Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Simak, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 – Sekarang ini peminat smartphone kelas menengah bawah semakin sedikit, kebanyakan orang lebih memilih smartphone kelas menengah atas dengan alasan mampu memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari.

Untungnya pihak Samsung membantah pendapat seperti, kenapa? karena rilisnya smartphone terbaru mereka yakni Samsung A10 dikelas menengah bawah, namun membawa spefikasi kelas menengah atas. Diharapkan pengguna tidak memandang smartphone kelas menengah bawah sebagai smartphone gagal.

Penasaran apa saja spefikasi samsung a10 yang diunggulkan? Berikut saya review Kelebihan dan kekurangan Samsung A10 dibawah ini.

Kelebihan Samsung A10

1. Desain Tampak Elegan

kelebihan samsung a10
Sumber www.mytrendyphone.eu/

Salah satu kelebihan dari samsung a10 adalah menawarkan desain yang tampak elegan dan mewah, meskipun smartphone ini dijual dengan harga dibawah 2 jutaan pihak samsung tidak ingin menghilangkan kesan mewah pada produk smartphone mereka. Hal ini dikarena samsung a10 didesain sesuai dengan tren smartphone masa kini dan nyaman digenggam tentunya.

Selain itu, nilai plus dari desain samsung a10 yaitu memiliki ketebalan body 7,9 mm saja sehingga akan tampak lebih ramping, kemudian body galaxy a10 ini menggunakan material berbahan plastik mengkilap yang mampu menambah kesan mewah pada smartphone ini.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10s

2. Layar Didesain Kekinian

Keunggulan samsung a10berikutnya adalah menawarkan desain layar kekinian, dengan layar penuh berdesain Infinity-V yang memiliki poni dengan waterdrop di bagian atasnya.

Layar ini dibekali  lebar 6,2 inci dengan reolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dan beraspek rasio 19:9. Kemudian dimensi layarnya yakni 155.6 x 75.6 x 7.9 mm, dengan berat 168 gram.

Selain itu, layar juga dibekali teknologi panel IPS LCD yang mampu menghasilkan gambar jernih, cerah dan tajam tentunya. Secara teknis layar ini memiliki piksel berjumlah 271 ppi.

3. Perfoma Mantap Dikelasnya

Daya tarik dari samsung a10 terletak pada perfomanya, pasalnya smartphone ini menawarkan berfoma yang bisa diandalkan karena dibekali chipset Exynos 7884 yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nm. Baca Juga Yuk Simak, Kelebihan Samsung S9 Plus dan kekurangan Beserta Spesifikasi

Didalam chipset tersebut menggunakan prosesor octa-core yang terdiri dari enam core Cortex-A53 dengan kecepatan 1.35 GHz untuk performa irit daya dan dua core Cortex-A73 1.6 GHz untuk performa kencang.  Chipset ini dibekali dengan GPU Mali-G71 MP2.

prosesor samsung a10
Sumber www.tokopedia.com/

Untuk menunjang prosesor tersebut, perusahan samsung menanam RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB, dengan ram dan penyimpan tersebut samsung a10 mampu mengoperasikan aplikasi ringan hingga sedang. Bagi anda yang suka bermain game 3D seperti Mobile Legends, samsung a10 masih dapat digunakan dengan mengatur grafis ke versi low.

4. Kapasitas Baterai Lumayan

Nilai plus lainnya dari samsung a10 adalah dibekali baterai berkapasitas lumayan besar, yakni 3400 mAh. Meskipun kapasitas tersebut terbilang lebih kecil dibandingkan smartphone lainnya, namun karena pengguna enam core Cortex-A53 didalam prosesornya sehingga pengguna baterai lebih irit.

Dengan begitu, baterai 3400 mAh yang dimiliki samsung a10 dapat bertahan lebih lama. Jadi sangat cocok bagi anda yang suka bermain game 3D dan streaming film, karena tidak perlu khawatir baterai akan cepat habis.

5. Kamera Cukup Bisa Diandalkan

Seperti yang kita ketahui, salah satu bagian terpenting dari smartphone kekinian adalah dibekali kamera yang bisa diandalkan. Untungnya pihak samsung menjawab harapan tersebut, karena Samsung Galaxy A10 dibekali kamera belakang beresolusi 13 MP dengan bukaan f/1.9.

Baca Juga Simak, Kelebihan dan kekurangan Samsung M20 Beserta Spesifikasi Terlengkap

Selain itu, kameranya juga dibekali fitur autofocus dan LED Flash sehingga anda akan lebih dimudahkan dalam mengambil foto dan mendukung pengambilan foto dikondisi minim cahaya sekalipun. Sedangkan untuk kamera depannya dibekali resolusi 5 MP dengan bukaan f/2.0.

6. Varian Warna Banyak

Sebagai seseorang yang mencintai sebuah smartphone karena tampilan warnanya, saya rasa hal ini sangat penting. Kenapa? karena dengan banyaknya warna yang ditawarkan, memudahkan kita sebagai pembeli untuk membeli smartphone sesuai dengan warna kesukaan.

Ternyata hal itu dikabulkan oleh perusahan samsung, dengan rilisan smartphone mereka yang satu ini, karena samsung a10 menawarkan 3 pilihan warna yang terlihat cantik dan elegan, dari warna biru, hitam, dan merah. Anda lebih suka warna apa?

7. Dilengkapi Fitur Face Unlock

Sebenarnya saya sedikit kecewa karena samsung a10 tidak dibekali fitur fingerprint sensor atau sidik jari, namun untungnya pihak samsung tetap mempetahankan fitur face unlock sebagai gantinya.

Menurut saya absennya fitur fingerprint cukup diwajarkan, jika kita lihat dari harga jualnya. Menurut anda bagaimana?

Baca Juga Simak, Kelebihan dan Kekurangan Samsung J3 Pro 2017 Terlengkap

8. Penyimpanan Internal Lumayan

kelebihan selanjutnya dari samsung a10 adalah dibekali penyimpanan internal lebih baik dari generasi sebelumnya, karena kebanyakan smartphone produksi samsung hanya dibekali penyimpanan internal 16 GB. Namun beda halnya dengan Samsung A10 yang dibekali penyimpanan internla 32 GB.

Meskipun terlihat sepele, hal ini perlu kita perhatikan. Pasalnya sebagai besar pengguna smarphone lebih suka menyimpanan data penting mereka di smartphone dibandingkan di Laptop ataupun flashdisk.

9. Harga Murah

Terakhir adalah harga jualnya yang murah, kebanyakan smartphone samsung sebelumnya dijual dengan harga cukup mahal meskipun speifikasi yang ditawarkan biasa-biasanya.

Untungnya digenerasi samsung a10 hanya dijual dnegan harga 1,4 jutaan saja, harga tersebut saya rasa sangat terjangkau dan murah karena beberapa spesifikasi yang ditawarkan lumayan okeh. Jadi bagaimana ? apakah anda tertarik meminang Samsung A10?

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung S20 Ultra

Kekurangan Samsung A10

10. Fitur Fingerprint Absen

kekurangan samsung a10
Sumber selular.id

Menurut saya ada atau tidak fitur fingerprint sensor/sidik jari pada sebuah smartphone, menjadi daya tarik tersendiri untuk pembeli. Kalau saya pribadi lebih menyukai smartphone yang dibekali fitur fingerprint.

Dengan alasan kemanan smartphone lebih aman karena memerlukan sidik jari pemiliki dan lebih mudah membukan smartphone karena tinggal menempelkan jari. Bagaimana menurut anda, apakah fitur fingerprint sensor penting?

11. RAM Kecil

Kekurangan lainnya dari samsung a10 yaitu hanya dibekali RAM 2GB, meskipun smartphone menggunakan prosesor okeh dikelasnya namun karena RAM yang ditanam terbilang kecil. Ditakutkan prosesor tersebut tidak mampu bekerja maksimal.

Apalagi pengguna smartphone masa kini lebih sering menggunakan smartphone meraka untuk bermain game 3D berat dan aktivitas lainnya. Dengan RAM tersebut tentu akan menghambat.

Baca Juga Kelebihan dan kekurangn Samsung A21s

12. Tidak Support Game 3D Berat

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa RAM samsung a10 hanya 2GB saja jadi tidak cocok digunakan untuk bermain game 3D, apabila anda pecinta game 3D berat seperti Mobile Legends, PUBG dan Free Fire smartphone ini tidak cocok.

13. Body Berbahan Plastik

Meskipun samsung a10 tampak elegan karena material yang digunakan pada body nya adalah plastik mengkilat, tapi material tersebut sangat rentan pecah. Padahal smartphone lain dikelasnya sudah banyak yang menggunakan material kaca, sehingga tampak lebih kokoh.

14. Bezel Tidak Simetris

Kekurangan lain dari samsung a10 dapat kita lihat dari tampilan bezelnya, meskipun dibagian kanan dan kiri bezel sudah sangat tipis namun setelah memperhatikan bagian bawah akan tampak sela kosong yang cukup menganggu.

15. Notch Menganggu

Saya salah satu orang yang tidak sudah pada smartphone yang memiliki notch dibagian layar, karena cukup mengganggu. Tampilan layarnya akan terpotong karena adanya notch tersebut. Apakah anda sependapat dengan saya?

16. Tidak Ada Fitur Fast Charging

Adanya fitur fast charging pada sebuah smartphone masa kini menjadi hal wajib, dengan adanya fitur tersebut pengisian baterai akan lebih cepat. Namun sayangnya samsung a10 tidak menyediakan fitur tersebut.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung M30s

Spesifikasi Samsung A10

  • Nama: Samsung Galaxy Galaxy A10
  • Rilis: 2019
  • Berat: 168 gram (g)
  • Material: pastik (bodi), kaca (depan)
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,2 inci
  • Resolusi Layar: 720 x 1.520 piksel
  • Chipset: Exynos 7884 (14 nm)
  • Prosesor: Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53)
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 1 TB (uses shared SIM slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
  • Kamera Depan: 5 MP, f/2.0
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: microUSB 2.0
  • Sensor: Accelerometer, proximity
  • NFC: No
  • Baterai: 3.400 mAh
  • Harga: Mulai dari Rp 1.459.000

Demikian review dari saya tentang Kelebihan dan kekurangan Samsung A10, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Kelebihan dan kekurangan Samsung A20 Beserta Spesifikasi

Share

Arnold Tio Sandi

Suka Jalan jalan

6 Responses

  1. Desember 27, 2019

    […] Baca Juga Simak, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi […]

  2. Desember 30, 2019

    […] Baca Juga Simak, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi […]

  3. Januari 4, 2020

    […] Baca Juga Simak, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi […]

  4. Januari 4, 2020

    […] Baca Juga Simak, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi […]

  5. Maret 30, 2020

    […] Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi […]

  6. April 2, 2020

    […] Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung A10 Beserta Spesifikasi […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *