Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 – Sebagai salah satu merk smartphone yang paling laris di pasaran, kini kembali merilis smartphone terbaru mereka yaitu Samsung Galaxy A01 yang menawarkan beberapa kelebihan menarik dibandingkan merk lain dikelasnya.

Smartphone ini termaksud dalam kelas menengah bawah, karena dijual dengan harga 1 jutaan dan terbilang sangat murah untuk smartphone masa kini. Dengan harga tersebut tidak menutup kemungkinan Samsung A01 menawarkan hal-hal keren, salah satunya dapat anda rasakan dari perfomanya.

Untuk lebih jelasnya mengenai smartphone ini, anda bisa lanjut membaca artikel ini yang khusus membahas Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01 dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A01

  • Rilis: Februari, 2020
  • Layar: 5,7 inci, 720 x 1560 piksel
  • Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439
  • GPU: Adreno 505
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 16 GB
  • Memori Eksternal: Up to 512 GB
  • Kamera Belakang: 13 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable 3.000 mAh

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung A6 Plus Beserta Spesifikasi

Kelebihan Samsung Galaxy A01

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy a01
Sumber Youtube

Perfoma Mantap

Salah satu kelebihan dari Samsung galaxy a01 yang perlu kita perhatikan adalah pefomanya, meski smartphone ini dijual dengan harga yang terbilang murah tetapi pihak Samsung tetap membekali galaxy a01 dengan perfoma terbilang kecang. Kenapa?

Karena Samsung A01 dibekali Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 yang mampu menunjang perfoma smartphone ini lebih baik dari hp dikelasnya. Dengan begitu, anda dapat menjalankan beberapa aplikasi tanpa harus takut smartphone lemot.

Jadi kesimpulannya, dari segi perfoma Samsung Galaxy A01 sangat cocok anda gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti, bermain game, nonton youtube dan bermain media social.

Layar Luas

Sebagai pengguna smartphone masa kini, tentu ukuran layar menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Karena kebanyakan pengguna smartphone sekarang, lebih menyukai smartphone yang dibekali layar luas. Kenapa? Karena sebagian besar pengguna lebih sering menggunakan sebuah smartphone untuk bermain game dan menonton film, maka dari ukuran layar sangat diperlukan.

Untungnya pihak Samsung memperhatikan hal tersebut, ini terbukti dari rilisnya Samsung A01 yang dibekali layar luas dengan ukuran 5,71 inci Infinity-V. Harapannya agar pengguna smartphone, khususnya Samsung Galaxy A01 ini merasa leluasa dan nyaman karena dibekali layar luas.

Baca Juga Kelebihan Samsung Galaxy S7 Edge dan Kekurangan Beserta Spesifikasi

Dibekali Slot MicroSD Berkapasitas Besar (512 GB)

Kelebihan selanjutnya dari Samsung galaxy a01 terletak pada adanya fitur slot microSD berkapasitas besar hingga 512 GB. Kenapa saya masukan sebagai salah satu kelebihan? Karena kebanyakan dari smartphone masa kini tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, seperti halnya pada smartphone Xiaomi Redmi 5 Plus yang hanya menyediakan slot microSD, namun kita hanya bisa menggunakan satu sim card saja.

Beda halnya dengan smartphone Samsung galaxy a01 ini yang terbilang sangat unik dan unggul dari segi penyimpanan eksternal, selain adanya fitur tersebut ternyata Samsung a01 juga mendukung daya penyimpanan eksternal sangat besar hingga 512 GB, yang menurut saya hal ini tidak menjadi nilai plus tersendiri dibandingkan smartphone merk lain dikelasnya.

Dibekali Versi Android 10

Meski Samsung A01 terbilang smartphone kelas menengah bawah, namun didukung versi android 10 yang merupakan teknologi terbaru menjadi salah satu keunggulan tersendiri menurut saya. Kebanyakan smartphone dulu, apalagi yang termaksud kelas menengah bawah pasti masih dibekali versi android lama. Oleh karena itu saya sedikit terkejut bahwa Samsung a01 sudah dibekali versi android 10.

Seperti yang kita ketahui versi android 10 merupakan teknologi terbaru pihak android Q untuk mengembangkan fitur-fitur lama dari versi android sebelumnya. Salah satu fitur yang diperbaiki adalah control privasi yang lebih baik, karena pengguna mampu mengatur izin penggunaan aplikasi dari hal-hal yang berbau  sensitif seperti IMEI dan Nomor Seri.

Baca Juga Kelebihan dan kekurangan Samsung A7 2018 Beserta Spesifikasi

Bukan hanya itu, versi android 10 juga dibekali fitur Dynamic Depth lebih baik sehingga anda mampu mengambil foto dari aplikasi pihak ketiga dengan kualitas blur terbaik dari sebelumnya. Kedua hal itu saja sudah sangat oke menurut saya, dengan harga smartphone terbilang murah hanya 1 jutaan menawarkan banyak fitur keren. Saya sangat merekomendasi anda untuk membeli smartphone Samsung A01 ini.

Dibekali Teknologi Dual Kamera

Apakah anda termaksud orang yang membeli sebuah smartphone Karena kameranya? Kalau iya berarti kita sama. Alesannya karena di zaman serba instan ini, kamera menjadi salah satu hal yang sangat penting. Saya sendiri ketika hendak membeli sebuah smartphone, hal pertama yang dilihat adalah desain, perfoma dan mengecek kualitas dari kamera smartphone tersebut.

Apabila kedua aspek tersebut sudah dipenuhi, namun kamera kurang oke pasti saya tidak akan membeli smartphone tersebut. Beda halnya, jika desain kurang oke tetapi perfoma dan kamera mantap dipastikan saya tetap membeli smartphone tersebut. Jadi dari pendapat saya dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pengguna smartphone masa kini sangat memerlukan kamera berkualitas baik.

Walaupun Samsung A01 terbilang smartphone kelas menengah bawah, tetapi dari segi kamera smartphone ini dibekali dual kamera belakang yang terbilang baik dikelasnya, yakni 13 MP dan 2 MP. Kemudian, salah satu lensa pada kamera belakang Samsung A01 menggunakan lensa wide sehingga mampu mengambil foto dalam ruang lingkup lebih luas.

Selain itu, kamera Samsung A01 juga dilengkapi fitur live focus yang mampu memudahkan anda menghasilkan foto bokeh. Kemudian untuk kamera depannya sendiri, Samsung A01 dilengkapi kamera depan beresolusi 8 MP dan juga terdapat fitur selfie focus sehingga anda akan lebih mudah foto selfie serta hasil foto lebih okeh.

Lebih Nyaman Digenggam

Kelebihan Samsung A01 selanjutnya dapat anda rasakan ketika menggenggam smartphone ini, menurut saya kenyamanan sebuah smartphone saat digenggam menjadi salah satu nilai plus tersediri. Hal itulah mengapa saya memasukan ini sebagai salah satu keunggulan Samsung a01.

Samsung A01 hadir dengan desain simple namun sangat nyaman digenggam, karena dibekali body dengan ketebalan 8,3 mm, maka dari itu sangat cocok digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Kemudian dari segi desainnya, Samsung a01 memiliki desain mate finish compact yang kita ketahui tidak licin ketika digenggam. Sebagai contoh, saya sempat menggunakan smartphone dari perusahan Xiaomi yaitu redmi 5 plus yang didesain sangat licin apabila tidak menggunakan karet pelindung.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi

Kekurangan Samsung Galaxy A01

Selain membahas kelebihan, disini calonpengangguran juga akan membahas kekurangan dari Samsung Galaxy A01. Sebagai sebuah produk dari manusia, tentu smartphone ini memiliki kekurangan. Maka dari itu, sebelum membeli ada baiknya anda mengetahui sisi buruknya agar tidak kecewa dikemudian hari.

Baterai Berkapasitas Kecil

Salah satu kekurangan dari Samsung A01 yang sangat mengecewakan adalah kapasitas baterai, sebagai smartphone terbaru seharusnya Samsung A01 mampu memperbaiki generasi sebelumnya terutama dari segi baterainya. Namun sayangnya hal tersebut tidak demikian, kenapa? Karena setelah mengetahui kalau smartphone ini hanya dibekali baterai berkapasitas 3000 mAh saja, saya sempat kecewa.

Mungkin  ini menjadi hal yang perlu anda perhatikan, karena kebanyakan dari smartphone terbaru masa kini sudah dibekali baterai berkapasitas 4000-5000 mAh yang mampu bertahan 2 hari untuk penggunaan normal. Bagaimana menurut anda?

Layar Tidak Dilengkapi Pelindung

Seperti yang kita ketahui, layar menjadi salah satu perangkat keras paling sensitif pada sebuah smartphone. Maka diperlukan sebuah pelindung untuk mengamankan layar dari benturan. Tetapi sayangnya, smartphone ini tidak memiliki pelindung seperti yang kita harapkan. Untuk menutupi kekurangan tersebut, sebaiknya anda menggunakan tempered glass agar layar dari Samsung A01 dapat dilindungi.

Tidak Ada Fitur Fingerprint

Meskipun Samsung A01 termaksud smartphone kelas menengah bawah dengan harga 1 jutaan, tetapi menurut saya dengan tidak adanya fitur fingerprint yang menjadi hal wajib ada pada smartphone masa kini kekurangan paling mengecewakan.  Padahal jika fitur ini ada, kekurangan lain dari Samsung A01 masih bisa dimaklumi jika dibandingkan dengan harganya.

Tidak Didukung Fitur Sensor Barometer dan Temperature

Kekurangan selanjutnya dari Samsung A01 ini dapat dirasakan dari tidak adanya fitur Sensor Barometer dan Temperature, padahal fitur ini sangatlah penting untuk smartphone masa kini.

Fitur sensor barometer berfungsi untuk mendeteksi tekanan udara disekitar daerah anda, fitur ini sangat cocok bagian anda yang senang beraktifitas diluar ruangan atau bertualangan. Sedangkan untuk fitur sensor temperature berfungsi mendeteksi suhu dari smartphone yang sedang digunakan sehingga anda bisa mengetahui kapan waktu perangkat tersebut harus diistirahatkan. Menurut anda bagaimana penting kedua fitur?

Baterai Tanam

Memang benar sebagian besar smartphone masa kini sudah menawarkan fitur baterai tanam, artinya baterai tidak bisa dilepas sesuka kita. Namun menurut saya, smartphone dengan harga 1 jutaan sangat tidak wajar menawarkan fitur baterai tanam.

Salah satu kekurangannya dari baterai tanam adalah ketika baterai rusak kita tidak bisa mengangganti baterai tersebut dengan mudah, melainkan harus membuka perangkat smartphone atau harus pergi kekonter.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Kelebihan Samsung S9 Plus dan kekurangan Beserta Spesifikasi