Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s Beserta Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s – Tepatnya dibulan Juni 2020 lalu Perusahaan Samsung secara resmi merilis smartphone terbaru mereka yang termaksud dalam seri Galaxy A. Smartphone ini diberi nama Samsung Galaxy A21s yang memiliki beberapa keunggulan dibandingan Samsung Galaxy A21 dan A11 sebelumnya.  Salah satu pembaruan dari smartphone ini dapat dilihat dari ketahanan baterai dan kualitas kameranya.

Kemudian dari segi harga cukup terjangkau, RAM 3 GB dan Memori Internal 32 GB dijual dengan harga Rp. 2.799.000 dan 3 GB dan Harga Rp. 3.200.000 menawarkan Memori Internal dan RAM 64 GB dan 6 GB. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca lebih lanjut mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

Body :

  • Dimensi 163.7 x 75.3 x 8.9 mm
  • Bobot 192 g
  • Layar kaca, bagian belakang dan frame plastic

Layar:

  • 6.5 inci
  • 720 x 1600 (HD+)
  • PLS TFT LCD
  • Chipset & OS:
  • Exynos 850
  • GPU Mali-G52
  • Android 10, One UI 2.0

Memori:

  • 3/32GB
  • 6/64GB

Kamera utama:

  • Quad camera 48MP, f/2.0, 26mm (wide); 8MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide); 2MP, f/2.4, (macro); 2 MP, f/2.4, (depth)
  • Resolusi video 1080p@30fps

Kamera depan:

  • Single 13MP, f/2.2, (wide)
  • Resolusi video 1080p@30fps
  • Resolusi video 1080p@30fps

Baterai:

  • 5.000 mAh
  • Fast charging 15W

Fitur:

  • Dual-SIM + Memori Eksternal
  • USB Type-C
  • Audio jack 3.5mm
  • Fingerprint Sensor

Harga:

  • 3/32GB – Rp 2.700.000
  • 6/64GB – Rp 3.099.000

Kelebihan Samsung Galaxy A21s

Ketahanan Baterai Oke

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa salah satu pembaruan dari Samsung Galaxy A21s dapat kita rasakan dari ketahanan baterainya dibanding seri sebelumnya. Kapasitas baterai smartphone ini adalah 5000 mAh dengan merk baterai Li-Po, sehingga anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai apabila sedang berada diluar rumah.

Dari pengalaman pribadi saya, baterai dari smartphone ini memang benar-benar tahan lama karena waktu saya mencoba sendiri untuk menonton video online salama kurang lebih satu jam baterainya hanya berkurang 5 persen saja. Kemudian dilanjut dengan aktivitas internet lainnya seperti searching artikel ataupun berita selama satu jam an juga daya baterai tersisa 88 persen. Gila kan?

Karena masih penasaran saya juga mencoba aktivitas lain yang lebih berat yaitu bermain game online Mobile Legends selama 3 sampai 31/2 jam, bahkan sampai disini daya baterai masih diangka 55 persen. Oleh karena itu daya tahan baterai dari Samsung Galaxy A21s memang benar-benar okeh, apalagi smartphone ini dibekali Chipset Exynos 850 yang kita tahu cukup tangguh dikelasnya.

Lalu apakah pengisian baterainya lama? Untuk hal ini anda tidak perlu khawatir karena Samsung Galaxy A21s juga dibekali Fitur Fast Charging 15 W yang mampu mempercepat proses pengisian baterainya. Jadi anda tidak perlu membuang-buang waktu menunggu pengisian baterai yang terlalu lama.

Dibekali 4 Kamera Cukup Okeh

kelebihan dan kekurangan samsung a21s
Sumber id.priceprice.com/

Kelebihan lain dari Samsung Galaxy A21s adalah dibekali 4 kamera belakang yang memiliki ketajaman dan kualitas okeh, jadi bagi anda yang menyukai aktivitas fotografi menggunakan smartphone, samsung a21s bisa menjadi pilihan yang wajib anda coba.

Dari ke-4 kamera tersebut apakah memiliki lensa berbeda atau sama? Jawabnya tentu berbeda, untuk lensa pertama dibekali dengan resolusi 48 MP dengan bukaan f/2.0 yang dilengkapi fitur Phase Detection Auto Focus. Kemudian untuk lensa ke-2 dibekali dengan resolusi 8 MP yang dilengkapi dengan Field Of View seluas 123 derajat dan dua lensa terakhir masing-masing dibekali resolusi 2 MP yang digunakan sebagai lensa makro dan mikro.

Sementara dari segi tampilan kamera cukup menarik, karena disusun 2x 3 dengan model persegi dan dilengkapi fitur Flash Light. Tidak hanya hasil foto saja yang berkualitas, anda juga membuat sebuah video dari kamera samsung a21s yang mampu menghasilkan resolusi 1080p dengan frame rate 30 FPS. Bagaimana keren bukan?

Memiliki Triple Slot

Kenapa saya memasukan ini menjadi salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A21s? Karena tidak semua smartphone terbaru membekali smartphone mereka dengan triple slot. Padahal dengan hadir triple slot dapat memaksimalkan penggunaan smartphone itu sendiri. Seperti saya yang sering menggunakan smartphone untuk berbagai macam hal seperti interaksi kepada teman, rekan bisnis, keluarga, kuliah dan bekerja.

Jadi sangat membutukan yang namanya triple slot, dengan adanya triple slot kita bisa memasang dua SIM Card dan juga memasang kartu memori eksternal. Kenapa begitu? Karena dua SIM Card tersebut memiliki fungsi lain, sebagai contoh satu SIM Card hanya digunakan untuk jaringan data ataupun hanya diketahui oleh orang-orang khusus seperti keluarga dan untuk SIM Card satu bisa digunakan untuk komunikasi kepada teman, rekan bisnis, ataupun lainnya yang bersifat umum.

Sementara untuk memori eksternal tentu akan lebih memudahkan kita menyimpan file yang lebih banyak, jadi tidak perlu khawatir kalau penyimpanan internal penuh. Kan repot kalau kita hanya bisa menggunakan satu SIM Card + Memori Card Eksternal saja. Anda semua setuju dengan saya?

Hadir Dengan Layar Luas dengan PLS TFT

kelebihan dan kekurangan samsung a21s
Sumber gadgetren.com/

Sebagai salah satu smartphone terbaru, wajib rasanya kalau Samsung Galaxy A21s dibekali layar luas dan mengusung panel PLS TFT. Untungnya pihak Samsung memperhatikan hal tersebut, karena smartphone ini menawarkan layar berukuran 6,5 inci HD+ dan juga dilengkapi panel PLS TFT. Layarnya memiliki resolusi 720 x 1600 piksel dengan rasio 20:9, kemudian dari segi desainnya juga tidak kalah keren karena galaxy a21s memiliki desain Infinity-O Display dengan begitu akan lebih tampak megah dan memuaskan penggunanya.

Sementara itu apasih panel PLS TFT itu? Secara sederhana TFT merupakan panel layar dengan kualitas di bawah IPS LCD, oleh karena itu lebih sering ditemukan pada smartphone murah. Meskipun begitu, pihak Samsung tetap berusaha mengembangkan panel ini agar tidak kalah saing dengan panel IPS LCD tersebut. Maka dari itu rilislah panel terbaru yang didukung dengan teknologi panel TFT sehingga diberi nama PLS TFT. Kemudian kepanjangan dari PLS sendiri adalah Plane Line Switching.

Apakah panel PLS TFT lebih baik dari IPS LCD? Menurut keterangan pihak Samsung sendiri panel yang mereka buat tentu lebih baik, hal ini dapat dilihat dari Viewing Angle dan tingkat kecerahan layar yang lebih unggul 10 persen. Untuk bukti nyata nya sendiri dapat anda lihat pada Samsung Galaxy M20 yang merupakan smartphone pertama yang menggunakan panel PLS TFT, terbukti daya tahan baterai lebih awet. Oke kan?

Dilengkapi Fitur Face Unlock dan Fingerprint Scanner

Kelebihan Samsung Galaxy A21s terakhir adalah adanya Fitur Face Unlock dan Fingerprint Scan. Selain karena tingkat keamanan lebih tinggi, fitur ini juga sangat tren dikalangan smartphone terbaru.

Fungsi dari kedua fitur tersebut adalah untuk menjaga keamanan smartphone anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, karena dengan mengatur keamanan dengan dua fitur itu orang lain akan sangat kesulitan membobol smartphone anda karena membutuhkan kehadiran anda.

Meskipun fitur keamanan PIN juga cukup aman, tapi tetap saja dua fitur diatas lebih baik. Selanjutya kita akan bahas responsive dua fitur diatas, pertama Fitur Face Unlock dari segi responsive cukup baik meski memerlukan waktu lebih lama dibandingkan smartphone high class, kemudian untuk Fitur Fingerprint Scanner memiliki responsive yang baik ketika melakukan scan pada sidik jari anda.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung S20 Ultra

Kekurangan Samsung Galaxy A21s

Tidak lengkap rasanya kalau kita hanya membahas kelebihan dari Samsung Galaxy A21s, karena artikel ini berfokus pada kelebihan dan kekurangan samsung a21s maka dari itu saya juga akan membahas beberapa kekurangan yang perlu anda ketahui dari smartphone ini. Apa saja itu?

Tenaga Chipset Standar

Sumber gadgetren.com/

Salah satu kekurangan dari Samsung Galaxy A21s adalah hanya ditenagai Chipset Exynos 850 yang terbilang sangat standar bahkan kalah saing dibanding smartphone lain dikelasnya. Karena chipset ini hanya memiliki 8 inti yang tersusun atas 8 buah ARM Cortex A55 dengan clock speed sebesar 2.0 GHz.

Seperti yang kita tahu, sebagian besar pengguna smartphone masa kini lebih sering menggunakan smartphone mereka untuk bermain game online seperti Mobile Legends, PUBG, LOL, Free Fire dan lain sebagainya. Lalu apakah chipset yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A21s?

Dari pengalaman pribadi saya Chipset Exynos 850 pada smartphone ini belum bisa memuaskan pengguna, salah satunya adalah saya. Kenapa? Karena banyak smartphone dikelasnya menawarkan Chipset lebih strong, contohnya  Smartphone Realme 5 Pro yang sudah dibekali Chipset Snapdragon 712, padahal dari harga jual antara Samsung Galaxy A21s dan Realme 5 Pro dijual dengan harga yang hampir sama yaitu di kelas 2 jutaan.

Untuk lebih membuktikan lagi, saya sudah melakukan uji coba kedua chipset tersebut menggunakan pengujian Benchmark AnTuTu dengan hasil Chipset Snapdragon 712 memperoleh point 218.436, sementara untuk Chipset Exynos 850 memperoleh point 140.000 sampai 170.000.

Dari data tersebut kita tahu perbedaan performa antara kedua chipset tersebut, padahal secara pribadi saya sangat berharap kalau smartphone ini bisa mengguncang pasaran smartphone dikelas dua jutaan dari segi performa gamingnya.

Absen Fitur NFC

Kekurangan lainnya dari Samsung Galaxy A21s adalah tidak adanya Fitur NFC, karena absennya fitur anda akan mengalami kesulitan apabila ingin mengirim file data kepada smartphone lain, sehingga ketika anda ingin mengirim file ataupun data lain harus menggunakan Fitur Bluetooth, seperti yang kita tahu menggukan Bluetooth memerlukan waktu lebih lama dan harus melalui proses pairing.

Kenapa ya fitur NFC tidak dihandirkan pada Samsung Galaxy A21s? Padahal banyak smartphone kelas menengah yang membekali fitur ini pada smartphone mereka. Bahkan pada smartphone Samsung lain yang dijual denga harga dibawah 3 jutaan juga banyak dibekali Fitur NFC seperti Samsung Galaxy A7, Samsung Galaxy J7, dan Samsung Galaxy J6+. Lalu kenapa A21s tidak?

Kapasitas Memori Internal Terlalu Kecil

Dikarena pengguna smartphone yang makin hari makin menggila, dikarena hampir semua hal yang dibutuh manusia sudah bisa diperoleh melalui smartphone seperti bekerja, belajar, membeli makan, meeting, interaksi, berfoto, main game dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, banyak juga perusahaan smartphone yang merilis produk mereka agar bisa menarik minat konsumen salah satunya dengan cara membekali smartphone mereka dengan kapasitas penyimpanan internal yang besar.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung S10

Dari yang saya tahu ada dua merk smartphone dengan harga 2 jutaan yang menawarkan kapasitas penyimpanan 128 GB yaitu Infinix Hot 9 dan  Oppo A5 2020. Tapi sangat disayangkan untuk smartphone Samsung Galaxy A21s ini tidak termaksud smartphone diatat, karena kapasitas penyimpanan yang ditawarkan terbilang kecil yaitu Harga Rp. 2.799.000 hanya menawarkan Memori Internal dan RAM 32 GB dan 3 GB. Sedangkan untuk Harga Rp. 3.200.000 menawarkan Memori Internal dan RAM 64 GB dan 6 GB.

Tapi anda tidak perlu terlalu khawatir apabila sudah terlanjur membeli smartphone ini, karena Samsung Galaxy A21s dibekali Triple Slot jadi anda bisa menggunakan 2 SIM Card + Memori Eksternal.

Resolusi Layar Hanya HD+

Memang benar sih kualitas gambar layar dari Samsung Galaxy A21s cukup jernih dan tajam, hal ini dikarena layarnya dilengkapi Panel PLS TFT. Tapi berhubung smartphone ini termaksud terbaru apa tidak kurang kalau layar ditawarkan masih HD+ seharusnya sudah Full HD+. Karena dibandingkan smartphone lain dikelasnya A21s cukup tertinggal, itu menurut saya bagaimana dengan anda?

Tanpa Corning Gorilla Glass

Kekurangan selanjutnya dari Samsung Galaxy A21s adalah layar tidak dilindungi oleh Corning Gorilla Glass, pada untuk desain dan ukuran yang sudah ditawar sudah cukup memuaskan tetapi dengan absennya CGG ini akan sangat disayangkan karena anda harus lebih hati-hati dalam menggunakan smartphone ini.

Apabila kita bandingkan dengan smartphone lain seperti Xiaomi Redmi Note 9 yang menanamkan Corning Gorilla Glass pada layar smartphonenya. Dengan adanya pelindungi ini layar dari note 9 akan lebih tahan banting meski terjatuh beberapa kali.

Kamera Tidak Memiliki Stabilizer

Apakah anda termaksud pengguna smartphone yang paling membutuhkan sector kameranya? Kalau iya berarti a21s ini bukan pilihan yang tepat. Kenapa? Karena terdapat satu fitur yang tidak hadir pada sector kameranya yaitu Fitur OIS atau EIS yang berfungsi untuk men-stabilkan ketika proses pengambilan foto atau video sehingga hasil yang diperoleh lebih optimal.

Karena absennya fitur ini, menjadi nilai minus yang perlu kita perhatikan sebelum membeli smartphone ini. Tapi kalau anda sudah terlanjur membeli smartphone ini tidak perlu khawatir karena anda bisa mengguna bantua alat kamera yaitu Stabilizer yang bisa dibeli dengan varian harga cukup terjangkau.

Bodi Gampang kotor

Kekurangan terakhir dari Samsung Galaxy A21s adalah body smartphone mudah kotor salah satunya karena sidik jari pengguna. Apa lagi Samsung tidak memberi tambahan berupa Softcase, jadi anda harus membeli sendiri secara terpisah.

Kesimpulan:

Dari ulasan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa Kelebihan dan kekurangan Samsung A21s sangat banyak, sementara Galaxy a21s ini sendiri merupakan smartphone kelas menengah yang dijual dengan 2 varian harga yaitu Harga Rp. 2.799.000 dengan Memori Internal dan RAM 32 GB dan 3 GB dan Harga Rp. 3.200.000 menawarkan Memori Internal dan RAM 64 GB dan 6 GB. Dengan harga jual tersebut smartphone ini cukup layak anda beli karena menawarkan berbagai keunggulan, meski ada juga beberapa kekurangannya.

Meski Chipset yang digunakan terbilang biasa saja, tapi untuk sector performa cukup bisa anda, jadi anda bisa memainkan game-game online yang sedang populer akhir-akhir ini seperti Mobile Legends, PUBG, Free Fire, LOL dan lain-lain.

Lalu disektor kamera cukup memuaskan karena hasil foto dan video terbilang jernih, cerah, dan tajam meski kameranya tidak dibekali fitur OIS atau EIS, tapi hal ini biasa disiati dengan menggunakan alat bantu fotografi.

Demikian ulasan singkat dari Calonpengangguran mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s, semoga sedikit penjelasan ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Samsung A80 

Arnold Tio Sandi

4 Replies to “Kelebihan dan Kekurangan Samsung A21s Beserta Spesifikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *