Cara Screenshot Laptop Acer – Seperti yang kita ketahui, salah satu merk laptop yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Laptop Acer.Saya pribadi juga salah satu pengguna laptop acer, karena menurut pengalaman dalam menggunakan laptop ini, mengenai perfoma sudah sangat baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, masalah kelengkapan fitur juga tidak kalah dengan laptop merk lain seperti Asus, Hp dan lain-lain. Kenapa kelengkapan fitur penting? Yah penting lah, contohnya saja, ketika saya hendak melakukan screenshot pada layar laptop. Bisa anda bayangkan kalau laptop acer tidak bisa melakukan screenshot?

Untungnya perusahan Acer peduli akan hal itu, mereka menyediakan fitur yang dapat memudahkan anda untuk melakukan sreenshot pada layar. Namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu akan hal tersebut, dari permasalahan ini saya selaku penulis di situs calonpengangguran akan berbagi beberapa Cara Screenshot Laptop Acer dengan mudah dan cepat yang bisa anda ikuti.

Cara Sreenshot Laptop Acer

Untuk melakukan screenshot pada laptop, terutama merk Acer anda dapat menggunakan berbagai cara. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Menggunakan Tombol PrtScr

cara screenshot laptop acer
Sumber laptopnesia.com/

Cara sreenshot pertama anda dapat menggunakan tombol PrtScr yang berada dikanan atas keyboard, apabila menggunakan tombol ini maka secara otomatis seluruh bagian dimonitor laptop akan ter-sreenshot atau tersimpan di clipboard.

Untuk melihat hasil sreenshot tersebut anda tinggal membuka software Word, kemudian tekan tombol Ctrl+V. Maka secara otomatis hasil screenshot yang anda ambil tadi akan ter-copy paste di word atau paint. Mudah bukan?

Baca Juga Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

Cara selanjutnya masih menggunakan tombol PrtScr, bedanya dari diatas tadi anda menggunakan kombinasi tombol Alt dan PrtScr untuk men-sreenshot pada jendela yang sedang aktif saja. Kalau tombol PrtScr saja, maka akan secara otomatis men-screenshot seluruh bagian pada monitor atau layar, namun apabila anda menggunakan tambahan Alt hasil sreenshot hanya pada jendela yang aktif saja.

Ada hal yang perlu anda perhatikan, bahwa tidak semua laptop acer dapat menggunakan kombinasi Alt dan PrtScr. Ada juga laptop yang mengharuskan anda menggunakan kombinasi tiga tombol yaitu  Alt + Fn + PrtScr. Apabila kombinasi 2 tombol tidak bisa, anda bisa menggunakan kombinasi 3 tombol tersebut. Selamat mencoba.

Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Ternyata ada loh satu cara yang lebih mudah dari kedua cara diatas, karena anda tidak perlu repot-repot menyalin data screenshot tersebut ke Word, karena akan secara otomatis tersimpan direktori C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

Bagaimana caranya? Anda hanya perlu menggunakan kombinasi 2 tombol yaitu logo windows dan PrtScr secara bersama. Perlu dingat, fitur ini hanya berlaku pada laptop windows 10.

Baca Juga Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak dan Tidak Bisa Terbaca

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara sreenshot laptop acer selanjutnya adalah dengan menggunakan kombinasi tiga tombol yaitu Windows + Shift + S. Setelah menekan tiga tombol tersebut secara bersama, maka layar laptop akan berubah warna ke Abu-abu dan kursor akan berubah bentuk menjadi icon plus.

Keunggulan cara ini adalah anda dapat mengatur bagian yang akan di-sreenshot dengan cara klik dan drag. Selanjutnya, anda tinggal menyalin data screenshot tersebut ke software seperti word, paint atau sejenis.

Menggunakan Snipping Tool

Sebenarnya Snippig Tool sudah ada sejak lama pada windows, dengan menggunakan software ini anda akan lebih dimudahkan dan flaksibel dalam men-screenshot seperti halnya memilih bentuk persegi panjang, jendela aktif yang saja, atau layar penuh.

Untuk menjalankan software ini, anda tinggal ketik snipping tool dibagian logo windows kiri bawah lalu klik, setelah terbuka pilih opsi New atau klik tanda panah
yang ada di sisi kirinya.

Kemudian pilih area layar yang akan anda sreenshot, lalu preview screenshot yang akan ditampilkan. Jika sudah pas maka lakukan penyimpanan dengan meng-klik disket disisi kiri atas.

Menggunakan Game Bar

Cara sreenshot laptop acer selanjutnya adalah menggunakan batuan fitur game bar, namun perlu diingat fitur game bar hanya mendukung windows 10 yang artinya windows dibawah 10 tidak akan bisa menggunakan fitur ini.

Untuk menggunakan fitur ini, anda perlu membuka aplikasi Xbox yang merupakan fitur bawaan dari windows 10. Setelah berhasil kebuka, anda perlu memilih kebagia pengaturan aplikasi Xbox tersebut dan cari opsi Game DVR. Kemudian
klik toggle “Take screenshots using Game DVR”. Untuk mengambil sreenshot anda bisa mengunakan kombinasi tombol Windows + G dan kotak “Yes, this is a game” jika muncul.

Lalu klik icon kamera atau anda bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + Alt + PrtScr untuk mengambil screenshot. Jika sudah, maka secara otomatis gambar sreenshot akan tersimpan di penyimpanan computer atau di C:Users[nama user]VideosCaptures.

Menggunakan Aplikasi Dropbox

Selain beberapa cara diatas, ada cara lain yang bisa anda gunakan yaitu menggunakan aplikasi Dropbox. Dengan batuan aplikasi ini proses sreenshot akan lebih cepat dan mudah. Bagaimana caranya?

Hal yang perlu anda siapkan untuk menggunakan aplikasi Dropbox adalah memastikan bahwa laptop atau pc sudah menginstall aplikasi dropbox, jika sudah maka buka aplikasi tersebut, lalu klik foto profil anda yang berada disisi kanan atas dan pilih menu Preferences.

Apabila sreenshot dirasa sudah sesuai, maka tahap selanjutnya adalah proses penyimpanan, untuk menyimpan hasil sreenshot tersebut anda tinggal klik opsi Import, dan beri tanda centang di kotak dengan tulisan “Save screenshots to your Dropbox”.

Menggunakan Aplikasi Apowersoft Free Screen Capture

Sebelum itu, pastikan dulu laptop acer anda sudah menginstall aplikasi Apowersoft Free Screen Capture. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dapat memudahkan anda dalam menangkap gambar pada layar laptop acer. Bagaimana caranya?

Pertama jalankan dulu aplikasi ini, kemudian pilih bagian layar laptop yang akan di-sreenshot atau opsi layar penuh. Selain itu masih ada opsi anotasi yang beragam, yaitu teks, tanda panah, garis dan lain-lain.

Ternyata apabila anda sudah selesai men-sreenshot, hasilnya tidak hanya bisa disimpan di laptop melainkan juga bisa langsung dibagikan ke media social anda loh seperti Twitter, Whatsapp dan Facebook.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran mengenai Cara Screenshot Laptop Acer, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya. 

Baca Juga Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak