Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z Flip – Salah satu smartphone terbaru luncuran perusahaan asal Korea Selatan, yakni Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone dengan layar yang bisa dilipat dan desain clamshell, meski bukan hal yang baru karena smartphone Motorola Razr sudah lebih dulu merilis smartphone dengan desain tersebut pada tahun lalu.

Walaupun begitu, pendapat dari VP IT & Mobile Business Samsung Electronics Indonesia, Bernard Ang bahwa Samsung Z Flip dirilis dengan tujuan memperkuat kategori smartphone terbaru di Indonesia. Smartphone ini mengalami optimasi Foldable UX sehingga lebih mudah digunakan. Samsung Z Flip resmi dijual mulai 6 maret ditoko Samsung seluruh Indonesia, dengan harga Rp 21.888.000.

Apakah harga tersebut pantas? Maka dari itu saya selaku penulis di situs calonpengangguran akan mengulas lebih dalam mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip dibawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip

Tipe

Tipe Smartphone , Phablet , Camera Phone , Bezel-less Phone
Shape        Flip

Dasar

OSAndroid
OS verSamsung One UI 2.0 running Android 10
SIMNano SIM
CPUQualcomm Snapdragon 855+ 7nm
Kecepatan CPU1 x 2.96 GHz Kryo 485 & 3 x 2.42 GHz Kryo 485 & 4 x 1.8 GHz Kryo 485
Storage256GB
RAM8GB
External StorageNo
Battery3.300 mAh, Quick Charge 15W

Layar

Ukuran Layar6.7 inches
ResolusiFHD+ 2636 x 1080 pixels

Network

Tipe: 2G , 3G , 4G (LTE)

2GGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3GHSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
4G (LTE)LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 12(700), 13(700), 14(700), 17(700), 18(800), 19(800), 20(800), 25(1900), 26(850), 28(700), 29(700), 30(2300), 34(2000), 38(2600),  39(1900), 40(2300), 41(2500), 46(5200), 66(1700/2100), 71(600).
Speed         HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A

Kamera

Kamera Utama12MP + 12MP
Kamera Depan10MP

Lainnya

Fitur Wi-Fi , Hotspot/Tethering , GPS , Bluetooth , OIS, Flash , Fingerprint Scanner , NFC ,    Wireless Charging, Dual Cameras.

Ukuran

DimensiFolded : 73.6 x 87.4 x 17.3mm (Hinge) – 15.4mm   (Sagging) Unfolded : 73.6 x 167.3 x 7.2mm – 6.9mm   (Screen)
Berat183 g

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip

Diatas sudah calonpengangguran singgung bahwa artikel ini akan berfokus membahas Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z Flip, pertama mari kita bahas kelebihan dari Samsung z flip dibawah ini.

Menawarkan Desain Lipat Terbaru

kelebihan dan kekurangan samsung z flip
Sumber Youtube

Salah satu kelebihan dari Samsung z flip yang dapat kita rasakan adalah menawarkan desain lipat terbaru dan tentunya keren. Desain ini menjadi hal yang unik dan keren bagi smartphone Samsung khususnya, sebelumnya Samsung juga sudah merilis seri flip namun masih dalam bentuk tabs, kali ini Samsung kembali merilis smartphone flip desain lipat dari atas kebawah yang benar-benar keren.

Sebenarnya konsep ini bukan hal baru, karena sebelumnya Motorola juga menawarkan konsep desain serupa yang dapat kita lihat dari rilisnya Motor RAZR 2019. Sementara pihak Samsung juga sudah merilis galaxy fold, namun masih dalam konsep tablet seperti yang sudah saya singgung diatas. Saya rasa konsep desain ini kembali populer setelah Samsung merilis Galaxy Z Flip dibandingkan generasi sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan Galaxy Fold, konsep desain Z Flip terbilang lebih kecil dan mudah disimpan dalam kantong saku. Menurut saya, konsep desain ini sangat menyenangkan dan keren, kenapa? Karena ketika kita melipat smartphone ini akan lebih kecil sehingga lebih mudah disimpan dibandingkan smartphone pada umumnya, lalu ketika kita membuka lipatanya layar z flip bisa digunakan layaknya smartphone biasa. Keren bukan?

Sementara spesifikasi layar Samsung Galaxy Z Flip yaitu berdimensi 167,3 x 73,6 x 7,2 mm dalam keadaan terbuka, ketika terlipat memiliki dimensi 87,4 x 73,6 x 17,3 mm. Dengan begitu Galaxy Z Flip akan terasa lebih Praktis dan mudah disimpan, kemudian bobot ponsel ini sendiri terbilang ringan hanya 183 gram. Bagaimana sudah mulai tertarik memiliki Galaxy Z Flip?

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG A71 BESERTA SPESIFIKASI

Kinerja Kamera Terbilang Baik

Kelebihan selanjutnya dari Samsung Galaxy Z Flip adalah dibekali dua kamera yang bekerja cukup baik. Selain menawarkan desain lipat yang unik dan keren, ternyata smartphone ini juga dibekali dua kamera, yakni kamera utama 12 MP dengan bukaan f/1.8 dan kamera kedua 12 MP dengan bukaan f/2,2 yang terbilang oke dalam menangkap gambar atau foto.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Situs Androidcentral bahwa kamera Samsung Galaxy Z Flip terbilang bagus, bahkan hampir mendekati kamera smartphone Samsung kelas Flagship, yakni Samsung galaxy s10 yang kita ketahui salah satu smartphone dengan kualitas kamera terbaik.

Sementara dari hasil uji coba saya sendiri, kamera smartphone mampu bekerja dengan baik pada kondisi cahaya terang. Namun, apabila kondisi minim cahaya kamera tidak mampu menghasilkan gambar atau foto sebaik diatas. Untuk menutupi kekurangan tersebut anda bisa mengatur kamera HDR malam, dipastikan hasil gambar atau foto akan lebih baik dari sebelumnya.

Dibekali Dua Layar

layar samsung z flip
Sumber Youtube

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa smartphone ini memiliki konsep desain lipat, maka diperlukan dua layar yang memiliki fungsi berbeda. Pasti anda semua sudah tahu dimana layar pertama atau utama smartphone ini bukan?

Yah benar layar pertama berada didalam ketika dilipat, sedangkan ketika tidak dilipat akan berada diluar. Layar utama ini dibekali panel Dynamic AMOLED berdimensi 6,7 inci, dengan rasio 1080 x 2636 piksel dan sudah mendukung HDR10+.

Yang menjadi hal menarik dari layar utama smartphone ini adalah masih dilengkapi panel andalan Samsung, yakni Panel Super AMOLED. Menurut saya tersedianya teknologi tersebut menjadi salah satu nilai plus tersendiri, untuk kualitasnya sendiri saya rasa tidak perlu lagi kita bahas. Karena pada beberapa tulisan saya lainnya mengenai smartphone Samsung sudah banyak membahas keunggulan panel Super AMOLED ini.

Dilihat dari spesifikasi layarnya menggunakan bahan material kaca tipis yang bisa fleksibel. Meski tergolong tipis, pihak Samsung mengklaim bahwa layar z flip tahan dari goresan. Namun secara khusus hal ini masih jadi bahan perdebatan, tetapi menurut saya layar z flip sudah terbilang bagus dari segi ketahanan meskipun berbahan kaca tipis.

Tidak sampai disitu saja, menurut pendapat Androidcentral bahwa Samsung Galaxy Z Flip merupakan smartphone lipat pertama kali yang sudah menawarkan konsep desain, layar dan engsel yang koheren dan toughtfull. Setelah banyak mengulas layar pertama smartphone ini, lalu dimana layar keduanya?

Layar kedua z flip berada dipojok bawah akan terlihat ketika smartphone ini dilipat, menurut saya layar kedua ini sebagai cover display dibagian luar dengan dimensi 1,1 inci, berteknologi Super AMOLED dan Resolusi 112 x 300 piksel.

Jika kita melihat konsep Samsung, maka dapat dipastikan bahwa layar kedua ini berfungsi sebagai notifikasi, dengan begitu pengguna lebih dimudahkan melihat pesan masuk atau lainnya tanpa harus repot-repot membuka.

Memiliki Performa Kencang Dikelasnya

Keunggulan selanjutnya adalah memiliki performa kencang dikelasnya, menurut saya sebagai smartphone masa kini performa menjadi salah satu penentu seseorang ingin membeli sebuah smartphone selain desain dan harga. Hal ini dikarenakan dari data riset google mengenai penggunaan smartphone yang dilakukan sejak tahun 2019 lalu, memperoleh data bahwa 90% pengguna smartphone menggunakan ponsel mereka untuk bermain game 3D online seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire dan lain-lain.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A51 TERLENGKAP

Maka bisa dipastikan kalau smartphone Samsung terbaru ini tidak menawarkan performa kecang tidak akan laku dipasaran. Untungnya pihak Samsung sadar akan hal tersebut, kenapa? Karena jika kita melihat performa smartphone terbilang kencang dikeleasnya. Hal ini dikarenakan smartphone menggunakan chipset Snapdragon 855+ yang tidak perlu lagi diragukan performanya, karena banyak smartphone dikelasnya juga menggunakan chipset ini yakni ROG Phone II, Black Shark 2 Pro, Realme X2 Pro dan sejenisnya.

Untuk menunjang performanya, smartphone dilengkapi RAM 8 GB dan memori internal 256 GB dengan tipe UFS 3.0, bagaimana keren bukan? Saya rasa anda semua sudah mengetahui performa smartphone ini tanpa harus saya jelaskan. Sebagai tambahan, menurut situs Engadget bahwa smartphone ini mampu bekerja dengan lancer dan cepat ketika melakukan multitasking dengan mode split-screen.

Baterai Tahan Lama

Meski smartphone hanya dibekali baterai berkapasitas 3.300 mAh saja, kapasitas yang terbilang kecil untuk smartphone flagship masa kini. Namun dari tulisan saya sebelumnya sudah dijelaskan bahwa yang terpeting adalah ketahanan baterai bukan kapasitas baterainya. Walaupun baterai kecil, dari segi ketahanannya terbilang baik dikelasnya.

Hal yang perlu anda ketahui kenapa baterai Samsung z Flip mampu bertahan lama, karena smartphone memiliki kombinasi dua baterai tanam yang bekerja lebih efesien dibandingkan satu baterai tanam. Dari data uji coba menurut pengguna Androidcentral bahwa ketahanan baterai Samsung z flip mampu bertahan hingga 18 jam dengan penggunaan normal, sedangkan pada penggunaan berat mampu bertahan 13 jam saja. Keren bukan?

OneUI Android 10 dan NFC

Kelebihan terakhir Samsung Galaxy Z Flip adalah menggunakan system One UI 2.0 yang berbasis Android 10. Dengan adanya fitur ini z flip mampu menampilkan gerakan super halus dan responsive layaknya smartphone flagship pada umumnya.

Kemudian Samsung Z flip juga didukung NFC yang membuat smartphone ini lebih lengkap lagi, meskipun fitur ini masih terbatas tetapi berguna untuk membantuk pengguna dalam aktifitas sehar-hari.

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip

Layar Tidak Tahan Dari Benturan

Diatas sudah saya singgung bahwa layar utama smartphone ini tahan dari goresan, namun masih banyak yang memperdebatkan ketahanan layar galaxy z flip dari benturan. Sebenarnya kalau kita menggunakan secara hati-hati layar ini tetap mampu bertahan dengan baik.

Tapi kalau terjadi sesuatu yang tidak sengaja seperti jatuh, ketahanan layarnya masih diragukan apalagi bahan material yang digunakan adalah kaca tipis tentu berpotensi pecah lebih tinggi. Hal serupa juga diungkapkan oleh JerryRigEverything dari videonya.

Fast Charging Hanya 15W

Jika kita bandingkan dengan smartphone Samsung terbaru yakni A71 yang dibekali fast charging 25W, Samsung Z Flip terbilang kalah padahal termaksud kelas Flagship.

Oleh karena, pengisian baterai hingga penuh memerlukan waktu 1 jam 45 menit hal ini diungkapkan oleh Android Authority. Mengingat smartphone hanya memiliki baterai berkapasitas 3.300 mAh waktu tersebut terbilang lama, sehingga kurang oke.

Daya Tahan Jangka Panjang Diragukan

Kekurangan selanjutnya dari Samsung Galaxy Z Flip adalah daya tahan jangka panjang masih diragukan. Pasalnya banyak dugaan bahwa smartphone akan mudah rusak sehingga tidak mampu tahan dalam jangka waktu yang lama. Sementara menurut pihak Samsung sendiri smartphone ini mampu bertahan hingga 5 tahun.

Untuk memperkuat argument tersebut, pihak Samsung memberi bukti bahwa mereka telah melakukan uji coba membuka tutup layar sebanyak 200 ribu kali, perhari pengguna hanya bisa membuka layar 100 kali saja, maka dapat dipastikan bahwa galaxy z flip mampu bertahan selama 5 tahun.

Walaupun begitu, kita sebagai calon pengguna memerlukan bukti nyata sebab belum pernah ada yang menggunakan smartphone ini selama 5 tahun tersebut. Itu menurut pandangan saya, kalau menurut anda bagaimana?

Dimensi Layar Kedua Sangat Kecil

kamera samsung z flip
Sumber teknologi.bisnis.com/

Kekurangan selanjutnya dari Samsung z flip adalah dimensi layar kedua terbilang kecil, walaupun fungsi utama dari layar kedua hanya sebagai notifikasi tapi saya rasa dengan ukuran 1,1 inchi terbilang sangatlah kecil jika kita melihat dari harga jualnya yang mencapai 20 jutaan. Menurut anda bagaimana? Sependapatkah dengan saya?

Harganya Cukup Mahal

Diatas sudah saya singgung bahwa harga jual dari Samsung z flip terbilang sangat mahal mencapai Rp. 21 jutaan, meski harga tersebut masih terbilang lebih rendah dibandingkan galaxy fold yang mencapai Rp. 30 jutaan. Mahalkan?

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A01 BESERTA SPESIFIKASI TERLENGKAP

Fitur Andalan Samsung Galaxy Z Flip

Selain menjelaskan kelebihan dan kekurangan Samsung Z Flip, calonpengangguran juga akan menjelaskan beberapa fitur andalan dari smartphone ini. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

So Long, Tripod

Dengan adanya fitur Mode Flex, pengguna smartphone ini tidak lagi membutuhkan tripod untuk mengambil foto dan video yang keren. Hal ini dikarenakan Samsung z flip menyediakan desain lipat, sehingga pengguna dapat meletakkan smartphone dimana saja dengan mudah.

Mencipta Konten Hyperslapse dan Low-Light Menakjubkan

Selanjutnya dengan adanya system lipat yang dapat disesuaikan pada beberapa sudut, sehingga ketika pengguna mengkombinasikan dengan Night Mode akan meberikan pengalaman baru yang sangat keren dan mudah tentunya. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah merekam video hyperlapse yang menakjubkan dimalam hari karena adanya fitur Hyperlapse dan Night Mode.

Penggunaan Aplikasi

Salah satu fitur andalan selanjutnya dari smartphone ini adalah pengguna akan diberikan pratinjau bidik pada bagian atas layar sedangkan untuk mengatur kamera, mode, serta pengaturan lainnya dapat diakses di bagian bawah. Keren bukan?
 

Pilihan Aspek Rasio Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya anda sebagai konten creator akan lebih mudah menghasilkan foto dan video yang dibutukan, karena kamera Samsung z flip ini menyediakan fitur mode Flex, dengan begitu anda dapat membuat konten sesuai dengan kebutuhan baik itu foto atau video dengan mudah. Lalu anda bisa menikmati setengah layar pada bagian atas dengan rasio 1:1, 9:16, 3:4, 9:22 dan 16:9.

Video Chat Bebas Hambatan

Karena smartphone ini mampu diletakkan pada posisi tegak dan mode hands-free, maka memberikan kenyamanan pada pengguna untuk mengambil video dan melakukan chat secara bersamaan. 
 

Mendukung Multi-Tasking

Selain itu, smartphone ini juga memberi kesan unik pada layar dan adanya dukungan fitur multi-tasking yang dapat memudahkan anda melakukan beberapa aktifitas secara bersamaan.
 

Kehadiran Cover Display Serba Guna

Terakhir adalah hadirnya cover display serba guna, dengan begitu pengguna diberi kebebasan mengatus cover display sehingga notifikasi dapat diatur sesuai kebutuhan, mengambil selfie dan sebagainya – tanpa perlu membuka ponsel.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z Flip, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.