Fotografer Indonesia – Apa sih yang dimaksud dengan Fotografer? Yaitu seseorang yang memiliki bakat dalam bidang memotret objek dan mentrasformasikan bentuk dari foto tersebut.

Dalam fotografi, salah satu prinsinya yaitu memotret dituntut untuk  membidik objek pada momen yang di tentukan dan harus cepat dalam menekan tombol bidik.

Mengapa demikian? Karena moment yang menarik dan unik sangat langka ditemukan. Oleh karena itu, para fotografer tak hanya harus melihat semua hasil gambar yang telah diambil.

Melainkan untuk mendapatkan gambar yang bagus, tentunya para fotografer harus terjun ke lapangan dan melihat disekeliling lokasi untuk mendapatkan hasil potret terbaik.

Selain itu, mereka dapat merasakan manfaat yang lebih besar karena pernah terjun ke lapangan secara langsung. Misalnya saja anda dapat menciptakan suatu karya dan memanipulasinya dalam segala situasi dan kondisi ketika pemotretan berlangsung dengan hasil karya gambar ataupun foto yang maksimal.  

Para fotografer Indonesia sering kali memanfaatkan pencahayaan baik dari cahaya alami maupun buatan manusia, dimana mereka sekaligus menentukan sudut yang tepat untuk mengambil objek dengan hasil gambar yang bagus tanpa sedikit pun cacat.

Baca Juga Foto Studio: Pengertian, Kategori, Tips, Alat Pendukung dan Objek

Seputar Dunia Fotografer

Fotogrfer Indonesia yang telah terkenal tentunya telah memahami bagaimana menciptakan suatu karya menarik dan unik baik di ruang terbuka maupun tertutup.

Menciptakan karya tersebut diibaratkan seperti sekumpulan energi yang membentuk sebuah alur dan mendapatkan titik terang, menyerupai melodi yang dimainkan menjadi alunan yang sempurna.

Kinerja dalam dunia fotografer harus lebih cepat ketika pemotretan dan mengetahui  bagaimana cara kerja shutter dan kapan flash harus di gunakan.

Jika hal ini tidak di perhatikan, maka hasil gambar yang anda potret tidak bagus, karena moment langka yang akan ia potret ketika itu sekejap menghilang.

Untuk menjadi seorang fotografer professional memang membutuhkan niat, usaha dan menerapkannya di lapangan. Adapun yang perlu dipelajari seperti dasar-dasar fotografi, cara setting kamera dan masih banyak lagi.

Mungkin bagi anda ada yang tertarik untuk berprofesi sebagai seorang fotografer terkenal di Indonesia seperti Rio Wibowo, Darwis dan lain sebagainya.  Berikut ini saya sebagai penulis CalonPenganguran akan menyajikan artikel mengenai fotografer Indonesia yang telah terkenal dan sukses yaitu :

13 Fotografer Indonesia yang Terkenal

1. ANDREAS DARWIS TRIADI

Fotografer Indonesia ANDREAS DARWIS TRIADI
Ralali News

Di dunia pemotretan (fotografi) Andreas Darwis Triadi sudah memiliki pengalaman yang cukup luas. Fotograger yang sering disapa Darwis ini talah memulai karir dalam dunia fotografi sejak tahun 1979. Bakat yang dimilikinya tentu tidak diragukan lagi bukan, karena namanya telah dikenal di Indonesia.

Darwis telah memperlihatkan prestasinya dalam bentuk hasil karya fotografinya pada majalah tahunan Hasselblad. Pada tahun 1980, Darwis megawali karirnya dengan memotret untuk bahan brosur Hotel Borobudur dibayar sebesar Rp 50.000.

Jejak perjalanan fotogrfi beliau semakin dikenal orang dan selalu menunjukkan karya yang berbeda, dimana ditahun 1981 Darwis bersama rekan-rekannya (para fotografer amatir) mempromosikan hasil karyanya.

Para fotografer amatir tersebut memajang hasil karya  dengan bermacam-macam foto ataupun gambar yang bertemakan lanskap dan humanis, selain itu Darwis juga memajang beberapa foto model dan peragawati.

Ada beberapa pengunjung yang kagum melihat karyanya dan ada juga yang perpendapat bahwa Darwis sebagai fotografer yang tidak tahu teknik foto. Menurut saya hal itu sangat wajar, namun sebagai seorang manusia seharus kata-kata tersebut tidak pantas diucapkan.

Lanjut, Pada Tahun 1990 karirnya semakin bagus, ia diberikan tangunggjawab untuk mempromosikan karyanya di majalah tahunan yang berskala internasional Hasselblad.

Dalam kurun waktu yang sama, ia juga menampilkan slide andalannya dalam acara Photo Kina International Competition di Kohn, Jerman.

Selain itu karya Darwis yang mengenai artikel spesial tentang Indonesia juga di tampilkan pada Majalah Vogue, dimana majalah tersebut juga berskala internasional.

Selanjutnya ditahun  1997, seorang Produsen lampu Broncolor, Bron Elektronik AG dari Swiss, meminta Darwis untuk mengisi kalender Broncolor tahun di 1997.

Hasil Karya Darwis Dalam Bentuk Foto Brand Produk

  • Nokia,
  • Philips,
  • BCA,
  • Permata Bank,
  • Satelindo,
  • Indofood,Sony Ericsson,
  • Telkom, PT. Unilever,
  • Bank Mandiri,
  • Mustika Ratu,
  • Sari Ayu,
  • Warner Music,
  • Aquarius Music,
  • Sony Music.               

Hasil Karya Darwis Dalam Bentuk Buku

  • Kembang Setaman,
  • Secret Lighting,
  • Terra Incognita Tropicale.
  • Majalah Indonesian Photographer.

Selain beberapa karya diatas Darwis sering mengadakan seminar, dan workshop mengenai fotografi. Bahkan kini beliau telah membangun lembaga pendidikan fotografi di Jakarta Selatan serta mempunyai studio Darwis Triadi Photography.

Darwis juga mendirikan sekolahan yang bernama Darwis Triadi School of Photography. Bangunana ini merupakan salah satu cita-cita Darwis, agar dunia fotografi menjadi lebih terbuka dan berkembang.

Baca Juga Fotografi Potrait Beserta Tips Membidiknya Sekaligus Sejarahnya

2. STANLEY ALLAN

Fotografer Indonesia STANLEY ALLAN
Kumparan

Stanley Allan merupakan salah satu fotografer Indonesia yang terkenal dan bergerak khusus dalam bidang pemotretan pernikahan. Fotografer yang disapa Stanley ini telah merintis karirnya dalam dunia fotografi sejak tahun1997.

Selain itu Stanley juga diberikn julukan sebagai fotografer wedding ternama di Jakarta dan telah bergerak dalam bidang fashion fotografer sejak tahun 1997 setelah lulus dari Leselle Collage Jakarta.

3. JIMMY ISKANDAR

Fotografer Indonesia JIMMY ISKANDAR
Wikipedia

Jimmy Iskandar merupakan ahli waris dari Tarzan Photo yang  keberadaannya talah ada sejak tahun 1948. Dengan memiliki modal 13 jutaan, Jimmy berani untuk bersaing dalam dunia fotografi dan akhirnya Tarzan Photo berhasil terkenal karenawaktu  itu mempelopori foto bermedia kanvas.

Jimmy belajar dalam bidang fotografi secara Otodidak dan telaten sejak foto hitam putih, foto berwarna, sampai era digital. Foto 5 Presiden RI yang berada di Istana Negara, merupakan hasil pemotretan yang dilakukan oleh Tarzan Photo.

Selain itu pernah di percaya untuk memotret  pada event Internasional seperti KTT Non Blok ke 10 (tahun 992) dan Konferensi Asia Afrika (KAA) Golden Anniversary (tahun 2005), kedua acara tersebut telah membawa namanya pada masa puncak kejayaannya dalam duunia fotografi.

Bakat yang dimiliki oleh sang ayah bernama Tjhang Khioe Sian telah mendarah daging kepada anaknya Jimmy Iskandar. Dimana pada mas kecil, ia telah kagum dan tertarik dengan karir sang ayah, sebagai juru foto dokumentasi surat-surat resmi dan pas foto dengan menggunakan alat sederhana manual.

Pada usia 18 tahun, Jimmy telah hafal dan paham dengan tombol-tombol yang terdapat pada kamera. Pada tahun 1980-an merupakan awal ia berkarir dalam bidang fotografi, seperti yang sudah saya jelaskan diatas dengan modal sekitar 13 jutaan ia membuka usaha dalam dunia fotografi dan Jimmy hanya memerlukan waktu 5 tahun untuk menjadi terkenal.

Baca Juga Berikut Ini Penjelasan Fotografi Alam Beserta Tips Membidiknya Secara Tepat

4. MARSIO JUWONO

Fotografer Indonesia MARSIO JUWONO
Twitter

Marsio Juwono merupakan salah satu fotografer Indonesia yang cukup terkenal. Ia merintis karir nya sejak tahun 2002 dalam dunia fotografi pre-wedding terpopuler.

Marsio bergerak dalam bidang pemotretan ini telah mencapai 15 tahun dan selama itu ia berkarya. Setelah lamanya berkarya ia memutuskan untuk menjadi pembicara di berbagai kelas fotografi.

5. JACKY SUHARTO

Fotografer Indonesia JACKY SUHARTO
SgbPhotography

Sama seperti Stanley Allan, Jacky Suharto juga dikenal sebagai seorang fotografer dalam pemotretan foto pernikahan.  Ia begitu ahli dalam dunia fotografi pre-wedding khusus nya di wilayah Jakarta

Jacky mengawali karirnyadi bidang fotografi sejak taun2000. Seiring waktu berjalan karir yang dibidiknya ini semakin tenar serta menjadi fotografer terkenal di Indonesia.

6. RIO FOTOGRAFI

Fotografer Indonesia RIO FOTOGRAFI
The Daily Oktagon

Meskipun bukan selebrti, Rio fotografi tentunya tak asing lagi ditelinga anda bukan? Yah betul fotografer yang sering dipercaya untuk memotret para artis papan atas ini memiliki kehandalan khusus dan mempunyai karya-karyanya tak perlu diragukan kembali.

Selain itu, ia juga memiliki keahlian memotrat di bidang foto pre-wedding, pernikahan, foto kelahiran, kehamilan, keluarga dan masih banyak lagi. Perjalanan Rio mengenal fotografi ini sejak tahun 2003, kemudian di tahun 2004 ia mulai tertarik untuk mengeluti bisnis di dunia fotografi.

Pertama kali ia membeli kamera dari hasil kerjanya selama menjadi SPB dan berjualan. Ia memotreat seseorang pertama kali pada waktu itu dibayar Rp 50.000, kemudian dari harga tersebut naik ke angaka Rp 75.000 dan hingga sekarang karirnya terus memuncak.

7. DIERA BACHIR

DIERA BACHIR
Twitter

Siapa sih yang tak mengenal Diera Bachir?  Ia adalah fotografer wanita dan memiliki paras cantik yang karirnya memuncak berkat karya foto pre-wedding dan pregnancy photos (foto kehamilan). Konsep dari karyanya tersebut yaitu dreamy dan flawless, maka para wanita banyak mengemarinya.

Selain itu Diera ini merupakan salah satu fotografer yang seing dipercaya untuk memotret para artis top tanah air. Salah satu menjadikan karirnya semakin meroket pada saat melakukan pemotretan foto pre-wedding Olla Ramlan.

Diera Bachir lahir 11 Juli 1985 ini mengawali karirnya hanya sekedar hobby memotret disekitar apa yang ia lihat  dan travelling membuat Diera semakin mengeluti bidang fotografi ini. Dimana hasil karya yang ia potret langsung di unggah ke sosial media.

Tak disangka dari hasil karyanya tersebut banyak mengundang tawaran Job untuk dipercaya memotrat diberbagai event seperti pra-wedding sampai wedding. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa ciri khas dari Style foto Diera yaitu dreamy, soft dan flawless.

Baca Juga Berikut Penjelasan Fotografi Makro dan Tips Memotretnya Secara Lengkap

8. ROSSIE HARDY

Fotografer Indonesia ROSSIE HARDY
Way Up North

Kebanyakan para fotografer khawatir jika karya fotonya di unggah ke website dengan resolusi tinggi. Selain itu ada faktor lain yakni karyanya takut dicuri ataupun diambil ha miliknya. Berbeda dari seorang fotografer muda Indonesia yang bernama Rossie Hardy ia mengunggah karya fotonya di Flickr.

Rossie Hardy memulai belajar kamera sejak usia 15 tahun, dengan bermodal peralatan, lamu dan gaya serta sedikit teknik fotografi. Kini karir fotogrfer wanita ini sangat melambung serta di pertimbangkan dalam dunia fotografi di Indonesia. Selain itu Rossie di berikan keperrcayaan memgang paket album Maroon 5, majalah Elle serta X-Factor UK.

9. NICOLINE PATRICIA MALINA

NICOLINE PATRICIA MALINA
SgbPhotography

Nicoline Patricia merupakan julukan nama di dunia fotografi, dimana ia mengawali karirnya di negara Belanda. Nicoline adalah seorang fotografer yang berfokus memotret dunia fashion di Indonesia.

Nicoline sudah 12 tahun berkarir di Indonesia dan telah memulai karir di Indonesia sejak tahun 2008 dan secara langsung menangani beberapa produk komersial.

10. ANDRA ALODITA

ANDRA ALODITA
Vosfoyer

Andra Alodita merupakan fotografer Indonesia wanita yang menjadi kebanggan tanah air. Dalam dunia karirnya dibidang fotografi, ia sempat diremehkan oleh banyak orang karena ia merupakan fotografer yang style-nya selalu tampil feminime.

Akan tetapi, ejekan tersebut tak membuat Andra putus asa, justru dia selalu termotivasi untuk menciptakan karya.  Salah satu karya yang ia geluti yaitu di bidang pemotretan pernikahan, gaya terkini, serta backstage fashion di Indonesia.

Wanita yang lahir pada 7 Oktober 1986 ini namanya sudah taka sing lagi di dunia para blogger. Andra Alodita telah mengemari dunia seni sejak ia masih kecil dan fotografi telah mengantarkannya kedalam  pekerjaan yang sesuai dengan passion-nya.

Pertama kali ia hanya belajar belajar melukis, menari dan memasak, seiring watu berjalan, kini wanita lulusan Universitas Pelita Harapan tersebut telah sukses dan karirnya melambung sebagai salah satu fotografer wanita kebanggaan Indonesia.

11. OSCAR MOTULOH

OSCAR MOTULOH
Wikipedia

Oscar Motuloh merupakan salah satu fotografer Indonesia yang bergerak dalam bidang foto jurnalistik. Pria kelahiran 17 Agustus 1959 ini memulai karirnya di bidang jurnalistik ketika menjadi seorang reporter di Agensi Berita Nasional antara di tahun 1988.

Setelah bekerja dua tahun, kemudian ia di mutasi ke Devisi Press Photo dan akhirnya di tahun 2004 hingga 2009 ia memimpin Devisi tersebut. Oscar Motuloh adalah pendiri dari Galeri Foto Jurnalistik Antara.

Selain itu ia juga mengajarkan ilmu jurnalisme foto di Indonesia, mengontrol pameran foto, pembicara seminar dan workshop fotografi serta menciptakan beberapa buku mengenai fotografi. Selanjutnya jika ada lomba fotografi di Indonesia maupun luarnegri, ia juga dipercaya untuk menjadi juri.

12. ERIK PRASETYA

ERIK PRASETYA
Inet Detik

Erik Prasetya pertama kali memegang kamera ketika berusia 10 tahun, dimana setiap ia bepertgian selalu mengabadikan moment dan belajar mencetak hasil foto yang ia potret. Pada tahun 1990, Erik berfokus untuk memotret sekeliling kawasan Sudirman-Thamrin. Oleh karena itu foto yang ia potret ini dinamakan street photography (Foto Jalanan).

Di tahun itu street photography belum terlalu tenar seperti saat ini, ia melakukan foto jalanan selama 15 tahun di Jakarta. Hasil karya selama itu , kemudian dipamerkan yang bertajuk “Jakarta Estetika Banal”

13. ARBAIN RAMBEY

ARBAIN RAMBEY
Universitas Muhammadiyah Malang

Arbain Rambey merupakan seorang wartawan foto nasional yang lahir di Semarang, 2 Juli 1961. Saat ini Arbain masih sering berpergian keliling Indonesia untuk memotret keindahan alam dan budaya yang ada di Indonesia dengan menggunakan kamera dan drone. Karya yang diciptakan selalu di terbitkan oleh pihak koran Indonesia, Kompas.

7 Fotografer Indonesia Yang Terkenal di Instagram

1. Rio Wibowo

Rio Wibowo
Indonesia Tatler

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa Rio Wibowo atau lebih sering di sap Rio Motret merupakan  seorang fotografer handal yang berbakat dalam menghasilkan sebuah foto bernuansa sederhana. Setiap hasil potretnya akan di posting melalui akun instagram pribadinya.

Rio telah mengawali karirnya sejak tahun 2004 dan hingga saat ini ia dipercaya oleh kalangan para artis tanah air untuk memotretnya. Salah satu karya yang dipamerkan yakni Alkisah, dimana karya tersebut terinspirasi dari konsep cerita rakyat Indonesia.

2. Diera Bachir

Diera Bachir
The Bride Dept

Diera Bachir adalah fotografer wanita kelahiran 11 Juli 1985 yang bertalenta dalam dunia fotografi pre-wedding dan travelling. Wanita ini memiliki banyak karya yang selalu di unggah melalui akun sosial medianya seperti Instagram pribadinya.

Selain Rio motret, ternyata fotografer wanita ini juga di berikan kepercayaan oleh kalangan para artis papan atas untuk melakukan pemotretan berbagai sesi foto, baik foto wedding ­maupun pre wedding shoot, maternity shoot,  family shoot dan masih banyak lagi.

3. Mario Ardi

Mario Ardi
IDN Times

Mario Ardi adalah salah satu fotografer kebanggan tanah air yang lahir di kota Semarang. Ia tertarik dalam dunia fotografi karena hobi memotret sejak duduk di bangku SMP dan kini perjalanannya karirnya semakin sukses dan tenar.

Ia memiliki akun Instagram pribadi yang bernama Mario Photography, di akun Instagramnya, ia sering memposting karya hasil potretnya kepada followersnya. Mario terkadang juga memiliki Job memotret yang diminta oleh beberapa artis.

4. Ritta Rajagukguk

Ritta Rajagukguk
Swa

Ritta Rajagukguk merupakan seorang ftografer Indonesia yang bertalenta di dunia fotografi bayi.  Dimana ia mengawali karirnya sejak tahun 2010.

Karya fotonya diposting ke media sosial melalui akun Instagram pribadinya yaitu Ritta Rajagukguk. Kemudian dari hasil postingan tersebut mendapat dukungan dan tanggapan yang positif dari para netizen.

Pada tahun 2012, Ritta mendapatkan penghargaan (reward) International Competition dari National Association of Profesional Child Photography (NAPCP) kategori baby.

Kemudian di tahun 2016 ia juga berhasil menyabet penghargaan kembali dari Recognition of Merit dengan model Gempita Nora Marten yang merupakan  putri dari pasutri Gading Marten dan Gisella Anastasia).

5. Jacky Soeharto

Jacky Soeharto
Jasafotojakarta

Sama seperti halnya yang saya jelaskan diatas, bahwa Jacky Soeharto adalah fotografer yang berfokus di dunia fashion photography dan wedding photography. Jacky sering memposting karyanya melalui akun Instagram pribadinya dan mendapat tanggapan positif dari para netizen.

Jacky Soeharto pernah diminta untuk melakukan pemotretan di kalangan para artis seperti Eva Celia dan Gita Gutawa. Sudah 11 tahun lamanya  ia mengeluti di dunia fotografi dan kini karirnya terus melambung tinggi.

6. Nicoline Patricia Malina

Nicoline Patricia Malina
Indonesia Tatler

Pertama kali Nicoline memakai kamera analog brand dari produk Nikon F2, tak lama kemudian ia beralih ke kamera digitalkarena fotografi analog banyak menguras biaya dan memiliki banyak kekurangan. Fotografer wanita kelahiran Surabaya, 6 Desember 1984 ini merintis karirnya didunia fotogrfai sejak tahun 2006.

Nicoline tertarik di dunia pemotretan awalnya hanya hobby dan mengisi wakto kosongnya, tak disangka ia untuk lebih dalam mengeluti dunia fotografi, sehingga karirnya semakin melejit terus.

Pada tahun 2007, yang berhasil menyabet penghargaandari  Iconique Societas Excellence in Photography Award. Anda dapat melihat hasil karya foto potretnya di akun Instagram pribadinya yaitu @npmalina.

7. Aldo Sinatra

Aldo Sinatra
YuKepo

Nama Aldo Sinatra mungkin belum sepopuler fotografer yang lainnya, tapi jangan salah, kiprah Aldo dalam menciptakan sebuah foto tidak bisa dipandang sebelah mata. Tema-tema unik sering menjadi pilihannya untuk membuat karya yang tidak biasa.

Beberapa aktris seperti Vicky Shu dan Febby Rastanty juga mempercayai Aldo untuk mengabadikan potret diri mereka. Nggak hanya bermodal wajah ganteng, Aldo juga selalu mengasah kemampuannya untuk menjadi fotografer profesional. 

Demikian ulasan diatas mengenai Fotografer Indonesia yang Terkenal. Semoga sedikit informasi dari calonpengangguran pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih atas perhatiannya.