Kelebihan dan Kekurangan Samsung S10 Lite – Smartphone terbaru dari perusahaan asal Korea Selatan yakni Samsung Galaxy S10 Lite yang resmi rilis pada tahun ini. Dari kabar yang beredar bahwa smartphone dibekali spesifikasi lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya, apakah hal tersebut benar?

Untuk memperjelasan dugaan tersebut saya selaku penulis disitus calonpengangguran akan berbagi informasi mengenai smartphone ini terkhusus pada Kelebihan dan Kekurangan Samsung S10 Lite, penasaran? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite

NETWORK

TechnologyGSM / HSPA / LTE

LAUNCH

Announced2020, January 3
StatusAvailable. Released 2020, February 3

BODY

Dimensions162.5 x 75.6 x 8.1 mm (6.40 x 2.98 x 0.32 in)
Weight186 g (6.56 oz)
SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

DISPLAY

TypeSuper AMOLED Plus capacitive touchscreen, 16M colors
Size6.7 inches, 107.8 cm2 (~87.8% screen-to-body ratio)
Resolution1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~394 ppi density) Always-on display
HDR10+

PLATFORM

OSAndroid 10.0; One UI 2.1
ChipsetQualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm)
CPUOcta-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
GPUAdreno 640

MEMORY

Card slotmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Internal128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 512GB 8GB RAM UFS 2.1

MAIN CAMERA

Triple48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, Super Steady OIS
12 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) 5 MP, f/2.4, 25mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm
FeaturesLED flash, panorama, HDR
Video2160p@30/60fps, 1080p@30/60/240fps; gyro-EIS

SELFIE CAMERA

Single32 MP, f/2.2, 25mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
FeaturesHDR
Video1080p@30fps

SOUND

LoudspeakerYES
3.5mm jackNO

COMMS

WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFCYes
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector

FEATURES

SensorsFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass ANT+

BATTERY

ChargingNon-removable Li-Po 4500 mAh battery Fast charging 45W

Kelebihan Samsung S10 Lite

1. Dibekali Snapdragon 855

kelebihan dan kekuangan samsung s10 lite
Sumber Jagat Gadget

Salah satu kelebihan dari Samsung S10 Lite yang perlu kita beri apresiasi adalah dibekali chipset Snapdragon 855 yang tidak wajar ada dismartphone Samsung series Lite, kenapa? Karena kebanyakan smartphone yang menggunakan chipset ini termaksud smartphone kelas atas yang sempat populer ditahun 2019 lalu.

Jadi sebagai calon pengguna smartphone Samsung S10 Lite tidak perlu diragukan lagi masalah performanya, karena dari skor Antutu sebesar 459 ribuan. Apakah skor tersebut bagus? Jawaban saya sangatlah bagus, jika kita membandingkan S10 Lite dan Note 10 sudah jelas bahwa smartphone ini lebih unggul dari segi performa. Bagaimana keren bukan?

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG NOTE 10 LITE BESERTA SPESIFIKASI

Daya Tahan Baterai yang Lama

Kelebihan selanjutnya dari Samsung S10 Lite adalah memiliki baterai yang tahan lama, karena dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh yang terbilang besar. Dari hasil endurance baterai dari smartphone ini memperoleh rating sebesar rating sebesar 110h yang dilakukan oleh pihak GSMArena.

Tidak hanya disitu saja, bahkan pihak GSMArena memberikan penjelasan bahwa baterai Samsung S10 Lite lebih diunggulkan dibanding series S10 lainnya dari segi ketahanan baterai. Tambahan, menurut situs PhoneArena bahwa baterai dari smartphone mampu bertahan selama dua hari dengan penggunaan normal, sedangkan dalam pengguna berat seperti bemain game 3D baterai smartphone hanya mampu bertahan selama satu hari.

Dibekali Fast Charging Super Cepat

Hal menarik lainnya dari smartphone ini adalah dibekali fast charging 45 W yang super cepat, jika kita melihat smartphone lain dikelasnya Samsung S10 Lite sangat diunggulkan dari segi kecepatan pengisian baterainya.

Namun perlu anda ketahui bahwa chager bawaan dari smartphone tidak mendukung fast charging 45 W, melainkan hanya 25 W saja. Oleh karena itu untuk menggunakan fitur tersebut anda harus membeli charger sendiri. Tetapi menurut saya penggunaan charger 25W sudah lebih dari cukup dari segi kecepatan pengisian daya baterai, hal serupa juga diungkapkan oleh pihak GSMArena bahwa S10 Lite hanya memerlukan waktu 30 menit saja untuk melakukan pengisian daya baterai hingga 63%.

Layar AMOLED HDR10+

kelebihan samsung s10 lite
Sumber Youtube

Kelebihan selanjutnya dari Samsung S10 Lite dapat kita rasakan dari display layarnya, seperti yang kita ketahui panel layar Super AMOLED merupakan teknologi paling canggih miliki Samsung guna menghasilkan display jernih, tajam dan warna yang cerah. Untuk smartphone ini dibekali layar ukuran 6,7 inci dengan  resolusi 1080 x 2400 dan rasio 20:9.

Layar tersebut didukung dengan Super AMOLED yang sudah saya jelaskan diatas, sehingga mampu menghasilkan display yang benar-benar jernih dan tajam. Hal serupa juga diungkapkan oleh PhoneArena bahwa smartphone memiliki panel layar yang begitu keren yaitu Super AMOLED yang mampu menghasilkan gambar cantik dan berkualitas tinggi.

Sedangkan menutu situr Smartprix mengungkapkan bahwa tampilan layar smartphone hadir dnegan warna-warna cerah dan hitam pekat. Ditambah dengan konsep “Infinity-O Display” dan memiliki sertifikasi HDR10+.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG Z FLIP BESERTA SPESIFIKASI

Under-display fingerprint yang Cepat dan Akurat

Menrut saya bagian terpenting dari smartphone masa kini adalah dibekali fitur Under-display fingerprint yang berbeda dari fingerprint generasi sebelumnya yang berada dibelakang body. Untungnya Samsung S10 Galaxy Lite dibekali fitur tersebut, bahkan bekerja sangat cepat serta akurat, jadi menjadi nilai plus tersendiri untuk smartphone ini.

Lalu bagaimana menurut pihak GSMArena mengenai fitur Fingerprint ini? menurut GSMArena fingerprint ultrasonic memiliki banyak kendala dan tidak memberi pengalaman menarik untuk pengguna, jadi dengan adanya fingerprint optical menjadi nilai plus bagi Samsung S10 Lite sehingga perlu kita beri apresiasi.

Menariknya, meski terbilang baru diseries S10 fitur ini mampu bekerja sangat cepat dan akurat, bahkan pihak GSMArena juga berpendapat bahwa fitur ini mampu memberi pengalaman lebih baik dibandingkan generasi S10 sebelumnya seperti S10 dan S10+.

Dibekali Kamera Terbilang Keren Dikelasnya

kamera samsung s10 lite
Sumber Kompas Tekno

Selain beberapa hal diatas, menurut saya kualitas kamera pada sebuah smartphone juga perlu diperhitungkan. Saya pribadi lebih suka menggunakan smartphone yang memiliki kamera keren, kenapa? Karena dengan adanya kamera yang keren pada smartphone yang kita gunakan, kita tidak perlu repot-repot untuk menggunakan kamera DSRL atau sejenisnya untuk menghasilkan foto menakjubkan.

Dari ulasan singkat tersebut dapat kita ketahui penting kamera untuk pengguna smartphone masa kini, dugaan saya pihak Samsung juga menyadari hal tersebut karena smartphone rilisan terbaru mereka yakni Samsung S10 Lite dibekali kamera yang terbilang keren dikelasnya, diantaranyakamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 12 MP, dan kamera makro 5 MP.

Untuk hasil jepretan dari kamera Samsung S10 terbilang sangat baik, hal ini juga diungkapkan oleh situs Carisinyal bahwa Samsung S10 Lite memiliki kamera yang mampu menghasilkan gambar jelas, detail dan jernih. Kemudian ditambahkan oleh pihak GSMArena juga memuji kualitas kamera smartphone ini dari kamera utama, kamera ultra-wide, dan dari kamera makronya yang terbilang baik.

Desain Atau Tamplilan Luar

Terakhir adalah desain atau tampilan luar dari smartphone ini, menurut pendapat saya Samsung S10 Lite memiliki desain yang terbilang mewah dimana bezel yang dimiliki sangatlah tipis.

Kemudian desainnya juga sangat kekinian karena sudah menghilangkan notch, sehingga dibagian layar hanya akan terlihat kamera depannya saja yang berada diatas tengah.

Sementara untuk bagian belakangnya terdapat 3 kamera dan fitur flash yang menambah kesan mewah pada smartphone ini. Jika anda tertarik membeli smartphone ini, Samsung S10 Lite tersedia 3 ragam warna diantaranya Prism White, Prism Black, dan Prism Blue.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG A71 BESERTA SPESIFIKASI

Kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite

Mono Speaker

Salah satu kekurangan dari Samsung S10 Lite adalah tidak tersedianya speaker stereo yang mengakibatkan kualitas suara yang dihasilkan kurang oke. Pasalnya smartphone ini hanya menyediakan satu speaker dibagian bawah yang saya rasa kurang  greget. Maka dari itulah, hal ini menjadi nilai minus pada Samsung S10 yang sangat disayangkan, seharusnya sebagai smartphone flagship terbaru besutan Samsung tersedianya speaker stereo menjadi hal yang wajib.

Hilangnya Fitur Audio Jack 3.5 mm

Sebagian orang pasti menyanyangkan absennya fitur audio jack 3.5 pada Samsung S10 Lite, padahal pada series S10 sebelumnya masih menyediakan fitur ini. Karena absennya fitur ini saya rasa menjadikan kekurangan dari Samsung S10 Lite yang sangat disayangkan.

Tidak Mendukung Wireless Charging

Diatas sudah saya singgung bahwa Samsung S10 Lite menyediakan future fast charging super cepat yakni 45W, namun sayangnya dengan keunggulan tersebut ternyata Samsung S10 Lite belum dilengkapi fitur Wireless Charging atau mengecash tanpa menggunakan kabel. Padahal sebagian besar smartphone dikelas S10 Lite sudah menyediakn fitur ini, lalu kenapa Samsung tidak?

Desain Glasstic

Kekurangan selanjutnya dari Samsung Galaxy S10 Lite adalah masih menggunakan bahan material plastic dibagian body belakangnya. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Samsung S10 Lite memiliki desain yang terkesan premium, tetapi ketika kita melihat bagian body belakang tentu anda akan merasa kecewa sebab smartphone flagship ini masih menggunakan material plastic yang seharusnya hanya ada pada smartphone kelas menengah bawah.

Demikian ulasan singkat dari saya tentang Kelebihan dan Kekurangan Samsung S10 Lite yang perlu anda ketahui, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A51 TERLENGKAP