Situs Yang Menyajikan Artikel Teknologi, Fotografer, Kuliner, Budaya dan Artikel Menarik Lainnya

3 Cara Hemat Kuota TikTok Paling Ampuh, Klik Disini!

Cara Hemat Kuota TikTok – Siapa sih yang tidak kenal TikTok? Generasi milenial pastinya paham betul mengenai platform satu ini. Kenapa? Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebanyakan dari pengguna aplikasi ini dari kalangan anak muda baik remaja atau dewasa.

Kini TikTok sendiri menjadi salah satu aplikasi berbagi video paling populer dan banyak digandrungo masyarakat dunia. Jadi jangan heran platform ini saat ini sedang naik daun. Untuk mendapatkan sosmed atu ini, langsung saja download dan Install melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Oh iya, jika teman-teman keseringan menonton konten video orang lain di beranda TikTok, maka kuota internet kamu akan tersita dengan cepat. Apalagi aplikasi ini sudah menerapkan autoplay untuk semua video yang tayang, siap-siap saja kuota dikuras.

Apakah kamu mengiginkan hal ini terjadi? Tentu saja tidak! Lantas bagaimna cara menghemat kuota internet agar tidak terkuras ketika memutar video di TikTok? Langsung saja bca penjelasan berikut ini :

3 Cara Hemat Kuota TikTok

Cara Hemat Kuota TikTok

1. Hidupkan Fitur Hemat Data di Menu Setting TikTok

Bukan hanya aplikasi seperti di Facebook, WhatsApp dan juga Instagram, namun TikTok sendiri juga memiliki fitur untuk menghemat data yang disematkan secara native. Dimana kehadiran fitur ini membantu kamu untuk mengontrol penggunaan kuota internet, meski tidak secara detail bisa digunakan untuk memangkas kuota.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghidupkan fitur hemat data di menu setting :

  1. Pertama buka aplikasi TikTok di ponsel kamu masing-masing
  2. Kemudian pilih menu profil yang berada paling kanan, lalu tap icon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas menu profil.
  3. Terakhir tinggal pilih menu Penghemat Data dan aktifkan.

2. Aktifkan Menu Manajemen Waktu Layar

Untuk menghemat kuota internet saat memutar video di TikTok, kamu bisa mengaktifkan fitur manajemen waktu layar. Fitur ini sudah disediakan oleh pihak TikTok untuk mengatur durasi penggunaan aplikasi. Jadi lama waktu penggunaan aplikasi akan mempengaruhi kuota data yang terpakai.

Oleh karena itu, semakin lama kamu menggunakan TikTok maka makin besar kuota internet yang terkuras Berikut ini merupakan langkah-langkah mengaktifkan fitur manajemen waktu layar, yaitu :

  1. Pertama buka aplikasi TikTok di HP kamu
  2. Kemudian masuk ke menu profil, lalu pilih icon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  3. Pilih Kesejahteraan digital (Digital Wellbeing).
  4. Setelah itu tap Manajemen waktu layar (Screen Time Management).
  5. Pilih tombol warna merah berlabel Aktifkan Manajemen Waktu Layar (Turn on Screen Time Management).
  6. Lalu kamu akan diminta untuk masukkan passcode yang berfungsi sebagai otentikasi ketika batas waktu penggunaan – 60 menit – sudah tercapai. Setelah tembus waktu tersebut, maka kamu akan diingatkan sekaligus diminta memasukkan passcode lagi.
  7. Kini fitur ini sudah aktif untuk menghemat kuota internet yang kamu miliki.

3. Membatasi Penggunaan Data

Tips terakhir menghemat kuota internet di TikTok, yaitu dengan melakukan pembatasan penggunaan data melalui fitur bawaan smartphone. Berikut ini adalah cara membatasi penggunaan data untuk hemat kuota internet :

  1. Pertama buka menu pengaturan bawaan smartphone. Disini saya menggunakan brand Android OPPO.
  2. Lalu pilih Manajemen Aplikasi > Daftar Aplikasi
  3. Selanjutnya carilah dan tap aplikasi TikTok
  4. Jika sudah ketemu, lalu tap detail penggunaan data
  5. Terakhir aktifkan opsi gunakan data di latar belakang. Dengan begitu ini akan menghemat kuota dan TikTok tidak bisa memakan kuota internet yang kamu miliki saat berjalan di belakang layar.

Akhir Kata

Nah, itulah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang 3 Cara Hemat kuota TikTok. Jika sudah membaca ulasan diatas, jangan lupa untuk mencoba tutorial yang saya berikan. Semoga bisa bermanfaat dan jika ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf. Sekian dan terimakasih.

Share

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!