kelebihan dan kekurangan samsung a30
Samsung Smartphone Teknologi

Berikut Penjelasan, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A30

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A30 – Kini perusahan smartphone merk Samsung kembali merilis produk terbaru mereka, yaitu Samsung Galaxy A30 dikelas menengah kebawah. Meskipun dikelas menengah bawah bukan berarti Samsung A30 dibekali spesifikasi rendah.

Pasalnya smartphone ini siap bersaing dengan merk lain dikelasnya seperti Oppo, Xiaomi, Vivo dan lain-lain. Namun sebagai suatu produk buatan manusia tentu Samsung A30 memiliki kelebihan dan kekurangan.

Penasaran apa saja? Berikut penjelasan singkat tentang Kelebihan dan Kekurangan Samsung A30 dibawah ini.

Kelebihan Samsung A30

kelebihan samsung a30
Sumber www.bigw.com.au/

Pertama saya akan menjelaskan apa saja kelebihan samsung a30 ini, lebih jelasnya simak ulasan dibawah.

1. Menawarkan Tampilan kekinian

Tidak lengkap rasanya kalau smartphone masa kini tidak menawarkan tampilan kekinian, karena menurut saya minat seseorang untuk membeli sebuah produk ditentukan dari tampilan atau desain produk tersebut.

Jadi desain atau tampilan menjadi faktor utama seseorang ingin membeli sebuah produk, contoh smartphone samsung a30 ini. Jika kita lihat lebih dekat tampilan dari samsung a30 sudah termaksud kekinian, artinya desain yang ditawarkan oleh pihak samsung kepada konsumen sudah disesuaikan dengan perkembangan smartphone saat ini.

Maka dari itu desain menjadi salah satu kelebihan samsung a30, karena smartphone ini menawarkan desain yang keren dan tentunya kekinian. Seperti dibagian depannya, a30 didesain sangat bersih dan terdapat tampilan titisan air Infinity-U membantu mengurangi bezel di sekelilingnya.

Kemudian samsung a30 juga menawarkan layar berukuran 6,4 inci dengan bezel ramping di sekelilingnya dan rasio layar ke bodi sebesar 84,9 persen. Meskipun terdapat substansial di sepanjang bagian tepi bawah, namun tetap keren dipandang.

2. Kinerja Mantap Dikelasnya

Secara umum pengguna smartphone atau ponsel pintar tidak terbatas, artinya setiap orang menggunakan ponsel pintar sesuai kebutuhan masing-masing.

Jika anda hanya menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi seperti bermain sosial media, melakukan panggilan maupun bermain game online saja, saya rasa samsung a30 sudah sangat sesuai.

Pasalnya samsung a30 dibekali prosesor Exynos 7904 berperfoma cukup tangguh untuk menjalankan beberapa aplikasi diatas. Prosesor ini asli buatan Samsung yang tidak perlu kita ragukan lagi kinerjanya.

Exynos 7904 dilengkapi fabrikasi 14 nanometer (nm), yang saya rasa prosesor ini sudah cukup tangguh dari segi perfomanya. Namun bagi anda yang sudah melakukan eksperimen terhadap smartphone atau suka bermain game mobile berat akan merasa sedikit kecewa.

Karena untuk bisa menjalan game berat seperti PUBG mengharuskan anda melakukan pengaturan grafis low, jika dipaksa mengatur grafis high ditakutkan samsung a30 akan blenk white atau eror.

3. Kapasitas Penyimpanan Besar

Tidak lengkap rasanya kalau kita membeli sebuah smartphone berteknologi cagih dan berfoma kecang, namun kapasitas penyimpan internal kecil. Apakah anda sependapat dengan saya?

Bagaimana dengan samsung a30 ini? untungnya smartphone ini menawarkan penyimpanan internal yang besar. Pasalnya samsung a30 menawarkan 2 versi penyimpanan internal yaitu 32 GB dan 64 GB.

Dengan kapasitas penyimpanan tersebut menjadi kelebihan lain dari samsung a30. Jadi sebagai pengguna smartphone ini tidak perlu khawatir melakukan penyimpanan file dalam jumlah yang besar.

Selain dari segi penyimpanan internalnya, hal lain yang menjadi kelebihan samsung a30 adalah RAM nya. Smartphone ini dibekal RAM 4 GB ditambah dengan penggunaan prosesor Exynos 7904 sehingga lebih mantap.

4. Baterai Berkapasitas Besar

Kelebihan lain dari samsung a30 dapat kita rasakan dari ketahanan baterainya. Meskipun tidak setangguh A50, saya rasa dengan kapasitas baterai 4.000 mAh yang dimiliki Samsung A30 sudah lebih dari cukup.

Dikarenakan Kapasitas baterai tersebut smartphone ini mampu bertahan seharian dengan penggunaan normal.

Namun jika anda gunakan untuk bermain game ataupun membuka sosial media seperti whatsapp, Instagram maupun facebook, mungkin hanya mampu bertahan 5 sampai 6 jam saja.

5. Layar Super AMOLED

Jika anda pengguna setia dari smartphone samsung pasti tidak heran lagi, kalau layar smartphone ini menggunakan material super AMOLED. Karena hampir semua smartphone rilisan samsung menggunakan layar super AMOLED yang tidak perlu diragukan lagi ketahannya.

Samsung A30 juga menggunakan layar super AMOLED ini, sehingga dari segi ketahanan dan kualitas gambar yang dihasilkan tidak perlu kita ragukan lagi. Meskipun layar dilihat dari sugut ekstrem, tingkat kecerahan tinggi dan tetap jernih di luar ruangan.

Baca Juga Ketahui, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A70 Terlengkap

Layar ini berukuran 6.4 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel. Ditambah dengan rasio layar 19:5:9, seperti yang sudah saya singgung diatas desain layar dari samsung a30 dinamakan Infinity U Display atau layar dengan notch kecil berbentuk bulat dibagian atas tengah.

6. Layar Berukuran Luas Tapi tetap nyaman

Seperti penjelasan diatas bahwa layar dari Samsung A30 memiliki ukuran 6,4 inci, bisa anda bayangkan seluas apa layar tersebut. Namun dari pengalaman saya setelah menggunakan samsung a30, meskipun layar luas tetap nyaman digenggam.

Dan kualitas gambar pada layar sangat baik, karena layar ini mampu menghasilkan gambar Full High Definiton Plus (Full HD+) 2.340 x 1.080 piksel. Apakah mulai tertarik dengan Samsung A30? Kuy beli haha

7. Dual Kamera

Kita sudah membahas beberapa bagian penting dari sebuah smartphone, seperti desain, perfoma dan kualitas layar serta gambarnya. Lalu bagaimana dengan sektor kameranya mas?

karena menurut saya kamera menjadi salah satu faktor terpenting bagi sebuah smartphone untuk menarik minat pembeli atau penguna ponsel pintar, khususnya Samsung A30.

Dari segi kamera yang ditawarkan Samsung A30 sudah sangat oke, pasalnya smartphone ini dibekali dua kamera belakang. Satu kamera utama beresolusi 16 MP dengan bukan lensa yang cukup lebar, yakni f/1.7.

Lalu kamera kedua beresolusi 5 MP yang berfungsi untuk memotret gambar dengan jangkauan yang lebih luas. Selain itu, kamera Samsung A30 dilengkapi beberapa fitur tambahan seperti LED Flash, panorama dan HDR. Bagaimana keren bukan?

Bukan hanya itu saja, dari sektor kamera depan Samsung A30 menawarkan resolusi 16 MP. Ditambah beberapa fitur seperti kecantikan, stiker dan emoji AR hingga live focus untuk efek blur pada foto.

8. Menggunakan USB Type-C

Kenapa penggunaan USB Type-C termaksud kelebihan Samsung A30? Karena tidak semua smartphone terbaru menawarkan fitur ini. Padahal dengan adanya fitur USB Type-C memudahkan pengguna untuk mengirim file dan mengisi daya baterai secara efisien.

9. Dibekali Audio Jack 3.5 mm

Salah satu keunggulan lain dari Samsung A30 adalah hadirnya audio jack berukuran 3.5 mm yang sudah jarang kita jumpai pada smartphone masa kini. Padahal dengan adanya fitur audio jack memudahkan kita untuk menghubungkan smartphone dengan earphone tanpa harus melalui port USB.

10. Menggunakan Slot Dedicated

Beberapa smartphone masa kini lebih memilih menggunakan slot Hybird yang mengharuskan pengguna memilih mau menggunakan 1 SIM Card + microSD atau 2 Sim Card tanpa microSD, seperti pada smartphone xiaomi redmi 5 plus.

Untungnya Samsung A30 menggunakan Slot Dedicated sehingga pengguna bisa menggunakan 2 Sim Card + microSD secara bersamaan. Dengan begitu penyimpanan smartphone ini semakin besar, dari penyimpanan internal saja mencapai 32 GB atau 64 GB ditambah dengan microSD akan semakin besar lagi.

11. Sensor Komplit

Kelebihan lain dari Samsung A30 dapat kita lihat dari kelengkapan sensornya, seperti pada Samsung A20 generasi sebelumnya yang tidak menyediakan fitur sensor Gyroscope. Beda halnya dengan Samsung A30 yang menyediakan fitur tersebut.

Kekurangan Samsung A30

kekurangan samsung a30
Sumber www.mobigyaan.com/

Tidak lengkap rasanya kalau kita hanya membahas kelebihan dari Samsung A30 saja, maka dari itu saya juga akan membahas beberapa kekurangan Samsung A30. Simak penjelasn dibawah ini.

12. Sensor Sidik Jari Masih di Belakang

Sebenarnya Samsung A30 sudah sangat oke karena dilengkapi fitur fingerprint dibagian belakang, tapi peletak fingerprint atau sidik jari dibagian belakang sudah sangat wajar.

Kenapa pihak Samsung tidak melakukan inovasi baru meletakan fingerprint dibagian depan layaknya Iphone atau disamping. Selain itu, dari segi responsif fitur sidik jari ini sering lambat melakukan respon.

13. Sensor Unlock Kurang Responsif

Samsung A30 tidak hanya dilengkapi fitur fingerprint dari segi keamanannya, melainkan ada fitur unlock atau sesor wajah. Namun sayangnya, fitur ini tidak bekerja sesuai harapan pengguna.

14. Performa Gaming Kurang Maksimal

Bagi pecinta game mobile tentu merasa kecewa karena Samsung A30 tidak beroperasi sebaik ponsel pintar lain dikelasnya. Hal ini dikarena Samsung Galaxy A30 menggunakan prosesor  Exynos 7904 yang kurang mendukung kegiatan bermain game.

Padahal di zaman sekarang ini pengguna smartphone rata-rata menggunakan ponsel pintar mereka untuk bermain game. Tapi tenang anda tetap bisa bermain game online dengan melakukan pengaturan grafis Mali G71 MP2 karena tidak dapat mengimbangi Adreno 612.

15. Lagi-lagi Tanpa NFC

Mungkin bagi beberapa orang ada atau tidaknya fitur NFC tidak terlalu penting, namun bagi mereka yang suka melakukan transaksi online tentu sangat membutuhkan fitur NFC ini. Tapi sangat disayangkan pada Samsung A30 NFC tidak tersedia, kenapa fitur NFC tidak ada? Karena pihak Samsung berniat menekan harga jualnya.

16. Tidak Tahan Air dan Debu

Kekurangan selanjutnya dari Samsung A30 dapat kita rasakan dari bodinya yang tidak tahan air dan debu mudah menempel. Tapi saya rasa hal ini wajar sih, jika kita bandingkan dengan smartphone Samsung S10 yang sudah tahan air dan debu tidak mudah menempel. Jadi sebagai pengguna Samsung A30 harus lebih berhati-hati.

17. Tidak Ada Fitur OIS ataupun EIS

Samsung A30 tidak menyediakan fitur OIS atau EIS sehingga dalam melakukan pengambilan video hasil tidak begitu stabil. Padahal banyak orang yang membutuhkan fitur ini dikamera smartphone meraka. Anda bisa menggunakan stabilizer untuk memperoleh video lebih stabil.

18. Kapasitas Baterai Kurang Besar

Meskipun Samsung A30 dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh, namun untuk smartphone masa kini kapasitas baterai tersebut sudah wajar. Kita lihat saja pada Samsung M20 yang dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh.

19. Harga

Disini saya tidak ingin menjelek-jelekan pihak samsung ya, atas rilisnya smartphone Samsung A30 mereka. Disini saya hanya ingin melakukan perbandingan antara Samsung A30 dan Samsung M20.

Kedua smartphone tersebut sama-sama besutan Samsung, lalu dari segi spesifikasi keduanya hampir sama dari Prosesor yang digunakan dan RAM. Namun Samsung M20 diunggulkan dari segi kapasitas baterai 5.000 mAH.

Jadi, apabila kedua smartphone tersebut dijual dengan jarak harga tidak lebih dari Rp. 500 ribu, saya lebih menyarankan pada anda untuk membeli Samsung M20 dibandingkan Galaxy A30.

Spesifikasi Samsung A30

Terakhir saya akan memberi infomarsi mengenai spesifikasi smartphone Samsung A30 berikut ini.

  • Nama: Samsung Galaxy A30
  • Rilis: Februari 2019
  • Berat: 165 gram
  • Material: Kaca (depan) dan plastik (bodi)
  • Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED 6,4 inci
  • Resolusi Layar: Full HD+ 2.340 x 1.080 piksel
  • Proteksi Layar: Corning Gorilla Glass 3
  • Chipset: Samsung Exynos 7904 (14 nm)
  • Prosesor: Octa core (2×1,8 GHz Cortex-A73 + 6×1,6 Ghz Cortex-A53)
  • RAM: 3 GB/4 GB
  • Memori Internal: 32 GB/64 GB
  • Memori Eksternal: dedicated microSD card hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 16 MP (f/1.7, PDAF) + 5 MP (f/2.2, 12 nm, lensa ultrawide)
  • Kamera Depan: 16 MP (f/2.0)
  • Bluetooth: 5.0 LE
  • USB: Type-C
  • Sensor: Fingerprint (belakang), accelerometer, proximity, compass
  • NFC: Tidak ada
  • Waterproof: Tidak ada
  • Baterai: 4.000 mAh (fast battery charging 15W)
  • Harga: Mulai dari Rp 2.742.000

Demikianlah ulasan singkat saya tentang Kelebihan dan Kekurangan Samsung A30 , semoga sedikit pengetahuan saya dapat bermanfaat untuk anda seemua dan terima kasih atas perhatiannya.

One Reply to “Berikut Penjelasan, Kelebihan dan Kekurangan Samsung A30

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *