Alat Musik Minangkabau Beserta Penjelasannya Terlengkap

Alat Musik Minangkabau – Suku Minangkabau merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kaya akan kesenian dan beraneka ragam macam jenis alat musik tradisional yang akan meningkatkan kesenian bumi ranah minang.

Berbicara mengenai alat musik, tentunya suku Minangkabau memiliki banyak alat musik yang dapat anda mainkan. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan sebuah artikel yang mengupas tentang Alat Musik Minangkabau, Apa saja itu? Simak ulasannya dibawah ini :

Baca Juga Berikut Ini Upacara Adat Minangkabau Beserta Penjelasannya Terlengkap

8 Alat Musik Minangkabau Beserta Penjelasannya Terlengkap

1. Talempong

Alat Musik Minangkabau Talempong
Kompas – Kompas.id

Alat musik yang pertama kita bahas adalah talempong. Dimana talempong ini terbuat dari bahan kuningan. Untuk bentuknya sendiri, alat music ini berbentuk bulat dengan bagian bawah berlubang dan pada bagian atasnya ada sedikit tonjolan.

Biasanya alat musik ini berfungsi untuk mengiringi berbagai kesenian tradisional minang seperti tarian atau musik.

2. Saluang

Alat Musik Minangkabau Saluang
Wikipedia

Saluang merupakan salah satu alat musik Minangkabau, dimana penggunaannya dengan cara ditiup. Saluang ini terbuat dari ‘talang’ yaitu sejenis bambu namun lebih tipis.

Panjang alat musik yang satu ini yaitu 40-60 cm, kemudian terdapat empat buah dengan berdiameter masing-masing lubang 3-4 cm.

Dalam mempermainkan alat musik ini tidaklah mudah, dimana diperlukan cara yang khusus yang disebut dengan ‘manyisiahan angok’ (menyisakan nafas).

Dengan demikian, cara ini lah kita dapat memainkan saluang dengan  meniup saluang dari awal hinggaakhir lagu tanpa nafas yang terputus.

3. Rabab

Alat Musik Minangkabau Rabab
rumah-adatindonesia.blogspot.com

Rabab merupakan salah satu alat musik Minangkabau yang menyerupai seperti Biola. Mengapa dapat dikatakan demikian? Karena dari tampilan bentuk memang hampir sama dan cara memainkannya pun sama yaitu dengan digesek.

Selain sebagai alat musik Rabab juga dijadikan untuk kesenian tersendiri. Biasanya sih kesenian Rabab ini dibentuk dalam bentuk cerita dengan iringan alat musik rabab tadi. Perlu anda ketahui, bahwa terdapat yang cukup terkenal adalah Rabab Pasisia dan Rabab Pariaman.

Baca Juga Candi Muaro Jambi Beserta Penjelasannya Terlengkap

4. Pupuik Batang Padi

Pupuik Batang Padi
twitter.com

Alat musik Minangkabau yang satu ini sesuasi dengan namanya, yaitu terbuat dari batang padi. Dimana dibagian ujung tempat tiupan biasanya dipecah sedikit sehingga menciptakan celah, apabila celah ini ditutup akan mengeluarkan. Pada umumnya pupuik batang padi ditambahkan dengan lilitan daun kelapa pada ujungnya.

5. Bansi

Bansi
alat musik

Bansi merupakan salah satu Alat musik Minangkbau yang dimainkan dengan cara di tiup. Pada bagian alat musik ini memiliki tujuh lubang, mirip dengan rekorder, bentuknya pendek, biasanya berukuran 33-36 cm.

6. Pupuik Tanduk

Pupuik Tanduk
IndonesiaKaya.com

Alat Musik Minangkabau selanjutnya adalah Pupuik Tanduk. Dimana alat music ini terbuat dari bahan bekas tanduk kerbau. Walaupun tergolong ke dalam alat musik namun tapi pupuik tanduak kini sangat jarang dimainkan sebagai pengiring musik, melainkan sekarang digunakan sebagai alat pemanggil atau pemberitahu jika ada pengumuman dari pemuka adat.

7. Sarunai

Sarunai
Bukalapak

Menurut cerita zaman dulu, Sarunai berasal dari kata Shehnai yaitu alat musik yang berasal dari India. Alat musik yang satu ini terbut dari dua potong bambu yang tidak sama besar, dimana potongan yang kecil dapat masuk ke potongan yang lebih besar, sehingga akan menciptakan nada.

8. Tambua Tasa

Tambua Tasa
WorPress.com

Alat Musik Minangkabau yang terakhir yaitu Gandang Tambua dan Gandang Tasa. Tampilan dari Gandang Tambua sendiri memiliki bentuk tabung yang terbuat dari bahan kayu dengan dua permukaan kulit.

Alat musik ini dimaikan oleh salah satu pemain yang diletakan pada bagian bahunya dalam posisi berdiri dengan menggunakan dua buah kayu sebagai pemukul.

Sementara Gandang Tasa sendiri bentuknya lebih menyerupai seperti setengah bola yang cuma memiliki satu sisi kulit (single headed drum). Biasanya untuk Kayu yang digunakan memukul Gandang Tasa lebih ramping, lentur dan berukuran lebih panjang.

Baca Juga Berikut Ini Tarian Daerah Jambi Terlengkap Beserta Penjelasannya

Demikian ulasan tentang Alat Musik Mianangkabau, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

4 Replies to “Alat Musik Minangkabau Beserta Penjelasannya Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *