Cara menghitung rata rata di excel – pada pembahasan sebelumnya kita telah mengulas tentang cara menjumlahkan data nilai di Microsoft Excel. Pada pertemuan singkat kali ini calonpengangguran akan mengulas tentang bagaimana cara menghitung nilai rata rata dengan Microsoft Excel (fungsi average).

Dimana fungsi tersebut sering digunakan dalam mencari besaran nilai rata-rata dari semua kumpulan data dalam satu periode tertentu atau sekelompok data.Disini saya telah menyajikan sebuah data yang akan kita hitung rata ratanya dengan menggunakan fungsi average. Langsung saja simak penjelasan lebih detailnya dibawah ini :

Baca Juga CARA MENJUMLAHKAN DI MICROSOFT EXCEL SECARA MUDAH

Cara Menghitung Nilai Rata Rata di Excel

1. Arahkan kursor anda pada baris nilai rata-rata IP (C8), lalu masukan rumus =AVERAGE(C3:C7) dan  tekan tombol enter . Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus =average( tandai semua data dari kolom C baris ke 3 sampai baris 7, lalu tandai dengan tutup kurung dan tekan tombol enter.

2. Setalah mengetahui hasil nilai rata rata Ip Semester satu, nah bagaimana dengan hasil nilai rata rata semester lainnya. Disini anda tidak perlu memasukan rumus kembali secara manual, namun anda cukup mengarahkan kursor pada baris C8, lalu pada bagian kanan bawah tarik ke samping sampai ke baris E8. Nanti hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah ini.

3. Bagaimana cara menghitung nilai rata rata pada setiap barisnya. Gunakan rumus fungsi yang tadi =AVERAGE(C3:E3), lalu tekan tombol enter pada keyboard anda. Anda dapat melihat tampilan gambar dibawah ini.

4.Hasil nilai rata rata Ip pada baris pertama telah muncul. Terus untuk menghitung nilai rata rata IP baris berikutnya anda tidak perlu memasukan rumus lagi. Anda cukup mengarahkan kursor di bagian F3, lalu di bagian kanan bawah kolom di tarik sampai ke F7. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Cara Menghitung Rata Rata di Excel

5.Setelah anda menariknya, maka semua hasil akan tampil sepert gambar berikut ini.

Cara Menghitung Rata Rata di Excel

Demikianlah pembahasan pada pertemuan kali ini mengenai Cara Menghitung Rata Rata di Excel. Semoga anda dapat memahi dan selamat mencoba!!!

Baca Juga FACEBOOK MARKETPLACE BESERTA CARA OPTIMASINNYA