kelebihan dan kekurangan samsung A71 – Menurut data Google yang dilakukan sejak tahun 2019 kemarin, rata-rata penggunaan smartphone khususnya Negara Indonesia lebih dari 90% menggunakan smartphone mereka untuk bermain game. Apalagi game-game online yang cukup populer hingga sekarang, yakni Mobile Legends, PUBG dan Free Fire.

Dugaan saya, inilah menjadi alasan kenapa pihak Samsung merilis smartphone terbaru mereka yaitu Samsung Galaxy A71 yang resmi rilis pada awal tahun ini bersamaan dengan Samsung Galaxy A51. Walaupun pihak Samsung tidak merancang secara khusus smartphone ini untuk bermain game, tetapi jika kita melihat sekilas spesifikasinya A71 memang mendukung aktifitas bermain game online.

Kenapa? Karena banyaknya pemberuan yang sudah terjadi terutama dari segi ukuran layar lebih luas, performa lebih tangguh dan baterai yang tahan lama. Bahkan dari acara Piala Presiden Esports 2020, pihak Samsung menjadi salah satu sponsor. Secara tidak langsung pihak Samsung mendukung kegiatan bermain game tersebut. Lalu apa saja sih kelebihan dan kekurangan Samsung A71 ini? dari pertanyaan tersebutlah calonpengangguran akan mengulasnya dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A71

  • Layar: 6,7-inci, Full HD+ (1080 x2400) Super AMOLED Plus Infinity-O Display
  • Kamera belakang: Main 64MP, F1.8; Depth 5MP, F2.2; Macro 5MP, F2.4; Ultra Wide 12MP, F2.2
  • Kamera depan: 32MP, F2.2
  • Body: 163,6 x 76,0 x 7,7mm / 179g
  • Warna: Prism Crush Black / Silver/ Blue
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 730G Octa Core (Dual 2.2GHz + Hexa 1.8GHz)
  • Sistem operasi: Android 10
  • Antarmuka: Samsung One UI 2.0
  • Memori: 8GB RAM
  • Storage: 128GB Internal, Micro SD slot (up to 512 GB)
  • SIM: Dual SIM (3 slot)
  • Baterai: 4.500 mAh (typical), 25W Super-Fast Charging
  • Security: On-Screen Fingerprint, Face Recognition
  • Fitur: NFC, Samsung Pay, Dolby Atmos, AI Gaming Boster

Kelebihan Samsung Galaxy A71

Diatas sudah dijelaskan bahwa artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan Samsung A71, pertama calonpengangguran akan mengulas terlebih dulu kelebihan dari samsung a71 sebagai berikut.

Dibekali Empat Kamera Belakang Yang Keren

kamera samsung galaxy a71
Sumber Youtube

Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A71 yang perlu diberi apresiasi adalah hadirnya empat kamera belakang yang mampu menghasilkan gambar atau foto sangat keren dikelasnya. Pertama adalah kamera utama 64 MP yang dilengkapi fitur sensor Samsung ISOCELL Bright GW1, dengan teknologi Tetracell Quad Bayer.

Kedua adalah kamera ultra-wide 12 MP yang dapat membantu pengguna mengambil foto atau gambar pemandangan/orang dalam jumlah lebih banyak. Ketiga adalah kamera macro 5 MP yang dapat memudahkan pengguna mengambil foto atau gambar dengan objek kecil dengan hasil jelas. Terakhir atau keempat adalah kamera depth sensor yang memudahkan pengguna mengambil gambar atau foto bokeh. Dengan hadirnya empat kamera pada Samsung Galaxy A71 menjadi nilai plus tersendiri.

Dari hasil foto keempat kamera Samsung a71 terbilang bagus, meski pada kondisi cahaya terang ataupun minim cahaya dibandingkan Samsung Galaxy A51 yang sama-sama membawa empat kamera belakang. Begitu juga ungkapan GSMArena bahwa kamera utama smartphone ini menghasilkan foto yang terbilang bagus meski tidak memiliki keunggulan pada beberapa area. Tetap dari hasil fotonya terbilang cukup detail dan rentang dinamisnya cukup memuaskan.

Untuk kamera utamanya, yakni kamera 64 MP mampu memotret foto dengan ukuran 16 MP berteknologi Quad Bayer yang terbilang okeh. Lalu untuk kamera Ultra-Wide 12 MP yang dimiliki Samsung A71 mampu menghasilkan foto cukup detail dan terbilang lebih baik dari generasi sebelumnya, yakni Samsung Galaxy A70 yang memiliki kamera ultra-wide 8 MP degan hasil foto berukuran 12 MP.

Sedangkan untuk mode low-light bekerja sangat baik, namun ketika anda ingin mengambil foto pada lingkungan minim cahaya disarankan untuk mengatur mode HDR sehingga foto yang dihasilkan akan lebih baik dan tajam dibandingkan tidak dihidupkan. Bagaimana keren bukan?

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A01 BESERTA SPESIFIKASI TERLENGKAP

Mampu Merekam Video 4K dan Adanya Fitur Super Steady

Kelebihan lainnya dari Samsung A71 adalah mampu merekam video 4K, hal ini dikarenakan Galaxy A71 memiliki fitur rekaman video sangat bagus yang mampu menghasilkan video dengan resolusi 4K. Menurut GSMArena bahwa fitur perekam video yang dimiliki Samsung A71 terbilang sangat bagus dikelasnya yang mampu menghasilkan video berkualitas 4k atau 1080p.

Tidak hanya itu saja, ternyata salah satu fitur yang cukup menarik pada kamera Samsung A71 adalah adanya Fitur Super Steady yang dapat memudahkan anda mengambil video lebih tenang tanpa harus takut goyang-goyang.

Kamera Depan 32 MP

Selanjutnya adalah Samsung Galaxy A71 dibekali kamera depan 32 MP Quad Bayer. Maksudnya kamera depan ini hanya beresolusi 8 MP, namun foto yang dihasilkan mencapai resolusi 12 MP. Kualitas foto dari kamera depan Galaxy A71 terbilang tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A51.

Nilai minus dari kamera ini adalah tidak adanya fitur HDR yang mendukung pengambilan foto pada kondisi minim cahaya, jadi untuk menghasilkan foto selfie yang bagus anda harus berada di cahaya yang mencukupi. Menurut Unbox.ph hasil foto kamera depan a71 terbilang bagus pada cahaya penuh.

Baterai Tahan Lama

Kelebihan Samsung A71 berikutnya dapat kita rasakan dari ketahanan baterainya, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh. Menurut data uji coba GSMArena baterai a71 memperoleh endurance rating 102h, data tersebut terbilang bagus dengan arti baterai Samsung a71 mampu bertahan lama.

Selain itu, menurut abs-cbn.com bahwa baterai pada a71 mampu bertahan lebih dari seharian. Kemudian, Unbox juga mengungkapkan pendapat bahwa baterai smartphone tetap bertahan seharian meski pada penggunaan berat. Dengan banyaknya pendapat tersebut dapat kita simpulkan bahwa baterai smartphone memang benar-benar mengagumkan, bahkan untuk penggunaan normal smartphone mampu bertahan selama 2 hari.

Fast Charging 25W

Berbeda dari Samsung A51 yang hanya menawarkan fast charging 15W, pada Samsung A71 dibekali fast charging 25W dengan pengisian baterai lebih cepat. Sama halnya dengan pendapat GSMArena bahwa smartphone ini hanya memerlukan waktu 30 menit hingga dari 51% dari baterai 0. Sedangkan agar terisi penuh memerlukan waktu 81 menit atau 1 jam 21 menit, nilai yang sangat fantastic.

Unbox.Ph juga mengungkap pendapat bahwa Samsung a71 hanya memerlukan waktu 90 menit agar baterainya terisi penuh, waktu yang tidak jauh berbeda dari pendapat GSMArena. Maka dari ungkapan situs besar tersebut, dapat kita simpulkan bahwa proses pengisian Samsung a71 memang sangat cepat dibandingkan generasi sebelumnya, yakni galaxy a70 ataupun a51 yang dirilis bersamaan waktu itu.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG A30

Layar Super AMOLED Yang Lega

kelebihan dan kekurangan samsung a71
Sumber Youtube

Sudah banyak saya ulas bahwa teknologi panel layar Super AMOLED merupakan teknologi asli milik Samsung yang tidak perlu lagi diragukan kualitasnya dari segi menampilkan display pada layar smartphone. Pada smartphone terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy A71 juga dibekali layar

Super AMOLED yang lega, dengan ukuran layar 6,7 inci dan memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels dengan rasio 20:9. Jadi sangat cocok untuk anda yang hobi bermain game dan menonton film dengan nyaman dan luas.

Namun sayangnya, layar pada Samsung a71 masih memiliki kekurangan karena absennya HDR 10. Dengan begitu anda tidak bisa menikmati video dengan kualitas HDR10, tetapi anda tetap bisa menonton streaming di Youtube dengan kuliast HDR.

Performa Tangguh Dikelasnya

Kelebihan selanjutnya dari Samsung A71 dapat anda rasakan dari performanya, pasalnya smartphone memiliki performa terbilang tangguh dikelasnya karena sudah dibekali Chipset Snapdragon 730 yang tidak perlu lagi diragukan ketangguhannya. Dari yang saya tahu, chipstet ini merupakan chipset yang menggunakan fabrikasi 8 nm, dengan tenaga prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver) dan GPU Adreno 618.

Dari data uji coba yang sudah dilakukan, performa Samsung A71 memperoleh nilai 263 ribuan untuk pengujian Antutu 8, sehingga cocok digunakan untuk anda yang suka bermain game 3D di smartphone. Menurut situs Telset.id bahwa Samsung a71 diuji coba untuk menjalankan salah satu game populer yaitu PUBG, hasilnya Samsung a71 mampu bekerja dengan baik meski dengan pengaturan grafis smooth ultra. Bagaimana keren bukan?

Didukung Fitur Game

Selain karena performa yang tangguh, smartphone ini juga menyediakan sebuah fitur untuk anda yang suka bermain game 3D ponsel. Fitur tersebut adalah AI Gaming Booster yang mampu menunjang aktifitas bermain game anda. Menurut pihak Garena bahwa Samsung A71 telah mengalami uji coba untuk memainkan game mereka, dilihat dari segi in game experience pengguna akan merasa lebih baik karena menawarkan layar lebih luas. Selain itu pengguna akan lebih mudah melakukan beberapa trik pada game Free Fire seperti jump atau move.

Kemudian dengan adanya fitur ini, smartphone akan lebih mudah menyesuaikan performa game yang sedang dimainkan seperti menghemat penggunaan daya baterai, kinerja smartphone sesuai dengan kebutuhan. Bukan hanya itu saja, smartphone ini juga mendukung aktifitas multi-tasking, jadi anda bisa menjalankan dua aplikasi secara bersamaan contoh ketika anda sedang in game, lalu anda ingin membalas chatting doi bisa dilakukan tanpa harus keluar game terlebih dahulu.

Lalu anda juga dapat mengatur notifikasi pesan chatting agar tidak mengganggu permainan game nantinya. Smartphone ini juga menyediakan fitur Discord, jadi anda bisa terhubung kepada sesama player game untuk melakukan voice chat. Keren bukan? Tidak sampai disitu saja, ternyata smartphone ini juga mendukung aktifitas recording, jadi sangat cocok untuk anda yang suka membuat konten game untuk youtube dan sejenisnya. Tertarik?

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG NOTE 8 BESERTA SPESIFIKASI

OneUI 2 berbasis Android 10 dan NFC

Kelebihan terakhir pada Samsung A71 adalah penggunaan One UI 2 berbasis Android 10, fitur ini juga diusung oleh Samsung galaxy A51. Seperti yang kita ketahui fitur ini merupakan fitur yang terdapat pada smartphone kelas atas atau flagship, dengan adanya fitur a71 akan menampilkan gerakan lebih resposif dan halus.

Selain itu, a71 juga dilengkapi fitur NFC meski masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi fitur ini. Setidaknya menjelang pengguna tahu, adanya NFC menjadi nilai plus tersendiri.

Kekurangan Samsung Galaxy A71

Desain “Glasstic”

Salah satu kekurangan dari Samsung galaxy A71 yang sangat disayangkan adalah bahan material bodi belakang masih menggunakan plastic sehingga sangat mudah kotor dan pecah tentunya. Meski desain keseluruhan yang ditawarkan terbilang bagus dan ergonomis, hal serupa juga diungkapkan oleh Unbox.ph bahwa Samsung a71 memiliki desain menarik dan ergonomis, tetapi sayangnya bahan materai masih menggunakan polikarbonat atau plastic.

Jika kita melihat secara sekilas, bahan material tersebut tidak akan terlihat karena sudah dipoles sehingga terkesan seperti kaca. Maka dari itu timbulah julukan glasstic artinya kaca plastic. Walaupun begitu, smartphone tetap terlihat mewah. Untuk menutupi kekurangan tersebut anda bisa menggunakan pelindung smartphone nantinya.

Kinerja Kamera Makro Kurang

Diatas sudah kita singgung bahwa salah satu kelebihan dari Samsung a71 adalah memiliki 4 kamera belakang, namun nilai minusnya yaitu dari keempat kamera tersebut terdapat satu kamera yang tidak bekerjan sesuai ekspetasi.

Menurut GSMArena kamera tersebut adalah kamera makro yang tidak bekerja maksiaml, alias biasa saja. Sedangkan menurut Unbox.ph sebaiknya pihak Samsung menyematkan kamera berlensa tele dibandingkan lensa makro.

Harga Terbilang Mahal

Menurut saya kekurangan selanjutnya dari Samsung A71 terletak pada harga jualnya yang mencapai Rp. 6.099.000. Mungkin bagi sebagian orang harga tersebut sangat murah, tetapi secara pribadi saya menilai harga jual tersebut sangat mahal. Jika kita bandingkan dengan smartphone merk lainnya seperti Xiaomi yang menjual smartphone mereka dengan harga lebih mudah, dengan spesifikasi yang sama. Menurut anda bagaimana mahal atau tidak?

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran tentang Kelebihan dan Kekurangan Samsung A71, semoga sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG A50S BESERTA SPESIFIKASI