Kelebiha Telegram
Teknologi

Kelebihan Telegram dan Kekurangannya Sebagai Aplikasi Perpesanan Gratis

Kelebihan Telegram – Kini banyak sekali aplikasi perpesanan yang dapat memudahkan kita dalam mengirim pesan, melakukan panggilan dan video call. Kalau dulu kita masih sering mengandalkan sms untuk mengirim sebuah pesan dan melakukan panggilan seluler dari sim card.

Karena teknologi semakin maju, mengirim pesan dan melakukan panggilan seluler melalui sim card jarang lagi digunakan. Masyarakat lebih memilih menggunakan aplikasi perpesanan seperti line, whatsapp dan BBM. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna tidak hanya dapat mengirim pesan dan melakukan panggilan saja, juga bisa melakukan video call.

Selain aplikasi tersebut, ada satu aplikasi yang recommended anda install di Smartphone yaitu Telegram. Kenapa ? karena aplikasi ini menawarkan beberapa fitur yang cukup menarik dan gratis tentunya. Penasaran apa saja kelebihan telegram dan kekurangannya ? simak ulasan berikut ini. Baca Juga Kelebihan dan Kekurang WhatsApp

Kelebihan Telegram

kelebihan telegram

Berikut akan kami jelaskan apa saja kelebihan telegram dibanding aplikasi perpesanan lainnya, yaitu :

1. Aplikasi Gratis

Untuk beberapa orang yang sudah pernah menggunakan telegram, tentu tahu apa kelebihan telegram dibandingkan aplikasi perpesanan lainnya. Salah satu kelebihannya adalah memiliki versi gratis dan versi berbayar, dari kedua versi tersebut fitur yang ditawarkan tentu berbeda.

Bagi anda yang berminat menggunakan aplikasi ini, kami sarankan untuk menggunakan versi gratis saja. Karena dari pengalaman saya pribadi selama menggunakan telegram versi gratis cukup memuaskan, fitur yang disediakan cukup lengkap.

2. Bebas Dari Iklan

Kelebihan telegram lainnya adalah bebas dari iklan, kita ketahui banyak perusahan yang menawarkan aplikasi gratisan di Play Store, namun terdapat notifikasi iklan setiap kali kita mengakses aplikasi tersebut.

Beda halnya dengan telegram yang jelas jelas mengumumkan bahwa aplikasi ini tidak akan menampilkan iklan selamanya. Jadi cukup mengejutkan bukan? Sudah gratisan, iklan tidak ada “terbaiklah”.

3. Aplikasi Ringan dan Cepat Mengirim Pesan

 Jika dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp mengenai kecepatan dalam mengirim pesan, Telegram masih lebih cepat karena menggunakan sistem Cloud. Sehingga telegram menjadi aplikasi tercepat dalam mengirim pesan dan teringan di ponsel pintar anda (aplikasi ini hanya menggunakan sedikit ruangan di Smartphone).

4. Menggunakan Sistem End-to-end

Sama halnya dengan aplikasi perpesanan lainnya yang menggunakan sistem end-to-end untuk mengamankan isi pesan seseorang. Telegram juga menggunakan sistem ini, sehingga pesan kita dan doi tidak bisa dibaca orang lain hehe.

Selain agar tidak bisa dibaca orang lain, sistem end-to-end juga mampu mengamankan isi pesan kita dari hacker atau orang orang yang iseng. Dengan begitu isi chat kita bisa lebih aman.

5. File Yang Dikirim Bisa mencapai 1.5 GB

Keunggulan telegram selanjutnya mampu mengirim file yang berukuran besar mencapai 1,5 GB, tidak semua aplikasi perpesanan dapat mengirim file dengan ukuran tersebut.

Contohnya WhatsApp, biasanya saya mengirim file menggunakan Google Drive atau Email karena difitur WA tidak dapat mengirim dengan ukuran file sebesar itu. Jenis file yang bisa dikirim juga beragam mulai dari pdf, doc, excel, zip, mp3, dan lain-lain.

6. Adanya Fitur Channel Berkapasitas Besar

Kelebihan telegram selanjutnya adalah terdapat fitur channel, sama halnya dengan aplikasi chatting lainnya telegram juga menyediakan fitur channel atau sering kita sebut broadcasting.

Dengan adanya fitur ini, anda dapat mengirim pesan kesemua kontak yang ada di aplikasi telegram dengan kapasitas besar. Karena adanya fitur ini, banyak orang yang menggunakan telegram sebagai tempat promosi produk atau dagang mereka.

7. Adanya fitur Bot

Di aplikasi telgram ada namanya fitur bot atau robot, artinya aplikasi dapat mengakses sesuatu tanpa campur tangan manusia seperti mengirim pesan broadcasting yang sudah kami jelaskan diatas.

Dengan begitu anda dapat dimudahkan dalam memperkenalkan suatu produk atau brand terbaru kepada teman teman yang terdapat di aplikasi telegram ini.

Pada aplikasi ini, bot dijalankan oleh sistem fitur AL (Artificial Intellegence–kecerdasan buatan), sehingga dapat melakukan pekerjaan diluar kendali manusia.

8. Telegram dapat digunakan pada beberapa jenis perangkat

Kelebihan telegram kedelapan adalah mampu diakses pada beberapa jenis perangkat seperti smartphone atau ponsel pintar, PC dan Laptop. Kita ketahui aplikasi chatting lainnya juga menawarkan hal yang sama, contoh adalah whatsapp.

Aplikasi WhatsApp juga dapat diakses pada beberapa perangkat, namun dengan bantuan akun utama atau aplikasi utama. Artinya jika aplikasi WhatsApp utama tidak dapat diakses maka perangkat yang terhubung oleh aplikasi ini tidak dapat diakses juga.

Beda halnya dengan telegram yang mampu diakses pada beberapa perangkat sekaligus seperti ponsel pintar, PC dan laptop tanpa harus terhubung oleh aplikasi utama.

Contohnya begini, jika anda menginstall telegram di smartphone, kemudian anda juga ingin menggunakan aplikasi ini di PC atau laptop dikarenakan batrei smartphone lowbet. Maka telegram tetap dapat diakses meskipun  smartphone anda sudah mati.

9. Telegram mampu membuat grup obralan dengan anggota berjumlah 30 ribu orang

Kelebihan telegram kesembilan adalah mampu membuat grup obralan dengan anggota berjumlah 30 ribu orang, jika dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lainnya telegram menjadi satu satunya aplikasi yang mampu membuat grup besar dengan anggota berjumlah 30 ribu orang.

Yang lebih mengejutkan lagi, penggunaan telegram tidak perlu repot repot memperbarui aplikasi ini, karena sudah disetting oleh pihak telegram agar update dilakukan secara otomatis dan jika proses update selesai anda akan diberitahu melalu notifikasi.

10. Memerlukan ruang penyimpanan yang kecil

Siapa sih yang tidak sudah menginstall sebuah aplikasi yang memerlukan ruangan penyimpanan yang kecil, tentu hampir dari anda semua menginginkan hal tersebut buka? Saya juga begitu hehe , jadi kita bisa install aplikasi lainnya.

Tahukah anda berapa ukuran file dari aplikasi telegram ? hanya 16 MB wah ini mah gila, aplikasi ringan dengan banyak fitur menarik hanya memerlukan ruang penyimpanan 16 MB saja otw install kalo saya hehe.

11. Menawarkan Fitur Stickers Gratis

Gratis? Kenapa sih telegram serba gratis jadi enak dong saya haha. Banyak sih aplikasi lain yang menawarkan fitur stickers gratis contohnya line dan whatsapp, namun tidak semuanya gratis ada beberapa stickers yang keren tapi kita harus bayar.

Beda halnya dengan telegram yang menawarkan banyak stickers gratis, Selain itu kita dapat membuat desain stickers sendiri sesuai selera, hayo pilih mana ? kalau saya sih milih telegram hehe.

12. Aplikasi Perpesanan yang sangat aman

Pasti diantara anda semua ada yang pernah merasakan fotonya dicuri, lalu diposting orang tidak dikenal dengan tambah caption aneh aneh. Pernah begitu? Pasti takut ya kejadian itu terulang lagi, sama saya juga takut hehe. Lalu bagaimana solusi ? kami sarankan pada anda untuk menggunakan aplikasi perpesanan yang lebih aman dalam menjadi privasi yaitu telegram.

Kenapa saya menggunakan telegram ? menurut saya aplikasi telegram menawarkan fitur keamanan yang sangat aman yaitu secret chat yang jauh lebih aman dibanding aplikasi lainnya. EFF www.eff.org (Electronic Frontier Foundation, sebuah organisasi nonprofit untuk kebebasan masyarakat di dunia digital, termasuk menyoroti hal privacy) sehingga keamanan private anda benar benar terjaga.

Kekurangan Telegram

1. Telegram tidak menyediakn fitur video call

Jika kita bandingkan dengan line dan whatsapp yang sudah menggunakan fitur video call sejak awal perilisan. Beda halnya dengan telegram yang sama sekali tidak mau menambah fitur video call.

Mungkin pihak telegram masih memegang teguh prinsip mereka bahwa private pengguna sangat penting sehingga tidak menambahkan fitur ini. untuk kedepan, saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada aplikasi telegram apakah akan menambah fitur video call atau tidak. Kita tunggu saja perkembangannya.

2. Telegram tidak menyedia fitur stories

Kita bandingkan lagi dengan line dan whatsapp, kedua aplikasi persenan tersebut sudah menggunakan fitur stories. Lalu kenapa telegram tidak menambah fitur ini ? menurut dugaan saya, aplikasi telegram masih mengganggap bahwa private pengguna lebih penting dibanding menambahh fitur stories. Dugaan saya begitu, sama halnya dengan fitur video call diatas.

Download Aplikasi Telegram

Demikian ulasan kami mengenai Kelebihan Telegram dan kekurangannya, semoga sedikit informasi ini dapat menambah pengetahuan anda semua. Terima kasih atas perhatiannya. Baca Juga Microsoft Excel : Kelebihan, Kekurangan, Fungsi, Pengertian dan Manfaat

One Reply to “Kelebihan Telegram dan Kekurangannya Sebagai Aplikasi Perpesanan Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *