Cara Install dan Registrasi Dapodik 2022, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Data Pokok Pendidikan atau lebih dikenal DAPODIK adalah sebuah aplikasi pendataaan skalanasional terpadu atau merupakan sumber data utama pendidikan nasional. Platform ini termasuk bagian dari program program perencanaan pendidikan nasional untuk mewujudkan anak-anak Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Sebelumnya apakah teman-teman disini termasuk pengguna dari aplikasi DAPODIK 2021? Jika iya, maka kini segera update ke versi terbarunya, yaitu Dapodik 2022. Kenapa begitu? Karena nantinya kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di aplikasi DAPODIK dengan tanpa masalah.

Namun, ternyata masih banyak orang yang belum paham bagaimana cara install dan registrasi Dapodik 2022. Disini kamu tidak perlu bingung dan khawatir, karena pada kesempatan kali ini Calonpengangguran akan memberikan solusinya. Mari simak penjelasannya berikut ini :

Cara Download Aplikasi Dapodik 2022

Sebenarnya untuk mengunduh aplikasi Dapodik verisi 2022 ini sama seperti sebelumnya, yaitu dengan mengunjungi situs resmi dar Dapodik Kemendikbud. Jika kamu lupa, yuk ikuti langkah-langkah download aplikasi dapodik 2022 dibawah ini :

  1. Pertama buka browser di smartphone kamu masing-masing, lalu masuk ke website https://dapo.kemdikbud.go.id/.
  2. Pilih menu Unduhan, kemudian akan tampil link installer apk Dapodik 2022.
  3. Dimana dibagian bawah tulisan “Link  alternatif installer aplikasi dapodik versi 2022” ada link download. Silahkan klik link tersebut.
  4. Terakhir tunggu lah proses download sampai selesai,

Cara Instal Aplikasi Dapodik 2022

Cara Install dan Registrasi Dapodik 2022

Setelah kamu berhasil download Dapodik versi 2022, selanjutnya lakukan Install. Sebenarnya untuk meng-install Dapodik 2021ini caranya tidak jauh beda dengan yang sebelumnya. Jika belum atau lupa, berikut adalah cara instal Dapodik 2022 :

  1. Bagi kamu yang menginstall aplikasi Dapodik versi lama, silahkan unsinstall terlebih dulu. Caranya buka Control Panel > pilih Uninstall a Program > pilih aplikasi Dapodik > tap tombol Uninstall > pilih Yes. 
  2. Untuk memastikan bahwa tidak ada folder Dapodik di komputer kamu, silahkan buka File Explorer, lalu buka ke folder Program Files dan Program Files (x86). Apabila folder Dapodik 2021 tidak ada, silahkan restart komputer  terlebih dulu.
  3. Matikan antivirus dan koneksi internet sebelum instalasi Dapodik versi 2022.
  4. Kemudian ekstrak file Dapodik yang telah di download > klik kanan pada aplikasi Dapodik 2022 > pilih Run as Administrator > tap Yes untuk menginstal.
  5. Klik tombol Lanjut untuk proses install terus menerus hingga kamu bisa mengklik tombol Pasang.
  6. Terakhir tap tombol Selesai dan kamu bisa lamjut ke proses registrasi Dapodik 2022.

Cara Registrasi Dapodik 2022

Jika sudah selesai download dan install, selanjutnya kita masuk proses registrasi agar bisa menggunakan Dapodik 2022. Berikut ini adalah langkah-langkah registrasi di aplikasi Dapodik 2022 :

  1. Tahap awal kunjungi situs resmi dari Dapodik > tap menu Unduhan > tap Data Prefill.
  2. Tap Unduh Prefill sesuai dengan provinsi dimana sekolah.
  3. Kemudian tap salah satu link download prefill > inputkan username, password, dan kode Registrasi. 
  4. Selanjutnya tap tombol Generate dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah, maka tap tombol Download.
  5. Silahkan salin file Prefill Dapodik yang sudah di download tadi. Lalu masuk ke Data C > pilih folder prefill_dapodik > tempel file yang telah kamu salin di dalam folder prefill_dapodik tersebut.
  6. Non-aktifkan jaringan internet, lalu buka aplikasi Dapodik. 
  7. Setelah itu pilih registrasi offline > masukkan kode registrasi, username, dan password akun Dapodik kamu > tap tombol Registrasi.
  8. Terakhir tinggi menunggu proses registrasi hingga selesai. Apabila berhasil, maka tap tombol masuk untuk login di aplikasi Dapodik 2022.

Akhir Kata

Itulah pembahasan singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Cara Install Dan Registrasi Dapodik 2022. Semoga beberapa tutorial diatas bisa bermanfaat bagi para pembaca setia artikel sobat Calonpengangguran.com. Sekian dan terimakasih atas perhatiannya.

Arwan Gunadi

Waktu Akan Menjawabnya

One Reply to “Cara Install dan Registrasi Dapodik 2022, Berikut Tutorial Lengkapnya!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *