Cara Membuat Watermark di Word Secara Mudah dan Tepat

Cara Mudah Membuat Watermark Di Microsoft Word – Sebelumnya apakah anda pernah mendergar istilah Watermark? Mungkin diantara kalian sudah pernah mendengar istilah tersebut, namun kebanyakan orang belum tahu apa arti Watermark sebenarnya. Lantas apa defenisi dari Watermark? Yaitu sebuah tanda kepemilikan asli bahwa itu karya sah milik kita, tanda kepemilikan ini bisa berupa tulisan maupun gambar logo yang tertanam pada foto atau gambar digital.

Biasanyanya pletakan Watermark ini dapat kita jumpai di bagian kiri atau kanan bawah dari sebuah foto digital. Namun kebanyakan orang saat ini meletakan Watermark nya Namun tidak sedikit juga yang meletakkannya di tengah-tengah dengan tampilan samar-samar agar tidak mengganggu tampilan foto utamanya.

Di Microsoft Word sendiri dalam penerapan Watermark juga bertujuan agar karya atau dokumen penting tersebut tidak di cap oleh orang lain. Watermark word bisa berupa tulisan, gambar dan logo. Bagaimana cara membuat Watermark di Word sih? Nah sebelum itu, saya ingin menjelaskan fungsi dari watermark. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Fungsi Watermark

1. Hak Cipta

Sebagian orang tentu sudah mengetagui Watermark digunakan untuk menjaga hak cipta, artinya untuk melindungi hasil karya penciptanya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Sering terjadi pembajakan hasil karya seseorang dan mengklaim bahwa karya tersebut merupakan milik si pembajak. Tindakan tersebut sangay merugikan si pencipta aslinya. Dengan demikian, dengan hadirnya watermark bisa melindungi hasil karya dari tindakan kejahatan.

2. Identitas

Selain berfungsi sebagai hak cipta, watermark juga bisa digunakan untuk identitas hasil karya. Tujuannya agar publik mengenal karya – karya kita. Misalnya, dalam dokumen file skripsi di bagian tengah terdapat watermark berupa logo kampus. Dimana logo tersebut agak di samrkan agar tidak menganggu naskah isi skripsi. Dengan adanya watermark tersebut, secara tidak langsung kita melihatkan identitas kampus lewat watermark.

3. Promosi

Mungkin diantara anda baru mengetahuinya, bahwa watermark juga berfungsi media promosi pelaku usaha. Misalnya di media sosial seperti Instagram terdapat foto dimana pada foto tersebut terdapat watermark dengan tulisan sebuah alamat restoran, hotel, minimarket atau tempat usaha lainnya.

Keuntungan Menggunakan Watermark

  1. Karya kita akan mudah dikenali oleh Orang lain.
  2. Masalah pembajakan sulit.
  3. Brand atau nama usaha kita akan dikenal oleh masyarakat luas
  4. Terdapat rasa kebanggaan dari diri sendiri.

Setelah kita mengetahui fungsi dan keuntungan menggunakan Watermark. Lanjut kedalam pembahasan ini yakni cara membuat watermark di word.

Baca Juga Cara Membuka Microsoft Word

Cara Membuat Watermark di Word (Tulisan)

  1. Tahap awal, Silahkan siapkan file atau dokumen yang ingin anda berikan Watermark.

2. Setelah itu, kilik Design>Watermark. Kemudian anda akan di tampilan beberapa opsi watermark. Silahkan pilih salah satu.

3. Nah, setelah anda meng-kliknya maka watermark akan muncul dalam sebuah file yang anda pilih tersebut. Dimana Watermarknya terlihat samar-samar tanpa menganggu naskah dokumen.

Cara Membuat Watermark di Word

4. Jika anda ingin mengganti tulisan Watermark Do not Copy. Silahkan klik watermark kembali lalu pilih custome Watermark.

5. Silahkan arahkan kursor anda pada kolom text, lalu rename. Misalnya Calon Pengangguran. lalu klik OK. Disini anda juga bisa menentukan jenis font sesuai seleran masing-masing.

6. Berikut ini tampilan Watermark sudah berubah menjadi tulisan Calon Pengangguran.

Cara Membuat Watermark di Word

Cara Buat Watermark di Microsoft Word (Gambar/Logo)

1. Langkah awal sama saja, yaitu buka file atau dokumen yang ingin anda berikan watermark.

2. Berikutnya, silahkan pilih menu Design>Watermark. Kemudian pilih Custom Watermark.

3. Selanjutnya anda akan ditampilkan gambar seperti dibawah ini. Untuk memberikan watermark file atau dokumen berupa logo atau gambar silahkan pilih Picture Watermark, kemudian select picture.

4. Setelah itu, anda akan diarahkan kedalam tampilan berikutnya. Jika logo atau gambar yang ingin dijadikan watermark berada pada penyimpanan komputer, silahkan pilih from a file. Nah, jika anda telah menemukan gambar yang ingin dijadikan watermark, pilih insert.

5. Nah dengan otomatis gambar yang dipilih tersebut langsung menjadi watermark. Seperti gambar yang anda lihat dibawah ini, watermark berupa gambar terlihat samar-samar dan tidak menganggu naskah tulisan didalamnya.

Cara Membuat Watermark di Word

6. Jika watermark logo atau gambar terlalu besar, anda dapat mengaturnya dengan cara. Klik watermark>custom watermartk. Lalu klik Scale untuk mengatur besar atau kecilnya ukuran watermark logo. Setelah itu klik OK.

Cara Membuat Watermark di Word

Cara Menghapus Watermark

Untuk menghapus watermark pada file atau dokumen, caranya mudah banget. Anda cukup pilih menu Design>Watermark>Remove Watermark.

Demikian artikel singkat pada kesempatan kali ini tentang Cara Mudah Buat Watermark Di Microsoft Word Secara Mudah dan Tepat. Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua dan jangan lupa mencobanya. Sekian Terima kasih.

Baca Juga Cara Membuat Brosur Di Microsoft Word dengan Menarik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *