Kelebihan dan Kekurangan Samsung A80 – Salah satu smartphone terbaru milik perusahaan asal Korea Selatan yang cukup mengejutkan adalah Samsung A80. Kenapa demikian? Karena smartphone ini sudah dibekali berbagai macam fitur yang menarik yang belum ada pada smartphone Samsung sebelumnya. Apa itu? Jawabannya terletak pada kameranya, karena Samsung A80 menjadi satu-satunya smartphone yang dibekali tiga kamera utama yang dapat diputar sehingga memiliki multifungsi yang menarik.

Selain itu, masih banyak lagi fitur menarik yang perlu anda ketahui sebelum membeli samsung a80 ini. Penasaran? Kalau iya, penulis akan membahas secara detail Kelebihan dan Kekurangan Samsung A80 yang perlu diketahui sebagai berikut.

Kelebihan Samsung A80

Dalam Artikel Kelebihan dan Kekurangan Samsung A80 ini, penulis akan membahas kelebihannya terlebih dulu dibawah ini dilanjut dengan kekurangannya.

1. Memiliki Tampilan Berkualitas Tinggi

kelebihan dan kekurangan samsung a80
Sumber Youtube

Kelebihan pertama dari Samsung A80 adalah memiliki tampilan berkualitas tinggi, dengan kata lain sangat baik dari segi penampilan dan ketahanannya. Smartphone ini menawarkan body berdimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm dan beratnya 220 gram. Hal yang menarik dari tampilan smartphone ini yaitu material yang digunakan untuk bagian framenya adalah metal, sehingga menambah kesan premium dan juga daya tahan yang baik.

Sementara untuk bagian belakangnya sendiri dilindungkan dengan corning gorilla glass 6, dengan adanya pelindung tersebut diharapkan mampu melindungi body belakang smartphone ini dengan baik. Selain itu, desain atau tampilan lain yang cukup menarik dari Samsung A80 adalah dibekali kamera berputar, sehingga perpaduan antara pelindung corning gorilla glass dan kamera berputar sangat cocok.  Kedua hal tersebutlah yang menjadi perhatiaan khusus saya setelah melihat dan merasakan menggunakan Samsung A80.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG S10 BESERTA SPESIFIKASI

2. Dibekali Fast Charging 25W

Selain dari segi tampilan, kelebihan lain dari Samsung A80 adalah dibekali fitur pengisian baterai super cepat, karena memiliki fast charging 25W. Bahkan kecepatan pengisian baterai smartphone ini lebih cepat dibandingkan Redmi K20 yang merupakan smartphone pesaing sekelasnya.

Dengan dibekali fitur tersebut, samsung a80 mampu mengisi baterai dari 0 persen sampai 50 persen dalam waktu 30 menit saja, sedangkan untuk pengisian baterai hingga full hanya memerlukan waktu 1 jam lebih beberapa menit. Dari ungkap tersebut dapat kita simpulkan bahwa Samsung A80 memang memiliki pengisian baterai super cepat.

3. Layar Berkualitas Tinggi Yang Akurat

kelebihan samsung a80

Kelebihan selanjutnya adalah menawarkan layar berukuran 6,7 inci dengan panel Super AMOLED yang tidak perlu lagi kita ragukan kualitas displaynya. Panel ini sendiri merupakan teknologi miliki perusahaan Samsung secara pribadi, maka dari itu hanya smartphone Samsung lah yang dibekali Panel Super AMOLED. Kembali lagi ketopik, dari display yang dihasilkan sangat jernih dan tajam, lalu dari segi tampilan juga tidak kalah oke kenapa? Karena bagian layarnya terasa sangat penuh, sebab bezel tipis dan tanpa adanya notch dibagian tengah atas layarnya.

Kemudian layar ini dibekali resolusi 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 dan kerapatan layar 393 ppi. Untuk melindungi semu itu, pihak Samsung tidak ketinggalan menyematkan pelindung yakni Corning Gorilla Glass 3, walaupun bukan pelindung terbaru tetapi dari segi ketahanannya sudah cukup baik.

Selanjutnya kita akan membahas kualitas display yang dihasilkan dari layar Samsung A80. Menurut pendapat GSMArena, Samsung A80 menampilkan display dengan kecerahan cukup baik meski diluar ruangan, lalu layar ini dibekali sRGB sehingga tingkat akurasi yang ditawarkan sangat bagus.

4. Sistem UI Terbaru

Tidak hanya beberapa diatas, kelebihan lain dari Samsung A80 adalah menawarkan system operasi antara muka taerbaru yakni OneUI. Apabila dibandingkan dengan system operasi sebelumnya, system operasi ini hadir dengan perfoma lebih baik dibandingkan Experience UI.

Ditambah lagi dikombinasikan dengan Android 9.0 Pie, tentu akan membuat anda merasa lebih nyaman dan memberi pengalamaan lebih baik ketika menggunakan smartphone ini. Salah satu fitur yang menarik dari OneUI adalah dibekali fitur Dark Mode, Home Screen ragam warna, Gesture Navigation, dan Terdapat 3 Pilihan Power Mode.

Selain beberapa fitur diatas, pihak Samsung juga menawarkan fitur Galeri Khusus, dengan adanya fitur ini anda dapat menyimpan berbagai foto, video, game laucher bahkan Bixby Asisten tanpa harus mng-klik tombol khusus. Karena hal tersebutlah penulis memasukan system OneUI sebagai salah satu kelebihan samsung a80.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG S20 ULTRA BESERTA SPESIFIKASI

5. Inovasi Kamera Keren

kamera samsung a80

Kelebihan selanjutnya dari Samsung A80 Adalah menawarkan inovasi kamera yang menurut penulis sangat keren, inovasi seperti apa? Sebelum menjawab pertanya tersebut penulis akan mengulas spesifikasi kamera dari Samsung A80 terlebih dulu. Smartphone ini dibekali tiga kamera belakang, yakni Kamera Utama 48 MP, Kamera Ultrawide 8 MP dan Kamera TOF 3D. Nah yang menarik perhatiannya penulis adalah ketiga kamera belakang tersebut dapat diputar kedepan, sehingga dapat difungsikan sebagai kamera depan atau kamera selfie.

Untuk hasil jepretannya sendiri terbilang baik, karena kamera Samsung A80 telah dilengkapi Modul Sensor Sony IMX586 dengan 48MP Quad Bayer. Tidak hanya itu saja, pada kamera Samsung A80 telah dilengkapi fitur yang mampu mengatifkan Mode Pro sehingga hasil foto atau gambar akan lebih mantap lagi.

Diatas tadi merupakan pendapat penulis pribadi, sementara menurut pendapata GSMArena mengenai kamera dari Samsung A80 adalah dari kontras dan warna yang dihasilkan sangat cerah. Lalu untuk kamera mode 12 MP juga menghasilkan foto yang cukup baik, walaupun masih terdapat kekurangannya, tapi itu wajar untuk sekelas Samsung A80. Untuk menutupi kekurangan tersebut, disarankan untuk menggunakan mode 48MP saja. Terakhir untuk mode kamera 8MP juga terbilang cukup baik, tapi hasil foto atau gambar masih kurang tajam.

6. Dua Fitur Menarik Untuk Kenyaman Pengguna

Apakah dua fitur menarik tersebut? Samsung A80 tidak hanya menyediakan fitur yang keren dan lengkap, ternyata terdapat 2 fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan pengguna yakni intelligent performance enhancer dan Bixby Routines.

Untuk fitur intelligent performance enhancer dapat menyesuaikan kinerja Samsung A80 dari segi baterai, CPU dan Temperature Hp ini. sedangkan untuk fitur Bixby Routines dapat merekam atau menentukan pola aktivitas anda sehari-hari. Keren bukan?

7. Memiliki Fitur Keamanan Canggih

Menurut anda apakah fitur keamanan pada smartphone itu penting? Kalau menurut penulis sendiri fitur tersebut sangatlah penting dan wajib ada. Bagaimana menurut anda? Berbahas mengenai fitur keamanan, ternyata Samsung A80 telah menyematkan fitur keamana super canggih yakni fingerprint under display dan face-unlock.

Selain kedua fitur tersebut, smartphone ini juga menyediakan Samsung Knox yang berfungsi untuk menghubungkan ke smartphone lain dengan aman. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat menjalakan Samsung Pass, sehingga dapat mengakses situs atau website melalui otentikasi biometric.

8. Mendukung Aktivitas Gaming

Anda pecinta Game Online Mobile? Kalau iya, anda beruntung telah memilih Samsung A80, kenapa? Karena smartphone sangat garang untuk urusan gaming. Hal ini dikarenakan A80 dibekali RAM super besar yakni 8GB dan memori internal 128 GB bahkan dapat ditambah lagi hingga 512 GB. Bagaimana Keren kan?

9. Perfoma Kencang Dikelasnya

Selain cocok digunakan untuk bermain game, smartphone ini juga memiliki perfoma yang kecang karena dibekali Snapdragon 730 yang dapat meningkat apabila anda gunakan untuk bermain game. Dari uji coba yang sudah dilakukan, perfoma chipset ini 15 persen lebih kecang dibandingkan generasi sebelumnya. Hasil AnTuTu, Snapdragon 730G mendapat nilai terbilang tinggi, yakni 222 ribuan dengan nilai tersebut dapat dipastikan chipset ini lebih baik dari sebelumnya yang hanya memperoleh nilai, 160 ribuan saja.

Kekurangan Samsung A80

Setelah penulis membahas beberapa kelebihan dari Samsung A80, selanjutnya kita akan membahas kekurangan dari smartphone ini sebagai berikut:

10. Ketahanan Barterai Kurang

Meski smartphone sudah mendukung aktivitas gaming, tetapi sangat disayangkan ketahanan baterai yang ditawarkan masih kalah saing dengan smartphone pesaing sekelas Samsung A80. Walaupun sebenarnya smartphone ini sudah dibekali baterai berkapasitas 3.700 mAh, kapasitas yang terbilang cukup besar akan tetapi tidak mampu bertahan lama. Hal serupa juga diungkapkan oleh pihak GSMArena bahwa dari hasil uji coba mereka, smartphone ini hanya memperoleh edurance rating sebesar 80h saja.

Dari data uji coba tersebut dapat kita simpulkan, kalau ketahan baterai samsung a80 tergolong biasa saja. Selama penulis menggunakan smartphone ini untuk aktivitas menonton video hanya mampu bertahan selama 14 jam. Bagaimana menurut anda yang sudah menggunakan Samsung A80 ini?

11. Kinerja Fingerprint Kurang

Kenapa penulis bilang kinerja dari fitur pingerprint kurang? Sebab dari pengalaman pribadi penulis respon dari fitur ini terbilang lambat, padahal seperti yang kita tahu bahwa sidik jari atau fingerprint merupakan salah satu fitur paling penting untuk smartphone masa kini. Selain sebagai keamanan, dengan adanya fitur ini diharapkan penggunakan Samsung A80 dapat dengan mudah membuka kunci layar tanpa harus memasukan sandi, pola ataupun face unlock. Akan tetapi harapan tersebut tidak sesuai rencana, sebab respon fingerprint sangatlah lambat.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG S10 LITE BESERTA SPESIFIKASI

12. Tidak Dilengkapi Port Audio Jack 3,5 mm

Tidak perlu panjang lebar, mari ucapkan selamat tinggal pada Port Audio Jack 3,5 mm. karena pada smartphone Samsung kali ini fitur tersebut kembali absen, padahal masih banyak pengguna smartphone yang membutuhkan fitur tersebut, contohnya saya.

Tidak hanya pada Samsung A80, hampir semua smartphone dikelas menengah hingga atas telah menghilangkan fitur ini. mungkin karena hal tersebutlah, banyak calon pembeli lebih memilih smartphone lain yang masih menyediakan port audio jack 3,5 mm seperti Asus Zenfone 6.

13. Terlalu Berat dan Tebal

Walaupun smartphone ini menawarkan desain atau tampilan keren, akan tetapi terdapat nilai minus yakni smartphone terlalu berat dan tebal. Hal ini dikarenakan tiga kamera nya yang dapat diputar tersebut, lalu juga disebabkan oleh banyaknya tambahan onderdil. Menurut penulis hal tersebut juga menjadi nilai minus yang perlu anda tahu.

14. Tidak Dilengkapi Sertifikasi Anti Air dan Debu

Hampir sama dengan smartphone Samsung series A lainnya, yakni tidak dilengkapi sertifikasi anti air dan debu. Mungkin hal ini dikarena series tidak termaksud kelas atas, karena kebanyakan smartphone yang dilengkapi sertifikasi anti air dan debu adalah smartphone kelas atas.

Spesifikasi Samsung A80

Nama: Samsung Galaxy A80

Rilis: April 2019

Berat: 220 gram (g)

Material: kaca (depan), kaca (belakang), aluminium (frame)

Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED 6,7 inci

Resolusi Layar: Full HD+ 2.400 x 1.080 piksel

Proteksi Layar: Corning Gorilla Glass 3 (depan), Gorilla Glass 6 (belakang)

Chipset: Qualcomm Snapdragon 730 (7 nm)

Prosesor: Octa core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold + 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)

RAM: 8 GB

Memori Internal: 128 GB

Memori Eksternal: Tidak ada

Kamera Belakang: 48 MP (f/2.0, lensa wide 26 mm, PDAF) + 8 MP (f/2.2, lensa ultrawide 12 mm) + Time-of-Flight (TOF) 3D (f/1.2, 30 mm)

Kamera Depan: Sama dengan kamera belakang

Bluetooth: Versi 5.0, LE

USB: Type-C 2.0

Sensor: Fingerprint (di layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+

NFC: Ada

Baterai: 3.700 mAh (fast charging 25W)

Harga: Harga resmi Rp 9,5 juta

Demikian ulasan singkat yang bisa calonpengangguran sampaikan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung A80, semoga sedikit penjelasan tersebut dapat menjadi referensi anda untuk membeli smartphone ini atau tidak dan penulis ucapkan terima kasih atas perhatiannya.