Cara Membersihkan RAM Hp Samsung – Sedikit bercerita, saya termaksud pengguna smartphone khususnya Merk Samsung yang tidak memikirkan penggunaan RAM atau Random Access Memory. Semakin lama saya sadar, ternyata mengontrol penggunaan RAM sangatlah penting. Selain membuat smartphone lebih ringan, ternyata pengguna RAM yang tidak berlebihan juga sangat penting untuk kesehatan Hp itu sendiri.

Dari masalah pribadi itu lah, saya selaku penulis di situs Calonpengangguran akan berbagi sedikti tips dan trik Cara Membersihkan Ram RAM Hp Samsung sebagai berikut.

Cara Membersihkan RAM Hp Samsung

cara membersihkan ram hp samsung
  • Pertama anda perlu masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
  • Kemudian, geser kebawah dan cari Submenu Perawatan Perangkat.
  • Jika sudah, lanjut dengan meng-klik Memori.
  • Maka anda akan diarahkan ke tampilan penggunaan RAM pada smartphone Samsung, pilih menu Hps Skg.
  • Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Dengan melakukan Step by Step diatas selain dapat menghapus data pada RAM smartphone Samsung, anda juga mengontrol pengguna RAM agar lebih hemat. Kenapa demikian? Karena pada menu perawatan, anda akan ditampilkan statistic penggunaan aplikasi yang ter-Install pada smartphone yang jarang digunkan tetapi menggunakan banyak RAM, dengan begitu anda bisa Uninstall aplikasi tersebut agar pengguna RAM lebih hemat.

Baca Juga CARA MENGAKTIFKAN DARK MODE DI WHATSAPP DENGAN MUDAH

Tidak hanyak sampai disitu saja, calonpengangguran juga akan memberikan beberapa tips untuk menghapus dan menghemat pengguna RAM pada Hp Samsung. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Memeriksa Penggunaan RAM

Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, pada mode perawatan anda bisa mengetahui mana aplikasi yang memakan banyak RAM tetapi jarang digunakan. Dengan begitu anda bisa melakukan Uninstall aplikasi tersebut agar penggunaan RAM lebih hemat.

2. Pilih Mode Disable Apps

Selain melakukan penghapusan aplikasi, anda juga mengatur aplikasi yang digunakan hanya pada waktu tertentu. Seperti Aplikasi Google Meet Up yang hanya digunakan ketika anda akan meeting atau belajar secara online. Untuk mengatasi hal tersebut anda tidak perlu menghapus Aplikasi Google Meet Up. Anda cukup melakukan pengaturan pada aplikasi tersebut ke mode disable apps, dengan cara Klik Settings atau pengaturanApps yang akan anda hentikan sementara- terakhir klik disable.

3. Nonaktikan Animations dan Transitions

Mungkin sebagai orang beranggapan bahwa hp yang mengaktifkan Animations dan Transitions akan terlihat lebih keren. Akan tetapi meraka tidak mengetahui, bahwa hp tersebut akan memakan ruang RAM lebih banyak. Maka dari itu penulis sarankan agar RAM Hp Samsung anda lebih hemat agar menonaktifkan animations dan transitions. Caranya klik Settings atau Pengaturan – About phone dan ketik build number, tunggu sampai muncul tulisan Congrats! You are now a developer.

Kemudian, pengguna bisa mengklik Settings > Developer dan scroll hingga menemukan Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Tap salah satunya dan pilih Animation off.

4. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Sama halnya dengan penjelasan penulis diatas bahwa menggunakan Live Wallpaper akan menambah keren dan tentunya pemiliki tidak akan mudah bosan, apalagi di Playstore menyediakan aplikasi live wallpaper yang dapat di Install dengan mudah. Sayangnya, kebiasaan tersebut tidak baik, karena tidak hanya pengguna RAM lebih boros smartphone anda akan lemot dibandingkan sebelumnya. Sebaiknya anda tidak menggunakan aplikasi ini, beda halnya kalau memang smartphone Samsung anda termaksud kelas atas.

5. Install Aplikasi Booster

Terakhir adalah meng-Install Aplikasi Booster, dengan menggunakan aplikasi ini smartphone samsung anda akan lebih ringan dan lebih mudah menghapus cache tanpa masuk ke menu Settings atau pengaturan terlebih dulu.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran mengenai Cara Membersihkan Ram RAM Hp Samsung dengan mudah, semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga CARA LOCK 4G XIAOMI TANPA APLIKASI DAN APLIKASI