Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Memperbaiki Error Boot Device Not Found Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Error Boot Device Not FoundApakah PC atau Laptop kamu pernah mengalami error device not found? Umumnya masalah ini terjadi pada saat kamu menghidupkan komputer yang sebelumnya bejalan dengan baik, tapi tanpa diduga tiba-tiba muncul pesan Boot Device Not Found.

Pasti kamu sedikit cemas dan panik, bukan? Sebenarnya notifikasi pesan tersebut pengguna diminta untuk menginstal sistem operasi pada hardisk yang terpasang dalam perangkat tersebut. Selain itu, terdapat perintah tekan tombol F2 untuk menjalankan System Diagnostics.

Perlu diketahui, terjadinya error boot device not found ini bisa dikatakan masalah yang cukup serius, karena semua ini diakibatkan oleh kegagalan sistem ditunjukkan dari konfigurasi hardware dalam perangkat yang tidak berjalan normal.

Lantas bagaimana Cara Memperbaiki Error Boot Device Not Found? Tenang saja dan tidak perlu cemas, karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan menyajikan sebuah artikel yang membahas tentang tips mengatasi masalah tersebut. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini :

Faktor Utama Terjadinya Error Boot Device Not Found

Seperti yang sudah saya singgung diatas, ketika kamu akan menyalakan computer tiba-tiba kamu memperoleh notifikasi pesan Boot Device Not Found. Faktanya, penyebab utama tampil keterangan seperti pesan tersebut dikarenakan PC kamu sedang mengalami kegagalan hardware di dalam internal devicenya.

Disisi lain, sistem juga menemukan terjadinya kesalahan konfigurasi atau kerusakan file software. Sehingga membuat beberapa fungsi di computer mu tidak bisa bekerja secara maksimal dan memunculkan notifikasi error.

Cara Memperbaiki Error Boot Device Not Found

Cara Memperbaiki Error Boot Device Not Found

Disini untuk memperbaiki terjadinya Error Boot Device Not Found, saya menyediakan 3 meotode yang dapat kamu coba. Pertaman menggunakan Setup Utility, kedua melalui Command Prompt, dan terakhir kamu bisa mengecek Koneksi Antara Perangkat Keras . Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan dibawah ini :

1. Melalui Setup Utility

  1. Pertama jika memperoleh pesan notifikasi Boot Device Not Found setelah menghidupkan PC, langsung saja tekan tombol CTRL + ALT + Delete di keyboard mu masing-masing.
  2. Kemudian komputer akan merespon langsung dan klik tombol F10/F8 beberapa kali agar bisa masuk kedalam BIOS. Namun, terkadang setiap computer memiliki kode masuk ke BIOS yang berbeda-beda.
  3. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke tampilan Setup Utility. Baca informasi di bawah untuk tombol navigasi.
  4. Silahkan geser ke samping untuk masuk ke pengaturan System Configuration.
  5. Kemudian scroll kebawah dan buka Boot Options.
  6. Disini kamu bisa mengaktifkan Legacy Support dengan menekan enter.
  7. Cek dan pastikan status Legacy Support berganti menjadi Enable. Silahkan konfirmasi dengan cara klik Yes.
  8. Selanjutnya kamu tinggal menekan F10 atau bisa juga mengarahkan ke menu Exit.
  9. Silahkan kembali di tampilan Boot Device Not Found, dimana nantik terdapat perintah untuk menginputkan kode 0592 + Enter untuk booting ulang. Klik perintah tersebut.
  10. Selesai dan selamat mencoba.

2. Melalui Command Prompt

Didalam program Command Prompt, kamu dapat memasukan bootrec.exe. Apa itu bootrec.exe? yakni salah satu tool yang berfungsi untuk mengatur konfigurasi kembali BCD (Data Configuration Boot).

Kemudian perintah itu membritahukan informasi cara menjalankan perangkat Windows yang terdapat pada PC milik mu. Jika kamu kurang jelas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pertama  klik start, lalu arahkan ke kolom pencarian dan ketikan Command Prompt.Setelah ketemu langsung saja klik.
  2. Kemudian klik kanan CMD dan tap run as administrator.
  3. Disini silahkan inputkan perintah bootrec /RebuildBcd dan tekan Enter, kemudian bootrec /fixMbr dan tekan Enter,  bootrec /fixboot dantekan Ente.
  4. Bila sudah semuannya, close Command Prompt dan restart komputer kamu masing-masing.
  5. Selesai dan selamat mencoba.

3. Cek Koneksi Antara Perangkat Keras

Cara yang ketiga ini hanya berlaku untuk computer yang sudah disertai dengan cabinet. Silahkan cek komponen PC mu. Caranya buka casing hingga komponen dalamnya tampak semua.

Pertama, cek saluran kabel satu persatu, apakah ada yang terlepas atau tidak. Pastikan kembali, bahwa kabel terpasang sesuai tempatnya. Setelah itu, periksa juga perangkat drive, apakah sudah terkoneksi dengan motherboard melalui penghubung kabel yang sesuai.

Motherboard merupakan komponen utama yang berfungsi untuk menjalankan semua hardware di dalam PC. Bila terdapat bagian yang tidak rusak atau kurang bagus, maka PC akan mengirimkan sinyal error.

Jika kamu tidak memiliki skill tinggi di cara terakhir ini, alangkah baiknya jangan dilakukan. Silahkan bawa ke customer service masing-masing merk perangkat mu atau tempat servis laptop/PC.

Akhir Kata

Demikianlah informasi singkat dari Calonpengangguran mengenai Cara Mengatasi Error Boot Device Not Found. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya khususnya sobat Calonpengangguran. Sekian dan terima kasih.

Share

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *