Kelebihan dan Kekurangan Samsung Note 10 Lite – Setelah merilis banyak smartphone Samsung Series Note sebelumnya, kini perusahaan asal Korea Selatan kembali merilis gadget terbaru mereka yang diberi nama Samsung Note 10 Lite.

Banyak anggapan bahwa smartphone Samsung series note dijual dengan harga yang cukup mahal atau diatas 10 jutaan, dengan harga tersebut tidak sedikit orang yang complain bahwa harga smartphone series note sebelumnya sangatlah mahal.

Dugaan saya dari keluhan tersebutlah pihak Samsung mencoba memberikan yang terbaik untuk pengguna smartphone dengan merilis Samsung Note 10 Lite ini, kenapa? Pasalnya smartphone terbaru Samsung ini dijual dengan harga yang cukup murah dibandingkan series note lain, yakni hanya Rp. 8 Jutaan.

Walaupun harganya murah, tidak menutup kemungkinan fitur yang dibawa tidak jauh berbeda dari generasi note sebelumnya. Maka dari itu saya selaku penulis di calonpengangguran akan berbagi informasi mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung Note 10 Lite yang perlu anda ketahui sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite

Umum

DiumumkanJanuari, 2020
Jaringan2G, 3G, 4G
SIM CardSingle SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

Dimensi163.7 x 76.1 x 8.7 mm
Berat199 g

Layar

JenisLayar sentuh kapasitif Super AMOLED
Ukuran6,7 inci
Resolusi1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan ~394 ppi)

Hardware

ChipsetExynos 9810 (10 nm)
CPUOcta-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.7 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G72 MP18

Memori

RAM8 GB
Memori Internal128 GB
Memori EksternalmicroSD, hingga 1 TB

Kamera Utama

Jumlah Kamera3
Resolusi12 MP + 12 MP + 12 MP
Fitur– 12 MP, f/1.7, 27mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, Dual     Pixel PDAF, OIS
– 12 MP, f/2.4, 52mm (telefoto), 1/3.6″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
– 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
Fitur: LED flash, panorama, HDR
Video2160p@30fps, 1080p@30/60fps (gyro-EIS), 720p@960fps

Kamera Selfie

Jumlah Kamera1
Resolusi32 MP, f/2.2, 25mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
FiturHDR
Video1080p@30fps

Konektivitas

WlanWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
NFCAda
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
USB2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

JenisLi-Po
Kapasitas4500 mAh tidak dapat dilepas
FiturPengisian baterai cepat 25W

Fitur

OS (Saat Dirilis)Android 10
SensorFingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass
– Samsung DeX (desktop experience support)
– ANT+
3.5mm Jack 
WarnaAura Glow, Aura Black, Aura Red
LainnyaFitur layar:
– Always-on display
– HDR

Fitur lainnya:
– Stylus (Bluetooth integration, accelerometer, gyro)

Kelebihan Samsung Note 10 Lite

Sudah saya jelaskan bahwa artikel ini berfokus pada Kelebihan dan Kekurangan Samsung Note 10 Lite, pada pembahasan pertama kita akan mengulas kelebihan Samsung Note 10 Lite terlebih dahulu sebagai berikut.

1. Menawarkan Desain Premium

kelebihan samsung note 10 lite
Sumber Youtube

Kelebihan pertama dari Samsung Note 10 Lite yang dapat anda rasakan adalah menawarkan desain premium, desain ini dilengkapi dengan layar Infinity-O berukuran 6,7 inchi dan memiliki lubang punch dibagian tengah atas serta bezel kecil. Namun sayangnya untuk bagian bingkai kanan, kiri, atas dan bawah sedikit lebih tebal dibandingkan generasi sebelumnya yakni Galaxy Note 10.

Untuk bagian belakang sendiri masih terkesan biasa saja, dikarenakan smartphone ini masih menggunakan bahan material plastic. Meski begitu, karena perpaduan warna Aura Glow dan Aura Black menambah kesan premium pada galaxy note 10 lite.

2. Dilengkapi 3 Kamera Keren

kelebihan dan kekurangan samsung note 10 lite
Sumber www.tek.id/

Sebagai smartphone masa kini selain dari desain atau tampil, kualitas kamera menjadi salah satu factor penarik minat seseorang untuk membeli sebuah smartphone. Karena dari hasil survey hampir 80% orang membeli smartphone yang memiliki kamera berkualitas baik.

Untungnya pihak Samsung sadar akan hal tersebut, pasalnya smartphone ini dibekali 3 kamera yang mampu menghasilkan foto atau gambar yang menakjubkan. Kamera utama beresolusi 12 MP dengan bukaan f/1.7 yang dilengkapi fitur Dual Pixel PDAF dan OIS. Kemudian kamera kedua beresolusi 12 MP dengan bukaan f/2.4, apalagi kamera kedua ini sudah dilengkapi PDAF dan OIS serta adanya fitur 2x optical zoom. Terakhir atau kamera ketiga memiliki resolusi 12 MP dengan lensa ultra-wide. 

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG Z FLIP BESERTA SPESIFIKASI

Menurut GSMArena kamera Samsung note 10 lite menghasilkan kualitas foto atau gambar yang tidak jauh berbeda dari kamera Samsung note 10. Seperti yang kita ketahui, kamera smartphone ini mampu menghasilkan foto dengan detail, rentang dinamis dan warna yang jelas. Untuk lensa tele bekerja dengan baik dalam mengambil foto. Namun ultra-wide masih kurang memuaskan dalam mengambil kedetailan foto.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

Kelebihan selanjutnya dari Samsung galaxy note 10 lite adalah menawarkan baterai yang tahan lama. Hal serupa juga diungkapkan oleh Situs Gadgets NDTV,  yang telah melakukan uji coba bahwa baterai smartphone mampu bertahan 17 jam 35 menit ketika sedang menonton video loop HD. Hasil uji coba tersebut terbilang bagus dikelas Samsung Note 10 Lite.

Pihak GSMArena juga melakukan uji coba dengan hasil endurance rating sebesar 92h, hasil tersebut juga terbilang sangat baik dari segi ketahanan baterai yang dimiliki Samsung note 10 lite ini. Semua hal tersebut bisa terjadi karena smartphone ini dibekali baterai berkapasitas besar, yakni 4.500 mAh yang terbilang sangat besar dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya memiliki baterai 3.500 mAh saja.

4. Fast Charging 25W

Rasanya tidak lengkap kalau sebuah smartphone hanya dibekali baterai berkapasitas besar tanpa adanya dukung fitur fast charging yang besar pula. Untung pihak Samsung sudah memperhitungkan hal tersebut, karena smartphone ini didukung fast charging 25w yang mampu mempercepat pengisian daya baterai yang dimiliki note 10 lite ini.

Pihak GSMArena telah melakukan uji coba pengisian baterai, hasilnya sangat mengejutkan. Pasalnya smartphone ini hanya memerlukan waktu 1 jam 23 menit agar baterai terisi sampai penuh. Untuk 30 menit pertama baterai mampu terisi sampai 50%, menurut saya ini hasil yang sangat menakjubkan dibandingkan generasi note sebelumnya.

5. Chipset Exynos 9810 yang Masih Relevan

Meski chipset yang digunakan pada Samsung note 10 lite ini belum mengalami upgrade, namun menurut saya Chipset Exynos 9810 sudah lebih dari cukup untuk menunjang performa dari smartphone ini. Seperti yang kita ketahui chipset ini sempat menjadi chip unggulan ditahun 2018 sehingga tidak perlu lagi diragukan ketangguhannya.

Selama menggunakan smartphone ini mampu bekerja sangat baik untuk aktifitas sehari-hari seperti bermain social media, nonton film dan bermain game 3D. Demi menunjang performa chipset ini pihak Samsung juga menanamkan varian RAM, yakni 6 GB dan 8GB. Dari pengalaman saya RAM tersebut mampu menunjang aktifitas bermain game 3D yang sedang populer akhir-akhir yaitu Mobile Legends, Free Fire dan PUBG dengan lancer.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG A71 BESERTA SPESIFIKASI

6. S Pen

Seperti yang kita ketahui fitur yang terdapat pada series note yakni S Pen merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi pembeli, menurut saya hal tersebut memang benar. Pendapat dari Kaizad Billimoria dari situs Stuff.tv hadirnya fitur S Pen mampu memberikan pengalaman yang unik bagi pengguna dan perlu kita beri apresiasi.

Salah satu pengalaman unik dari fitur S Pen yakni mampu memudahkan anda dapat menulis catatan tanpa harus mengetik, selain itu fitur ini juga bisa memudahkan anda mencoret-coret pekerjaan yang sedang dicek dengan mudah meski dalam kondisi off screen. Namun ada nilai minus dari fitur S Pen note 10 lite, karena tidak semua fitur yang terdapat pada note 10 dan note 10 plus ada pada note 10 lite. Salah satunya adalah fitur Air Gesture dan fitur untuk mengubah mode kamera.

7. Layar Super AMOLED yang Cerah

Kelebihan Samsung note 10 lite adalah menggunakan layar Super AMOLED, seperti yang kita tahu panel layar tersebut merupakan teknologi asli milik Samsung yang tidak perlu lagi kita ragukan kualitas dalam menghasilkan display pada layar. Demi menunjang hal tersebut, pihak Samsung membekali smartphone ini dengan layar yang luas, yakni layar 6,7 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel dan rasio 20:9.

Jika melihat dari desain layar terbilang sangat bagus, hal serupa juga diungkapkan oleh situs Firspost bahwa layar smartphone ini didesain sangat bagus dan display layarnya mampu menghasilkan kontras warna detail. Selain layar smartphone ini juga sangat cerah dan tidak mengalami perubahan meski dilihat pada sudut pandang yang berbeda.

8. Masih Ada Audio Jack

Kesalahan terbesar pada smartphone kelas atas yang tidak kompak dalam menghilang fitur audio jack 3,5 mm seperti halnya pada note 10 dan note 10 plus yang tidak memiliki fitur ini. Namun pada note 10 lite fitur Audio Jack 3,5 mm ada, menurut saya dengan adanya fitur ini menjad nilai plus tersendiri dibandingkan generasi sebelumnya.

Sehingga pengguna yang menginginkan smartphone dilengkapi fitur audio jack 3,5 mm dengan harga murah bisa membeli Samsung note 10 lite ini.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A51 TERLENGKAP

9. Harga Lebih Murah

Kelebihan terakhir dari Samsung note 10 lite adalah dijual dengan harga terbilang murah, yakni 8,2 juta, harga ini dibilang murah karena varian note 10 dan note 10 plus jauh lebih mahal. Jadi bagi anda yang menginginkan smartphone kelas atas dengan fitur S Pen dan lainya dengan lengkap Samsung note 10 lite bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda semua.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 10 Lite

kekurangan samsung note 10 lite
Sumber Youtube

10. Kamera Selfie 32 MP

Salah satu kekurangan Samsung Note 10 Lite dapat kita rasakan dari kamera selfie yang tidak bekerja secara maksimal, meski kamera depan ini memiliki resolusi 32 MP namun hasil foto atau gambar selfie kurang oke. Hal serupa juga diungkapkan oleh situs Sammobile bahwa hasil foto dari kamera selfie smartphone terasa lebih lembut dan kurang berkelas meski berasal dari kamera beresolusi 32 MP.

11. Tidak Dibekali Samsung DeX

Kekurangan selanjutnya dari Samsung Note 10 Lite adalah absennya fitur Samsung DeX, padahal yang kita ketahui fitur ini merupakan fitur wajib pada smartphone Samsung S series dan Note series.

Kegunaan dari fitur ini adalah untuk menghubungkan smartphone anda dengan layar laptop atau PC, sehingga smartphone ini dapat difungsikan seperti laptop dan PC nantinya.

12. Chipset Tidak Buruk tapi Seri Lama

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa smartphone ini masih menggunakan chipset lama yakni Chipset Exynos 9810 yang sudah lebih dulu ada pada smartphone Samsung generasi sebelumnya. Memang benar bahwa chipset tersebut memiliki performa terbilang unggul dibandingkan smartphone dikelas lainnya.

Hal serupa juga diungkap oleh Stuff.tv bahwa dari segi performa, chipset ini terbilang kencang sehingga mampu menunjang beberapa aktifitas sehari-hari seperti bermain game 3D. sama halnya dengan pendapat Gadgets NDTV, bahwa Samsung Note 10 Lite mampu mengakses aplikasi game berat seperti PUBG Mobile dengan lancar bahkan pada pengaturan grafis tinggi.

Jika performa chipset ini baik lantas dibagian mananya kurang? Apabila kita membahas performa dari chipset ini sudah saya katanya sangat baik, namun seperti yang sudah disinggung bahwa chipset ini sudah lama digunakan artinya tidak lagi dimasanya. Seharusnya Samsung Note 10 Lite yang merupakan smartphone series note terbaru dibekali chipset terbaru juga.

13. Tidak Ada Sertifikasi Tahan Air

Bagi sebagian orang yang suka beraktifitas diluar ruangan, adanya fitur anti air menjadi salah satu hal yang diperlukan. Namun sayangnya untuk kelas series note terbaru Samsung ini tidak memiliki sertifikasi tahan air, artinya smartphone ini tidak cocok untuk anda yang suka bertualangan.

14. Kamera Ultra-wide Kurang Detail

Diatas sudah sayang singgung bahwa salah satu kamera dari smartphone ini tidak bekerja dengan maksimal, kamera tersebut yaitu Kamera Ultra-wide yang tidak mampu menghasilkan foto atau gambar dengan detail. Hal ini dapat anda lihat ketika memperbesar ukuran foto, akan terlihat celahnya.

Demikian ulasan singkat dari calonpengangguran mengenai Kelebihan dan Kekurangan Samsung Note 10 Lite yang perlu anda ketahui, semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca Juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SAMSUNG GALAXY A01 BESERTA SPESIFIKASI TERLENGKAP