Kelebihan dan kekurangan Dari Samsung Galaxy A10s

Seperti yang kita tahu, hadirnya Samsung Galaxy A10s sebagai generasi penerus dari Samsung A10. Lantas apakah lebih baik atau buruk? Maka dari itu Calonpengangguran akan mengulas Kelebihan dan Kekurangan Hp Samsung Galaxy A10s beserta spesifikasinya.

Perlu Anda ketahui smartphone di jual dengan harga sangat murah yaitu 1,6 jutaan saja. Apakah smartphone dengan harga segitu bisa digunakan oleh pengguna masa kini? Nah untuk menjawab pertanyaan ini, langsung saja simak ulasan Kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a10s dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A10s

  • Nama: Samsung Galaxy A10s (SM-A107F)
  • Rilis: Agustus 2019 
  • Berat: 168 gram (g) 
  • Material: kaca (depan), plastik (bodi) 
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,2 inci
  • Resolusi Layar: 720 x 1520 pixel, 19:9 ratio
  • Chipset: Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
  • Prosesor: Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • RAM: 2 GB dan 3 GB 
  • Memori Internal: 32 GB 
  • Kamera Belakang: 13 MP (lensa wide, f/1.8, AF), 2 MP (depth sensor, f/2.4)
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.0)
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE 
  • USB: Micro USB 2.0, Audio Jack 3.5mm
  • Sensor: Fingerprint (belakang), accelerometer, proximity
  • Baterai: 4.000 mAh
  • Harga: Mulai dari Rp 1.648.000

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

Memiliki Dua Kamera Belakang Canggih

Salah satu kelebihan dari samsung galaxy a10s yang perlu anda ketahui adalah memiliki dua kamera belakang canggih. Kenapa? Karena diseri sebelumnya yaitu Samsung Galaxy A10 hanya dibekali satu kamera belakang.

Oleh karena itu, hadirnya dua kamera belakang perlu kita beri apresiasi. Kemudian berapa resolusi dari masing-masing kamera belakang tersebut? Kamera utama memiliki resolusi 13 MP dengan bukaan f/1.8 dan dilengkapi dengan fitur autofocus, sementara kamera kedua memiliki resolusi 2 MP yang berfungsi sebagai Depth Sensor.

Selanjutnya, apakah kamera belakang Samsung Galaxy A10s bisa menangkap video berkualitas? Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut, karena selain bisa menangkap foto kamera belakang juga bisa digunakan untuk membuat video, bahkan resolusi video yang dihasilkan mencapai 1080p.

Tidak hanya video saja, hasil tanggapan foto dari kamera belakang samsung a10s juga terbilang okeh. Meski hasil tidak begitu menonjol, tetapi jika kita lihat dari harga jualnya sudah cukup memuaskan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Technologue, bahwa kamera belakang ini dapat memenuhi permintaan pengguna. Bahkan Perusahaan Samsung juga melengkapi A10s dengan aplikasi kamera bawaan yang dapat bekerja dengan maksimal.

Situs Tabloidpulsa juga mengungkapkan pendapat mereka mengenai kualitas kamera belakang samsung terletak pada bukaan kameranya yang mampu menyerap cahaya lebih banyak, dengan begitu anda bisa mengambil foto atau video meski dikondisi minim cahaya.

Baca Juga Kelebihan dan kekurangan Samsung S20 Ultra

Kamera Depan Juga Tidak Kalah

Selain kamera belakang, ternyata Samsung Galaxy A10s juga memperbaiki kualitas kamera depannya. Menurut Situs Tabloidpulsa, kamera depan Samsung Galaxy A10s mengalami perbaikan dibandingkan generasi sebelumnya, yang artinya A10s lebih baik dari A10.

Dengan adanya perbaikan kamera depan ini membuktikan bawah Samsung Galaxy A10s juga memperhatikan calon pengguna yang suka selfie, sebab salah satu sector yang diperhatikan oleh calon pembeli adalah kualitas kamera depannya. Apakah anda termaksud kategori pembeli seperti ini?

Desain Layar Lebar Infinity V

kelebihan dan kekurangan samsung a10s

Kelebihan selanjutnya adalah desain layar lebar Infinity V, Samsung Galaxy A10s dibelaki layar berukuran 6,2 Inchi dengan resolusi 720 x 1520 piksel, rasio 19:9, dan kerapatan layar 271 ppi. Kemudian layar didesain Infinity V, artinya layar penuh dengan notch dibagian atas yang merupakan tampilan layar masa kini.

Jadi sangat cocok digunakan oleh anda yang suka melakukan berbagai aktivitas di smartphone seperti Nonton, Main Game Online, dan Buka Sosial Media dengan puas karena layar penuh dan lebar.

Layar ini dilengkapi dengan Panel  PLS TFT yang tidak perlu lagi kita ragukan kualitas gambarnya, kenapa? Karena panel ini mampu menghasilkan warna cerah dan tajam, menurut saya  dengan Panel  PLS TFT memiliki kualitas hampir sama dengan panel layar IPS.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Situs Tabloidpulsa yang memuji kualitas panel layar Samsung Galaxy A10s, layar smartphone ini mampu mengeluarkan warna yang cerah dan tajam.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z Flip

Baterai Tahan Lama

kelebihan dan kekurangan samsung a10s

Samsung Galaxy A10s dibekali baterai dengan kapasitas 4.000 mAh, meski tidak begitu menonjol karena kapasitas baterai tersebut sangat sering dijumpai di smartphone kelas menengah. Lalu apa yang menjadi keunggulan dari baterai samsung a10s ini?

Dari hasil uji coba yang saya lakukan, baterai dari samsung galaxy a10s memiliki ketahan cukup lama, yaitu dengan penggunaan normal mampu bertahan hingga lima belas jam tiga puluh delapan menit, sedangkan penggunaan non-stop baterai smartphone ini bertahan selama enam belas jam empat puluh satu menit.

Dari data tersebut, bisa kita simpulkan bahwa baterai samsung galaxy a10s memiliki ketahanan diatas rata-rata smartphone dikelasnya. Jadi bagi anda yang suka bermain game online seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, LOL Mobile, dan Free Fire sangat cocok menggunakan smartphone ini.

Performan Lebih Garang

kelebihan dan kekurangan samsung a10s

Keunggulan selanjutnya dari Samsung Galaxy A10s adalah memiliki performa lebih garang dibanding generasi sebelumnya. Hal ini dikarena A10s ditengai Chipset MediatekMT6762 Helio P22. Sementara Chipset ini ditanam prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang dipadukan dengan GPU PowerVR GE8320.

Kemudian Samsung Galaxy A10s juga dibekali RAM 2 GB yang bisa menunjang berbagai aktivitas anda di smartphone ini nantinya. Lantas apakah Samsung Galaxy A10s memang memiliki performa garang?

Situs Technologue.id mengungkapkan bahwa dari pengujian PCMark Work 2.0 memperoleh nilai 4.622 dan pengujian menggunakan Antutu memperoleh nilai 71 ribuan. Dari data tersebut dapat dipastikan Samsung A10s memiliki performa lebih garang dibanding Samsung A10.

Selama saya menggunakan smartphone ini bekerja sangat baik dalam mengoperasikan beberapa aplikasi ringan seperti Facebook, WhatsApp, Twitter, dan lain. Tetapi, performa sedikit menurun ketika saya membuka aplikasi lebih berat.

Baca Juga Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71

Ada fitur Fingerprint

Seperti yang kita tahu keamanan sebuah smartphone menjadi salah satu hal paling penting, apalagi bagi pengguna sering menyimpan data-data penting di smartphone mereka. Untungnya, di Samsung Galaxy A10s sudah dibekali fitur keamanan canggih yaitu Fitur Face Unlock dan Fingerprint.

Dengan hadirnya fingerprint atau sidik jari di Samsung Galaxy A10s ini menjadi kelebihan lain yang perlu kita beri apresiasi. Kenapa? Karena dengan harga 1,6 jutaan saja, kita sudah bisa menikmati fitur keamanan paling canggih dimasa ini.

Hadir OneUI

Selain beberapa kelebihan diatas, ternyata masih ada yang lain. Apa itu? System Operasi Android 9 Pie dengan antarmuka OneUI juga sudah hadi di Samsung Galaxy A10s. Sebenarnya apa itu OneUI? Singkatnya OneUi merupakan system antaramuka yang didesain dengan tujuan memberi kenyamanan dan pengelaman menarik bagi pengguna smartphone ini.

Keunggulan OneUI sendiri mampu menampilkan transisi menu yang bekerja dengan lanca. Tidak hanya itu saja, system ini juga dibekali fitur Dual Massenger yang menambah daya tarik pembeli, fungsi dari fitur ini adalah anda mampu membuka dua aplikasi chat sekaligus.

Kapasitas Memori Internal Besar

Kita balik lagi membahas harga ya, dengan harga jual 1,6 jutaan saja anda bisa memperoleh smartphone dengan kapasitas memori internal 32 GB. Menurut saya, hal ini menjadi keunggulan tersendiri dari Samsung Galaxy A10s.

Bagi anda yang sering mengandalkan smartphone untuk menyimpan banyak file penting, Samsung A10s ini menjadi solusi terbaik untuk anda semua. Pasalnya dengan harga 1,6 jutaan saja, anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan yang tidak bisa didapatkan di smartphone lainnya.

Baca Juga Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51

Tampilan Mewah dan Simpel

Kalau anda merupakan pengguna setia smartphone Samsung, pastinya tidak akan heran lagi kalau tampilan atau desain yang ditawarkan oleh perusahaan ini sangat simple, tetapi berkesan mewah.

Umumnya konsep desain smartphone Samsung hampir sama semua, yaitu fitur fingerprint berada dibodi belakang dengan bentuk lonjong dan menawarkan varian warna menarik diantaranya Blue, Green, Red dan Black.

Chipset Hemat Daya

Seperti yang sudah saya katakana diatas, bahwa Samsung A10s ditenagai dengan Chipset Mediatek MT6762. Ternyata selain performanya yang garang, chipset ini tidak banyak mengkonsumsi  daya baterai, sehingga lebih irit.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A80

Adanya Fitur FM Radio

Mungkin sebagian dari Anda tidak terlalu memperdulikan hadirnya fitur yang satu ini, tapi secara pribadi saya sangat  mengapresiasi Samsung A10s tetap menghasik fitur FM Radio.

Sebab, beberapa pengguna smartphone masa kini masih ada yang mendengar Radio FM. Nah dengan adanya fitur ini, tentu memastikan bahwa Samsung Galaxy A10s tidak hanya memperhatikan pengguna yang berumur muda saja.

Menawarkan Harga Terbaik

Kelebihan terakhir dari Samsung Galaxy A10s adalah menawarkan harga jual terbaik, kenapa begitu? Karena dari spesifikasi yang ditawarkan seperti dua Kamera belakang, Chipset garan, desain elegan, baterai tahan lama, dan lain sebagainya.  Samsung Galaxy A10s hanya dijual dengan harga 1,6 jutaan saja.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10

Kekurangan Dari Samsung Galaxy A10s

Tidak lengkap rasanya kalau kita hanya membahas kelebihan dari Samsung Galaxy A10s saja, dan berikut kekurangan yang perlu Anda ketahui dari ponsel ini.

Pengisian Baterai Lama

Salah satu kelemahan dari Samsung Galaxy A10s ini terletak pada pengisian daya baterai lama, hal serupa juga diungkapkan Situs Jagat Review bahwa smartphone ini memerlukan 3 jam untuk mengisi baterai hingga penuh.

Tidaknya Adanya Fitur Sensor Gyroscope

Mungkin salah satu penyebab Samsung A10s menghilangkan fitur Sensor Gyroscope adalah harganya, karena smartphone kelas menengah dan atas saja yang menghadikan fitur ini.

Kegunaan fitur Gyroscope sendiri untuk memberi efek getaran tiga dimensi di media ataupun aplikasi.

Material Bodi Plastic

Saya tidak heran sih, kalau Samsung A10s menggunakan material plastic pada bodi belakang. Kenapa? Karena hampir semua smartphone Samsung dengan harga 1 jutaan menggunakan material plastic.

Saya bingung apakah ini termaksud kekurangan atau tidak, kalau menurut anda bagaimana? Oke kita coba mereviews dari dua sudut pandang.

Pertama dari sudut pandang positif, mungkin pihak Samsung sengaja mendesain bodi belakang smartphone mereka menggunakan material plastic karena lebih ringan dan murah diganti apabila pecah.

Kedua dari sudut pandang negative, bahan material plastic sangat buruk bahkan bisa merusak estetika sebuah smartphone, apalagi pengguna material plastic sangat lincin dan mudah kotor. Nah itu dua sudut pandang, Anda termaksud yang mana?

Absen Fitur NFC

Kelemahan selanjutnya adalah absennya fitur NFC, tidak heran sih dengan harga Samsung A10s tidak menghadirkan fitur ini, karena dari sumber yang saya baca fitur NFC dijual dengan harga mahal dan sangat sulit didapatkan. Jadi menurut Anda apakah Fitur ini harus ada di Samsung A10s?

Bukan Chipset Exynos

Seperti yang kita tahu, pada Samsung Galaxy A10 yang merupakan seri sebelumnya sudah ditenagai oleh Chipset Exynos. Tapi kenapa Galaxy A10s tidak? Padahal bisa dibilang generasi penerus yang harusnya lebih baik dari generasi sebelumnya.

Meskipun dari segi performa Chipset Mediatek MT6762 Helio P22 juga menawarkan performa tidak kalah dari Exynos, tapi tetap saja ciri khas dari smartphone Samsung adalah Chipset Exynos.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Demikian ulasan singkat dari Calonpengangguran mengenai Kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A10s yang perlu Anda ketahui. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua dan terima kasih telah berkunjung ke Blog saya.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M30s

Arnold Tio Sandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *