Gojek yang saat ini terinstall di perangkat mu sudah versi terbaru atau belum, caranya sangat mudah, buka Play Store atau App Store sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Setelah itu, ketik dikolom pencarian dengan keyword Gojek, maka akan tampil aplikasi Gojek yang saat ini terpasang di perangkat mu, apabila ada keterangan update bisa dipastikan aplikasi Gojek yang terinstall belum versi terbaru.

Silahkan klik update dan tunggu sampai proses ini selesai, jika sudah selesai jangan langsung buka aplikasi Gojek, kamu bisa muat ulang perangkat lebih dulu agar kinerja antara perangkat dan aplikasi kembali normal, setelah itu coba akses aplikasi Gojek.

Baca Juga:

Akun Gojek Terblokir atau Dibekukan

Ketidakmampuan mengakses fitur chat pada aplikasi Gojek mungkin disebabkan oleh blokade atau pembekuan akun pengguna sebagai akibat dari pelanggaran aturan penggunaan. Pemblokiran akun ini dapat terjadi karena berbagai factor dan dapat terjadi pada siapa saja.

Biasanya proses dibekukannya akun Gojek ini karena pengguna melakukan kesalahan atau pelanggaran yang tidak sesuai dengan syarat dan peraturan yang ada pada aplikasi Gojek. Jika akun diblokir tidak hanya menggaggu fitur chat saja, melainkan kamu juga tidak bisa mengakses aplikasi.

Selain itu, akun Gojek yang sudah dibekukan atau diblokir akan mengalami banyak masalah lanjutan, diantaranya:

  • GoPay tidak tersedia
  • Gojek mendeteksi pemakaian yang tidak biasa
  • Gojek menemukan suatu masalah di akunmu
  • Dompet terkunci
  • Silakan hubungi layanan pelanggan
  • Kamu tidak dapat menggunakan akun kamu saat ini
  • Kamu tidak dapat menggunakan fitur ini

Pesanan Sudah Selesai

Nah penyebab lain kenapa tidak bisa chat driver gojek adalah kemungkinan pesanan kamu itu sudah selesai, jika pesanan yang dipesan sudah selesai maka setelah itu kamu tidak bisa chat driver lagi, karena chat driver hanya tersedia ketika kamu sedang pesan saja.

Perangkat Bermasalah

Selain beberapa penyebab diatas, ternyata ada satu penyebab yang paling sering menyebabkan masalah pada saat mengakses atau menggunakan aplikasi, salah satunya pada saat ingin mengirim pesan ke driver Gojek, yakni perangkat seluler yang digunakan bermasalah.

Seperti yang kita semua tahu, perangkat seluler bertugas dalam menghubungkan pengguna dan aplikasi Gojek untuk menjalankan semua fitur didalamnya. Ketika perangkat mengalami masalah, pasti akan timbul juga masalah pada perintah yang diberikan.

Terdapat banyak hal yang bisa saja mempengaruhi performa perangkat, diantaranya cache menumpuk, ruang penyimpanan penuh. sistem OS error, dan tidak rutin update aplikasi yang terinstall di perangkat seluler.

Solusinya:

Adapun beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi beberapa hal yang menyebabkan perangkat seluler bermasalah, diantaranya:

  • Hapus Cache, pertama kamu harus hapus semua cache yang ada di perangkat seluler, disini kamu bisa hapus secara manual melalui pengaturan atau bisa menggunakan aplikasi tambahan.
  • Hapus file dan aplikasi tidak penting, terkait ruang penyimpanan penuh kamu harus menghapus beberapa file dan aplikasi dari perangkat mu.
  • Update OS, seperti yang kalian ketahui OS atau perangkat lunak adalah otak ponsel, jika kita tidak pernah update atau telat update akan mempengaruhi performa perangkat. Oleh karena itu mulai sekarang kamu harus rutin update perangkat lunak melalui pengaturan dan masuk ke tentang ponsel.
  • Update semua aplikasi, terakhir adalah update semua aplikasi yang terinstall di ponsel mu melalui Play Store atau App Store.
  • Muat Ulang Perangkat, ini menjadi cara terakhir setelah Anda melakukan 4 perawatan diatas. Kenapa perlu dilakukan? dengan memuat ulang perangkat Anda secara langsung membantu perangkat menghilang bug virus sehingga kinerja bisa kembali pulih.

Itulah beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa tidak bisa chat driver Gojek beserta cara mengatasinya. Masalah ini dapat terjadi pada siapa saja dan dapat dipengaruhi oleh beberapa factor seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk itu ketahui secara detail masalahnya supaya dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *