Kelebihan dan kekurangan Samsung S20 Ultra – Perusahaan asal Korea Selatan ini lagi gencar-gencar merilis smartphone terbaru mereka, sebelumnya yakni Galaxy S10 dan Galaxy Note 10, namun menurut pendapat pengguna smartphone tersebut kurang mendapat perhatian karena tidak banyak mengalami inovasi yang wow.

Karena hal tersebutlah, Samsung kembali merilis smartphone terbaru mereka tidak tanggung-tanggung yakni Galaxy S20 Ultra yang mendapat perhatian khusus, karena banyaknya inovasi yang ditawarkan oleh smartphone tersebut.

Beberapa inovasi yang ditawarkan diantaranya chipset terbaru, layar yang makin canggih, baterai super besar, hingga yang paling terasa adalah inovasi di bagian kamera. Apa inovasi tersebut memang benar-benar wow?

Dari pernyataan tersebutlah saya selaku penulis disitus calonpengangguran akan berbagi informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung S20 Ultra yang perlu anda ketahui sebelum membeli, diantaranya:

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra

UMUM

DiumumkanFebruari, 2020
Jaringan2G, 3G, 4G,5G
SIM CardSingle SIM (Nano-SIM dan/atau eSIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

BODY

Dimensi166.9 x 76 x 8.8 mm
Berat222 g

LAYAR

JenisLayar sentuh kapasitif Dynamic AMOLED 2X
Ukuran6,9 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6
Resolusi1440 x 3200 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~511 ppi)

HARDWARE

ChipsetExynos 990 (7 nm+)
CPUOcta-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.60 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G77 MP11

MEMORI

RAM12 GB
Memori Internal128 GB
Memori EksternalmicroSD hingga 1 TB (menggunakan slot SIM bersama)

KEMARA UTAMA

Jumlah Kamera4
Resolusi108 MP + 48 MP + 12 MP + 0,3 MP
Fitur– 108 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, OIS – Periskop 48 MP, f/3.6, 102mm (telefoto), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, OIS, 10x hybrid optical zoom – 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.4µm, AF, Super Steady video – 0.3 MP, TOF 3D, (mendalam) Fitur: LED flash, auto-HDR, panorama
Video4320p@24fps, 2160p@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@960fps, HDR10+, dual-video rec., stereo sound rec., gyro-EIS & OIS

KAMERA SELFIE

Jumlah Kamera1
Resolusi40 MP, f/2.2, 26mm (wide), 0.7µm, PDAF
FiturDual video call, Auto-HDR
Video2160p@30/60fps, 1080p@30fps

KONEKTIVITAS

WlanWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
InfraredNO
NFCYES
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
USB3.2, konektor reversibel Type-C 1.0

BATERAI

JenisLi-Po
Kapasitas5000 mAh tidak dapat dilepas
Wireless ChargingYES
Fitur– Pengisian baterai cepat 45W: 100% dalam 74 menit – USB Power Delivery 3.0 – Pengisian nirkabel Qi / PMA cepat 15W
– Power bank / Pengisian balik nirkabel 9W

FITUR

OS (Saat Dirilis)Android 10
SensorFingerprint (ultrasonik, d bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
– ANT+
– Bixby
– Samsung DeX
3.5mm JackNO
WarnaCosmic Grey, Cosmic Black
LainnyaBody:
– Samsung Pay (Visa, MasterCard bersertifikat)
– IP68 tahan debu / air (hingga 1,5 meter selama 30 menit)
– Body belakang dilapisi Gorilla Glass 6   Layar:
– HDR10+
– Always-on display
– 120 Hz (hingga resolusi Full HD)   Audio:
– Audio 32-bit/384kHz
– Tuned by AKG

Catatan: Samsung Galaxy S20 Ultra versi Snapdragon 865 hanya untuk pasar Amerika Serikat saja.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG S10 LITE BESERTA SPESIFIKASI

Kelebihan Samsung S20 Ultra

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa artikel ini berfokus pada Kelebihan dan Kekurangan Samsung S20 Ultra, pertama calonpengangguran akan menjelaskan apa saja kelebihan Samsung S20 Ultra sebagai berikut.

Dibekali Layar Berkualitas Tinggi

kelebihan dan kekurangan samsung s20 ultra
Sumber Youtube

Salah satu kelebihan dari Samsung S20 Ultra dapat kita rasakan dari kualitas layarnya, pertama memiliki layar berdimensi sangat luas yakni 6,9 Inchi, resolusi 1440 x 3200 piksel berkualitas Full HD sehingga sangat cocok bagi anda yang suka menonton film ataupun bermain game 3D online dengan pengalaman yang lebih seru dan nyaman tentunya.

Kemudian layar ini juga dilengkapi panel terbaru milik samsung, yaitu sebagai Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen. Jika smartphone samsung generasi sebelumnya hanya menggunakan panel Super AMOLED, maka S20 Ultra menggunakan panel 2 kali lipat lebih keren dari generasi sebelumnya.

Untuk melindungi layar tersebut pihak Samsung juga menyematkan pelindung layar terbaik, yakni Corning Gorilla Glass 6 yang tidak perlu lagi kita ragukan ketahanan dalam melindungi layar dari benturan ataupun goresan. Ditambah lagi layar Samsung S20 Ultra dilengkapi fitur HDR10+ dan Always-on display, disusul dengan hadirnya refresh rate 120Hz FHD dan mode normal refresh rate 60Hz QHD yang mampu menambah kenyamanan anda dalam menikmati video berkualitas Full HD 10+.

Hal serupa juga diungkapkan oleh GSMArena bahwasannya Samsung S20 Ultra memiliki layar palig terang karena mampu mencapai 894 nits dalam kecerahan adaptive. Hasil tersebut mengungguli beberapa smartphone yaitu samsung Galaxy Note 10+ dan Iphone 11 Pro Max.

Sementara menurut situs Stuff.tv mengatakan bahwa layar AMOLED yang dimiliki smartphone ini mampu menghasilkan display dengan kecerahan sempurna serta kombinasi warna yang pas sehingga mampu memberi kesan hidup pada pengguna. Hal tersebut dikarenakan pada mode refresh rate 120 Hz, layar smartphone mampu menghasilkan gerakan yang sangat halus.

Dibekali 4 Kamera Belakang Super Mantap

kamera samsung s20 ultra
Sumber Sammobile

Seperti yang kita tahu, bahwa Samsung S20 Ultra dibekali 4 kamera belakang yang super canggih. Dengan hadirnya 4 kamera tersebut menjadi nilai plus tersendiri bagi smartphone ini, kenapa? Karena untuk generasi samsung sebelumnya yaitu Samsung S20 hanya dibekali 2 kamera sedangkan untuk S20 Plus hanya dibekali 3 kamera saja.

Ternyata 4 kamera pada samsung s20 ultra tidak hanya sebagai hiasan semata, pasalnya beberapa situs besar sudah mengklaim bahwa 4 kamera belakang yang dimiliki smartphone ini benar-benar bekerja sangat baik. Ke-4 kamera belakang tersebut diantaranya kamera ultrawide 108 MP, kamera Periscope 48 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera depth 0,3 MP.

Hasil foto atau gambar dari 4 kamera belakang samsung s20 ultra tersebut sangat menakjubkan, hal serupa juga diungkapkan oleh situs Situs Stuff.tv bahwa hasil foto atau gambar dari kamera belakang smartphone terbilang sangat bagus, Stuff.tv juga memuji kamera utama dari smartphone ini yang memiliki resolusi 108 MP, karena hasil foto dari kamera tersebut sangatlah baik dan HDR balance.

Sementara untuk hasil foto pada malam bagaimana? Menurut saya hasil foto pada malam hari terbilang cukup oke, walaupun tidak sebaik pada siang hari. Situs Stuff.tv juga perpendapatan sama mengenai hasil foto pada malam hari tidak sebaik hasil foto pada siang hari, tetapi sudah sangat okeh.

Selain kamera utamanya, salah satu dari ke-4 kamera tersebut yaitu kamera ultra-lebar dapat menghasilkan foto yang baik ketika dikombinasikan dengan kamera utamanya. Lalu untuk kamera Ultrawide 12 MP juga sangat baik jika dibandingkan dengan kamera ultrawide smartphone lainnya. Hal ini juga diungkapkan oleh Tomsguide bahwa kamera ultrawide 12 MP pada samsung s20 ultra mampu menghasilkan foto yang menakjubkan dan tentunya lebih baik dibandingkan pesaing dikelasnya.

Selain 4 kamera belakangnya, ternyata kamera depan dari smartphone ini juga menarik perhatian saya. Pasalnya hasil foto selfie dari kamera ini terbilang cukup okeh dan layak diberi apresiasi. Kamera depan dari smartphone ini memiliki resolusi 40 MP, sebenarnya kamera depannya hanya 10 MP namun karena menggunakan teknologi Pixel Binning maka hasil foto terkesan menggunakan kamera 40 MP.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG NOTE 10 LITE BESERTA SPESIFIKASI

Kamera Mampu Zoom Hingga 100 kali

Selain kualitas dari 4 kameranya, ternyata Samsung S20 Ultra mengediakan beberapa fitur menarik pada kameranya, diantaranya memiliki fitur single take mode yang mampu memudahkan anda untuk berbagi hasil foto, video 10 detik , mode portrait dan live focus dengan mudah dan fleksibel.

Sebenarnya fitur ini sudah ada pada samsung s20, namun dengan tetap adanya hal tersebut menjadi nilai plus tersendiri untuk a20 ultra. Jangan sampai ketinggalan, ternyata kamera dari samsung a20 ultra mampu mengambil video dengan resolusi 4K loh keren kan?

Tidak hanya disitu saja, fitur lain yang wajib kita beri apresiasi adalah “Space Zoom” atau fitur utama dari versi Ultra yang mampu membantu pengguna melakukan zoom hingga 100 kali, nilai tersebut 2 kali lebih baik dibandingkan smartphone Huawei P30 Pro yang pernah populer beberapa waktu lalu.

Kenapa bisa begitu? Karena samsung s20 ultra menyematkan lensa periscope 48 megapiksel (MP) berukuran 102 milimeter (mm), apalagi lensa tersebut juga dilengkapi fitur phase detection autofocus (PDAF), optical image stabilization (OIS), dan 10x hybrid optical zoom. Bagaimana keren bukan?

Mampu Merekam Video 8K

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa 4 kamera yang dimiliki samsung s20 Ultra benar-benar keren. Ternyata kekeranan dari ke-4 kamera tersebut tidak berhenti sampai disana, pasalnya smartphone ini mampu mengambil video hingga kualitas 8K @24 fps sehingga menjadi Samsung S20 Utra menjadi smartphone pertama yang mampu merekam video kualitas 8k.

Video kualitas 8k sendiri empat kali lebih besar dari kualitas 4K dan 16 kali lebih besar dari FullHD 1080p, jadi bisa dibayangkan seberapa canggih kamera yang dimiliki smartphone ini. Untuk menunjang hal tersebut pihak samsung tidak lupa menyematkan fitur Super Steady yang mampu memudahkan pengguna merekam video lebih stabil.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG Z FLIP BESERTA SPESIFIKASI

Dibekali Performa Super Kencang

Kelebihan selanjutnya dari samsung galaxy s20 ultra adalah dibekali performa super kencang, hal ini dikarena smartphone ini disematkan chipset Exynos 990. Seperti yang kita ketahui bahwa chipset ini merupakan chipset kelas atas milik samsung yang tidak perlu lagi diragukan ketangguhannya dalam menjalankan gim.

Ternyata chipset ini tidak hanya ada pada s20 utra saja, melainkan juga ada pada s20 dan s20 plus pada generasi sebelumnya sehingga dari segi performa ketiga smartphone tersebut tidak jauh berbeda. Untuk menunjang performa chipset tersebut pihak samsung menyematkan RAM tipe LPDDR5 dan Storage UFS 3.0.

Jika kita bandingkan dengan smartphone lain dikelasnya, tentu S20 Utra lebih diunggulkan dari Huawei Mate 30 Pro yang menggunakan shipset Kirin 990 dan juga mengalahkan OnePlus 7T yang menggunakan Snapdragon 855+. Dari uraian singkat tersebut saja bisa kita simpulkan bahwa performa yang ditawarkan oleh Samsung S20 Ultra sangat kencang sehingga layak menjadi salah satu smartphone kelas atas.

Dibekali RAM Super Besar

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa smartphone menyematkan RAM tipe LPDDR5 super besar, bahkan RAM tersebut hampir mengimbangi kapasitas pada laptop. Bisa anda bayangkan RAM tertinggi yang dimiliki smartphone ini adalah 16 GB, sehingga smartphone ini dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan cepat.

Memori Setengah Terabyte

Selain RAM, diatas juga sudah saya jelaskan bahwa smartphone ini menggunakan Storage UFS 3.0 super besar. Bahkan penyimpanan internal yang dimiliki Samsung S20 Ultra hampir sebanding dengan laptop. Berapakah penyimpanan internal tersebut? Smartphone ini disematkan memori setengah terabyte yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 512 GB.

Baterai Super Besar dan Pengisian Cepat

Selanjutnya adalah memiliki kapasitas baterai super besar dan pengisian super cepat, dua hal yang tidak bisa dipisahkan bukan? Karena tentunya anda tidak mau kan memiliki smartphone dengan kapasitas baterai besar tapi tidak memiliki fitur fast charging, begitu juga sebaliknya.

Namun untuk anda calon pengguna Samsung S20 Ultra tidak perlu cemas, karena dua hal tersebut ada pada smartphone super canggih ini. Pasalnya smartphone ini dibekali baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mampu bertahan hingga seharian penuh pada pengguna ekstrim.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG A71 BESERTA SPESIFIKASI

Untuk mempercepat pengisian tersebut pihak samsung menyematkan fitur fast charging 45W mampu mempercepat pengisian daya baterai anda. Tapi sayangnya untuk menikmat pengisian daya super cepat tersebut anda harus membeli charging yang mendukung pengisian 45W secara terpisah.

Namun kalau anda tidak ingin repot, saya rasa pengisian daya menggunakan charging 25W sudah sangat cepat. Menurut GSMArena pengisian daya baterai menggunakan charging 25W dalam waktu setengah jam mampu mengisi daya hingga 64%. Apabila ingin penuh anda hanya memerlukan waktu 58 menit saja.

Kualitas Speaker Stereo yang Bagus

Kelebihan lainnya dari samsung s20 utra adalah memiliki speaker stereo yang bekerja sangat baik, dari hasil suaranya terbilang bagus. Menurut situs Stuff.tv speaker stereo yang dimiliki smartphone ini benar-benar bagus dalam menghasilkan suara.

Koneksi 5G Tercepat

Kelebihan terakhir yang dimiliki Samsung S20 Ultra adalah menawarkan koneksi internet 5G tercepat dikelasnya. Seperti yang kita ketahui bahwa pihak Samsung adalah perusahaan yang menrealisasikan koneksi internet tingkat selanjut, jadi tak heran jika smartphone terbaru mereka ini disematkan teknologi tersebut. Dengan adanya koneksi 5G pengguna memperoleh pengalaman baru dalam menjelajahi internet super cepat.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Sudah saya jelaskan bahwa artikel ini berfokus pada Kelebihan dan Kekurangan Samsung S20 Ultra, diatas kita sudah membahas kelebihan yang dimiliki Galaxy S20 Ultra. Selanjutnya kita akan membahas kekurangan dari samsung s20 ultra sebagai berikut.

Penggunaan Baterai Boros Pada Mode Layar 120Hz

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa samsung s20 ultra menawarkan dua mode pada layarnya yaitu mode normal refresh rate 60Hz dan refresh rate 120Hz. Tentunya kedua mode tersebut memerlukan penggunaan baterai yang berbeda, sayang bagi anda yang ingin menikmati layar smartphone ini di mode refresh rate 120Hz akan sedikiti kecewa, karena penggunaan baterainya akan sedikit lebih boros apalagi dengan hadirnya layar berdimensi 6,9 inchi.

Padahal smartphone ini dibekali baterai yang super besar yakni 5.000 mAh, namun masih belum bisa menghemat penggunaan daya baterainya. Pihak GSMArena telah melakukan uji coba pada layar samsung s20 ultra di mode 120 Hz, endurance rating yang didapat hanya 87h. Sedangkan untuk hasil di mode 60 Hz yakni 97h, nilai yang lebih baik dibandingkan mode diatas.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A51 TERLENGKAP

Sensor Sidik Jari Kurang Responsif

Kekurangan samsung s20 ultra selanjutnya adalah dibekali fitur sidik jari yang kurang responsive dibandingkan smartphone pesaingnya. Fitur ini sedikit pengecewakan karena kurang responsif dan terbilang lambat.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Android Central bahwa fitur fingerpint dalam layar yang dimiliki smartphone ini terbilang lambat dan merepotkan. Pihak Android Central memiliki pengalaman buruk pada Galaxy S10 pada fitur fingerprint sensornya, ternyata hal yang sama juga terjadi pada Galaxy S20 Ultra ini.

Build Quality Bagus tapi Desain Membosankan

kekurangan samsung s20 ultra
Sumber Youtube

Selain hal diatas, ternyata samsung juga memiliki masalah pada desainnya. Meski sebenarnya desain yang ditawar memang menarik dan penggunaan material yang terbilang bagus yakni frame aluminium, apalagi smartphone juga dilengkapi serifikasi tahan air yang seharusnya menambah nilai plus dari segi tampilannya.

Namun, menurut saya desain yang ditawarkan sedikit membosankan. Kenapa? Karena sebagian besar smartphone samsung khususnya series S menawarkan desain yang hampir sama, maka dari itu saya rasa desain sedikit membosankan.

Tidak Ada Audio Jack 3,5 mm

Kekurangan selanjutnya yang sangat disayangkan adalah absennya fitur Audio Jack 3,5 mm, padahal sebagai salah satu smartphone kelas atas hadirnya fitur ini sangat penting, apalagi sebagian besar pengguna smartphone masa kini sudah membutuhkan fitur tersebut.

Terlalu Mahal

Meski termaksud smartphone kelas atas, namun dengan harga jual yang mencapai Rp18,9 juta sangatlah mahal. Dari pengamatan saya beberapa tahun belakang ini mengenai harga smartphone kelas atas samsung selalu mengalami peningkatan drastis, jadi harga tersebut sangatlah mahal. Bagaimana menurut anda?

Kurang Nyaman Digenggam Satu Tangan

Seperti yang kita tahu bahwa samsung s20 dibekali layar yang super besar yakni 6,9 inchi, ukuran layar yang terbilang berlebihan sehingga sulit untuk digenggam menggunakan satu tangan. Memang sih kebanyakan smartphone masa kini menawarkan hal serupa.

Versi Indonesia Belum Mendukung Jaringan 5G

Diatas tadi sudah saya jelaskan bahwa Samsung S20 Ultra menawarkan koneksi internet 5G, sayangnya koneksi super cepat tersebut tidak didukung di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia sendiri hanya memiliki koneksi internet sampai 4G saja.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung S20 Ultra yang perlu anda ketahui, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A01 BESERTA SPESIFIKASI TERLENGKAP