Facebook MarketplaceMarketplace merupakan sebuah fitur jualan terbaru yang dihadirkan oleh pihak Facebook, dimana fitur ini berguna bagi penjual dan pembeli sebagai wadah bertransaksi jual dan beli. Facebook Marketplace ini tidak berbayar (free), artinya dapat digunakan oleh semua pengguna tanpa harus membuat akun khusus lagi.

Cara kerja Facebook Marketplace tidak seperti marketplace-marketplace yang sudah ada.Namun di platform, terdapat beberapa hal yang menjadi preferensi utama, yaitu lokasi, pembaruan dan kategori. Untuk lebih detal pembahasan mengenai Facebook Marketplace, yuk simak penjelasan dibawah ini :

Baca Juga CARA MEMBLOKIR TEMAN DI FB MELALUI SMARTPHONE DAN PC/LAPTOP

Seputar Tentang Facebook Marketplace

Perkembangan teknologi di era digital saat ini, pihak Facebook telah menghadirkan fitur barunya yang bernama Marketplace di aplikasi mobile-nya. Marketplace merupakan pasar online yang menyediakan tempat untuk melakukan berbagai aktivitas jual beli penggunanya. Menurut Director of Product Management Facebook yang bernama Mary Ku, Marketplace dibuat dengan alasan terlalu banyak aktivitas jual beli dalam jejaring sosial tersebut.

Dimana aktivitas jual beli dilatar belakangi dari Facebook Groups, bahkan sampai sekarang telah tercatat lebih dari 450 juta orang/per bulan yang ikut andil. Oleh karena itu, agar orang-orang mampu mendapatkan manfaat lebih banyak dari berbagai koneksi, dibuatlah Marketplace sebagai wadah untuk berjualan atau membeli barang tertentu dari berbagai orang di komunitas Anda.

Pihak Facebook fitur Marketplace ini dipasangkan pada aplikasi mobile-nya (iOS dan Android). Fitur ini  berbentuk seperti ikon toko yang terletak di bagian kiri ikon notifikasi. Ketika membuka Marketplace, pengguna fb akan ditawarkan berbagai macam foto barang dagangan yang lokasinya paling dekat.

Jika, anda ingin membeli barang tersebuk, anda dapat masuk ke kolom obrolan untuk bercakap-cakap (obrolan) dulu dengan si penjual. Sedikit catatan, pihak facebook cuman  menyediakan wadah dan tidak memberikan fasilitas pembayaran ataupun pengiriman barang. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus membuat kesepakatan  pembayaran dan pengiriman sesuai dengan penjual, tanpa jaminan keamanan dari perantara.

Disisni, Facebook Marketplace telah memiliki caranya sendiri dalam mengurutkan dan menampilkan produknya ke pengguna. Akan tetapi, untuk anda sebagai pembeli, harus melakukan optimasi agar produk anda muncul di halaman urutan teratas dan juga terdepan.
Bagaimana cara optimasi facebook Marketplace? Yuk langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut :

Cara Optimasi Facebook Marketplace

facebook marketplace

1. Tentukan Kata Kunci pada Judul dan Deskripsi Produk

Dari pengalaman saya dalam menggunakan Fb Marketplace, fitur pencarian ini sering saya gunakan, sebab dengan fitur ini saya tidak perlu scroll sepanjang laman.

Berdasarkan pengelihatan kacamata saya,  produk-produk yang memiliki hubungan dengan kata kunci (keyword) yang saya gunakan, maka itulah yang muncul di barisan teratas. Dengan demikian, anda pun harus mengoptimalkan fitur pencarian dengan cara menyematkan kata kunci di judul dan juga deskripsi produk.

Untuk menentukan kata kunci (keyword), anda dapat memanfaatkan fitur pencarian di Fb Marketplace ataupun dapat memilih kata kunci yang telah di rekomendasikan.

2. Posting Produk Serupa pada Kategori yang Berdekatan

Pada saat membuat postingan produk jualan, tetunya anda akan diminta untuk memilih kategori yang relevan. Hak ini, dapat menjadikan peluaang optimasi selanjutnya. Tekniknya, yaitu memposting produk yang serupa lalu pilih kategori-kategori yang berdekatan.

Contoh, di postingan pertama andamemi pilih kategori kendaraan. Kemudian di post kedua, pilih kategori pakaian & aksesoris dan di postingan ketiga (produk yang serupa dengan post pertama dan kedua) di kategori lain yang sekiranya masih berdekatan.

Perlu ditekan, bahwa untuk menerapan strategi ini, anda harus menggunakan foto dan judul yang berbeda agar tidak terlihat duplikat.

3. Postinglah Produk Anda pada Lokasi yang Berbeda

Untuk optimasi facebook marketplace caranya bukan hanya mengandalkan kategori saja, melainkan memainkan titik lokasi. Artinya, anda dituntut untuk membedakan titik lokasi produk, namun tetap berada di kota yang sama.

Cara membedakan titik lokasi cukup dengan menggunakan kodepos. Jadi, meskipun masih dalam lingkup satu kota, kalua di pindahkan ke kecamatan lain, maka pihak Facebook tidak akan menganggapnya sebagai lokasi yang sama.

4. Posting Kembali  Produk yang Sama Seminggu Sekali

Cara ini wajib dilakukan, karena kembali lagi pada cara kerja fb Marketplace, di mana produk-produk keluaran terbaru akan ditampilkan dan di rekomendasi terdepan setelah parameter lokasi diterapkan.

Bagaimana sobat calonpengangguran, apakah tips optimasi facebook marketplace diatas bisa dipahami? Simpan jawaban anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!!

Baca Juga CARA MEMBAGIKAN POSTINGAN INSTAGRAM KE STORY DENGAN MUDAH