Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

Cara Daftar Antrian Online UMKM 2021 Dengan Mudah, Klik Disini!

Cara Daftar Antrian Online UMKM 2021 — Usaha Mikro Kecil Menengah atau lebih dikenal dengan UMKM ini merupakan usaha di bidang perdagangan yang dilakukan oleh badan usaha atau perorangan. Jenis usaha semacam ini memiliki jangkauan luas, karena dalam pengelolaannya mudah dijalankan dan dikembangkan.

Namun sejak adanya pandemi dari tahun 2020 di Indonesia, UMKM mengalami permasalahan dalam bidang permodalan. Apalagi Covid 19 di dunia ini tidak kunjung hilang, hal ini membuat sebagian para UMKM memilih gulung tikar, karena penjualan mereka sepi. Sehingga pendapatan yang didapat tidak sebanding dengan uang modal.

Disisi lain pemerintah Indonesia juga sudah mengambil kebijakan, yaitu meluncurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau biasa disebut BLT UMKM. Kini bantuan semacam ini sedang gencar-gencarnya dicairkan oleh pemerintah.

Tujuan dari BLT UMKM ini diharapkan mampu membantu masyarakat UMKM yang sedang membutuhkan. Bantuan UMKM tahap 3 ini sudah bisa dicairkan sejak tanggal 19 Juli 2021. Sementara itu, pemerintah dalam melakukan pencairan dana menerapkan sistem online. Artinya kamu yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan harus melakukan pendaftaran antrian secara online. 

Lantas bagaimana Cara Daftar Antrian Online UMKM 2021? Untuk mengetahui hai ini, ikutin terus pembahasan ini hingga selesai. Cekidot!

Sekilas Tentang Antrian Online UMKM

BLT UMKM yang di luncurkan pada tanggal 19Juli 2021 merupakan kebijakan tahap 3 dari pemerintah Indonesia. Untuk mencairkan dana bantuan UMKM ini, kamu tidak bisa langsung pergi ke bank. Kenapa? Karena kamu diwajibkan melakukan pendaftaran antrian terlebih dulu secara online.

Langkah yang diambil oleh pemerintah pusat ini sangat bagus, karena untuk mencegah terjadinya kerumunan yang bisa terjadi di bank. Selain itu, setiap harinya bank juga menerapkan pembatasan jumlah nasabah yang akan melakukan penarikan bantuan UMKM.

Jadi bagi kamu yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan UMKM, silahkan segera mengambil antrian online agar bisa secepatnya mencairkan dana bantuan tersebut. 

Cara Daftar Nomor Antrian Online UMKM

Disini mungkin ada beberapa penerima bantuan UMKM yang masih bingung untuk melakukan pendaftaran nomor antrian online UMKM. Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena Calonpengangguran.com akan memberikan langkah-langkah daftar antrian online ini. Berikut adalah caranya :

  • Pertama buka browser di ponsel kamu masing-masing, lalu masuk ke situs https://eform.bri.co.id/.
  • Selanjutnya scroll kebawah sampai menemukan BPUM, jika sudah ketemu tap langsung.
  • Setelah itu kamu akan ditampilkan halaman penerima bantuan UMKM, disini silahkan isi  kolom no KTP dan kode verifikasi. Lalu tap tombol Proses Inquiry. Dengan begitu, kita akan mengetahui hasilnya, yaitu apakah kamu termasuk penerima bantuan UMKM atau tidak.
Cara Daftar Antrian Online UMKM 2021
  • Jika kamu termasuk penerima, maka kamu bisa mendaftar antrian dengan memasukkan Provinsi-mu. 
  • Kemudian isi Kabupaten/Kota tinggal kamu, jangan lupa isi unit kerja Bank BRI yang ada di wilayah kamu. 
  • Setelah itu masukkan kode verifikasi.
  • Pilih jadwal pengambilan dana bantuan yang diinginkan. Jika kamu tidak bisa mengambil jadwal pilih tapi tidak bisa, maka itu menandakan kuota pengambilan pada hari tersebut sudah full dan silahkan pilih hari lain saja.
  • Jika sudah muncul hari pengambilan dana, lalu tap tombol Proses Reservasi dan nanti akan muncul kode referensi (bukti reservasi kamu). 
  • Terakhir tap tombol cetak untuk mengunduh kode referensi tersebut. Jangan sampai hilang Kode referensi, karena fungsinya sangat  penting dan bisa digunakan untuk pembatalan reservasi.

Syarat Pencairan Dana Bantuan UMKM

Sebelumnya kamu sudah tahu belum apa saja syarat untuk melakukan pencairan dana bantuan UMKM ini? mungkin beberapa orang belum ada yang tahu. Sebenarnya untuk mencairkan dana sangat mudah.

Bagi kamu penerima bantuan UMKM yang sudah mendapatkan nomor antrian secara online, silahkan pergi ke bank sesuai dengan hari pencairan yang telah dipilih. Bantuan BLT UMKM Tahap 3 ini, setiap penerima akan mendapatkan uang hingga Rp.1.200.000. 

Sebelum kamu pergi ke bank, pastikan terlebih dulu membawa persyaratan seperti berikut ini :

  1. Jangan lupa bawa KTP, kartu ATM dan buku tabungan
  2. Jangan lupa bawa surat pernyataan dari desa setempat
  3. Kamu wajib punya notifikasi bukti pemberitahuan penerima BPUM

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan singkat pada kesempatan kali ini dari Calonpengangguran.com tentang Cara Daftar Antrian Online UMKM 2021. Semoga bisa bermanfaat bagi para penerima BLT UMKM. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.

Share

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!