Kenapa Spotify Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya!

Apakah teman-teman pernah mengalami kasus seperti Spotify error, Adakah yang tahu penyebabnya? Permasalah seperti ini memang membuat risau banyak orang, sehingga warganet berburu untuk mencari solusinya lewat Internet.

Namun bagi pembaca artikel setia Calonpengangguran tidak perlu merasa risau dan panik, karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jalan keluar dari permaslahan tersebut.

Pertama saya akan menjelaskan kenapa Spotify tidak bisa dibuka dan kedua bagaimana cara mengatasinya. Semakin penasaran, kan? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini. Cuss!

Kenapa Spotify Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa Spotify Tidak Bisa Dibuka

Berbicara mengenai kasus ini tentu saja ada beberapa penyebanya seperti Cache di aplikasi Spotify menumpuk dan mungkin kamu masih menggunakan App versi lama. Cobalah cek terlebih dahulu, apakah Spotify yang teman-teman gunakan sekarang belum di update maupun cache terlalu penuh. Selain itu masih ada banyak penyebab lain yang sering kali disepelekan oleh pengguna diluar sana, apa saja penyebab tersebut? Yuk simak ulasan berikut ini:

Koneksi Internet Bermasalah

Pernyebab pertama yang sering kali membuat perangkat tidak bisa membuka aplikasi Spotify adalah menggunakan koneksi internet yang tidak stabil atau buruk. Hal ini dikarenakan Spotify adalah aplikasi streaming musik yang menampilkan audio dan video sehingga untuk bisa mengaksesnya memerlukan koneksi internet.

Bisa saja karena koneksi internet yang kamu gunakan bermasalah sehingga perangkat tidak bisa membuka Spotify. Selain ini, kuota internet yang juga sama pentingnya, kenapa? Karena percuma kalau punya koneksi bagus tapi tidak memiliki kuota.

Menggunakan Aplikasi Versi Lama

Tidak hanya koneksi internet saja, menggunakan aplikasi Spotify versi lama juga retan mengalami masalah, seperti yang sedang kamu alami saat ini. Kenapa bisa begitu? Karena pada dasarnya aplikasi versi baru membawa semua hal baru seperti fitur, server, tampilan dan masih banyak lagi.

Apa yang akan terjadi kalau kamu masih menggunakan aplikasi Spotify versi lama? Tentu saja akan ada banyak masalah yang terjadi, ini berkaitan dengan problem tidak bisa mengakses Spotify di perangkat kamu.

Cache Menumpuk

Perlu kalian semua ketahui, cahce atau sampah penggunaan suatu aplikasi yang menumpuk dapat menyebabkan banyak masalah di ponsel, salahnya tidak bisa mengakses atau membuka aplikasi Spotify. Meski hal ini terlihat sepele, nyatanya masih banyak pengguna yang tidak memperhatikan hal tersebut. Selain itu tidak bisa mengakses aplikasi, cache menumpuk dapat mengakibatkan masalah lain, seperti aplikasi keluar sendiri, fitur aplikasi tidak muncul, fitur aplikasi tidak bekerja dan masih banyak lagi.

Ruang Penyimpanan Penuh

Ponsel yang tidak memiliki ruang kosong untuk menyimpan file akan sangat retan mengalami masalah, terutama saat mengakses aplikasi tertentu. Hal ini berkaitan erat dengan file cahce atau sampah penggunaan diatas, dikarena ponsel tidak memiliki ruang kosong akan membuat cache menumpuk sehingga ponsel akan menanggung beban berat yang berarti mengurangi perfomanya.

Akun Google Bermasalah

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, akun Google adalah hal yang penting pada perangkat android karena sebagai identitas pengguna. Jika akun Google di perangkat kamu tidak tersinkron baik, maka akan membuat banyak masalah saat mengakses aplikasi tertentu, salah satunya pada aplikasi Spotify yang tidak bisa dibuka ataupun diakses.  

Server Spotify Bermasalah

Pada aplikasi server adalah jantung, kalau tiba-tiba jantung berhenti apa yang akan terjadi? Tentu saja matilah, apalagi. Hal ini juga berlaku pada aplikasi Spotify, apabila server down atau bermasalah tentu saja aplikasi akan berhenti atau tidak bisa diakses sampai server kembali normal. Ada banyak hal yang menyebab server bermasalah, diantaranya sedang melakukan pemeliharaan karena virus, sedang upgrade kapasitas server, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Spotify Tidak Bisa Dibuka

Setelah kamu memahami penyebab permasalahan ini, maka silahkan baca tutorial dibawah ini untuk mengatasi Spotify tidak bisa dibuka, diantaranya:

Cek koneksi Internet

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek koneksi internet yang kamu gunakan melalui situs “Speedtest”. Apabila koneksi kamu bermasalah coba untuk menggunakan jaringan Wi-Fi dengan koneksi yang lebih stabil dan coba buka kembali aplikasi Spotify.

Hapus Cache Aplikasi Spotify

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa penyebab Spotify error karena cache dalam aplikasi sudah menumpuk. Oleh karena itu, silahkan cek terlebih dahulu. Jika memang benar terjadi, silahkan hapus.

Caranya masuk ke pengaturan, lalu carilah aplikasi Spotify. Stelah itu tap hapus di bagian menu cahce. Sehingga secara otomatis cache di aplikasi Spotify kamu akan terhapus semuanya.

Update Aplikasi Spotify

Sebelum menggunakan Spotify, pastikan kamu sudah update Soptify ke versi terbaru. Jika hal ini dilakukan, maka kamu bisa membuka aplikasi ini tanpa mengalami kendala. Silahkan perbarui melalui Play Store dan App Store..

Hentikan Aplikasi di Latar Belakang

Bagi kamu yang masih menjalankan aplikasi di latar belakang, sebaiknya keluarkan atau bersihkan terlebih dahulu dari perangkat yang sedang kamu gunakan saat ini. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi lain seperti Cleaner.

Aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan di Google Play Store dan App Store. Jika sudah dibersihkan, maka bukalah kembali Spotify di perangkat kamu masing-masing. Semoga berhasil!

Hapus File dan Aplikasi Tidak Penting

Hal ini berkaitan dengan ruang penyimpanan penuh diatas, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi atau file yang tidak penting agar tetap memberi space kosong pada perangkat sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Pastikan Akun Google Tersinkronisasi

Kamu bisa memastikan akun Google terhubung ke perangkat. Caranya, kamu masuk ke pengaturan, cari akun Google dan cek apakah sudah tersinkron atau belum, kalau belum silahkan klik sinkronisasi sekarang dan tunggu sampai proses selesai.

Install Ulang Aplikasi

Setelah semua cara diatas dilakukan namun hasilnya Spotify tetap berhenti sendiri, coba kamu uninstall dan install lagi aplikasi ini. Tujuannya agar semua bug dan masalah yang ada di aplikasi hilang.

Lakukan Restart Perangkat

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan, namun tidak berhasil maka cobalah tips yang terakhir ini yaitu restart ponsel kamu masing-masing. Jika tetap saja tidak berhasil, maka pergi ke customer service Spotify dan buat pesan disana mengenai keluhan yang sedang kamu alami.

Hubung Help Center Spotify

Cara terakhir apabila semua cara diatas tidak berhasil adalah menghubungi CS untuk menanyakan terkait masalah yang kamu alami. Untuk menghubungi CS Spotify kamu bisa kunjungi melalui link ini https://support.spotify.com/id-id/article/contact-us/

Akhir Kata

Demikian pembahsan singkat kali ini dari Calonpengangguran mengenai permasalahan Kenapa Spotify Tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya. Semoga pembaca artikel ini bisa memahami penjelasan yang saya sampaikan diatas dan dapat bermanfaat bagi teman-teman semuannya. Sekian dan terimakasih.

Baca Juga:

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *